Brand Activation Adalah: Pengertian dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Pada dasarnya, brand activation adalah suatu hal yang memiliki peran vital bagi sebuah brand. Lantas, apa pengertian dari brand activation? Apa saja manfaat di dalamnya.

Sederhananya, brand activation adalah suatu aktivitas promosi dari sebuah brand yang dilakukan dengan pengalaman yang nyata. Tujuannya adalah agar pelanggan lebih dekat dengan brand.

Ingin tahu lebih dalam tentang kegiatan brand activation? Baca terus artikel tentang brand activation di bawah ini hingga selesai.

Apa Itu Brand Activation?

Berdasarkan laman SmartCompany, brand activation adalah suatu karya seni dengan mengarahkan tindakan pelanggan melalui suatu interaksi brand.

Econsultancy menambahkan bahwa brand activation adalah suatu proses untuk membuat suatu brand agar bisa dikenal lebih banyak orang, meningkatkan brand awareness, dan juga meningkatkan engagement melalui beberapa jenis kegiatan.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa brand activation adalah suatu kegiatan dan juga interaksi yang dilakukan oleh suatu brand pada pelanggannya agar bisa meningkatkan daya tarik mereka pada brand.

Tujuan dari dilakukannya brand activation adalah agar bisa meningkatkan hubungan brand dengan konsumennya.

Sama seperti namanya, brand activation harus bisa mengaktifkan nama brand di dalam benak setiap pelanggan. Selain itu, kesan yang dibuat brand juga harus kuat dan membuktikan bahwa janji yang sudah dikatakan brand dalam iklannya tidak bohong.

Terdapat banyak sekali bentuk yang bisa dilakukan di dalam brand activation. Berbagai bentuk ini akan terus mengalami perkembangan seiring dengan meningkatnya kebutuhan pelanggan.

Untuk itu, bila Anda ingin membuat brand activation yang efektif, maka Anda harus memahami dengan baik apa saja yang pelanggan Anda sukai. Anda harus terlebih dulu melakukan riset sebelum melakukan brand activation.

Brand activation adalah suatu kegiatan yang mempunyai efek jangka panjang dan jangka pendek. Dalam jangka waktu pendek, brand activation mampu meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis.

Lebih dari itu, brand activation diharapkan bisa meningkatkan brand awareness, brand loyalty¸ dan brand switching dalam jangka waktu panjang.

Baca juga: Brand Essence, Strategi Ampuh Untuk Meningkatkan Awereness Pelanggan

Manfaat Brand Activation

Secara umum, brand activation adalah kegiatan yang dilakukan dengan bertatapan muka. Tapi, tidak menutup kemungkinan bahwa brand activation saat ini mengalami perkembangan, hingga menjadi suatu kegiatan yang bisa dilakukan secara online.

Beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dalam melakukan brand activation adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan Data Pelanggan

Anda bisa secara langsung meminta data pelanggan saat mereka mengikuti kegiatan brand activation. Misal, brand activation yang Anda selenggarakan adalah pameran. Maka Anda bisa meminta data mereka saat mereka mengunjungi booth Anda.

Tujuannya adalah agar Anda bisa lebih mengerti karakteristik pelanggan dan menghubungi mereka lagi di masa depan.

2. Mendapat Feedback

Satu hal yang menarik dari melakukan kegiatan brand activation adalah karena sering dilakukan secara dua arah antara pelanggan dengan brand.

Untuk itu, Anda bisa meminta dan mendapatkan feedback dari pelanggan terkait produk barang atau layanan jasa yang Anda tawarkan.

3. Memperkuat Posisi Brand

Sama seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu fungsi dari brand activation adalah meningkatkan brand switching, brand awareness, dan brand loyalty.

Dengan meningkatnya ketiga unsur tersebut, maka posisi brand Anda di pasar akan lebih kuat secara otomatis. Audiens akan semakin mengenal brand Anda dan mereka bisa melakukan pembelian dengan mudah.

4. Menjangkau Pelanggan Baru

Selain bisa meningkatkan engagement dan awareness dari pelanggan yang sebelumnya sudah ada, brand activation juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan pelanggan baru. Mereka akan sadar dengan kehadiran dan kelebihan dari brand Anda dan akan memutuskan untuk menjadi pelanggan.

Hal tersebut perlu mendapatkan perhatian yang lebih dari brand activation, karena menarik pelanggan baru sangat sulit. Anda harus membuat kesan yang paling baik agar mereka memutuskan untuk menjadi pelanggan dari brand Anda.

Baca juga:

Bentuk-bentuk Brand Activation

1. Experimental Activation

Experimental activation adalah salah satu bentuk dari brand activation yang paling sukses untuk dilakukan. Bentuk dari brand activation ini akan menggabungkan pengalaman digital dan fisik ke para pelanggan.

Contohnya, Anda bisa membuat suatu tantangan di TikTok yang bisa diikuti oleh siapa saja. Tantangan tersebut adalah menggunakan produk terbaru dari brand Anda.

Nantinya, pengguna TikTok pun akan tertarik untuk membeli produk baru Anda dan mencobanya. Bentuk yang satu ini dianggap paling sukses karena pelanggan bisa secara langsung merasakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

2. Social Media Activation

Bentuk brand activation yang paling banyak dilakukan adalah social media activation. Bentuk yang satu ini akan mendorong suatu brand untuk bersentuhan secara langsung dengan pelanggan melalui media sosial.

3. Promotions Brand Activation

Setiap pelanggan akan selalu tertarik dengan promosi. Untuk itu, buatlah promosi menjadi salah satu bagian dari brand activation Anda. Promosi ini bisa dalam bentuk giveaway, diskon, sampai menggunakan brand ambassador. Kegiatan ini akan mendorong banyak orang untuk mengetahui lebih dalam tentang brand dan produk Anda.

Baca juga: Pengertian Brand Guidelines, Tips Membuatnya, dan Contohnya

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang brand activation. Jadi, bisa kita tarik kesimpulan bersama bahwa brand activation adalah suatu kegiatan yang sangat penting bagi suatu brand.

Namun, jangan lupa bahwa kegiatan ini juga akan memerlukan anggaran keuangan, dan anggaran tersebut harus dicatat di dalam laporan keuangan secara rapi.

Nah, untuk membantu Anda dalam membuat laporan keuangan tersebut, maka Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi berbasis website ini akan menyajikan laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan neraca dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara instan. Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam mengelola berbagai anggaran perusahaan.

Di dalamnya juga Anda bisa menikmati berbagai fitur luar biasa yang akan membantu Anda dalam mengelola pajak, persediaan, penjualan, pembelian, dan masih banyak lagi.

Ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.