Brand Essence, Strategi Ampuh Untuk Meningkatkan Awereness Pelanggan

Saat ini, ketika masyarakat mampu menemukan banyak sekali institusi perusahaan dengan produk yang baru, maka brand essence adalah suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan.

Kenapa? karena berdasarkan laman Momenta, salah satu komponen yang paling penting di dalam dunia branding ini mampu memberikan dampak kesan yang unik dan juga berbeda dari kompetitor. Itu artinya, brand essence adalah jati diri serta karakter inti dari suatu perusahaan serta produk yang memang ingin di jual.

Lalu, apa itu brand essence? Apa manfaat lain yang terdapat di dalamnya untuk perusahaan? temukan jawaban lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Apa Itu Brand Essence?

Berdasarkan laman resmi How Brands Are Built, brand essence adalah suatu kata yang diciptakan untuk menunjukkan sifat utama dari berbagai produk yang diciptakan oleh industri perusahaan. Biasanya, tim marketing akan menghabiskan waktu yang banyak dalam mengembangkan brand essence.

Pasalnya, brand essence yang baik harus bisa menjelaskan manfaat unik yang ditawarkan oleh perusahaan pada target konsumennya. Tentunya hal ini berhubungan dengan tujuan besar dari perusahaan pada umumnya, yaitu mempunyai identitas yang berbeda dengan para pesaing bisnisnya.

Di zaman yang sudah sangat modern ini, perusahaan harus mampu membedakan jati dirinya bila ingin terlihat lebih kompetitif di pasar yang kian sesak.

Walaupun memang menjual produk dengan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik sangat efektif dalam membantu brand agar terlihat lebih menonjol. Tapi saat ini, setiap pemimpin pasar harus bisa menarik audiens mereka lewat berbagai kampanye yang fokus utamanya adalah kepribadian.

Baca juga: Trade Marketing: Strategi Jitu dalam Mempromosikan Produk Bisnis Anda

Karakteristik Brand Essence

Sama seperti strategi branding lainnya, brand essence mempunyai berbagai karakteristik sendiri yang membuatnya bisa sangat berguna untuk perusahaan.

Itu artinya, berbagai himpunan karakteristik tersebut mampu membuat brand essence yang dibutuhkan oleh setiap bisnis.

Nah, berikut ini adalah beberapa karakteristik dari brand essence seperti yang dilansir dari Feedough.

  • Unique: brand essence mampu membantu brand Anda dalam membuat identitasnya sendiri di pasar, sehingga produk miliki perusahaan akan terlihat lebih unik dan juga menarik.
  • Intangible: brand essence tidak seperti properti dengan bentuk layaknya fitur dan harga produk. Aspek branding di dalamnya adalah tujuan dan nilai dari perusahaan yang tidak tertulis secara resmi.
  • Customer defined: pada dasarnya, brand essence adalah suatu hal yang ditentukan oleh para konsumen. Perusahaan hanya bertugas dalam menggiring konsumen agar bisa memiliki opini tersebut.
  • Meaningful and emotional: brand essence mampu mewakili setiap penawaran yang diberikan perusahaan, value proposition, dan juga prinsip serta jati diri di dalamnya. Untuk itu, perusahaan harus mempunyai tingkat nilai emosional yang tinggi.

Manfaat Brand Essence untuk Perusahaan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, brand essence adalah kunci penting bagi perusahaan agar bisa memiliki kesan yang unik dan berbeda di mata konsumen.

Walaupun begitu, manfaat yang diberikan oleh brand essence tidak hanya itu saja. Beberapa perusahaan bahkan ada yang memanfaatkannya sebagai kompas bisnis mereka di pasar.

Contohnya adalah brand Volvo yang lebih mengutamakan keselamatan untuk selalu melakukan langkah yang lebih dalam setiap proses produknya agar produk mereka terjamin akan kualitas dan juga keamanannya. Hal tersebut dijelaskan dalam halaman Branding Strategy Insider.

Lalu, apa saja manfaat yang akan diperoleh pihak perusahaan bila mempunyai brand essence yang baik? Berikut ini adalah beberapa manfaat tersebut:

1. Memudahkan Kegiatan Pemasaran

Laman resmi Fabrik Brands menjelaskan bahwa mempunyai brand essence mampu mempermudah performa pemasaran perusahaan secara tidak langsung.

Kenapa? karena saat suatu brand sudah bisa memahami nilai dan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan, maka mereka bisa mengembangkan strategi kampanye iklan dan brand awareness yang lebih kuat daripada sebelumnya.

Itu artinya, brand essence akan membantu perusahaan dalam mencari emosi audiens dalam proses kegiatan pemasaran mereka.

2. Menggaet Emosi Audiens

Pesatnya perkembangan zaman dan teknologi saat ini sudah membuat banyak audiens menjadi lebih cerdas dan menuntut kebutuhannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang kaya akan gimmick serta potongan harga sudah tidak lagi efektif.

Untuk itu, saat ini perusahaan harus mencari cara baru dalam menciptakan hubungannya dengan para konsumen. Nah, brand essence adalah salah satu strategi yang mampu menginspirasi calon konsumen agar jatuh cinta pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Karena, bila perusahaan memiliki brand essence yang kuat, maka audiens akan mengaitkan karakteristik kemanusiaan di dalam produk perusahaan.

3. Menjaga Konsistensi

Dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif, akan sulit untuk bisa menyadari tren terkini dan mempertahankan identitas yang konsisten di waktu yang bersamaan.

Tapi, saat perusahaan sudah bisa mengerti akan nilai dan tujuannya, maka perusahaan akan lebih mudah dalam membuat keputusan yang sifatnya kohesif bagi bisnis. Hal ini sesuai dengan pernyataan yang diterbitkan dalam laman Meshbr.

Jadi, kapanpun perusahaan merasa tidak yakin akan rencana atau strateg pemasarannya, maka tim marketing bisa melihat brand essence perusahaan sebagai media kompas strategi bisnis perusahaan.

Contoh Brand Essence dari Perusahaan Besar

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa contoh brand essence dari berbagai perusahaan besar. Sebagian besar dari brand di bawah ini sudah dikenal oleh masyarakat luas.

1. Apple

Beberapa tahun belakangan, salah satu brand smartphone ini ternyata mengubah esensi brandnya. Pada mulanya, brand essence dari Apple adalah perusahaan yang berbeda, tapi Apple terus menyadari akan teknologi terkini yang memang sudah seharusnya sederhana dan mudah untuk dipahami.

Oleh karena itu, lahirlah brand essence terbaru dari Apple, yakni sederhana dan juga elegan.

2. Walt Disney

Disney mampu membuat setiap audiens, khususnya anak-anak, larut ke dalam dunia fantasi lewat sentuhan animasi yang kaya akan warna dan juga soundtrack yang menarik.

Walt Disney dengan serial kartun Disney nya mampu membuat hal yang tidak mungkin terjadi menjadi mungkin terjadi, suatu hal yang sangat ajaib. Perasaan tersebut tentunya tidak bisa mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, Walt Disney membuat keajaiban yang menakjubkan.

3. L’Oreal Paris

Perusahaan kosmetik yang sudah sangat mendunia ini ternyata tidak hanya fokus dalam riasan dan kecantikan saja, namun juga memberikan kesan senang saat konsumen mampu menjadi dirinya sendiri.

Rasa percaya diri dan usaha dalam menampilkan bentuknya diterapkan oleh L’Oreal dalam panduan hanya yang menarik. Sehingga, mereka bisa berkomitmen saja pada kecantikan, kemandirian, serta kekuatan wanita. Sehingga, terbentuknya kepercayaan diri dari wanita tersebut.

3. BMW

Bayerische Motoren Werke atau BMW adalah salah perusahaan otomotif yang fokus dalam membuat pengalaman tersendiri dalam menyetir mobil secara menyenangkan. Pengalaman tersebut ditampilkan dalam brand essence dan mampu menyaingi pasar otomotif global secara langsung.

4. Kijang

Kijang adalah mobil buatan Toyota yang menjadi salah satu mobil paling banyak penggemar, karena jumlah kapasitas di dalamnya yang sangat banyak.

Bila kita menyebutkan mobil kijang, pasti hal pertama kali yang Anda dengan adalah mobil keluarga. Kijang mampu menempatkan dirinya sebagai mobil keluarga. Buktinya, dengan kapasitas keluarga yang mampu memuat 8 hingga 9 orang, konsumsi bahan bakar mobil ini sangat irit.

Brand essence yang dimiliki oleh kijang adalah kebersamaan, mereka ingin menambahkan nilai kebersamaan di dalamnya.

5. Air asia

Budget dari Air Asia memang menjadi pilihan utama untuk berbagai masyarakat dengan golongan menengah ke bawah saat ingin melakukan perjalanan dengan pesawat.

Brand essence yang terdapat di dalamnya adalah simplicity, yang mana konsumen airasia tidak lagi harus repot-repot dalam memesan tiket, proses check-in dll.

Baca juga: Strategi Produk: Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang brand essence, lengkap dengan karakteristik, manfaat dan contoh perusahaan yang sudah menerapkannya

Bila Anda bisa menerapkannya dengan baik, maka Anda bisa mencapai tujuan bisnis perusahaan dengan lancar. Tapi, jangan lupa untuk membuat laporan keuangan secara periodik. Kenapa? karena laporan keuangan akan membantu Anda dalam mengetahui kondisi finansial perusahaan dan membantu Anda dalam menentukan keputusan bisnis.

Namun, membuat laporan keuangan secara manual atau di microsoft excel memerlukan waktu yang sangat lama dan rentan terjadi kesalahan. Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda tidak perlu lagi khawatir terjadi kesalahan saat membuat laporan. karena Accurate Online akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan tepat.

Selain itu, Anda juga bisa lebih dalam mengefisiensikan bisnis Anda, karena Accurate Online sudah dilengkapi dengan fitur persediaan, penjualan, pembelian, perpajakan, dan masih banyak lagi.

Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba Accurate online selama 30 hari, gratis!accurate1