Contoh Iklan Kreatif di Indonesia yang Bisa Anda Jadikan Referensi

Pada dasarnya, iklan adalah suatu pesan promosi dari suatu brand yang di dalamnya berisi informasi produk, khususnya kelebihan, manfaat, dan harga promo atau diskon produk tersebut. Untuk bisa membuatnya tentu kita memerlukan referensi contoh iklan kreatif.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan fokus dalam memberikan contoh iklan kreatif yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuat iklan.

Contoh Iklan Kreatif yang Bisa Anda Jadikan Referensi

1. Iklan Kartu AS: Aku nggak punya pulsa

Pada saat itu, iklan ini sangat begitu terkenal. Dengan pemeran iklan Sule dan Kimmy, iklan ini menjadi cepat viral karena mengambil konsep dengan tema drama Korea yang pada waktu itu memang sedang menjadi trend di Indonesia.

Bahkan, iklan ini memiliki seri dengan tetap menggunakan kata “aku nggak punya pulsa” dan tetap menggunakan intonasi yang khas serta gaya ala Korea. Hal tersebut tentunya memberikan gelak tawa untuk setiap penontonnya. Bahkan, beberapa dari Anda pasti ada yang masih ingat ekspresi pemeran iklan ketika mengatakan “Aku nggak punya pulsa”

2. Iklan Oreo: “Afika….”, “iya?”, “ada yang baru ni”, “apa?”

Dialog singkat yang terjadi antara Afika dan temannya ini pasti sangat akrab di telinga siapa saja yang pernah menonton iklan mereka. Iklan tersebut secara langsung menjadi hits, sehingga membuat Afika terkenal karena suara dan karakternya yang sangat lucu.

3. Iklan Axis: The Legend Of Hap

Pada iklan kali ini, Axis yang kala itu belum bergabung dengan XL menampilkan iklan yang sangat lucu dan juga kreatif. Iklan ini bercerita tentang perjuangan seorang lelaki gendut bernama hap yang bercita-cita menjadi kiper profesional, bahkan hingga mendirikan hap academy. Contoh iklan kreatif ini dianggap menarik karena menggunakan unsur penggunaan kata yang tidak biasa, yaitu “tangkap, tangkap”.

Baca juga: Dekorasi Stand Bazar Kreatif dan Tips Membuatnya

4. Iklan Axis: Joni Blak-Blakan

Masih dari kartu Axis, contoh iklan kreatif yang satu ini sangat lucu dan bahkan menjadi legenda. Iklan ini berkisah tentang seorang anak laki-laki bernama Joni. Dirinya ingin memberikan pencerahan pada orang yang ada di desanya yang berbuat lalai. Tapi, sifatnya yang blak-blakan malah menjadikan dirinya menjadi buronan warga.

5. Iklan XL: Goyang Gayung

Contoh iklan kreatif selanjutnya masih dari operator seluler, iklan ini tergolong membingungkan. Kisahnya berawal dari Oji yang sedang mandi dan goyang dengan gayungnya, lalu ada yang merekam video mandi  goyang Oji. Lalu, video tersebut di upload di Youtube, dan membuatnya terkenal dengan sebutan “Goyang Gayung”. Walaupun iklan ini singkat, tapi iklan ini memberikan inspirasi pada siapa saja yang ingin terkenal lewat YouTube.

6. Rokok Djarum 76

Hingga sekarang, beberapa iklan dari Djarum 76 nyatanya masih terngiang di telinga masyarakat. Kisah iklannya diawali dengan seseorang yang tanpa sengaja menemukan lampu ajaib. Ketika lampu tersebut digosok, munculah seorang jin lucu yang mengatakan “Akan ku beri satu permintaan”. Nah, walaupun permintaannya hanya satu, namun jin tersebut mengabulkan permintaan dengan cara yang lucu.

Salah satu contoh iklan kreatif dari Djarum 76 adalah tentang kasus korupsi yang pada saat itu sedang ramai, yakni Gayus Tambunan.

Kala itu, pria mirip Gayus ingin melamar kerja namun pihak perusahaan meminta sogokan. Kemudian, dirinya jalan dengan kesal dan tersandung lampu ajaib, dirinya meminta agar seluruh kasus korupsi yang ada di bumi ini lenyap. Lalu, sang jin pun berkata dengan kata yang sangat fenomenal sampai sekarang, yaitu “wani piro (berani berapa?)”

7. Iklan Klinik TongFang

Iklan klinik TongFang ini sangat lucu dan malah membuat banyak orang tertawa dengan apa yang ditawarkan oleh klinik TongFang.

Walaupun memang sekarang iklan mereka sudah tidak ada lagi, namun penggunaan kata “TongFang” yang ditekan dan kuat dengan nada lucu ini membuat banyak orang yang tertawa. Tentunya iklan ini dimulai dari testimoni yang lalu diplesetkan bahwa setiap masalah bisa diselesaikan dengan berkunjung ke klinik TongFang.

Baca juga: Cara Jualan Online Agar Cepat Laku

Penutup

Demikianlah berbagai contoh iklan kreatif yang mungkin bisa Anda terapkan bila ingin menjalankan kampanye iklan. Namun, Anda tetap harus menyesuaikannya kembali, terlebih lagi bila Anda ingin memilih iklan digital, seperti iklan media sosial, YouTube, atau iklan pencarian.

Namun, menjalankan kampanye iklan memerlukan anggaran iklan yang cukup dan Anda harus mengelola. Selain itu, Anda harus mencatat pengeluaran tersebut di dalam laporan arus kas agar selanjutnya di pindahkan ke dalam laporan keuangan perusahaan.

Nantinya, laporan keuangan ini sangat berguna untuk dijadikan sebagai referensi dalam menentukan kebijakan bisnis yang tepat.

Namun, bila Anda membuat laporan keuangan secara manual, tentu Anda akan memerlukan waktu yang lama. Terlebih lagi, cara manual juga melahirkan banyak sekali risiko, seperti rentan terjadi kecurangan, kesalahan, dan lain sebagainya.

Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan juga akurat.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fitur dan modul yang ada di dalamnya, seperti fitur penjualan, pembelian, perpajakan, persediaan, manufaktur, dan masih banyak lagi. Seluruh fitur tersebut bisa Anda gunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas Anda.

Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda.

Ayo gunakan Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.