Apa itu Company Confidential? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Dewasa ini, penggunaan istilah company confidential mungkin terdengar cukup asing, tapi banyak ditemukan di berbagai situs lowongan pekerjaan.

Pada dasarnya, company confidential diambil dari dua suku kata, yakni company dan confidential. Company memiliki arti suatu tempat produksi, sedangkan confidential memiliki arti rahasia atau suatu hal yang tidak ingin diketahui oleh orang lain.

Istilah company confidential digunakan untuk perusahaan yang ingin merahasiakan identitasnya saat mereka sedang melakukan pencarian karyawan baru dengan berbagai alasan khusus.

Umumnya, perusahaan ini akan merahasiakan identitas perusahaan, baik itu logo, nama perusahaan, dan kontak perusahaan yang bisa dihubungi di berbagai situs lowongan pekerjaan.

Nah agar lebih baik dalam mengetahui istilah company confidential, kami sudah merangkum penjelasannya di bawah ini.

Alasan Digunakannya Istilah Company Confidential

Setelah mengetahui penjelasan singkat dari company confidential, beberapa dari Anda mungkin masih bingung tentang kenapa perusahaan menggunakan istilah tersebut. Nah, beberapa alasan kenapa perusahaan menggunakan istilah company confidential adalah sebagai berikut:

1. Tidak Ingin Memiliki Saingan

Dengan cara menggunakan istilah company confidential, maka perusahaan kompetitor tidak bisa mengetahui posisi apa yang sedang kosong dalam perusahaannya. Bila kompetitor mengetahui ada posisi penting yang sedang kosong, maka hal tersebut akan memberikan dampak yang buruk untuk investor.

Contohnya, perusahaan kompetitor bisa menjatuhkan perusahaan dengan cara menarik investor yang ingin berinvestasi.

2. Menjaring Calon Karyawan Terbaik

Memilih calon karyawan baru adalah hal yang cukup kompleks karena harus mempertimbangkan banyak aspek. Merekrut karyawan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Perusahaan harus bisa melakukan serangkaian proses rekrutmen untuk bisa memperoleh karyawan yang sesuai dengan harapan kualifikasi mereka.

Nah, dengan menggunakan istilah company confidential, maka akan semakin sedikit calon karyawan, yang mana pada akhirnya akan mempermudah serta mempercepat proses perekrutan karyawan.

3. Anak Perusahaan Dari Perusahaan Besar

Biasanya, perusahaan yang menggunakan istilah company confidential adalah perusahaan yang baru mengalami perkembangan dan seringkali menjadi anak perusahaan dari perusahaan besar yang masih perlu melakukan pengembangan. Sehingga, mereka belum bisa memberikan identitas perusahaan yang lengkap di dalam situs lowongan pekerjaan.

Baca juga: Apa itu Brainstorming? Bagaimana Cara Melakukannya?

Tips Melamar di Perusahaan Seperti Ini

Karena identitas perusahaan dirahasiakan, maka adalah hal yang wajar jika calon pelamar merasa khawatir dan waspada. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti bila Anda ingin melamar di perusahaan yang menggunakan istilah company confidential.

1. Pastikan Anda Melamar dari Situs Terpercaya

Anda harus bisa memastikan bahwa situs lowongan kerja tersebut terpercaya. Kemungkinan besar, perusahaan yang menempatkan iklan lowongan kerja di situs yang terpercaya adalah perusahaan yang legal dan aman.

Dewasa ini, sudah banyak sekali situs website lowongan pekerjaan terpercaya yang mampu memberikan akses untuk para pelamar dalam memantau proses lamaran kerjanya. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir, karena perusahaan akan diverifikasi terlebih dahulu melalui situs tersebut.

2. Hindarilah Perusahaan yang Meminta Pungutan Uang

Pada dasarnya, perusahaan yang menyelenggarakan proses rekrutmen tidak diperkenankan memungut biaya apapun. Tapi, saat ini banyak sekali dari oknum perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan dengan menarik biaya dengan berbagai alasan, seperti uang rekrutmen, uang pendaftaran, uang jabatan, atau alasan lainnya.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah meminta pungutan uang ketika proses rekrutmen berlangsung.

3. Mencoba Mencari Profil Perusahaan di Internet

Profil perusahaan harus mampu menggambarkan informasi yang sangat detail, seperti status perusahaan, nama perusahaan, eksistensi perusahaan, dan lain sebagainya.

Berbagai unsur tersebut sangat penting untuk diketahui oleh calon pelamar agar bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan tentang legal dan sehatnya perusahaan, serta agar calon pelamar bisa menyesuaikan dengan harapan kualifikasi yang diminta perusahaan.

4. Laporkanlah Jika Ada Hal yang Tidak Jelas

Perhatikanlah berbagai hal yang mencurigakan dari proses rekrutmen perusahaan, seperti meminta lampiran dokumen yang seharusnya tidak diminta, meminta pertemuan dengan alasan proses rekrutmen di tempat yang tidak seharusnya dan bukan pada jam kerja berlangsung, serta memberikan syarat yang tidak seharusnya.

Segeralah untuk melaporkan hal mencurigakan tersebut ke situs lowongan kerja tempat Anda mendaftarkan diri.

Baca juga: Manajemen Retail: Pengertian dan Fungsinya

Penutup

Jadi, company confidential adalah suatu istilah untuk perusahaan yang merahasiakan identitasnya saat mereka sedang melakukan pencarian karyawan baru dengan berbagai alasan khusus.

Perusahaan yang menggunakan istilah tersebut di situs lowongan kerja tentu memiliki alasannya sendiri. Karena, identitas perusahaan yang dirahasiakan tentu harus membuat calon pelamar kerja harus memilih dan memerhatikan situs lowongan kerja yang terpercaya.

Calon pelamar harus selalu berhati-hati dan mengidentifikasi lebih lanjut terkait kualifikasi yang diperlukan oleh perusahaan. Selain itu, setiap perusahaan juga harus bisa mengelola manajemennya dengan baik.

Nah, agar lebih mudah dalam mengelola manajemen perusahaan, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online. Kenapa? Karena Accurate Online telah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang akan memudahkan Anda dalam melakukan manajemen perusahaan secara lebih mudah.

Selain itu, Accurate Online juga akan mencatat setiap transaksi secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan laporan neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya dengan mudah dan akurat.

Lebih dari itu, seluruh kelebihan dan fitur bisnis dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau. Bahkan, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.