Content Creator Adalah: Pengertian dan Perannya dalam Suatu Bisnis

Pengertian sederhana dari content creator adalah orang yang membuat suatu konten, nantinya konten tersebut akan dibagikan ke berbagai media sosial terkenal, seperti Instagram, YouTube atau Facebook.

Namun saat ini, content creator tidak hanya terbatas pada menciptakan suatu konten saja. Mereka juga berperan penting dalam dunia digital marketing saat ini. Bahkan beberapa orang juga ada yang menganggap content creator  sebagai penggerak dari content marketing.

Lantas, apa pengertian sebenarnya dari content creator dan bagaimana peran penting mereka dalam dunia periklanan atau pemasaran? Berikut ini kami berikan penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Pengertian Content Creator Adalah

Dilansir dari State of Digital Publishing, content creator adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab pada setiap informasi yang mereka sebarkan di media, khususnya media digital. Berdasarkan laman tersebut, content creator umumnya mempunyai target penonton atau audiensnya masing-masing.

Sedangkan menurut HubSpot, content creator adalah orang yang memproduksi materi atau konten yang mempunyai nilai edukasi ataupun hiburan di dalam kontennya. Nantinya, materi tersebut akan disesuaikan dengan keinginan dan juga ketertarikan dari masing-masing audiens nya.

Pada umumnya, content creator akan menggunakan banyak sekali platform dalam menyebarkan konten yang sudah mereka produksi. Jadi, selain Instagram, Youtube, Facebook atau TikTok, mereka juga menggunakan blog, infografik dan juga ebook untuk bisa menyebarkan seluruh kontennya.

Yang dimaksud content creator dalam hal ini bukanlah seorang selebriti ataupun blogger. Walaupun mereka memang tergolong orang yang mampu menciptakan konten, namun tidak semua orang yang bisa menciptakan konten termasuk kedalam selebriti ataupun blogger kenamaan.

Nah jadi, jika Anda memilih untuk membuat video tentang cara memasak opor ayam yang benar lalu mengunggahnya di Youtube, maka Anda sudah dianggap sebagai seorang content creator.

Pun sama halnya saat Anda membuat video perjalanan travelling ke suatu daerah lalu mengunggahnya di Youtube, maka pada saat ini Anda sudah dianggap sebagai seorang content creator. Jadi, untuk menjadi seorang content creator tidak perlu menjadi seorang publik figur terlebih dahulu.

Kenapa? karena pada dasarnya proses produksi konten hanyalah melibatkan kreativitas seseorang saja. Bentuk kreativitas inilah yang akan menjadi alat bagi content creator untuk membuat banyak orang mau menonton konten yang sudah mereka produksi.

Namun terlepas dari hal tersebut, proses produksi suatu konten tidak hanya mengandalkan tingkat kreativitas saja. Karena ada juga logika yang harus dipahami untuk bisa menarik para audiens. Untuk itu, ada juga orang yang mengatakan bahwa content creator melibatkan penggunaan otak kanan dan otak kiri seseorang.

Hal ini tentunya sangatlah penting, terlebih ditengah maraknya digital marketing seperti saat ini. Content creator saat ini lebih dianggap sebagai suatu profesi yang penting, khususnya untuk beberapa perusahaan besar.

Hal tersebut memang wajar, mengingat saat ini konten bisa dijadikan sebagai suatu aksi marketing  yang dilakukan oleh setiap perusahaan. Bahkan, ada suatu istilah yang mengatakan bahwa dibalik konten yang viral, selain strategi yang apik, akan tersedia juga konten yang menarik.

Nantinya, seorang content creator  akan memproduksi konten yang sesuai dengan tujuan pembuatan konten perusahaan. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk bisa menjelaskan strategi pemasaran yang akan Anda lakukan dan konten yang ingin dibuat.

Jadi, katakanlah Anda ingin meningkatkan brand awareness untuk perusahaan Anda di media sosial. Nantinya, konten yang akan dibuat oleh content creator akan disesuaikan dan diisi dengan informasi yang menarik dan tetap relevan.

Dengan keahlian yang dimiliki oleh seorang content creator, mereka mampu membantu Anda dalam menjalankan strategi pemasaran dengan baik. Karena, konten yang berkualitas dan juga tepat sasaran akan lebih mudah untuk memasarkan suatu produk barang ataupun jasa.

Baca juga: Brand Equity: Pengertian, Keuntungan dan Cara Meningkatkanya

5 Alasan Kuat Kenapa Content Creator Diperlukan dalam Strategi Pemasaran

Terdapat beberapa alasan kenapa Anda memerlukan content creator untuk keperluan strategi pemasaran bisnis Anda. Khususnya untuk Anda yang sangat mengandalkan strategi content marketing. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Memudahkan Membuat Konten Menarik

Untuk menjalankan strategi content creator, maka Anda memerlukan konten yang menarik dan juga memiliki kualitas tinggi. Konten yang harus Anda produksi juga harus mampu memenuhi berbagai aspek, seperti SEO, target audiens, dll.

Oleh karena itu, jangan heran jika 65% perusahaan saat ini merasa kesulitan dalam memproduksi konten yang menarik. Tapi dengan adanya peran content creator, maka Anda bisa dengan mudah membuat konten yang menarik dan konsisten.

2. Membangun Konsistensi Branding

Seorang content creator bisa merealisasikan suatu strategi dalam wujud karya yang unik dan juga menarik dimata audiens. Misalnya saja dalam hal penggunaan font, warna dan juga tone yang tepat dan juga sesuai dengan brand image Anda.

Dari kreativitasnya itulah seorang content creator memiliki peran yang sangat penting dalam memproduksi dan mempertahankan branding yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

3. Membantu Anda Tampil sebagai Expert

Suatu konten yang bermanfaat dan relevan mampu membantu audiens mengenali bisnis Anda dan meningkatkan kepercayaan mereka pada brand Anda. Dalam hal ini, peran content creator akan sangat membantu Anda dalam memproduksi konten yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan pelanggan.

Selain itu, mereka juga akan turut membantu Anda dalam menanggapi ataupun menjawab suatu pertanyaan dan juga ulasan pelanggan pada channel marketing Anda secara tepat.

4. Mengelola dan Membuat Strategi Konten

Membuat suatu konten secara konsisten akan memerlukan suatu strategi dan juga perencanaan yang tepat. Terdapat beberapa langkah yang tepat untuk bisa memproduksi konten yang menarik.

Anda harus bisa mengetahui siapa saja target pasar Anda, kebutuhan mereka, dan kapan waktu yang tepat untuk mempublish konten tersebut. Jadi, jika target pasar Anda adalah seorang pemula yang ingin belajar bisnis online, maka konten yang harus Anda buat adalah konten yang mudah untuk dipelajari dan mudah dipahami oleh orang awam.

Nah dalam hal ini, content creator mampu membantu Anda dalam melakukan proses tersebut. Sehingga, Anda akan lebih mudah dalam mencapai tujuan pemasaran karena pembuatan konten akan semakin sesuai dengan perencanaan yang sudah Anda buat.

5. Membantu Konten Anda Lebih Mudah Ditemukan 

Untuk bisa mencapai suatu tujuan marketing, maka Anda memerlukan beberapa strategi SEO, seperti menggunakan kata kunci, kualitas konten yang menarik dan unsur lainnya. Jadi, selain harus memproduksi konten yang menarik, Anda juga harus menerapkan optimasi SEO di dalam konten Anda.

Nah, content creator mampu membantu Anda dalam membuat konten yang baik dan juga SEO friendly. Jadi, nantinya konten yang Anda buat akan muncul di halaman satu mesin pencarian Google.

Kriteria Content Creator yang Baik 

Sebelum Anda memutuskan menjalin kerjasama dengan content creator, Anda harus bisa mengetahui beberapa kriteria dalam memilih mereka sebagai rekan bisnis Anda. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya

1. Memiliki Ide-Ide yang Kreatif 

Suatu konten yang menarik dan orisinil umumnya tercipta dari berbagai ide yang kreatif. Selain itu, konten juga harus bisa disesuaikan dengan bisnis Anda, sehingga promosi konten yang Anda produksi akan sukses dan juga sesuai dengan target audiens.

Oleh karena itu, Anda harus bisa memilih content creator yang mempunyai tingkat kreativitas tinggi.

2. Mempunyai Kemampuan Riset yang Baik 

Hasil konten yang baik bisa diperoleh dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan cara melakukan riset. Cara ini akan membantu Anda dalam membuat konten yang memang diperlukan oleh target audiens Anda.

Untuk itu, seorang content creator harus mampu memiliki kemampuan riset yang sangat baik. Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan riset, seperti dengan menggunakan Google Trends, Google Analytic, dll.

3. Menguasai Tools Pendukung

Keterampilan dan juga pengetahuan yang tinggi harus bisa didukung dengan tools agar hasilnya menjadi lebih maksimal. Sebagai contoh, dalam hal produksi video marketing, maka diperlukan keterampilan dalam menguasai tools editing video agar bisa menghasilkan video yang baik.

Umumnya, seorang content creator memiliki keterampilan dalam membaca dan juga menggunakan tools analytics seperti Google Analytic untuk bisa memantau, mengevaluasi dan juga memaksimalkan performa kontennya.

4. Kemampuan Komunikasi Baik 

Seorang content creator juga  harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Keterampilan ini menjadi sangat penting untuk menghindari terjadinya miskomunikasi dalam hal berkoordinasi dengan Anda. Jadi, project yang Anda jalankan bisa berjalan dengan baik dan sempurna.

5. Memahami SEO 

Seorang content creator pun harus bisa memahami teknik SEO agar strategi content marketing nya bisa berjalan secara maksimal. Nah, teknik SEO ini bisa membantu suatu konten dilihat dan dijangkau oleh banyak orang. Selain itu, Anda juga harus menginformasikan tujuan dari bisnis Anda pada mereka agar mampu menghasilkan suatu konten yang sesuai dengan tujuan Anda.

Baca juga: Sales Adalah: Istilah, Pekerjaan, dan Fungsi Sales dalam Perusahaan

Kesimpulan

Content creator memiliki peran yang sangat diperlukan untuk strategi marketing Anda, mulai dari membantu Anda dalam memproduksi konten yang menarik, menciptakan konsistensi branding, sampai membuat konten yang lebih mudah ditemukan.

Nah untuk content creator sendiri, mereka harus mampu menghasilkan suatu konten yang menarik, teknik komunikasi yang baik, hingga pemahaman SEO yang baik agar tujuan digital marketing Anda berjalan dengan baik. Semua hal tersebut akan membantu Anda dalam meningkatkan tingkat kesuksesan bisnis Anda.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa content creator, maka Anda harus memiliki anggaran dana untuk pemasaran yang tepat agar pengelolaan keuangan Anda tetap terjaga rapi. Untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan atau mengelola anggaran keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi ini mampu membantu Anda dalam menyiapkan laporan akuntansi secara mudah dan cepat, bahkan bisa Anda dapatkan kapanpun dan dimanapun. Terlebih lagi, tampilan dashboardnya juga sangatlah sederhana sehingga akan mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3 banner bawah