Apa itu Chief Strategy Officer atau CSO? Ini Pengertian dan 10+ Tanggung Jawabnya!

oleh | Feb 2, 2023

source envato.

Apa itu Chief Strategy Officer atau CSO? Ini Pengertian dan 10+ Tanggung Jawabnya!

Sama seperti C level yang lainnya, seorang Chief Strategy Officer atau CSO adalah sosok yang sangat penting dalam proses pengembangan bisnis. Bahkan, saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang mencari seseorang dengan kemampuan serta pengalaman yang banyak untuk bisa menduduki posisi ini.

Lantas, apa itu Chief Strategy Officer? Apa saja peran dan tanggung jawabnya? Tenang, karena kami sudah merangkum jawaban tersebut khusus untuk Anda di bawah ini.

Apa itu Chief Strategy Officer?

CSO atau Chief Strategy Officer atau yang kerap kali disebut sebagai Chief Strategist, adalah posisi C Level yang memiliki tugas dalam membantu CEO untuk menjalankan, menjaga, mengembangkan, dan juga mengomunikasikan rencana milik perusahaan.

Seorang Chief Strategy Officer nantinya akan melakukan kerjasama dengan CEO, tim pimpinan yang telah senior, serta dewan direksi. Khususnya saat mengembangkan rencana strategis jangka pendek dan jangka panjang, atau memandu perusahaan saat melakukan proses perencanaan bisnis.

Sosok ini harus membantu perusahaan dalam membangun dan juga mengeksekusi strategi agar bisa tampil lebih unggul saat berkompetisi dengan kompetitor lain di pasar.

Baca juga: C-Level adalah Pemegang Posisi Tertinggi Perusahaan, Ini Jenisnya!

Tanggung Jawab Chief Strategy Officer

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, CSO memiliki tanggung jawab dalam membuat, mengembangkan, dan juga menomunikasikan strategi yang telah dibuat oleh perusahaan.

Selain itu, CSO pun bertugas dalam mengembangkan visi perusahaan serta memastikan agar setiap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan telah sesuai dengan visi perusahaan.

Walaupun demikian, tanggung jawab dari seorang CSO akan berbeda-beda, tergantung dari perusahaannya sendiri.

Nah, berdasarkan laman Betterteam, berikut ini adalah tanggung jawab yang biasanya akan diemban oleh seorang Chief Strategy Officer:

  1. Menjalin kerjasama dengan dewan direksi dan CEO dalam mengembangkan rencana strategis perusahaan.
  2. Melakukan kolaborasi dengan CFO agar bisa membuat rencana dengan berdasarkan strategi perusahaan.
  3. Melakukan identifikasi bahaya dan risiko strategis.
  4. Melakukan analisa perubahan pasar, performa produk atau layanan, competitive intelligence, serta dinamika yang terjadi di pasar.
  5. Melakukan identifikasi kesempatan kerjasama strategis, potensi adanya joint venture, merger dan akuisisi.
  6. Membuat metrik yang pas agar bisa menilai perkembangan dan performa perusahaan.
  7. Menginformasikan strategi perusahaan pada para staf dan manajemen perusahaan.
  8. Menangani adanya penarikan aset perusahaan dan pencabutan investasi.
  9. Memantau jalannya rencana bisnis perusahaan.
  10. Bekerja dengan komite khusus, konsultan, dan juga bagian eksekutif guna menjalankan strategi perusahaan.
  11. Mengembangkan pelatihan dan membuat rencana pengembangan yang baik.

Baca juga: Struktur OrganisasiĀ Startup: Pengertian dan Berbagai Peran Jabatannya

Skills yang Dibutuhkan Chief Strategy Officer

Berdasarkan laman Indeed, beberapa kemampuan yang dibutuhkan oleh Chief Strategy Officer adalah sebagai berikut:

1. Leadership

Seorang CSO tentunya harus bisa mengatur proyek, memimpin, mengawasi pekerjaan yang strategis, serta bekerja dengan bagian eksekutif perusahaannya. nah, untuk bisa memandu orang lain dan memimpin kelancaran proyek, maka kemampuan kepemimpinan akan sangat diperlukan.

2. Kemampuan Manajerial

Salah satu tugas dari CSO adalah memantau dan mengelola staf agar bisa bekerja sesuai dengan strategi yang telah dibuat oleh perusahaan. Agar bisa memastikan hal tersebut, maka kemampuan manajerial akan sangat diperlukan oleh Chief Strategy Officer.

3. Strategi Bisnis

Seorang CSO memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan visi dan juga strategi perusahaan. Agar bisa melakukan hal tersebut, maka diperlukan tingkat kreativitas dan juga pemahaman pada operasional bisnis, serta cara melakukan strategi yang unik dari rencana yang telah dibuat.

4. Analisis

Membuat dan juga mengembangkan strategi menjadi bagian dari kecerdasan bisnis yang akan sangat tergantung pada data. Sehingga, kemampuan analisis akan sangat diperlukan agar bisa melakukan analisa dan juga menginterpretasi data agar mampu membuat keputusan yang bersifat data-driven.

Baca juga: Apa Itu Manajemen? Berikut Pengertian, Fungsi, Unsur, Gaya, Jenis, Dan Karakteristiknya

5. Komunikasi

Komunikasi menjadi kemampuan yang akan sangat diperlkan oleh seorang CSO. Pasalnya, mereka harus bisa mengkonfirmasikan strategi yang sudah dibuat, menjelaskan berbagai resiko dan ancaman yang kemungkinan akan dihadapi oleh perusahaan, hingga memberikan motivasi pada stafnya.

Seorang CFO pun harus mampu memberikan informasi yang penting pada mereka yang memerlukannya. Untuk itu, kemampuan komunikasi verbal dan tertulis yang baik akan sangat diperlukan.

6. Teamwork

Chief strategy officer akan bekerjasama dengan dewan direksi, CEO, serta tim lainnya dalam mengembangkan dan menerapkan strategi. Untuk bisa menjadi CSO yang andal, maka kemampuan teamwork yang baik merupakan suatu kewajiban.

7. Tech-savvy

Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, seorang CSO tentunya harus tech-savvy. Hal tersebut diperlukan agar bisa beradaptasi pada perkembangan teknologi guna melakukan analisis data yang tersedia demi kepentingan perusahaan.

8. Perhatian terhadap detail

Setiap CSO harus bisa melakukan riset dan juga menganalisa data guna mengembangkan strategi yang sesuai. Sehingga, Anda harus memastikan semua detail yang dibutuhkan sudah cukup sebelum membuat, merencanakan, dan mengeksekusi suatu strategi.

9. Fleksibel

CSO juga harus bersikap lebih terbuka pada perubahan yang terjadi, baik itu positif ataupun negatif. Saat strategi yang telah dibuat tidak berjalan dengan baik, maka seorang CSO harus bisa fleksibel dan menyesuaikan rencana dan strategi agar bisa beradaptasi dengan kondisi yang ada.

10. Problem-solving

Terkadang, rencana yang telah disusun secara rapi dan dijalankan dengan baik akan mengalami tantangan. Untuk itu, seorang Chief Strategy Officer wajib mempunyai kemampuan problem solving yang baik agar bisa menemukan solusi serta mencari opsi rencana yang tepat.

Baca juga: Apa itu CFO? Ini Tugas dan Peran Pentingnya dalam Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang Chief Strategy Officer. Jadi, posisi ini memiliki peran yang sangat penting untuk perkembangan bisnis yang lebih maju.

Namun, dalam mengembangkan bisnis, Anda juga harus bisa menerapkan digitalisasi pada bisnis Anda. Jika Anda masih menerapkan cara yang manual, Anda akan tertinggal jauh dari kompetitor yang telah lebih dahulu beradaptasi pada teknologi.

Nah, Accurate Online bisa menjadi pilihan yang #lebihbaik dalam mendigitalisasikan bisnis Anda.

Pasalnya, software akuntansi dan bisnis ini mampu mencatat setiap kegiatan transaksi bisnis dan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan pada Anda secara otomatis, cepat dan akurat.

Fitur tersebut juga telah saling terintegrasi dengan berbagai fitur bisnis luar biasa lainnya. Sehingga, akan sangat memudahkan Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Jadi, masih ragu dengan Accurate Online? Tenang, karena Anda bisa membuktikannya lebih dulu dengan mencoba Accurate Online selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

2 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini šŸ™ Jadilah yang pertama!

Anggi

Artikel Terkait