Customer Centric: Pengertian dan Manfaatnya pada Bisnis

Di dalam dunia bisnis yang mana persaingannya sangat ketat, setiap pengusaha harus mengenal istilah customer centric. Istilah customer centric merujuk pada pengenalan atau pemahaman yang mendalam terkait loyalitas customer atau kepuasan pelanggan.

Pelanggan akan lebih cenderung percaya pada perusahaan yang bisa membuat mereka setiap menggunakan produk.

Lalu, apa itu customer centric? Apa saja manfaatnya? Bagaimana cara menjalankannya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang customer centric di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Customer Centric

Pengertian tentang customer centric ini bisa kita kutip dari beberapa sumber, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Berdasarkan laman Wikipedia, hal terpenting dalam membuat customer centric adalah customer relationship management, yaitu suatu sistem informasi yang saling terintegrasi dan digunakan untuk menjadwalkan, merencanakan serta mengendalikan berbagai kegiatan sebelum dan setelah penjualan di dalam suatu perusahaan.

Menurut Hoekstra et Al (2007:5), customer centric adalah suatu konsep yang akan menyatakan orientasi pemasaran, dari yang pada awalnya menempatkan konsep sentral dalam perilaku perusahaan menjadi orientasi pelanggan sebagai fokus utamanya.

Berdasarkan kedua pengertian di atas, bisa kita simpulkan bahwa customer centric adalah suatu konsep pemasaran yang efektif dengan menjadikan rasa kepuasan atas kebutuhan konsumen menjadi prioritas utama di dalam kegiatan operasional perusahaan, sehingga pemahaman untuk memenuhi kebutuhan konsumen bisa lebih mendalam.

Konsep ini tentunya berbeda dengan konsep product centric, yang mana product centric adalah suatu konsep pemasaran yang lebih fokus pada produk sesuai dengan pangsa pasar. Penerapan konsep product centric ini bisa Anda lakukan dengan menentukan segmen pasar untuk perusahaan, sehingga produk yang dijual pun nantinya akan sesuai dengan target perusahaan.

Konsep yang lebih fokus pada konsumen atau customer centric lebih banyak dikenal dengan istilah CRM. Dalam proses pelaksanaannya, Anda akan melakukan strategi pemasaran segmenting, targeting, dan positioning atau yang lebih banyak dikenal dengan strategi pemasaran STP.

Baca juga: Peran Penting Branding Voice dalam Bisnis dan Cara

Manfaat Customer Centric

Secara umum, terdapat beberapa manfaat dari penerapan customer centric, yaitu:

1. Realisasi Nilai-nilai Pelanggan

Karena di dalam konsep customer centric terdapat realisasi berbagai nilai pelanggan individu dan bisa dijadikan redefinisi dari berbagai nilai tersebut, maka fokus pada selera konsumen akan bisa meningkatkan tingkat penjualan perusahaan.

2. Hubungan Mitra

Konsep ini akan lebih fokus pada relasi jangka panjang dengan setiap mitra daripada jumlah transaksi yang banyak tapi tidak memiliki hubungan jangka panjang. Dengan adanya konsep ini, maka akan bisa meningkatkan loyalitas dari setiap mitra pada perusahaan, sehingga akan lebih mudah untuk meningkatkan keuntungan bisnis.

3. Hubungan Jangka Panjang dengan Konsumen 

Customer centric adalah salah satu penerapan strategi pemasaran produk yang lebih efektif dan lebih efisien, karena di dalamnya fokus pada kepuasan dan loyalitas dari konsumen, sehingga konsumen pun bisa memberikan referensi baru, bahkan bisa mendatangkan konsumen baru agar bisa membeli produk Anda.

4. Keselarasan Antara Nilai Konsumen dengan Kapasitas Perusahaan

Dengan menggunakan konsep yang lebih fokus pada konsumen ini, maka Anda bisa mendapatkan keselarasan antara nilai konsumen dengan kapabilitas perusahaan dengan berdasarkan sistem balikan pasar yang menilai kesinambungan kepuasan, perilaku dan juga kebutuhan konsumen.

5. Mencerminkan Gagasan

Di dalam konsep customer centric Anda akan mendapatkan gambaran bahwa pemasaran adalah suatu “a state of mind” yang di dalamnya tidak hanya dibatasi dalam satu bidang fungsional saja.

6. Hubungan Elemen Utama Pemasaran

Konsep customer centric ini bisa berimplikasi pada perubahan relasi antar setiap elemen dasar di dalam sistem pemasaran.

Baca juga: Brand Story dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Tips Menerapkan Customer Centric dengan Baik

Jika Anda berminat untuk menerapkan customer centric, maka ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, yaitu:

1. Pemahaman Terhadap Konsumen

Dalam memahami konsumen, Anda bisa menentukan segmen pasar yang sesuai dengan produk Anda, sehingga bisa dijadikan sebagai langkah awal agar kegiatan pemasaran produk Anda bisa menjadi lebih terarah dan terukur sesuai dengan target penjualan.

Selain menentukan segmen pasar, Anda juga bisa melakukan analisis portofolio pelanggan secara lebih aktual, sehingga bisa mendapatkan calon pelanggan yang lebih potensial.

2. Fokus Pada Hubungan Jangka Panjang dengan Konsumen

Dengan menggunakan metode customer centric yang kuat, Anda bisa membangun hubungan emosional dan meningkatkan loyalitas produk. Hubungan jangka panjang adalah suatu bagian pengembangan dari teknik dalam menentukan segmentasi, yakni targeting yang dimulai dengan menargetkan calon pelanggan potensial menjadi target pemasaran produk.

3. One on One Marketing

Di dalam konsep customer centric ini, Anda bisa melakukan konsep pemasaran one on one marketing, sehingga pelanggan bisa diperlakukan secara lebih individual. Dalam melakukan teknik ini, Anda harus bisa mempersiapkan beberapa tindakan tertentu, seperti berkreasi sendiri untuk memulai sendiri agar bisa memulai hubungan dengan para konsumen, atau menjalin komunikasi dua arah dengan konsumen.

4. Brand Advocacy Marketing

Konsep customer centric juga akan lebih menerapkan strategi brand advocacy marketing, yang mana di dalam strategi pemasaran ini akan menggunakan pembelaan atau testimoni pendapat dari pelanggan eksis karena mereka sudah menggunakan dan membeli produk tertentu.

5. Ciptakan Tim Kerja Solid dalam Perusahaan

Tips terakhir dalam menjalankan customer centric adalah dengan membangun tim kerja yang solid agar bisa meningkatkan komunikasi kerja yang lebih menyelaraskan rasak kepercayaan, kenyamanan dan juga keterampilan kerja. Dengan adanya tim yang solid, Anda jadi tidak perlu mengawasi kerja karyawan dan mereka akan bekerja sesuai dengan targetnya masing-masing.

Dampak lingkungan yang kondusif pun akan bisa meningkatkan etos kerja dari setiap karyawan, sehingga mereka bisa mencapai target perusahaan.

Baca juga: Branded Content Adalah: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaat Penggunaannya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang pengertian customer centric, manfaat dan tips dalam menjalankannya. Di dalam customer centric, Anda akan lebih memahami dan bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

Terpenuhinya kebutuhan dan loyalitas pelanggan ini nantinya bisa meningkatkan keuntungan dan juga profit perusahaan.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam menghitung keuntungan dan profit bisnis, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate adalah penyedia aplikasi bisnis dan akuntansi yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun. Accurate Online juga sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia, mulai dari bisnis UMKM hingga bisnis berskala besar. Bahkan, Accurate Online sudah sukses mendapatkan penghargaan Top Brand Award dari tahun 2016 hingga tahun 2022. Sehingga, kredibilitas dari Accurate Online sudah tidak perlu lagi dipertanyakan.

Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing berbasis website dan sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih. Tampilan dashboard di dalamnya juga sangat sederhana. Sehingga, Anda yang masih awam tentang akuntansi pun bisa menggunakan aplikasi Accurate Online secara nyaman dan mudah di mana saja dan kapan saja Anda butuhkan.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan mendapatkan laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan modal, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat dan akurat.

Accurate Online pun sudah dilengkapi dengan berbagai modul dan fitur yang mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis Anda, seperti fitur penjualan, fitur pembelian, fitur persediaan, fitur perpajakan, fitur multi cabang, fitur cost and profit center, dan berbagai fitur lainnya.

Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan dan juga mengembangkan bisnis Anda melalui strategi pemasaran dan strategi bisnis yang tepat.

Lebih menariknya lagi, seluruh keunggulan dan fitur luar biasa dari Accurate Online di atas bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sekitar 200 ribuan saja perbulannya.

Masih ragu dengan Accurate Online? Tenang, Anda bisa membuktikan sendiri seluruh kelebihan yang sudah dijelaskan di atas dengan mencoba Accurate Online selama 30 hari gratis melalui banner menarik di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.