Branded Content adalah: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaat Penggunaannya

Branded content adalah metode pemasaran yang sejak tahun 2019 diprediksi akan menggantikan peran dan manfaat dari teknik pemasaran tradisional. Metode ini disebut dapat memberikan banyak keuntungan bagi pihak pemasaran serta merek atau brand yang produknya ingin dipasarkan.

Singkatnya, branded content adalah strategi yang membantu brand untuk menjadi “berbeda” dari kompetitornya. Di mana fokusnya adalah untuk memenangkan hati audiens sehingga dapat menarik engagement yang tinggi.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini artikel yang membahas mengenai branded content, mulai dari pengertian, karakteristik, dan manfaat penggunaannya dalam dunia pemasaran.

Apa Itu Branded Content?

Branded content atau sponsored content adalah konten yang tidak melibatkan unsur iklan di dalamnya. Apabila iklan konvensional cenderung menyoroti produk, maka branded content lebih menyoroti nilai brand atau unsur yang tidak terlihat secara langsung. Namun, bukan berarti tidak sama sekali memunculkan produk. Hanya saja, branded content lebih menekankan isi konten yang relevan dengan audiens.

Kontennya sendiri biasanya berupa cerita yang dimasukkan dalam bentuk artikel, video, podcast, ataupun elemen-elemen hidup lainnya. Di sinilah metode storytelling dibutuhkan untuk membuat cerita menjadi lebih menarik, relevan, dan dapat memainkan emosi audiens.

Tujuan yang hendak dicapai dalam branded content adalah bagaimana kontennya bisa berdampak dan berkesan di mata audiens secara jangka panjang, bukan serta merta tentang penjualan. Hal ini termasuk tentang bagaimana penilaian terhadap brand tersebut dan jalinan interaksi atau engagement yang terbentuk.

Pada intinya, branded content adalah strategi pemasaran yang membantu menambah nilai pemahaman audiens mengenai suatu produk, layanan, dan brand secara keseluruhan.

Baca juga: Display Ads adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Penggunaannya

Karakteristik Branded Content

Meski sama-sama dalam payung content marketing, branded content tidak sama dengan konten pemasaran konvensional. Berikut ini lima karakteristik yang membedakan branded content dengan konten pemasaran konvensional.

1. Konten Berfokus pada Nilai Brand

Seperti telah disebutkan sebelumnya, branded content berfokus untuk menyoroti nilai dan kualitas suatu brand. Berbeda dengan konten pemasaran konvensional yang menyoroti fungsi suatu produk atau layanan.

2. Mendorong Popularitas Produk

Branded content ditujukan untuk meningkatkan popularitas sebuah brand. Karena itu, kontennya tidak condong untuk mendorong penjualan atau mengonversi pelanggan, melainkan lebih kepada memengaruhi kebiasaan audiens dan memicu percakapan seputar brand tersebut.

Berdasarkan hal itu, metrik yang digunakan untuk mengukur keberhasilan branded content adalah popularitas produk, seperti seberapa banyak audiens yang membahasnya di media sosial.

3. Melibatkan Emosi Pelanggan

Branded content umumnya menggunakan teknik storytelling yang dinilai efektif dalam memainkan emosi audiens. Teknik yang digunakan tidak menggunakan argumen rasional dengan menjatuhkan brand tertentu. Melainkan, lebih kepada penggunaan ungkapan-ungkapan persuasif di dalam cerita untuk menarik perhatian dan terhubung dengan audiens pada tingkatan yang lebih intim.

4. Disajikan Melalui Berbagai Format dan Saluran

Branded content adalah konsep pemasaran yang sangat fleksibel. Ia dapat dengan mudah diadaptasi ke dalam berbagai format, seperti video, podcast, format interaktif, atau penggabungan beberapa bentuknya. Dengan begitu, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyebarkan konten-kontenmya, mulai dari aplikasi, media sosial, hingga website brand itu sendiri.

5. Konten Dapat Diciptakan Secara Bersama

Saat ini, sangat umum bagi sebuah brand untuk berkolaborasi dengan para profesional di bidang kreatif. Branded content dapat diciptakan melalui kolaborasi tersebut, dan bahkan bisa melibatkan pelanggan, untuk sekaligus menyoroti cerita atau pengalaman ketika menggunakan brand tersebut.

Baca juga: Digital Public Relation: Strategi Ampuh Untuk Meningkatkatkan Performa Bisnis

Manfaat Branded Content dalam Pemasaran

Ketika menggunakan branded content, Anda akan mendapat lima manfaat yang sangat berguna dalam pemasaran brand Anda, yaitu:

1. Membangun Koneksi atau Hubungan Emosional

Branded content yang menarik dan memiliki nilai relevan dengan audiens akan membuat mereka mengingat brand tersebut dalam waktu yang lama. Artinya, secara tidak langsung, hal tersebut membangun koneksi atau hubungan internasional di antara keduanya.

2. Berpotensi Menjadi Viral

Branded content yang disajikan dalam format yang tepat dan platform yang sesuai akan meningkatkan potensinya untuk menjadi viral atau diketahui oleh banyak orang.

3. Menciptakan Peluang Kolaborasi

Selain membuka peluang kolaborasi dengan tokoh terkenal, branded content juga dapat menciptakan peluang kolaborasi dengan brand-brand lain.

4. Meningkatkan Prospek

Menggunakan branded content sebagai strategi pemasaran bisa meningkatkan peluang untuk brand menjual lebih banyak produknya sehingga mendapatkan profit atau keuntungan yang lebih tinggi.

5. Meningkatkan Posisi Brand

Membuat branded content akan membuat produk Anda cenderung lebih dikenal daripada produk dari kompetitor sejenis.

Baca juga: Black Hat SEO dan Ragam Jenis Tekniknya yang Harus Dihindari

Penutup

Branded content adalah strategi pemasaran yang cukup efektif dalam menarik perhatian pelanggan di tengah pasar yang kompetitif. Fokusnya ialah menyoroti nilai suatu brand secara keseluruhan.

Lewat pendekatan yang berbeda dengan konten pemasaran konvensional, branded content dapat memberikan sejumlah manfaat, seperti meningkatkan posisi brand dari kompetitor sejenis dan membuka peluang keuntungan yang lebih tinggi.

Keuntungan ini tentunya perlu didukung dengan manajemen keuangan yang baik. Dalam hal ini, perusahaan bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online yang akan mempermudah proses pengelolaan dan pembuatan laporan keuangan.

Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan tersedia secara lengkap, mudah untuk digunakan, dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Accurate Online juga telah digunakan oleh ratusan ribu pebisnis dari berbagai sektor usaha di Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, silahkan klik banner di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.