Strategi Mendapatkan Daftar Email Demi Dapatkan Prospek

Jika Anda mencari cara untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membuat daftar email untuk menjaring prospek bisnis. Mengirim materi atau konten pemasaran ke daftar email dapat membantu Anda dalam mengubah prospek potensial menjadi pelanggan yang membayar dan mendorong pelanggan saat ini untuk melakukan pembelian berulang.

Mengetahui cara membuat dan mendapatkan daftar email dapat membantu Anda mengidentifikasi opsi yang paling sesuai untuk bisnis Anda. Dalam artikel ini, kami membahas apa itu daftar email dan memberikan Anda 30 strategi terbaik untuk mendapatkan daftar email prospek untuk bisnis Anda.

Apa Itu Daftar Email?

Daftar email adalah kumpulan alamat surat elektronik atau kontak dari pelanggan dan calon pelanggan. Daftar tersebut mencakup alamat email dan terkadang juga nama orang yang telah memberi Anda izin untuk mengirimi mereka pembaruan dan promosi terkait bisnis Anda.

Baca juga: Email Adalah Surat Elektronik Terkini dengan Perantara Internet

Strategi Mendapatkan Daftar Email

Berikut ini adalah 30 strategi yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan daftar email pelanggan:

1. Tambahkan Call To Action ke Postingan Blog

Jika perusahaan Anda memiliki blog, Anda harus menambahkan call to action yang menarik untuk setiap postingan blog. Anda dapat membuat e-book atau artikel yang relevan yang dapat diterima pembaca setelah mereka memasukan email mereka ke formulir CTA Anda.

2. Gunakan Lembar Pendaftaran Fisik

Jika Anda memiliki toko fisik atau mempromosikan bisnis Anda di acara tertentu, pertimbangkan untuk memasang lembar pendaftaran fisik dan dorong pengunjung untuk menuliskan alamat email mereka untuk menerima penawaran dan informasi khusus dari bisnis Anda

3. Tambahkan Pop-Up ke Situs Web Anda

Pop-up dapat menjadi metode yang sangat efektif untuk mendorong pengunjung situs web agar bergabung dengan daftar email Anda.

Anda dapat memilih untuk memunculkan pop-up dalam jangka waktu tertentu, sehingga hanya muncul setelah pengunjung situs web menghabiskan waktu tertentu di situs Anda. Anda juga dapat memilih untuk menampilkannya hanya jika pengunjung akan keluar dari halaman blog atau website Anda.

4. Gunakan Iklan Media Sosial

Iklan media sosial dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk menjangkau audiens yang sudah ditargetkan.

Banyak platform yang dapat memungkinkan Anda untuk mendapatkan daftar email pelanggan saat ini dan kemudian akan mengirimkan iklan Anda kepada orang-orang yang serupa.

5. Tawarkan Insentif Di Media Sosial

Jika Anda memiliki penawaran khusus seperti e-book atau infografis mengenai hal tertentu, pertimbangkan untuk mempromosikannya ke followers media sosial Anda.

Anda juga dapat dengan mudah mempromosikan newsletter Anda secara langsung dan mendorong audiens media sosial Anda untuk berlangganan informasi dan promosi.

6. Buat Giveaway

Anda dapat membuat giveaway online atau di dalam toko fisik Anda sendiri. Jika Anda memilih untuk mempromosikan giveaway Anda secara online, Anda dapat melakukannya menggunakan media sosial dengan menjalankan iklan atau mempromosikan giveaway kepada followers Anda.

Anda juga dapat mengajak orang-orang untuk membagikan hadiah kepada teman-teman mereka agar dapat ikut serta untuk menang.

7. Berkolaborasi Dengan Bisnis yang Serupa

Pertimbangkanlah untuk menjangkau bisnis dengan produk dan layanan gratis serta menawarkan untuk berkolaborasi. Anda dapat mengatur program giveaway bersama atau bahkan menawarkan kerjasama untuk memasarkan merek mereka di newsletter mingguan yang Anda buat.

8. Tawarkan Penawaran Khusus yang Hanya Bisa Didapatkan Melalui Email

Ajaklah orang untuk mendaftar ke newsletter Anda dengan mempromosikan penawaran khusus yang hanya tersedia untuk pelanggan email. Anda dapat mempromosikannya di media sosial dan juga di situs web Anda.

9. Berkomentar Di Forum Dan Blog

Identifikasi blog dan forum yang relevan tempat audiens ideal Anda menghabiskan waktu secara online, misalnya Kaskus, Quora, Reddit, atau sejenisnya.

Berkontribusilah pada percakapan yang sedang berlangsung dengan memberikan komentar yang bernilai dan relevan. Selalu sertakan juga backlink ke situs web atau posting blog Anda, di mana pengunjung dapat berlangganan ke daftar email Anda.

10. Tawarkan Diskon Harian

Ajaklah orang untuk mendaftar dengan menawarkan diskon harian hanya untuk pelanggan Anda. Tekankan bahwa penawaran hanya tersedia untuk waktu yang terbatas melalui email.

11. Permudah untuk Berbagi

Ajak pelanggan email Anda untuk meneruskan email dengan menyertakan tautan melakukan share atau berbagi ke teman mereka. Pastikan bahwa tautan tersebut mengarahkan orang-orang itu ke halaman tempat mereka dapat memilih untuk menerima email Anda secara langsung.

12. Tambahkan Tombol atau Tautan Call To Action di Media Sosial

Tambahkan tautan atau buatlah tombol call to action dan tambahkan ke profil media sosial Anda. Sertakan teks yang menjelaskan apa yang akan ditemukan pengunjung jika mereka meng-klik tautan.

Misalnya, beri tahu mereka untuk meng-klik tautan untuk mendapatkan diskon pada produk atau layanan Anda atau sekadar berlangganan newsletter Anda.

13. Menyelenggarakan Seminar atau Webinar

Posisikan diri Anda sebagai figur penting di industri Anda dan hasilkan alamat email dengan menyelenggarakan seminar atau webinar online. Kedua jenis acara ini memberi Anda kesempatan untuk menawarkan value kepada audiens Anda sambil juga membangun daftar email Anda.

14. Tambahkan Kode QR ke Materi Pemasaran

Pertimbangkan juga untuk menambahkan kode QR untuk mencetak materi pemasaran yang memberi pembaca akses ke materi bonus tambahan. Buatlah kode QR yang mengharuskan audiens memasukkan alamat email mereka sebagai imbalan atas konten yang mereka dapatkan.

15. Guest Posting di Situs Web Lain

Ada banyak pemilik situs web yang membutuhkan guest posting untuk membantu mereka membuat konten.

Identifikasi blog dengan audiens yang Anda targetkan untuk produk dan layanan Anda sendiri, lalu buat konten, termasuk CTA, untuk mendorong orang mengunjungi situs web Anda sendiri dan mendaftar ke daftar email Anda.

16. Menghadiri Pameran Dagang

Jika Anda memiliki produk fisik, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk menawarkan demo di pameran dagang dan mengumpulkan alamat email dari calon pelanggan yang tertarik.

Anda dapat mengimpor kontak tersebut ke dalam daftar email Anda dan mengelompokkannya berdasarkan kategori tertentu, sehingga Anda dapat dengan mudah mengirimi mereka email berisi artikel dan informasi relevan lainnya.

17. Promosikan Sebuah Acara

Jika Anda menyelenggarakan acara di mana orang membeli tiket atau mendaftar terlebih dahulu, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menambahkan kotak formulir yang meminta orang untuk berlangganan ke daftar email Anda.

18. Kumpulkan Email Menggunakan Wifi Gratis

Jika Wifi gratis tersedia di lokasi fisik Anda, pertimbangkan untuk meminta pelanggan mengirimkan alamat email mereka untuk mengaksesnya.

19. Buat Kuis

Kuis adalah metode yang berguna dan menyenangkan untuk membuat pelanggan memberikan daftar email.

Dorong pengunjung situs web Anda untuk mengikuti kuis Anda dan kemudian tawarkan untuk mengirimkan hasilnya kepada mereka sebagai imbalan atas email mereka.

20. Membangun Jaringan

Bergabunglah dengan grup jaringan bisnis di area lokal Anda dan kumpulkan alamat email secara langsung.

Anda juga dapat meminta izin ke pengelola grup untuk memberitahukan anggota di grup tersebut tentang layanan Anda dan menyertakan tautan untuk berlangganan ke daftar email Anda.

21. Tambahkan Testimonial Landing Page Anda

Tambahkan testimonial tentang kualitas konten, produk, atau layanan Anda ke landing page untuk mendorong orang lain berlangganan informasi lebih lanjut.

Baca juga: Cara Menulis Follow-Up Email Penjualan yang Baik

Kesimpulan

Itulah beberapa strategi yang mungkin bisa Anda gunakan untuk mendapatkan daftar email dari pelanggan. Email marketing merupakan proses pemasaran dengan biaya rendah namun memiliki tingkat konversi yang baik. Hal ini menjadikan strategi pemasaran ini sebagai favorit banyak pemasar profesional dan pemilik bisnis.

Pastikan juga Anda mencatat data pelanggan dan pemasok Anda dalam sistem keuangan untuk mengetahui siapa saja pelanggan atau pemasok yang bernilai pada bisnis Anda.

Belum punya data seperti itu? Tenang, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk pengelolaan data keuangan bisnis yang lebih mudah dan lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan harga terjangkau. Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan data pelanggan, pemasok, transaksi dan biaya yang terjadi, membuat faktur, otomatisasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi fitur di Accurate Online yang akan memudahkan pengelolaan bisis Anda.

Tidak percaya? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:Accurate-