Flagship Adalah Konsep Produk yang Mampu Menumbangkan Kompetitor, Ini Penjelasannya!

Flagship adalah salah satu istilah yang saat ini pasti sudah sangat sering kita dengar, terlebih lagi di dunia yang saat ini serba digital. Bagaimana tidak, dengan strategi bisnis dan juga pemasaran yang besar, tentunya produk paling mahal yang dimiliki oleh suatu perusahaan ini pernah terpikirkan di benak para pelanggan setianya.

Tapi, apa arti yang sebenarnya dari flagship ini? Kenapa banyak perusahaan besar yang meluncurkan produk flagship? Apa saja ciri-ciri dari produk flagship itu? Dan bagaimana cara perusahaan besar tersebut memasarkannya?

Tenang saja, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara lengkap khusus untuk Anda. Untuk itu, ayo baca artikel ini hingga selesai.

Pengertian Flagship Adalah

Dilansir dari laman PC Mag, core product atau flagship adalah produk utama yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Sebenarnya, flagship adalah salah satu istilah yang digunakan pada angkatan laut.

Namun, masih kurang jelas apakah kapal tersebut adalah kapal yang paling canggih, paling kuat, paling penting, ataupun paling besar. Semuanya bisa jadi benar, walaupun kurang tepat.

Kapal flagship dianggap sebagai kapal yang paling penting karena di dalam kapal tersebut terdapat komandan armada kapal angkatan laut. Untuk itu, kapal tersebut umumnya dilengkapi dengan bendera yang sangat unik agar bisa membedakannya dengan kapal lain.

Karena kapal tersebut digunakan oleh sang komandan, maka tentunya spesifikasi dari kapal yang disebut flagship itu juga harus khusus. Umumnya, kapal flagship sudah dilengkapi dengan berbagai persenjataan yang canggih, ukuran yang paling besar, ataupun sistem teknologi yang paling canggih diantara yang lainnya.

Hal tersebutlah yang membuat istilah dari flagship sangat identik dengan suatu produk yang paling baik daripada produk yang lainnya.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya jaman, istilah ini lantas digunakan oleh berbagai industri dan juga produk. Mulai dari produk toko retail manufaktur, layanan transportasi, teknologi, dll. mereka sering kali memanfaatkan istilah ini.

Salah satu industri yang kemungkinan besar sudah sangat akrab di telinga dalam menggunakan istilah flagship adalah industri smartphone. Namun masalahnya istilah ini menjadi sering disalahartikan. Hal tersebut terjadi kemungkinan besar karena sudah terlalu sering digunakan, sehingga makna aslinya menjadi berkurang dan menghilang.

Pada umumnya, produk flagship  dibuat untuk para pelanggan dengan jumlah pendapatan dan juga produktivitas yang lebih besar. Untuk itu, jangan heran jika produk ini muncul dengan harga yang paling mahal daripada produk lainnya yang dibuat oleh perusahaan terkait.

Meskipun begitu, kita tentu tahu ada istilah “ada harga ada barang”. Itu artinya, produk flagship adalah produk yang dibuat dengan fitur dan juga kualitas paling baik. Karena harga pasarnya yang mahal, maka produk ini memiliki sumbangan pendapatan yang paling besar untuk suatu perusahaan.

Sisa dari hasil penjualannya juga akan dijadikan modal kembali untuk membuat produk lain yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Baca juga: Augmented Product Adalah Konsep Bisnis yang Mampu Meningkatkan Nilai Brand

Pengertian Flagship Product Menurut Wikipedia

Dilansir dari laman wikipedia, produk flagship adalah suatu produk inti ataupun produk unggulan yang dimiliki oleh suatu brand. Produk ini umumnya adalah bentuk representasi dari seluruh produk yang dimiliki ataupun ditawarkan oleh perusahaan kepada para konsumennya.

Produk ini bahkan seringkali menjadi produk yang paling dikenal oleh konsumen yang berasal dari perusahaan terkait, contohnya saja Google search engine dari perusahaan Google, Inc, ataupun sistem operasi Windows dari perusahaan Microsoft

Dalam beberapa kasus tertentu, seperti beberapa hal yang  berkaitan dengan gadget, produk flagship juga sering diartikan sebagai suatu produk paling baik ataupun produk dengan kelas yang paling tinggi yang sudah dimiliki oleh perusahaan ataupun ditawarkan oleh suatu perusahaan untuk para konsumennya.

Berbagai produk ini kerap kali dijadikan sebagai acuan untuk para konsumen agar bisa menilai seluruh produk lainnya yang dimiliki oleh suatu brand.

Jadi, misalkan produk flagship dari brand XYZ diklaim bagus, maka produk dengan model ataupun tipe yang berbeda yang brand tersebut keluarkan juga akan dinilai bagus oleh konsumen. Padahal, kenyataannya penilaian seperti ini tidak bisa dianggap benar sepenuhnya.

Selain itu, bila ada satu produk flagship yang berhasil mencapai kesuksesan di pasar, umumnya hal tersebut juga meningkatkan popularitas perusahaan terkait.

Ciri-Ciri Produk Flagship Adalah

Agar suatu produk bisa memiliki gelar flagship, maka produk tersebut harus mempunyai karakteristik dari produk dengan kualitas yang paling baik diantara produk yang lainnya. Tapi, seperti apakah produk dengan ciri-ciri kualitas paling baik? Apakah cukup bisa diketahui dengan harganya yang sangat mahal?

Dilansir dari laman Android Authority, karakteristik dan ciri-ciri dari flagship adalah sebagai berikut ini

1. Produk Flagship Adalah Produk dengan Bahan dan Fitur Terbaik

Agar bisa diklaim sebagai produk flagship, maka suatu perusahaan harus bisa membuat produk tersebut dengan material dan juga fitur berkualitas tinggi. Tentunya, ukuran dari kualitas pada suatu fitur dan bahan juga akan berkembang seiring berjalannya waktu.

Untuk itu, pihak perusahaan harus bisa merencanakan dan membuat produk yang paling canggih pada awal tahun.

Kenapa produk flagship harus dibuat dengan bahan dan juga fitur terbaik? Karena, produk inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai senjata utama di dalam persaingan bisnis dengan perusahaan kompetitor lain di pasar.

Jika suatu perusahaan tidak mampu membuat produk yang mampu bersaing, maka mereka akan tertinggal dan juga akan kehilangan banyak pelanggannya. Walaupun begitu, pihak perusahaan bisa menentukan terlebih dahulu produk apa yang ingin dijadikan sebagai produk flagship jika mereka memang sudah mempunyai audiens dengan jumlah yang besar.

Misalnya, Samsung Galaxy yang dilengkapi dengan RAM 4GB tetap diklaim sebagai produk flagship walaupun ada kompetitor lain yang mempunyai produk dengan RAM sampai 8GB. Kenapa begitu? Karena Samsung adalah brand smartphone yang sudah sangat terkenal dengan kualitas yang juga sudah sangat terjamin.

2. Produk Flagship Adalah Produk yang Mampu Mengalahkan Semua Produk

Agar mempunyai pangsa pasar yang lebih luas, seringkali suatu perusahaan akan membuat lebih dari satu produk untuk bisa dipasarkan.

Namun, mereka harus bisa menetapkan produk utama yang nantinya akan disandingkan dengan produk kompetitornya. Untuk itu, produk tersebut harus mempunyai kualitas terbaik diantara produk lainnya yang sudah dibuat oleh perusahaan.

Nah, produk tersebut harus mempunyai terbaik diantara produk-produk lainnya yang telah dibuat oleh perusahaan. Contohnya saja seperti Samsung. Perusahaan ini mempunyai tiga seri smartphone yang aktif mereka pasarkan ke masyarakat.

Tapi, seri S dan juga seri Note diklaim sebagai produk flagship karena kualitasnya yang mampu mengalahkan seri lainnya.

Lantas, bagaimana dengan suatu brand yang hanya membuat satu seri produk? Kita bisa mengambil contoh dari perusahaan Apple. Walaupun mereka memang hanya membuat satu seri iPhone saja, tapi mereka mampu memperbaiki kualitas dan juga bahan produk di setiap tahunnya.

Cara Memasarkan Produk Flagship

Jika suatu brand berniat untuk merilis suatu produk flagship yang terkenal, maka mereka harus bisa merancang strategi pemasaran yang juga baik. Kenapa? Karena sebenarnya marketing mempunyai peran yang sangat vital dalam kesuksesan suatu produk flagship.

Jika rencana pemasaran tidak bisa dilakukan secara baik, maka brand perusahaan tersebut pun pasti akan menderita kerugian yang sangat besar. Lalu, apa saja strategi pemasaran yang baik untuk memasarkan produk flagship. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Tegaskan Spesifikasi, Desain, dan Fitur

Dikutip dari laman Be Next Brand, tim pemasar harus bisa menegaskan spesifikasi, desain dan juga fitur yang terdapat di dalam produk flagship. Hal ini dilakukan agar bisa menarik pelanggan secara tidak langsung dengan cara membandingkan produk perusahaan dengan produk milik kompetitor.

Selain itu, dengan cara menunjukkan berbagai fitur produk, maka pelanggan akan mengetahui alasan dibalik harga mahal yang dibandrol oleh brand tersebut.

.2 Bukti Performa Produk

Selanjutnya, cara yang bisa dilakukan untuk menarik minat pelanggan pada produk flagship adalah dengan cara menjelaskan kualitas performa produk itu sendiri. Untuk itu, perusahaan harus mengadakan riset terkait performa produk pada beberapa orang yang terpilih.

Bila sudah memperoleh hasilnya, maka tim pemasaran bisa menyertakan bukti performa produk pada strategi pemasarannya

3. Proses Penciptaan Produk

Poin terakhir yang harus ditekankan oleh tim pemasar adalah proses dalam menciptakan atau membuat produk tersebut. Pihak perusahaan harus bisa menjelaskan bahwa produk mereka dibuat oleh para ahli pada bidangnya dengan kualitas penelitian terbaik.

Dengan mengetahui proses pembuatan ini, maka pihak pelanggan seakan-akan sudah bisa diperbolehkan untuk melihat kondisi layar ketika produk dengan kualitas yang tinggi dibuat.

Baca juga: Targeting Audience dan Cara Menentukannya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap tentang produk flagship. Jadi, produk flagship adalah produk khas dari suatu brand atau perusahaan. Dengan adanya fitur dan juga bahan terbaik, maka produk  flagship mampu memberikan banyak keuntungan untuk perusahaan.

Namun, perlu diingat bahwa sebelum Anda memutuskan untuk menciptakan produk flagship, Anda harus memiliki strategi pemasaran yang baik dan juga manajemen keuangan yang juga baik. Kenapa? Karena produk flagship adalah produk yang dibuat dengan bahan baku dan ongkos pembuatan yang sangat mahal daripada produk lainnya.

Untuk itu, Anda harus selalu mencatat pengeluaran dalam menciptakan produk flagship pada laporan arus kas Anda, bila perlu gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Kenapa harus Accurate online? Karena Accurate Online mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan juga fitur yang sangat lengkap yang mampu memudahkan kegiatan bisnis Anda

Dengan kelebihan tersebut, Anda hanya harus membayar 200 ribu rupiah perbulan. Harga dan fitur tersebut tidak akan bisa Anda dapatkan pada software akuntansi lainnya.

Penasaran dengan Accurate Online? Anda bisa mencoba seluruh fitur yang ada di aplikasi akuntansi ini secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate 2 banner bawah