Free Ongkir Adalah: Pengertian dan Strategi Ampuh dalam menerapkannya

Sama seperti namanya, free ongkir adalah biaya gratis pengiriman. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa umumnya penjual akan banyak memberikan biaya atas pengiriman produknya pada para pembeli.

Jumlah total harga produk yang tercantum tersebut umumnya sudah diperhitungkan dengan berapa harga produk dan ditambah dengan biaya ongkos kirimnya, lalu pembeli pun akan melakukan pengiriman uang sebanyak yang sudah disepakati sebelumnya.

Biaya pengiriman ini diukur dari sisi keamanan produk, alamat pengiriman dan juga jenis paket layanan pengiriman. Tarifnya juga sangat beragam, sehingga para pebisnis online mulai banyak yang berani menerapkan free ongkir agar mampu menarik banyak pelanggan untuk biaya.

Free ongkir juga bisa digunakan dengan menggunakan sistem penekanan biaya yang selanjutnya dikurangi dengan keuntungan margin, sehingga harapan penjual untuk bisa menerima jumlah pemesanan produk yang banyak agar bisa menutupi margin keuntungan.

Agar lebih jelas lagi tentang free ongkir, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Free Ongkir?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, free ongkir adalah suatu penawaran biaya gratis pengiriman, yang menjadi salah satu strategi pemasaran para pebisnis UMKM dalam menarik pelanggan.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa pertimbangan konsumen dalam melakukan belanja online umumnya adalah tentang biaya pengiriman.

Umumnya saat membeli barang, harga ongkos kirim bisa menjadi lebih mahal daripada produknya. Untuk itu, pebisnis banyak yang melakukan strategi free ongkir, sehingga pembeli hanya harus membayar barang yang mereka inginkan saja.

Para pebisnis online juga bisa melakukan kerjasama dengan pihak marketplace atas adanya strategi gratis ongkir ini dan juga akan memberikan keuntungan pada kedua belah pihak. Sehingga, pebisnis bisa menghindari bentuk kerugian dari adanya promo free ongkir dengan menggunakan syarat dan juga ketentuan tertentu.

Melakukan bisnis online yang di dalamnya menawarkan gratis ongkir tentunya bukanlah hal yang mudah. Ada banyak sekali pertimbangan dan juga alokasi dana ataupun biaya lainnya yang harus dilihat.

Baca juga: Strategi Pemasaran Jasa: Pengertian, Karakteristik dan Strategi Ampuhnya

Strategi Free Ongkir Pada Bisnis Online

Adanya penawaran ataupun promosi gratis ongkir tentu akan membuat setiap konsumen menjadi senang. Promo ini juga akan memberikan banyak sekali pelanggan baru dan produk pun akan menjadi lebih cepat habis dijual. Lalu, bagaimana cara memaksimalkan strategi free ongkir? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Tetap Jaga Kualitas Produk Walau Promo Free Ongkir

Adanya promo free ongkir bukanlah satu-satunya faktor yang membuat Anda bisa laku di pasar. Tapi, akan lebih baik lagi bila gratis ongkir ini disebut sebagai bonus, sehingga Anda tidak akan kehilangan daya kreativitas Anda dan tidak hanya memperoleh keuntungan sesaat dalam hal memasarkan produk.

Untuk itu, ada baiknya bila penjual memerhatikan kualitas produk, pelayanan yang baik, kemasan yang menarik, dan juga review pembeli.

2. Tentukan Beberapa Jenis Produk

Saat Anda menjual banyak jenis produk, Anda tidak perlu menerapkan free ongkir pada semua produk. Tujuannya tentu agar bisa meminimalisir kerugian. Anda hanya harus menerapkan gratis ongkir pada beberapa jenis produk, dan produk lainnya bisa Anda terapkan potongan harga saja.

3. Gratis Ongkir Tanpa Minimal Pembelian

Umumnya, kebanyakan penjual akan memberikan promo free ongkir dengan batas minimal pembelian. Tapi sebagai penjual, ada baiknya jika Anda menerapkan ide lain agar konsumen tetap tertarik dengan promo gratis ongkir Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa menerapkan promo free ongkir tanpa minimal pembelian pada acara atau momen tertentu, agar bisa menarik para pembeli untuk melakukan pembelian.

4. Gunakan Syarat dan Ketentuan

Beberapa jenis bisnis online lainnya juga banyak yang menerapkan syarat dan ketentuan di dalam strategi free ongkirnya. Seperti, salah satu toko online yang menerapkan promo free ongkir setiap terjadi pembelian produk minimal seharga 50 ribu rupiah.

Hal tersebut tentu dikarenakan alamat pengiriman yang jauh menjadi salah satu penyebab diadakannya penambahan ongkos kirim sebesar 15 ribu rupiah. Sehingga, para pembeli pada akhirnya mau menyetujui syarat dan ketentuan yang diberikan.

5. Penentuan Tanggal Free Ongkir dan Wilayah Tertentu

Dengan adanya penentuan tanggal free ongkir, maka Anda mampu menambah minat pebisnis online lain dalam melakukan penjualan online di media sosial. Tapi, saat promo gratis ongkir Anda sukses dan penjualan pun meningkat, maka Anda harus tetap memperhatikan kualitas produk dan juga para karyawan Anda.

6. Bagikan Informasi Free Ongkir

Informasikanlah kepada setiap konsumen Anda bahwa Anda sedang mengadakan promo free ongkir dan seberapa hemat keuntungan yang akan diperoleh oleh konsumen dengan adanya promosi tersebut.

Agar bisa menyampaikan dan mengingatkan para pelanggan, Anda bisa menggunakan beberapa fitur yang ada pada toko online Anda untuk mengirimkan pesan pada pelanggan. Untuk saat ini, fitur yang tersedia di marketplace untuk memberitahukan konsumen sangat banyak, seperti share ke media sosial dan email.

7. Hindari Adanya Kenaikan Harga

Dengan menerapkan promo gratis ongkir , maka akan berdampak pula pada penekanan angka margin keuntungan penjualan Anda. Untuk itu, Anda tetap harus menghindari kenaikan harga sebelum melakukan strategi gratis ongkir, karena hal tersebut akan terkesan menginginkan laba yang tinggi oleh konsumen.

Meskipun Anda bisa menutupi biaya dan juga margin keuntungan yang kecil, namun dengan cara tidak meningkatkan harga, maka Anda bisa mempertahankan konsumen setia Anda. Mereka tidak hanya menginginkan produk yang berkualitas, mereka juga ingin harga yang sesuai dengan kantong mereka.

Untuk itu, sebisa mungkin hindarilah kenaikan harga bila tidak ingin pelanggan atau konsumen Anda melirik toko sebelah dengan harga yang lebih murah.

8. Gunakan Pembukuan Untuk Meraih Keuntungan

Selain harus membuat promo gratis ongkir, Anda juga harus melakukan perhitungan secara tepat dan benar agar nantinya tidak merugi. Untuk itu, sebaiknya lakukanlah pengukuran performa manajemen bisnis online Anda dengan menggunakan balanced scorecard.

Jadi, walaupun Anda memberikan promo free ongkir, Anda tetap harus memperhatikan dan memperhitungkan kehadiran promo ini. Untuk itu, buatlah perhitungan stok produk promo yang ditawarkan dan juga total jumlah laba produk yang sudah terjual.

Akan lebih disarankan bila Anda menggunakan pembukuan dengan melakukan perhitungan pada sisa keuntungan setelah dikurangi dengan biaya ongkos kirim. Dengan begitu, maka akan lebih mempermudah Anda dalam melakukan perhitungan stok produk, biaya produk sampai keuntungan yang akan Anda peroleh.

9. Pengiriman Gratis atau Cepat?

Cobalah untuk memberikan dua pilihan pengiriman pada pelanggan Anda, ingin yang grati atau ingin yang cepat sampai. Untuk menggunakan pengiriman free ongkir, maka Anda bisa menggunakan jasa pengiriman yang lebih ekonomis, dan jika pelanggan intim pengiriman yang lebih cepat, maka Anda bisa membebankan biaya pengiriman pada mereka.

Pilihan tersebut adalah pilihan yang masuk akal, namun tetap memiliki perhitungan tentang berapa margin keuntungan yang bisa Anda dapat dalam penjualan produk. Jadi, akan lebih disarankan bila gratis ongkir ini diberikan dengan adanya berbagai batasan pembelian tertentu agar margin keuntungan Anda tidak terlalu sedikit.

10. Mainkan Target Lokasi Saat Beriklan

Saat ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk memikirkan strategi beriklan. Contohnya, Anda meningkatkan harga senilai Rp 10 ribu per item nya, selanjutnya buatlah ikan tersebut pada lokasi yang ongkos kirimnya berada di minimal 10 ribu rupiah per kg.

Jika harga produk Anda masih aman untuk ditingkatkan menjadi 20 ribu rupiah, maka target lokasinya bisa lebih Anda perluas, karena Anda mempunyai budget subsidi ongkir hingga 20 ribu rupiah.

Dengan menggunakan trik ini, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan kalimat “free ongkir untuk wilayah tertentu”. Anda bisa langsung menerapkan free ongkir ke seluruh Indonesia, namun target audiens di lokasi X mengetahui promo Anda sesuai dengan batasan gratis ongkir Anda.

Cara kedua yang bisa Anda lakukan Adalah dengan memberikan informasi “gratis ongkir senilai….khusus untuk…..” bila memang Anda ingin lebih mentarget wilayah yang lebih luas, namun tetap ingin memberikan highlight free ongkir dengan batasan tertentu saja.

Lantas, cara mana yang lebih efektif? Jawabannya adalah dengan melakukan split test terlebih dahulu.

Baca juga: Lead Generation: Pengertian, Jenis, dan Prosesnya Dalam Marketing

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang free ongkir. Diharapkan apa yang kami berikan tentang free ongkir ini bisa semakin menambah wawasan Anda dan bisa semakin meningkatkan laba perusahaan Anda.

Namun, jangan lupa untuk tetap mengelola keuangan bisnis Online Anda secara rapi dan akurat. Agar mampu memudahkan pengelolaan keuangan bisnis online, maka Anda harus melakukan pembukuan yang rapi dengan menggunakan teknologi software akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi akuntansi ini memiliki banyak sekali fitur yang mampu memudahkan kegiatan akuntansi Anda. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan bisnis secara mudah dan akurat.

Anda bisa coba langsung Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan tombol di bawah ini.

accurate1