Guerilla Marketing: Pengertian dan Penerapannya dalam Bisnis

Dewasa ini, kita bisa mengenal dan memahami banyak sekali strategi marketing untuk meningkatkan penjualan. Dari mulai sosial media marketing, email marketing, sampai guerilla marketing. Lantas, apa sih guerilla marketing itu?

Pada kesempatan ini kami akan membagikan pengetahuan kami pada Anda tentang salah satu strategi marketing yang terbilang unik ini. Ayo baca terus artikel ini hingga selesai, agar Anda bisa menerapkannya secara tepat pada bisnis Anda.

Apa sih Guerilla Marketing itu?

Guerilla marketing  merupakan salah satu strategi marketing terkini yang menggunakan unsur kejutan atau surprise pada calon pelanggan. Tujuan dari strategi marketing ini adalah untuk menarik perhatian para pelanggan dengan baik.

Agar bisa menjalankan strategi guerilla marketing ini dengan baik, Anda memerlukan bentuk kreativitas yang tinggi dalam setiap  iklan yang Anda buat. Walaupun tantangan dari strategi ini memang cukup besar, namun dampak yang ditimbulkan seringkali membuat pelanggan menjadi terhibur saat melihat iklan penawaran produk yang Anda lakukan.

Hingga saat ini, telah banyak pebisnis yang menerapkan strategi guerilla marketing. Alasannya tentu saja sangat efektif dan juga sangat minim anggaran. Kenapa? Karena energi yang harus dikeluarkan adalah kreativitas, ide, waktu dan tenaga, bukan anggaran iklan.

Selain itu, strategi guerilla marketing pun cenderung lebih menitik beratkan pada pelanggan lama daripada pelanggan baru.  Hal tersebut dikarenakan iklan ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan baik pelanggan dengan produk atau brand bisnis.

Kegiatan promosi yang dilakukan dengan strategi guerilla marketing ini juga sering sekali viral. Adanya pesan kreatif yang disampaikan dalam iklan tersebut sering sekali disebarluaskan oleh para pelanggan dari mulut ke mulut atau lewat media sosialnya masing-masing. Inilah yang menjadi bukti tentang kekuatan strategi guerilla marketing.

Baca Juga: Revenue Stream: Pengertian, Jenis, Contoh dan Fungsinya

Lantas, Apa Saja Kelebihan Guerilla Marketing?

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari guerilla marketing yang wajib Anda pahami.

1. Lebih Hemat Anggaran

Kemungkinan besar strategi marketing lain akan memakan biaya yang lebih besar dalam pelaksanaannya. Baik itu iklan fisik, maupun iklan digital.

Hal yang berbeda akan Anda temukan pada iklan guerilla marketing . Iklan ini dilakukan tanpa anggaran yang besar, namun tetap mampu menarik perhatian banyak pelanggan secara lebih baik.

2. Mudah Viral

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, iklan guerilla marketing akan lebih fokus pada kreativitas yang terkadang disisipkan juga humor. Oleh karena itu, iklan ini kemungkinan besar mampu menarik perhatian publik dan mampu lebih mudah viral dibandingkan dengan iklan biasa.

3. Terasa Lebih Berkesan dan Lebih Dekat

Iklan yang menerapkan strategi marketing ini akan membangun perasaan yang lebih kuat di mata publik. Sehingga, akan lebih mudah dalam menyampaikan pesan promosi produk. Bahkan, seringkali perasaan emosional ini mampu mendorong terjadinya engagement yang sangat baik.

4. Sangat Pas untuk Membangun Partnership

Biasanya, strategi guerilla marketing akan melibatkan bisnis atau organisasi lainnya untuk bisa berkolaborasi. Jadi, selain mampu menghemat anggaran, target jangkauan pelanggan pun akan lebih luas.

Baca Juga: Mengenal Strategi Experiential Marketing, Jenis dan Fungsinya

5 Prinsip Guerilla Marketing 

Untuk Anda yang tertarik dalam menjalan strategi guerilla marketing ini pada bisnis Anda, maka Anda wajib mengenal dan memahami berbagai prinsipnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa prinsip yang harus Anda pahami dalam menjalankan strategi guerilla marketing.

1. Kaya akan Kejutan

Strategi  guerilla marketing dilakukan dengan memberi suatu efek kejut pada pelanggannya. Caranya adalah dengan menggunakan tempat dan cara yang tidak biasanya orang lain gunakan. Sehingga, akan lebih mudah dalam mendapatkan perhatian dari para pelanggan Anda.

2. Harus Lebih Kreatif dan Inovatif

Strategi guerilla marketing akan lebih fokus pada imajinasi, ide kreatif, dan dibalut dengan desain yang sangat inovatif. Dengan adanya tampilan iklan promosi yang unik ini, maka pelanggan Anda akan segera tertarik dengan berbagai pesan yang terkandung di dalamnya.

Tujuan akhirnya adalah dengan membuat para pelanggan lebih tertarik dalam melakukan pembelian pada produk Anda.

Baca juga: Costumer Experience: Pengertian, Cara Mengukur dan Meningkatkannya

3. Minim Anggaran

Anda tidak harus mengeluarkan biaya anggaran yang besar dalam menjalankan strategi marketing ini. Dengan bekal kreativitas yang tinggi, Anda akan menekan biaya promosi. Sehingga, kegiatan promosi Anda akan lebih efisien, baik itu menggunakan media fisik ataupun digital.

4. Bersifat Temporer

Strategi guerilla marketing ini dilakukan dengan maksud agar bisa terus berjalan pada periode waktu tertentu. Kenapa? Karena menggunakan ide iklan yang sudah pernah digunakan sebelumnya tidak akan menimbulkan efek kejut pada pelanggan Anda.

5. Memberikan Efek Positif

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, strategi marketing ini dilakukan dengan ide yang kreatif agar pelanggan bisa terhibur. Selain mampu memberikan pengalaman yang baru dan menghibur, Anda juga bisa memberikan nilai lebih pada pelanggan. Seperti, memberi giveaway sebagai bagian dari iklan, atau membuat iklan yang sifatnya edukatif.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam tantang Strategi Marketing FOMO

Cara Menerapkan Guerilla Marketing Pada Perusahaan

Jika sebelumnya Anda sudah memahami berbagai prinsip dalam marketing ini. Sekarang waktunya Anda mempelajari berbagai tips untuk menjalankan strategi marketing yang efektif ini pada bisnis perusahaan Anda.

1. Kenali Target Pelanggan Anda 

Langkah utama yang harus dilakukan dalam menjalankan guerilla marketing adalah dengan mengenali target pelanggan Anda. Sehingga, Anda akan lebih mudah dalam membuat konten iklan yang tepat untuk mereka, serta cara terbaik dalam menyampaikannya. Untuk bisa mengenalinya, Anda bisa melakukan riset atau survei tertentu terlebih dahulu.

2. Sesuaikan dengan Bisnis Anda

Pada akhirnya, jenis strategi marketing ini harus bisa Anda sesuaikan dengan jenis bisnis Anda, kebutuhan, ide, dan sumber daya yang ada.  Jadi, jika Anda masih tahap berkembang, maka gunakanlah strategi marketing ini dengan anggaran yang tidak besar.

3. Tentukan Anggarannya 

Menerapkan strategi marketing ini memang lebih murah dari strategi marketing lainnya. Namun, dengan syarat Anda harus menerapkannya secara tepat. Sehingga, Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat dan menghemat pengeluaran pada saat yang sama. Jadi, untuk Anda yang menginginkan efek iklan yang sangat luar biasa namun dengan anggaran yang terbatas, maka strategi guerilla marketing ini adalah pilihannya.

4. Ciptakan Ide Kreatif 

Kegiatan guerilla marketing yang Anda lakukan harus bisa menarik perhatian para pelanggan Anda dengan suatu efek kejut. Oleh karenanya, Anda harus menciptakan berbagai ide segar yang sebelumnya belum pernah digunakan oleh perusahaan manapun. Karena, jika iklan yang serupa atau sama terjadi dua kali, tentunya iklan tersebut tidak akan sukses.

Oleh karena itu, Anda harus merencanakan strategi periklanan yang masih segar, dan susunlah apa saja bentuk kegiatan promosi yang hendak Anda lakukan. Hal ini tentunya agar menarik para pelanggan Anda untuk melakukan pembelian.

5. Siapkan Call-to-Action

Jika Anda menginginkan efek yang maksimal, maka Anda harus menyiapkan call-to-action dalam menjalankan jenis marketing ini. Caranya bisa dengan memberikan giveaway, kupon diskon, atau mengisi form terkait informasi yang bisa pelanggan isi. Sehingga, Anda akan bisa melakukan follow-up kedepannya guna meningkatkan penjualan Anda.

6. Fokuslah pada Kelompok Kecil

Menargetkan iklan pada suatu kelompok yang lebih kecil sudah terbukti sangat ampuh dalam menjalankan strategi pemasaran yang efektif. Karena, Anda akan mampu membangun ikatan yang lebih erat dengan mereka.

7. Buatlah Pesan yang Jelas dan Singkat

Salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan iklan guerilla marketing terdapat pada pesan yang akan Anda sampaikan. Untuk itu, pastikanlah pesan Anda bisa sampai pada pelanggan dengan singkat dan jelas. Gunakan juga gaya komunikasi yang sesuai agar mereka mampu lebih mudah untuk melakukan pembelian.

Baca juga: Mengenal Unique Selling Point (USP) dan Cara Menentukannya

Sekaranglah Saatnya Menerapkan Guerilla Marketing Pada Bisnis Anda 

Guerilla marketing adalah salah satu cara yang sangat menantang untuk bisa diterapkan pada bisnis Anda daripada startegi marketing lainnya. Kenapa? Karena strategi ini akan memeras daya kreatifitas dan inovasi Anda.

Tapi Anda tidak perlu takut, selama Anda sudah mempunyai bentuk marketing plan yang matang, plus pemahaman tantang target pelanggan, hampir bisa dipastikan Anda mampu mendapatkan kesukesan dengan strategi marketing ini.

Strategi marketing inipun bisa digunakan untuk semua bisnis, Anda hanya perlu menerapkan berbagai langkah dan prinsip diatas. Namun, jika Anda masih terasa sulit menjalankan strategi tersebut karena harus mengatur sistem perencanaan keuangan dan masalah akuntansi lainnya, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengurus segala hal yang menyangkut akuntansi bisnis Anda secara lebih mudah dan cepat. Sehingga, Anda bisa fokus menjalankan beberapa strategi marketing terbaik.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 1