Hashtag Adalah: Pengertian, Manfaat dan Strategi Tepat Dalam Menggunakannya

Pada dasarnya, hashtag adalah suatu simbol tagar # yang digunakan pertama kali oleh Chris Messina, seorang web marketing specialist Twitter. Penggunaan hashtag ini pertama kali muncul di musim panas pada tahun 2007. Kala itu, Messina menyarankan penggunaan hashtag sebagai bentuk penanda untuk tweets yang saling berhubungan pada suatu topik.

Nah, sejak saat itu, penggunaan hashtag pun mulai meluas. Saat ini, hashtag bahkan tidak hanya digunakan pada media sosial Twitter saja, beberapa platform besar media sosial lainnya pun turut menggunakan hashtag.

Apa Itu Hashtag?

Dilansir dari laman Hubspot, hashtag adalah suatu frasa kata kunci yang dieja tanpa menggunakan spasi, dengan tanda tagar di bagian depannya, misalnya saja seperti #accurate, #bisnisjadimudah dan #UKMnaikkelas.

Hashtag ini nantinya akan mengikat percakapan publik dari seluruh pengguna yang berbeda ke dalam suatu aliran. Anda bisa menemukannya dengan mencari kata kunci ataupun memilih hashtag, atau dengan menggunakan suatu tools tertentu.

agar postingan yang dibalut dengan hashtag ini bisa muncul di penelusuran semua orang, maka postingan dengan menggunakan hashtag ini harus bersifat lebih publik.

Baca juga: Customer Journey Mapping: Pengertian, Konsep, dan Manfaatnya untuk Marketing

Cara kerja Hashtag

1. Bagaimana Hashtag Bekerja Di Twitter

Pada Twitter, hashtag bekerja dengan cara menghubungkan percakapan berbagai pengguna menjadi suatu kumpulan tertentu. Bila ada pengguna Twitter lain yang tidak saling terhubung pada hashtag yang sama, maka twet mereka akan muncul pada kumpulan hashtag yang sama.

Nantinya, hashtag yang populer akan muncul di dalam laman trending topic Twitter. Anda juga bisa mencari hashtag yang lebih spesifik di dalam kolom pencarian.

2. Bagaimana Hashtag Bekerja di Instagram

Seperti di Twitter, hashtag Instagram juga adalah hal yang menghubungkan percakapan berbagai pengguna ke dalam satu kelompok.

Jika pengguna Instagram menggunakan hashtag yang sama, kiriman mereka akan muncul di kelompok hashtag tersebut.

Manfaat Hashtag

Saat ini, penggunaan hashtag memiliki peran kunci di dalam social media marketing. Dilansir dari laman Hootsuite, beberapa manfaat hashtag adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Engagement Dengan Followers

Dengan mencantumkan hashtag pada postingan, berarti Anda sudah ikut serta di dalam percakapan yang terjadi di dalam platform media sosial. Hal tersebut akan membuat postingan Anda menjadi lebih terlihat.

Hal tersebut nantinya akan mengarah pada keterlibatan yang lebih besar, termasuk meningkatkan media sosial perusahaan atau brand Anda, seperti meningkatkan like, share, followers baru, dan juga komentar.

2. Kesempatan Untuk Membangun Brand

Membuat suatu hashtag khusus untuk brand adalah cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis dan mendorong adanya percakapan pada setiap audiens.

3. Cara Menunjukkan Dukungan Untuk Masalah Sosial

Menggunakan suatu hashtag yang terkait dengan masalah di luar brand adalah cara yang paling baik untuk ikut terlibat di dalam masalah sosial yang saat itu sedang menjadi perbincangan followers Anda.

4. Menambahkan Konteks Pada Post Media Sosial

Di sosial media Twitter, Anda teks untuk menulis tidaklah banyak. Anda hanya bisa menulis sekitar 290 karakter saja dalam setiap postingan. Di Instagram, teks yang lebih panjang tidak selalu efektif. Sama halnya dengan Facebook, Pinterest, LinkedIn, atau media sosial lainnya, terkadang lebih sedikit teks adalah lebih baik.

Dengan menggunakan hashtag, maka Anda bisa jadi lebih mengkontekstualisasikan apa saja yang sedang Anda bicarakan tanpa harus menghabiskan lebih banyak karakter.

Selain itu, Anda juga bisa lebih mengelompokkan beberapa postingan pada konteks yang sama dengan satu hashtag saja.

5. Membantu Target Audiens Menemukan Brand

Disosial media Instagram dan juga LinkedIn, pengguna bisa mengikuti suatu hashtag yang sudah dibuat oleh pengguna lainnya. Menggunakan beberapa hashtag yang populer pun bisa menjadi cara lain dalam membantu pengguna baru untuk bisa menemukan brand Anda.

Misalnya saja jika Anda menggunakan hashtag #bisnis pada postingan instagram Anda, seseorang yang sedang mengikuti hashtag tersebut bisa saja melihat postingan terbaru Anda pada beranda mereka. Sehingga peluang Anda untuk mendapatkan followers baru bisa meningkat.

Tips Menggunakan Hashtag yang Tepat

1. Pantau Influencer dan Kompetitor Anda Di Media Sosial

Mulailah dengan cara melakukan analisa yang kompetitif di media sosial. Kumpulkanlah seluruh informasi tentang kompetitor dan juga influencer yang relevan dengan pangsa pasar Anda.

2. Temukan Hashtag yang Relevan dengan Brand

Bila Anda sudah mempunyai pemahaman yang baik terkait hashtag mana yang lebih efektif, maka pertimbangkanlah untuk menggunakan suatu hashtag yang lebih relevan. Hal ini mungkin akan sedikit lebih spesifik, namun nantinya akan lebih memudahkan Anda dalam terhubung dengan audiens lainnya yang lebih tertarget.

3. Analisis Hashtag Mana yang Berhasil Pada Postingan Sebelumnya

Hal selanjutnya yang juga perlu Anda lakukan adalah dengan memantau hashtag mana yang sudah Anda gunakan pada kiriman sebelumnya. Cobalah untuk menganalisa lebih mendalam post apa yang lebih populer, lalu perhatikanlah apakah ada tren hashtag yang Anda gunakan.

Bila Anda melihat beberapa postingan yang paling populer dan selalu berisi beberapa tagar yang sama, pastikanlah untuk bisa memasukannya pada kiriman Anda selanjutnya.

4. Hashtag Instagram yang Relevan

Untuk bisa membuat suatu hashtag yang lebih efektif, maka Anda harus bisa memastikan bahwa hashtag yang Anda gunakan sesuai dengan foto ataupun video yang Anda upload.

Hashtag yang relevan akan memungkinkan pengguna lainnya di Instagram untuk menemukan konten yang mereka inginkan. Artinya, Anda bisa menargetkan ­post Anda agar lebih mudah untuk ditemukan oleh target audiens yang sudah Anda tentukan.

5. Sesuaikan Jumlah Hashtag

Instagram memperbolehkan setiap penggunanya untuk menggunakan maksimal 30 hashtag  di dalam setiap postingan. Tapi, menggunakan 30 hashtag penuh dalam sebuah caption Instagram bukan pilihan yang bijak.

Instagram memungkinkan Anda untuk menggunakan maksimal 30 hashtag dalam setiap post.

Berdasarkan laman resmi Smart Insight, jumlah hashtag yang digunakan pada suatu postingan bisa disesuaikan dengan jumlah followers akun instagram.

6. Gunakanlah Branded Hashtag

Berdasarkan laman Social Insider, terdapat beberapa jenis hashtag yang bisa digunakan di dalam Instagram, yaitu general hashtag, branded hashtag, niche hashtag, community-related hashtag, dan location hashtag. 

Untuk membuat suatu hashtag menjadi lebih efektif untuk kegiatan pemasaran, Anda bisa menggunakan branded hashtag. Branded hashtag adalah hastag yang dibuat secara langsung untuk menggambarkan bisnis ataupun usaha Anda.

7. Letakkan Hashtag Instagram di Profil

Dewasa ini, Instagram sudah memungkinkan setiap penggunanya untuk bisa meletakkan hashtag pada profil akun mereka. Dengan menggunakan hashtag pada profil, maka pengguna lain bisa mengklik hashtag tersebut yang selanjutnya akan dibawa pada laman hashtag tertulis.

Anda bisa meletakkan hashtag sesuai dengan nama brand, konten, atau kampanye iklan yang sedang Anda jalankan, sehingga penggunaan bio pada instagram akan memberikan manfaat yang besar untuk brand Anda. Sehingga, persentase brand awareness Anda akan meningkat.

8. Sesuaikan dengan Trending Topic

Salah satu kunci utama dalam penggunaan sosial media yang baik adalah dengan mengikuti tren. Anda bisa menerapkan konsep ini dalam hal penggunaan hashtag di Instagram.

Bila Anda menggunakan hashtag yang sedang masuk dalam trending topic, maka konten Anda juga akan lebih mudah untuk ditemukan oleh para pengguna lainnya.

9. Post pada Waktu yang Tepat

Penggunaan hashtag pada Instagram bisa dilihat berdasarkan kategori Top dan juga Recent. Dilansir dari laman Later, terdapat dua hal yang membuat suatu hashtag bisa menempati kategori top, yakni seberapa tinggi engagement rate suatu post dan juga seberapa cepat post tersebut bisa memperoleh engagement rate yang tinggi.

10. Evaluasi

Lakukanlah evaluasi secara dalam menggunakan hashtag di Instagram. Dalam satu periode waktu kemungkinan Anda akan menemukan hashtag terbaik untuk bisa digunakan pada postingan Anda. Namun lama-kelamaan, Anda harus tetap selalu memperbaiki dan memantau hashtag yang efektif di setiap waktunya.

Baca juga: Content Creator Adalah: Pengertian dan Perannya dalam Suatu Bisnis

Penutup

Menggunakan hashtag memang menjadi strategi pemasaran yang memerlukan suatu trik khusus. Beberapa contoh hal diatas harus Anda perhatikan lagi dalam menghasilkan hashtag yang efektif untuk kebutuhan pemasaran Anda.

Selain itu, Anda juga tetap harus memperhatikan anggaran keuangan pemasaran Anda, agar kondisi keuangan perusahaan bisa tetap sehat dan terjaga.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam mengelola keuangan perusahaan, Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi dari Accurate Online. Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu memudahkan Anda dalam berbisnis dan tampilan dashboard yang mudah untuk dipahami oleh orang awam sekalipun.

Tertarik? Anda bisa mencoba Accurate Online selama 30 hari secara gratis melalui tautan gambar di bawah ini:

accurate1