Key Opinion Leaders dan Peran Pentingnya Dalam Dunia Digital Marketing

KOL atau key opinion leaders adalah salah satu bagian yang paling penting dalam dunia Digital marketing. Setiap individu yang mampu mempengaruhi banyak orang akan menjadi titik balik kesuksesan dalam sebuah strategi pemasaran.

Tapi apa sebenarnya KOL atau key opinion leaders dalam dunia Digital marketing? Kenapa mereka memiliki peran yang penting untuk menggaet pelanggan baru? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang key opinion leaders di bawah ini.

Pengertian Key Opinion Leaders

Pemasaran di dunia digital saat ini sudah sekali banyak pergeseran dan perubahan strategi dengan hadirnya key opinion leaders atau KOL. KOL atau key opinion leaders adalah seorang atau organisasi yang mempunyai pengetahuan dan juga pengaruh pada suatu produk berdasarkan bidangnya tersendiri.

Dilansir dari Influencer Marketing Hub, KOL mempunyai kepentingan dan juga kekuatan yang sangat besar daripada media massa terkini. Kenapa? karena mereka mampu membuat suatu hubungan dengan pelanggan melalui adanya kegiatan yang terasa sangat relevan dengan keseharian mereka.

Tidak hanya aktif di sosial media saja,  salah satu paling umum di mana Anda bisa menemukan banyak sekali seorang KOL adalah media tradisional seperti halnya televisi, radio, dan lain-lain.

Bahkan seorang ahli klimatologi, orang yang memiliki pengetahuan terkait  kontrol senjata,  figur di dunia ekonomi, atau Profesor dari Universitas pun bisa menjadi seorang KOL.

Mereka bisa mengembangkan reputasi pengetahuannya yang berhubungan dengan  beberapa topik tertentu yang membuat pendapat mereka bisa begitu sangat dihargai oleh audiens. Untuk itu, key opinion leaders adalah salah satu pemasaran untuk bisa meningkatkan   brand awareness perusahaan.

Berbeda dengan seorang  influencer, seorang key opinion leaders akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melakukan partisipasi dalam bidang keahlian mereka masing-masing. Mereka juga tidak akan mencurahkan kesibukan mereka sepanjang hari untuk membangun Network followers ataupun membuat postingan yang begitu sangat sempurna.

Akan tahu Trans sendiri. Mereka akan menuai pengetahuan dan juga membangun karya serta membuat pendapat mereka bekerja sangat meyakinkan klien.

Media sosial bisa menjadi salah satu tempat dimana mereka bisa bersosialisasi dan juga mengutarakan opininya namun hanya pada waktu luang saja. Bisa dibilang bahwa media sosial bukanlah salah satu platform prioritas utama mereka.

Baca juga: Canvassing Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Sales Canvassing

Jenis-Jenis Key Opinion Leaders

Sama seperti influencer, menurut Active Campaign, KOL bisa kita bagi menjadi beberapa jenis. Namun terlepas dari itu, dulu kita garis bawahi dan kita ingat selalu bahwa dengan tingginya laptop pengetahuan mereka, Key opinion leaders adalah orang yang dicari oleh para influencer untuk bisa meningkatkan pemahaman mereka terkait beberapa subjek tertentu.

Berbagai jenis key opinion leaders ini tergantung pada jumlah pengikut atau followers mereka. Walaupun definisinya terus berubah ubah, saat ini tingkatan seorang key opinion leaders bisa kita  bagi menjadi lima bagian utama. Bagian-bagian Ini bisa Kita bedakan oleh banyaknya pengikut mereka di sosial media mereka masing-masing, terutama Instagram yang adalah salah satu media paling terkenal saat ini.

Berikut ini adalah lima jenis  key opinion leaders berdasarkan tingkat mereka:

  • Nano influencer: 1000-10.000 followers
  • Micro-influencer: 10.000-50.000 followers
  • Mid tier influencer: 50.000-500.000 followers
  • Macro influencer: 500.000-1.000.000 followers
  • Mega influencer: lebih dari 1.000.000 followers

Pada tingkatan tersebut, banyak sekali followers yang menjadi pengukur kredibilitas mereka masing-masing. Semakin tinggi angka berikut mereka maka semakin bernilai juga kemampuan mereka.  Semakin menggunakan keahlian mereka, maka akan semakin berpengaruh mereka kalau aku untuk pemasaran suatu.

Memilih Key Opinion Leaders yang Tepat Untuk Suatu Pemasaran

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan di atas, setiap key opinion leaders memiliki spesialisasi pada bidang tertentu. Untuk itu, perusahaan tidak bisa memilih key opinion leaders secara sembarangan cuma karena pengikutnya di media sosial bisa menyentuh angka 1 juta.

Terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh tim marketing sebelum mencari seorang KOL.  Berikut ini adalah pertimbangan sebelum memilih key opinion leaders yang tepat agar bisa meningkatkan brand awareness:

1. Memiliki Relevansi yang Tepat Terhadap  Brand

Umumnya, perusahaan akan  memilih  KOL yang keahliannya berkaitan dengan brand yang mereka jual. Tim pemasaran juga umumnya akan memilih KOL yang banyak memproduksi konten yang sama pada bidang brand  mereka.  Contohnya saja, suatu merek akan memutuskan untuk menggunakan pendapat dan juga pengetahuan seorang koki bernama karena produk yang mereka jual berkaitan dengan dunia kuliner.

2. Akun Media Sosial yang Beragam

Faktor ini adalah faktor yang paling mudah, kenapa? Karena, pada dasarnya semua orang sekarang ini memiliki akun pada berbagai sosial media mereka. Untuk itu, saat ini perusahaan tidak perlu lagi kelimpungan mencari KOL yang mempunyai ruang opini di berbagai media sosial. KOL yang akan dipilih ada baiknya memiliki akun di media sosial yang sangat populer saat ini seperti Instagram, Tik Tok, Twitter,  atau Facebook.

3. Reputasi Offline

Bersumber dari laman Kawo, Bagi seorang menjadi terkenal di dunia virtual saja tidaklah cukup. Seorang KOL harus memiliki reputasi yang baik juga di luar dunia maya tujuan utama seorang KOL di dalam pemasaran adalah untuk menyebarkan brand awareness untuk produk perusahaan.

Tim pemasaran membutuhkan seorang KOL yang kredibel  di dunia profesional dan juga di luar dunia maya. Tak hanya demi kredibilitas, tapi hal ini juga sangat penting untuk audiens perusahaan di luar kehidupan media sosial.

 4. Jumlah Followers

Walaupun angka followers bukanlah faktor yang sangat penting namun jumlah followers tetap mampu memberikan estimasi yang sangat akurat. Hal ini khususnya jika berkaitan dengan seberapa banyak  awareness suatu  brand yang nanti akan disebar oleh KOL yang dipilihnya.

Untuk itu, tim marketing juga harus menelusuri berbagi akun pengikut KOL  agar bisa terhindar dari akun mati atau akun robot yang tidak berpenghuni atau palsu.

Jadi memindai jumlah followers aktif KOL  secara bertahap adalah tugas yang sangat penting dan wajib untuk dilakukan.

Selain keempat hal di atas, Anda juga jangan terburu-buru menghubungi KOL yang sudah Anda pilih, Anda sudah melakukan keempat hal yang sudah direkomendasikan di dalam buku the crowd hand book di bawah ini:

  1. Beritahu KOL tentang bisnis Anda. Memperkenalkan bisnis Anda pada KOL yang sudah Anda pilih adalah suatu hal pertama yang harus Anda lakukan.
  2. Beri kesempatan untuk menggunakan produk Anda. Akan terasa lebih menyakitkan berikan kesempatan pada KOL untuk menjajal atau mencoba produk Anda.  Dengan begitu mereka akan bisa lebih percaya diri dan memahami tentang kekuatan produk Anda.
  3. Cari tahu apa yang investor dan komunitasnya lebih disukai. Anda bisa membangun hubungan personal dengan berbagai cara ada yang jalan konsumen atau audiens Anda sukai. Bagian ini akan sangat membantu dalam rangkaian memiliki hubungan emosional dengan suatu brand.
  4. Bantu KOL dalam mempromosikan produk.  Anda bisa membuat pekerjaan Anda lebih mudah dengan cara menyediakan  brief dan juga ide konten.   Selain itu, Anda juga bisa memberikan berbagai insentif sesuai dengan kaliber atau kemampuan si KOL tersebut.

3 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan KOL

Seperti yang sudah kita Jelaskan sebelumnya bahwa key opinion leaders sangat berbeda dengan  influencer karena otentisitas atau keahlian mereka di dunia nyata. Jika kita buatkan daftarnya, Maka terdapat beberapa hal yang membuat keberadaan KOL sangat membantu Anda dalam mempromosikan suatu produk atau brand, yaitu:

1. Profesi dan Pengalaman Yang Khusus

KOL adalah orang yang memiliki profesi, pengetahuan, dan juga pengalaman khusus yang berhubungan dengan suatu bidang.  Malah mereka bisa dikatakan sebagai orang yang ahli dalam bidang tersebut. Umumnya, KOL yang sebenarnya hanya akan berkolaborasi dan juga bekerjasama dengan merek atau produk yang relevan dengan profesi serta pengalaman khusus mereka saja.

Mereka akan logis dan juga memberikan konten yang masuk akal karena secara karya mereka pun menyebutkan bahwa pelayanan atau produk tersebut memang bisa dipercaya.

2. Mempunyai Keahlian yang Nyata dan Juga Sudah Terbukti

Karena mempunyai keahlian yang nyata dan juga  terbukti, maka akan jauh lebih baik dan lebih terpercaya dalam membuat konten yang menjelaskan secara jelas suatu produk ataupun  brand. Umumnya, konten tersebut harus bisa disertai dengan pendapat pribadi berdasarkan dengan keahlian atau pengalaman yang sudah mereka miliki.

3. Mampu Meningkatkan Kredibilitas Brand Karena Lebih Dipercaya Oleh Audiens

Berdasarkan 2 poin di atas, bisa kita lihat dan kita perhatikan bersama bahwa saat ada suatu merek atau produk yang direkomendasikan oleh seseorang yang memang berprofesi dalam bidang tersebut atau memang mempunyai keahlian dan juga pengetahuan yang sama dengan produk yang sudah direkomendasikan, tentu rekomendasi tersebut akan memiliki dampak yang jauh bisa lebih dipercaya audiens.

Kepercayaan audiensi pada sosok yang mampu memberikan rekomendasi secara tepat dan juga sesuai dengan keahliannya umumnya akan jauh lebih efektif. Saat Anda sebagai pebisnis mengajak bekerjasama atau untuk mempromosikan produk ataupun brand Anda, maka Anda bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda.

Baca juga: Gimmick Adalah Salah Satu Strategi Marketing yang Sangat Memikat Pelanggan

Kesimpulan

Setelah Anda mengetahui siapa dan Kenapa Anda memerlukan serta harus bekerjasama dengan key opinion leaders Maka selanjutnya ada tinggal harus memutuskan saja agar bisa menemukan key opinion leaders yang tepat dan juga sesuai untuk diajak bekerja sama.

Anda bisa meminta bantuan kepada suatu KOL manajemen, sosial media, atau bekerjasama dengan pihak lain yang juga sudah berpengalaman dalam dunia Digital marketing

Selain itu, ada juga harus membuat anggaran  untuk KOL Anda. Setelahnya Anda harus bisa mencatatnya di dalam laporan keuangan perusahaan agar bisa terus diawasi kemana keluar dan masuknya modal keuangan Anda.

Agar lebih memudahkan Anda untuk melakukan kegiatan tersebut Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate online. Aplikasi akuntansi ini akan memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan akuntansi dan juga mengelola keuangan perusahaan. Terlebih lagi aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur dan tampilan dashboard yang sederhana, sehingga akan lebih memudahkan Anda dalam berbisnis.

Tertarik? Anda bisa langsung menggunakan Accurate online secara gratis selama 30 hari lamanya dengan hanya Klik tautan gambar di bawah ini

accurate1