Gimmick Adalah Salah Satu Strategi Marketing yang Sangat Memikat Pelanggan

Pada dasarnya, gimmick adalah salah satu trik marketing yang dibuat untuk bisa menarik perhatian dan meningkatkan minat audiens agar tertarik pada suatu produk ataupun layanan.

Sederhananya, gimmick menjadi salah satu strategi kebohongan yang sudah direkayasa sedemikian rupa agar bisa mencapai tujuan yang diharapkan oleh para pebisnis atau tim marketing. Strategi pemasaran ini awal mulanya digunakan guna mencapai suatu target penjualan produk ataupun jasa.

Tapi saat ini, strategi gimmick sudah banyak digunakan oleh para selebgram, artis dan bahkan tokoh politik untuk mencapai tujuannya.

Pengertian Gimmick Adalah

Gimik atau gimmick adalah salah satu strategi pemasaran yang sengaja dibuat agar bisa menarik perhatian para audiens. Di dalamnya, gimmick akan lebih fokus dalam menonjolkan kreativitas dalam membuat pesan iklan yang lebih mudah disampaikan pada audiens dan meningkatkan minat beli mereka.

Kenapa banyak perusahaan atau individu yang menggunakan gimmick? Alasannya, tentu saja karena gimmick tidak memerlukan biaya yang tinggi seperti beriklan di media elektronik ataupun media cetak. Hanya dengan biaya yang rendah, maka para pemasar atau marketer bisa menarik perhatian banyak calon konsumen potensial.

Selain itu, gimmick marketing juga mampu meninggalkan kesan yang lebih kuat dan positif di pikiran audiens terkait produk ataupun jasa yang diiklankan. Kesan tersebut akan selalu menempel di otak dan tertanam dalam kurun waktu yang cenderung lama.

Jadi intinya, gimmick marketing mampu membuat ketertarikan konsumen pada produk dengan modal biaya yang minim dalam pembuatannya.

Baca juga: Sales Force Automation Adalah Tools Penting Untuk Sales, Ini Penjelasannya!

Trik Cara Membuat Gimmick Marketing

1. Berikan Nama Produk atau Layanan yang Sangat Menarik

Usahakanlah untuk memberikan nama yang unik, beda, mudah diingat, mudah diucapkan, dan terus tertanam di otak audiens.

Tips seperti ini sebenarnya tidak terbatas pada strategi gimmick marketing saja, namun cara ini juga salah satu strategi pemasaran yang harus dijalankan secara umum agar penyebutan nama produk bisa langsung membawa konsumen terarah pada produk atau jasa Anda.

Beberapa nama produk atau brand yang cukup catchy ini adalah UpNormal, Janji Jiwa, GoJek, dll.

2. Manfaatkan Kemajuan Teknologi dan Media Sosial

Di zaman ini, penggunaan media sosial untuk bisa menerapkan strategi pemasaran adalah suatu kewajiban. Saat Anda ingin menerbitkan suatu produk, Anda bisa melakukan endorsement pada selebgram atau artis. Anda juga bisa menggunakan promosi dengan program giveaway saat produk tersebut launching.

Dengan adanya program giveaway di media sosial ini, maka akan mengundang banyak orang untuk memberikan komentar, dan dari komentar tersebut pun akan menjadi bentuk promosi tersendiri bagi brand Anda. Namun, hadiah give away nya ini jangan juga sebagai gimmick.

3. Beriklan dengan Kreatifitas Tinggi

Tidak ada yang namanya batasan dalam kreativitas. Beberapa artis dan juga selebgram bahkan sering membuat gimmick agar bisa tetap eksis di panggung. Salah satu contoh gimmick yang sangat berhasil adalah memasang baliho di jalan bahwa dirinya sudah wisuda, putus dengan kekasihnya, jual rumah dan juga isinya, dll.

Dengan memberikan iklan yang cukup fenomenal, maka akan menjadi bahan perbincangan di media sosial dan akan menjadi viral. Jika sudah viral, maka umumnya akan diundang di berbagai media televisi dan membuat pelakunya menjadi terkenal.

4. Berani Berbeda

Bila Anda sedang membuat menu dalam bisnis warung makan, maka cobalah untuk berani bereksperimen dalam menciptakan menu baru. Saat ini sudah banyak gerai es krim yang berani menjual berbagai jenis dan juga rasa es krim yang banyak diminati oleh konsumen.

Contohnya saja seperti es kepal milo yang beberapa tahun lalu sempat viral. Padahal, isinya hanyalah es serut yang dipadatkan lalu ditaburi dengan milo yang kental dan diberi tambahan topping.

Es krim yang beda ini nyatanya berhasil mengundang rasa penasaran dan minat calon pembeli. Oleh karena itu, produk ini menjadi sangat viral.

5. Beri Batasan Waktu

Gunakanlah waktu khusus dalam memberi diskon. Waktu-waktu tertentu yang bisa Anda gunakan adalah hari libur nasional, hari libur agama, hari gajian, dll.

6. KIS alias Keep It Simple

Kadang kala, gimmick yang paling baik adalah dengan tidak melakukan gimmick sama sekali. Produk dengan kualitas yang baik dan harga yang masuk akal dan terjangkau nyatanya mampu secara efektif mengundang kepercayaan audiens dan mendatangkan sumber keuntungan.

Mas awal dalam membagun brand awareness memang menjadi masa yang berat dan juga sulit. Namun, rekomendasi dari pelanggan yang puas pada suatu produk ini adalah iklan yang paling berhasil dan ampuh.

Gimmick memang akan meningkatkan minat beli calon pelanggan. Tapi, baiknya kualitas suatu produk, harga yang terjangkau, serta rekomendasi dari mereka yang sudah puas dalam menggunakan produk atau jasa Anda akan membuat mereka kembali dan menggunakan produk Anda kembali.

7. Mencatat

Usahakanlah untuk terus mencatat strategi pemasaran gimmick yang sudah Anda lakukan. Tandai mana saja yang berhasil dan mampu memberikan keuntungan yang baik dan kepercayaan dari banyak audiens, serta mana saja yang tidak berhasil.

Berbagai Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menerapkan Strategi Gimmick

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para tim pemasar atau pebisnis jika ingin melakukan strategi promosi gimmick marketing.

1. Distribusi yang Efektif

Umumnya, strategi ini mempunyai periode waktu tertentu. Disisi lain, marketer pun harus mampu melakukan distribusi gimmick ini pada seluruh toko yang dituju dengan waktu yang tepat.

Untuk bisa mencapai hal ini, maka ada dua hal yang harus dipastikan. Pertama, distribusi dari sentral ke area yang mana Anda harus melakukan koordinasi dan pemantauan yang ketat pada pihak ekspedisi. Kedua, distribusi pada toko yang ingin dituju. Untuk itu, salesman perlu memastikan membawa gimmick ini ke toko yang ingin dituju dan juga sesuai jadwal yang sudah disepakati bersama.

2. Perhatian Kepada Keinginan Konsumen Pada Pasar yang Anda Layani

Agar bisa mencapai kesuksesan, maka Anda harus bisa mendengar konsumen secara baik. Usahakanlah untuk bisa memperoleh umpan balik secara periodik yang baik dari konsumen atau salesman terkait preferensi konsumen atas gimmick, karena gimmick yang menarik untuk konsumen akan meningkatkan penjualan secara otomatis.

3. Hindari Fokus Terhadap Harga

Setiap promosi memang mempunyai budgetnya sendiri, untuk itu semakin kecil biaya yang dikeluarkan atau semakin kecil cost ratio, maka akan semakin baik untuk profit Anda.

Namun, perlu diingat juga bahwa gimmick ini menjadi perwakilan dari produk Anda pada konsumen, sehingga kualitas gimmick juga akan berhubungan langsung dengan produk Anda.

Contohnya saja jika Anda menjual suatu produk dengan harga mahal dan memberikan extra gimmick berupa sebuah pulpen, namun pulpen itu tidak bisa digunakan lagi dalam waktu dua hari kedepan, maka kesan dan persepsi konsumen pada produk Anda pun akan negatif.

4. Sesuai Dengan Target Market

Memang diluar sana banyak sekali gimmick yang menarik, namun ingatlah untuk selalu mencari atau menciptakan gimmick yang sesuai dengan target market Anda. Sehingga, efeknya akan terasa maksimal. Contohnya adalah produk susu untuk anak, maka ada baiknya gimmick yang diterapkan pun sesuai, seperti tempat minum anak ataupun kotak makan siang.

5 Terdapat Informasi Atas Produk Yang Dijual

Bila keempat poin di atas sudah Anda perhatikan dengan baik, maka hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah mencantumkan brand Anda. Umumnya, di Indonesia sering mencantumkan logo pada produknya. Hal tersebut sangat jitu, karena gimmick tersebut akan benar-benar digunakan di dalam kehidupan sehari-hari dan konsumen akan selalu ingat pada brand Anda.

Baca juga: Pengertian Brand Loyalty, Manfaat, dan Cara Efektif Meningkatkannya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang gimmick. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa gimmick adalah satu strategi kebohongan yang sudah direkayasa sedemikian rupa agar bisa mencapai tujuan yang diharapkan oleh para pebisnis atau tim marketing.

Tujuan gimmick adalah untuk bisa meningkatkan brand awareness audiens, sehingga bisa meningkatkan penjualan dan meningkatkan keuntungan perusahaan.

Strategi ini kerap dipakai karena tidak memerlukan biaya atau budget pemasaran yang mahal. Di dalamnya hanya diperlukan kreativitas tinggi agar bisa menarik para audiens.

Meskipun budget pemasaran yang dibutuhkan tidak banyak, namun budget pemasaran ini harus bisa Anda kelola dengan benar dan tepat. Sehingga, sisanya bisa Anda alokasikan untuk biaya lainnya yang diperlukan oleh perusahaan.

Nah, untuk membantu Anda agar lebih mudah dalam mengelola budget pemasaran dan anggaran lainnya untuk perusahaan. Gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Selain mampu membantu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan, aplikasi akuntansi ini juga akan membantu Anda melakukan berbagai kegiatan akuntansi yang rumit dengan tampilan dashboard yang sederhana. Belum lagi fiturnya yang sangat lengkap akan semakin memudahkan Anda dalam berbisnis.

Tertarik? Anda bisa menggunakan Accurate Online saat ini juga secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.https://accurate.id/lp/marketing-form/