Mempelajari Konsep Promosi secara Mendalam untuk Pengembangan Bisnis
Menjadi pebisnis adalah salah satu profesi yang mulai dilirik. Pasalnya, banyak orang yang tak ingin terpaku pada pemasukan gaji semata.
Terlebih, persaingan dunia kerja semakin ketat. Namun, untuk memulai bisnis, salah satu poin yang paling penting adalah teknik marketing atau konsep promosi.
Bagaimana cara memasarkan produk merupakan hal yang mesti dipelajari secara mendalam.
Dengan teknik pemasaran yang sesuai dan konsep promosi yang matang, maka sasaran pasar pun akan terjaring dengan lebih maksimal.
Daftar Isi
Konsep Promosi Secara Detail
Pada hakikatnya konsep adalah sebuah gagasan atau ide yang dituangkan dalam bentuk kata atau simbol yang juga merupakan sebuah ilmu pengetahuan.
Sedangkan promosi dikutip dari Wikipedia, promosi mengacu pada segala jenis komunikasi pemasaran yang digunakan untuk menginformasikan khalayak sasaran tentang keunggulan relatif suatu produk, layanan, merek, atau isu, yang seringkali bersifat persuasif.
Jadi dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa konsep promosi adalah sebuah gagasan atau ide sebagai bentuk usaha untuk menawarkan produk atau jasa.
Dengan tujuan untuk menarik konsumen agar mau membeli atau mengkonsumsi barang atau jasa yang ditawarkan. Konsep promosi dapat diartikan juga sebuah strategi promosi.
Baca juga : Pengertian Strategi Promosi, 6 Tujuan, dan Karakteristiknya
Strategi Konsep Promosi Agar Tepat Sasaran
Dalam sebuah perang Anda harus menyusun strategi yang ampuh agar lawan kalah dan tidak dapat berkutik lagi.
Begitu juga dalam dunia bisnis, strategi atau konsep promosi harus disusun sedemikian rupa. Strategi yang digunakan haruslah sehat dan bersih serta tidak merugikan lawan bisnis Anda.
Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar strategi konsep promosi Anda dapat tepat sasaran.
1. Inovasikan Produk Anda
Agar produk bisnis Anda dapat menarik perhatian konsumen, hal yang mesti dilakukan adalah mengembangkan bisnis dengan lebih baik.
Perlu Anda ketahui, bukanlah masalah besar saat produk yang Anda jual sama dengan pebisnis lain. Yang menjadi masalah adalah bagaimana cara Anda supaya produk memiliki ciri khas dan perbedaan dengan produk lawan bisnis.
Konsep promosi sebaik apapun akan kalah dengan kualitas inovasi produk yang lebih baik.
Sebuah inovasi tidak harus sebuah penemuan baru melainkan dapat juga berupa kombinasi baru untuk menciptakan produk yang unik dan beda.
2. Gunakan Semua Platform
Anda juga dapat menggunakan semua platform media sosial sebagai ajang promosi produk.
Promosi yang dilakukan harus dilakukan secara konsisten agar konsumen ingat terus dan tidak lupa dengan produk Anda.
Dengan muncul terus di media sosial, besar kemungkinan produk Anda akan menjadi pembicaraan banyak orang.
Di media sosial pun, promosi harus dilakukan dengan tepat sasaran. Anda harus menargetkan pasar atau tujuan produk kita itu untuk siapa.
Misalnya, Anda akan berjualan produk kosmetik, maka promosi ditujukan kepada seorang wanita berbagai usia. Bisa dari kalangan remaja atau pun wanita dewasa.
Selain itu, di media sosial Anda harus membuat promosi dengan semenarik mungkin agar produk yang dijual terlihat cantik.
Sehingga, orang akan merasa tertarik untuk membeli. Misal, dari segi penataan foto atau gambar.
Penataan foto produk harus dibuat serapih mungkin dan tentunya juga dengan hasil foto yang tidak asal-asalan. Anda harus membuat orang lebih fokus pada produk saja.
Baca juga : Promosi Adalah: Pengertian dari Ahli, Jenis, dan Contohnya
3. Pelajari Copywriting
Bahasa yang digunakan untuk mempromosikan produk. Sebaiknya Anda menggunakan kalimat se-simpel mungkin agar orang yang membaca tidak mengartikan ambigu.
Dengan begitu, konsumen lebih mengerti kegunaan produk yang dijual. Bahasa yang digunakan harus sesuai dengan target promosi. Jangan sampai bahasa yang disampaikan salah sasaran.
4. Lakukan Promo
Jika bisnis sudah berjalan dan mempunyai beberapa pelanggan tetap, Anda bisa melakukan promo produk.
Misalkan, jika membeli 2 produk akan mendapatkan 1 hadiah menarik. Anda juga bisa menerapkan potongan harga setiap pembelian sekian Anda sebagai pebisnis juga harus loyal terhadap konsumen.
Jangan sampai konsumen tidak loyal karena Anda dinilai sebagai produsen yang tidak memahaminya.
Anda sesekali juga bisa mengadakan give away. Saat ini, give away menjadi tren di media sosial.
Anda bisa mengadakan kuis atau lomba yang berhubungan dengan produk yang dijual. Pemenang nantinya akan mendapatkan produk secara gratis atau bisa juga hadiahnya sebuah uang tunai.
5. Jangan Lupakan Endorsement
Jika bisnis Anda sudah besar dan mempunyai modal banyak, silakan mulai melakukan endorse. Sistem marketing ini sudah mewabah dimana-mana.
Endorse merupakan sebuah tindakan promosi produk dengan sistem memberikan produk pada orang yang berpengaruh.
Selain itu, Anda juga bisa memberikan produk pada public figure yang banyak dikenal orang. Nantinya, mereka akan menggunakan dan mempromosikan produk tersebut.
Dengan begitu, follower orang tersebut cenderung akan mengikuti produk yang digunakan oleh role model-nya. Tetapi, hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana memilih orang yang tepat.
Sehingga, biaya yang Anda keluarkan tidak sia-sia. Sebaiknya, pilih artis atau influencer yang disukai banyak kalangan.
Baca juga: Sasaran Promosi: Pengertian dan Cara Menerapkannya
Strategi Agar Konsumen Menjadi Pembeli Setia
Nah, selain itu, konsep promosi dapat dilakukan dengan cara memerhatikan konsumen agar tetap menjaga loyalitasnya.
Ada beberapa hal yang harus dilakukan jika ingin konsumen tetap setia. Beberapa diantaranya:
1. Ramah terhadap pelanggan
Ada istilah pembeli adalah raja, mungkin itu adalah sebuah ungkapan yang benar. Anda harus memberikan pelayanan yang terbaik dan memikirkan kepuasan konsumen.
Menghadapi konsumen yang cerewet sekalipun, Anda harus tetap mengedepankan kesabaran.
Usahakan mimik wajah kita dibuat seramah mungkin sehingga bisa menyenangkan konsumen.
Tanpa konsumen, produk yang dijual tidak akan memiliki nilai guna. Anda juga harus mempertimbangkan minat dan keinginan konsumen.
2. Lakukan pendekatan dengan konsumen
Anda bisa menyimpan kontak atau nomor pelanggan. Dengan demikian, pelanggan atau konsumen akan merasa dekat dengan Anda. Konsumen pun tidak akan sungkan untuk melakukan komunikasi.
Sehingga, ia akan selalu ingat dengan produk yang Anda jual. Hasil akhirnya, konsumen akan terus berlangganan.
3. Menawarkan sebuah program
Anda bisa menawarkan program menarik supaya pelanggan tetap setia dengan produk yang dijual.
Misal, dengan membuatkan kartu pelanggan bagi konsumen yang sering membeli produk.
Kartu pelanggan nantinya akan berguna untuk mendapatkan potongan harga atau mendapatkan hadiah menarik pada akhir tahun.
4. Minta konsumen melakukan testimoni
Testimoni merupakan sebuah pernyataan dari orang yang pernah memakai produk yang dijual. Tujuannya agar orang lain percaya akan barang yang Anda jual.
Selain itu, dengan adanya testimoni konsumen akan merasa bangga karena mereka merasa diperhatikan
5. Harga yang bersaing
Setiap konsumen pasti akan membeli produk dengan harga yang miring. Sebagai produsen, jangan mengambil untung terlalu besar.
Meskipun keuntungan yang Anda dapatkan sedikit. Yang paling penting konsumen tetap setia dan terus membeli produk Anda.
Baca juga: 10 Strategi Pemasaran, Pengertian, Fungsi, Contoh dan Elemen dalam Pemasaran
Kesimpulan
Sudah terpikirkan bagaimana Anda akan melakukan konsep promosi? Konsep tidak melulu harus dengan kata-kata tapi lebih ke tindakan yang tepat.
Ingat apa yang harus dilakukan ketika promosi serta hal apa saja yang harus dilakukan agar konsumen tetap setia.
Bagi Anda seorang pebisnis, hal yang tak kalah penting yang harus dilakukan selain proses penjualan adalah pembukuan.
Pembukuan yang baik akan menghasilkan bisnis yang memiliki arus keuangan yang terpantau secara detail dan akan membuat perencanaan bisnis menjadi lebih terarah.
Jika Anda kesulitan dengan proses pembukuan manual yang memakan waktu, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap atau paling tidak sesuai dengan bisnis Anda.
Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online adalah software berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Memiliki fitur terlengkap, harga terjangkau, dan sesuai standar akuntansi yang berlaku Indonesia.
Jika Anda tertarik menggunakan Accurate Online, Anda dapat mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah!