Promosi Adalah: Pengertian Dari Ahli, Jenis, dan Contohnya

Pada dasarnya, promosi adalah salah satu istilah yang sangat sering digunakan dalam aktivitas pemasaran. Lantas, apa sebenarnya pengertian dari promosi ini? Apa saja tujuan dilakukannya promosi?

Nah, dalam kesempatan kali ini, mari kita bahas secara lengkap beberapa hal terkait promosi, seperti penjelasan promosi berdasarkan para ahli, tujuannya, dan jenis-jenis promosi. Untuk itu, baca artikel tentang promosi ini hingga selesai agar Anda bisa memahami pengertian dari promosi.

Pengertian Promosi Secara Umum

Di dalam dunia kerja, promosi adalah suatu pengikatan pangkat ataupun posisi karyawan di dalam struktur organisasi perusahaan.

Sedangkan dalam dunia pemasaran, promosi adalah suatu kegiatan yang dilakukan agar bisa meningkatkan perkembangan sesuatu, baik itu merk, produk, ataupun perusahaan itu sendiri. Namun kali ini kita akan lebih fokus membahas promosi dalam bidang pemasaran saja.

Jadi, dalam dunia pemasaran, promosi adalah suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh seseorang ataupun perusahaan kepada masyarakat luas. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat dan mempengaruhi mereka untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.

Artinya, promosi adalah suatu kegiatan yang sudah sangat umum dilakukan oleh para marketer untuk bisa memberikan informasi terkait suatu produk dan juga mendorong calon konsumen agar mau melakukan pembelian barang ataupun jasa yang ditawarkan perusahaan.

Kegiatan ini umumnya akan menggabungkan beberapa bentuk promosi, seperti iklan, diskon, ataupun kaos bermerk perusahaan.

Contohnya, terdapat toko sepatu yang memasang iklan di media sosial yang menawarkan harga spesial untuk sepatu dengan merk terkenal dan mereka menginformasikannya kapan saja dan dimana saja penjualan dilakukan.

Ada banyak sekali cara dan juga media promosi yang bisa dilakukan, bahkan metode dalam melakukan promosi ini terus mengalami perkembangan. Beberapa contoh media promosi adalah media cetak, baliho, billboard, radio, TV, dan internet.

Baca juga: Brand Extension Adalah Strategi Pemasaran Ampuh yang Banyak Diterapkan Brand Besar

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Agar kita bisa lebih memahami pengertian promosi, maka kita bisa merujuk beberapa pendapat para ahli terkait pengertian promosi di bawah ini.

1. Harper Boyd

Boyd menjelaskan bahwa promosi adalah suatu upaya dalam membujuk orang untuk menerima produk, konsep ataupun gagasan.

2. Basu Swastha Dharmmesta

Swastha berpendapat bahwa promosi adalah suatu promosi yang dilakukan secara satu arah yang dibuat guna mempengaruhi pihak lain agar bisa menciptakan pertukaran di dalam pemasaran.

3. Louis E. Boone & David L. Kurtz

Menurut Boone dan Kurtz, promosi adalah upaya untuk membujuk, memberikan informasi, dan mempengaruhi keputusan pembelian.

4. Fandy Tjiptono

Berdasarkan Tjiptono, promosi adalah salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, atau meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan juga produknya agar masyarakat bisa menerima, membeli dan juga loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

5. Philip Kotler

Kotler berpendapat bahwa promosi adalah salah satu bagian dan juga proses strategi pemasaran sebagai bentuk komunikasi dengan pasar melalui komposisi marketing mix.

6. Indriyo Gitosudarmo

Gitosudarmo menjelaskan bahwa promosi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mempengaruhi calon konsumen agar mereka bisa mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan pada mereka dan lalu mereka senang dan mau membeli produk tersebut.

Tujuan Promosi Adalah

Setiap pihak yang melaksanakan kegiatan promosi tentu memiliki tujuan yang ingin diraih. Berdasarkan pengertian promosi diatas, beberapa tujuan promosi adalah sebagai berikut ini:

  1. Memberikan informasi mengenai suatu produk secara luas pada calon konsumen potensial
  2. Memperoleh dan juga menjangkau konsumen baru serta menjaga tingkat loyalitas konsumen tersebut.
  3. Membantu meningkatkan penjualan dan juga keuntungan perusahaan
  4. Meningkatkan keunggulan dan juga membedakan suatu produk dengan produk lain dari kompetitor.
  5. Membangun branding dan citra produk pada suatu brand di mata konsumen
  6. Mempengaruhi asumsi dan perilaku konsumen atas suatu produk.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa tujuan utama promosi adalah untuk meningkatkan penjualan dan juga keuntungan perusahaan.

Jenis-jenis Promosi

Cara pemasaran yang beragam sudah mampu menciptakan bentuk dan juga cara promosi yang sudah sangat beragam.  Umumnya, kegiatan promosi ini mencakup iklan, siaran pers, promosi konsumen, dan masih banyak lagi.

Philip Kotler dan Gary Armstrong berpendapat bahwa promosi bisa dibagi menjadi lima jenis, yakni advertising, personal selling, sales promotion, public relation, dan direct marketing.

Tapi secara umum, berbagai promosi yang sering kita lihat dan temukan saat ini adalah sebagai berikut.

1. Promosi Secara Fisik

Promosi yang dilakukan secara fisik bisa kita temukan dengan mudah pada event ataupun kegiatan tertentu, seperti konser, bazar, pameran, dan masih banyak lagi. Kegiatan promosi ini umumnya dilakukan dengan membuka booth agar bisa menawarkan barang produk atau jasanya .

Jenis promosi ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihan dari promosi ini adalah memungkinkan pebisnis untuk menjangkau dan melakukan interaksi dengan calon konsumen secara langsung. Sedangkan kekurangan dari promosi fisik adalah terbatasnya calon konsumen yang bisa dijangkau

Umumnya, kegiatan promosi ini diselenggarakan pada lokasi khusus, seperti perkantoran, sekolah atau kampus, mall, dll. Sehingga, setiap orang yang berada pada lokasi tersebut bisa dijangkau dengan mudah.

2. Promosi Melalui Media Tradisional

Jenis promosi ini dulunya memang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan, beberapa contohnya adalah media cetak, TV, radio, billboard, iklan banner, dll.

Jenis promosi ini pun memiliki keuntungannya tersendiri daripada promosi fisik, yakni bisa menjangkau lebih banyak konsumen dalam periode waktu yang lama. Tapi, jenis promosi ini memiliki kekurangan, yakni mahalnya ongkos biaya promosi, baik itu dari segi media ataupun biaya promosi itu sendiri.

3. Promosi Melalui Media Digital

Perkembangan teknologi dan juga media informasi saat ini sudah mengubah cara promosi kita. Beberapa promosi yang bisa dilakukan secara digital diantaranya adalah jaringan website, media sosial, mesin pencari, aplikasi, email, dll.

Setiap pengusaha yang sudah melek teknologi umumnya akan cenderung memiliki menggunakan internet sebagai media promosi bisnisnya. Selain lebih murah, promosi ini juga bisa menjangkau lebih banyak orang, dan proses promosinya pun lebih mudah serta cepat.

Namun, kekurangan dari digital promosi adalah diperlukan tingkat kreativitas yang tinggi dalam melakukan promosi secara kontinyu, karena ada banyak kompetitor bisnis di dalamnya. itu artinya, kunci utama dari keberhasilan promosi digital adalah keunikan dan juga target yang tepat.

Beberapa Contoh Promosi

1. Promosi Produk Baru

Contohnya ada suatu restoran yang mempunyai menu baru dan ingin melakukan promosi pada para konsumen. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan “beli menu makan X dan dapatkan bonus satu minuman segar”

2. Promosi Agar Penawaran Lebih Menarik

Seringkali agensi pemasaran rumah memberikan nilai tambah di dalam penawaran rumah. Jadi, seolah-olah para konsumennya akan mendapatkan keuntungan tertentu saat membeli rumah tersebut. Seperti contohnya beli rumah gratis AC, dan memiliki kesempatan memperoleh Mobil atau Motor jika menang undian.

3. Promosi Cashback

Umumnya, promosi dengan adanya cashback dilakukan agar bisa menarik minat konsumen agar mau melakukan pembelian dalam nominal khusus. Biasanya, cara ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan dalam acara-acara tertentu. Setelah acara tersebut berakhir, maka promo cashback pun akan berakhir.

4. Promosi Memberikan Contoh Produk atau Tester

Beberapa dari kita pasti pernah ada yang mendapatkan tawaran mencoba suatu produk secara gratis, atau membeli kopi dan mendapatkan krimer ekstra.

Cara seperti ini adalah promosi yang dilakukan dengan menawarkan konsumen untuk mencoba produk secara gratis. Tujuannya adalah agar bisa memperoleh feedback dari konsumen.

Baca juga: Event Marketing, Strategi Jitu Tingkatkan Brand Awareness

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa promosi adalah seluruh cara yang bisa dilakukan oleh pebisnis dalam meningkatkan visibilitas suatu layanan, produk, merk atau perusahaannya.

Beberapa hal penting yang harus digaris bawahi terkait promosi adalah pertama, bahwa promosi merupakan suatu proses yang dilakukan untuk meningkatkan visibilitas produk, jasa, atau merk. Kedua, strategi pemasaran yang paling efektif sangat beragam, tergantung dari jenis industri, bisnis, dan faktor lainnya.

Ketiga, beberapa media yang bisa dilakukan untuk promosi adalah papan reklame, iklan TV, dan promosi yang dilakukan secara manual.

Calon konsumen yang mempunyai minat yang sesuai dengan isi dari promo Anda umumnya akan membaca ataupun menyimak informasi tersebut lebih lama karena memang mereka tertarik.

Namun, dalam melakukan promosi Anda harus mengelola dan membuat anggaran marketing secara tepat. Anggaran yang sudah dikeluarkan untuk kegiatan promosi ini juga harus dicatat dalam laporan arus kas. Salah satu laporan keuangan berguna sebagai rujukan dalam mengambil kebijakan bisnis Anda di masa depan.

Namun, membuat mencatat laporan arus kas secara manual sangat sulit untuk dilakukan. Diperlukan waktu yang sangat banyak, belum lagi berbagai kesalahan yang bisa terjadi kapan saja karena human error. Tapi jika Anda menggunakan software akuntansi Accurate Online, maka berbagai masalah tersebut bisa hilang.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu menyediakan laporan akuntansi yang cepat, akurat dan bisa Anda akses dimana saja dan kapan saja. Jangan khawatir, Accurate Online juga sudah dibalut dengan tampilan dashboard yang sederhana agar bisa memudahkan Anda untuk memperoleh laporan keuangan.

Selain itu, berbagai fitur di dalamnya, seperti fitur persediaan, penjualan, pembelian, manufaktur, dll. akan sangat mempermudah Anda dalam berbisnis.

Tertarik? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate1