Sasaran Promosi: Pengertian dan Cara Menerapkannya dalam Bisnis

Dewasa ini, salah satu kendala yang kerap terjadi di dalam dunia bisnis adalah menentukan sasaran promosi. Sebenarnya, menjalankan suatu bisnis tidak terlalu susah, namun tidak pula bisa dianggap sebelah mata.

Hal tersebut terbukti dari banyaknya bisnis yang mampu maju dan berkembang sampai saat ini. Agar bisa menjalankan suatu bisnis, tentunya Anda harus memperhatikan berbagai hal agar kegiatan bisnis bisa lancar. Namun, sasaran dari suatu promosi produk ataupun jasa akan terasa sangatlah sulit.

Untuk itu, Anda harus bisa memberikan perhatian yang cukup saat menentukannya. Objek promosi dari suatu bisnis adalah sasaran yang harus dituju dengan berdasarkan segmentasi mereka. Segmentasi tersebut nantinya digunakan agar bisa mengolah data yang sudah diperoleh, sehingga akan mampu menentukan segmen mana yang sesuai.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita mengenal lebih dalam tentang sasaran promosi dan cara menerapkannya ke dalam dunia bisnis.

Apa itu Promosi dan Sasaran Promosi?

Dilansir dari laman Wikipedia, promosi adalah suatu upaya dari pemilik suatu produk barang atau jasa dalam memperkenalkan produknya pada masyarakat luas agar bisa menarik calon konsumen dalam membelinya. Jadi, promosi tidak selamanya dilakukan secara langsung untuk berubah menjadi penjualan, tapi juga mengenalkan produk terlebih dahulu pada masyarakat.

Di sisi lain, sasaran promosi atau targeted promotion, berdasarkan laman Cognira, adalah kelompok masyarakat ataupun audiens yang menjadi target promosi dan diharapkan mau bergerak untuk melakukan pembelian setelah mengenal atau ditawarkan produk.

Untuk itu, menentukan promosi adalah suatu hal yang sangat penting, karena Anda harus menargetkan calon pembeli yang sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

Nah, beberapa kelompok masyarakat yang bisa menjadi sasaran promosi adalah sebagai berikut:

  • Masyarakat konsumen produk barang atau jasa yang diharapkan membeli atau menggunakan produk
  • Konsumen yang masih akan menggunakan produk tersebut
  • Para agen atau distributor yang menjual produk barang dan jasa
  • Para pedagang kecil yang secara langsung berhubungan dengan konsumen.

Baca juga: Apa itu Target Penjualan? Ini Pengertian dan Jenis-jenisnya!

Cara Menentukan Sasaran Promosi dalam Dunia Bisnis

Kebutuhan dan keinginan adalah dua faktor utama yang bisa mendorong adanya permintaan dalam suatu produk. Jumlah keinginan dan juga kebutuhan pada suatu produk bila memperoleh dukungan daya beli, pasti akan menjadi sasaran yang besar. Jadi, dengan kehadiran daya keinginan besar masyarakat, maka akan membuat pemasaran dalam suatu produk mampu meraih sasarannya.

Sehingga, bila masyarakat adalah kumpulan manusia yang mempunyai banyak kebutuhan dan keinginan yang berbeda, maka hal tersebut dikenal dengan sumber potensial yang bisa mendorong terjadinya permintaan pasar.

Alasan tersebut mampu mendorong permintaan pasar menjadi meningkat dan menjadi objek promosi dalam suatu bisnis.

Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa sasaran promosi adalah masyarakat mempunyai daya beli, para pengguna produk, para distributor dan agen, konsumen, pembeli atau pelanggan perusahaan, serta pihak pemerintah yang mengeluarkan produk dari suatu perusahaan.

Baca juga: Apa itu Sistem Membership? Ini Manfaat dan Fungsinya untuk Bisnis Anda

Kelebihan Promosi yang Tepat Sasaran

Bila kegiatan promosi produk atau barang yang Anda lakukan berhasil dan bisa tepat sasaran, maka Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Tapi, Anda pun harus memastikan bahwa promosi tersebut efektif, baik dan mampu memberikan kemudahan pada bisnis Anda agar bisa lebih berkembang.

Nah, beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh dari keberhasilan sasaran promosi adalah sebagai berikut:

  • Membentuk suatu produk motives dan patronage motives
  • Produk bisa semakin terkenal
  • Meningkatkan laba produk perusahaan
  • Meningkatkan omset penjualan
  • Meningkatkan calon pembeli produk.

Untuk bisa memperoleh lebih banyak keuntungan dalam bisnis, maka promosi bisa dilakukan secara tepat. Bahkan Anda harus mampu memperoleh sasaran yang lebih efektif, tepat dan lebih baik. Sehingga, Anda bisa menjamin adanya keuntungan besar dalam bisnis tersebut.

Baca juga: Apa itu Field Marketing? Ini Pentingnya dalam Strategi Marketing

Langkah yang Tepat dalam Menentukan Sasaran Promosi

Agar bisa mendapatkan keuntungan, tentu ada banyak sekali cara yang harus Anda perhatikan. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah menentukan sasaran pada promosi Anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sasaran promosi bisnis harus dilakukan dengan tepat.

Sasaran promosi ini mencakup seluruh masyarakat yang mampu dan mempunyai kemauan yang tinggi dalam memenuhi kebutuhannya. Nah, Agar usaha yang Anda jalankan bisa berjalan secara lancar, maka Anda harus menentukan sasaran secara tepat.

Berikut ini adalah beberapa langkah atau tahapan yang bisa Anda jadikan pilihan dalam menentukan sasaran promosi.

1. Segmentasi Geografi

Langkah dalam menentukan target pasar untuk media promosi sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Nah, segmentasi geografi bisa Anda jadikan sebagai pengklarifikasian sasaran promosi. Cara ini dilakukan dengan menentukan target berdasarkan wilayah dan lokasi tertentu, mulai dari kota, provinsi, wilayah, kode pos, kode area, dan lain sebagainya.

Segmentasi ini berguna agar Anda bisa mengetahui kebutuhan pangsa pasar, yang mana promosi tersebut masing-masing akan mencakup target yang terdapat dalam wilayah dengan kebutuhan tertentu. Kebutuhan ini bisa Anda sesuaikan dengan karakteristik produk yang Anda tawarkan.

Contoh sederhana dari promosi segmentasi geografi adalah penjualan pupuk yang akan layu dalam wilayah perkebunan atau pertanian. Peluang tersebut akan membantu promosi Anda untuk bisa tepat sasaran.

2. Demografi

Segmentasi geografi menjadi hal yang paling penting dan juga mendasar. Segmentasi ini mencakup jenis kelamin, tingkat pendapatan, pendidikan, dan lain sebagainya. Dari segmen ini, Anda akan bisa mengetahui produk mana yang sesuai untuk waktu promosi atau Anda bisa mempromosikannya dengan cara yang lebih tepat.

Contohnya, saat Anda memperkenalkan produk yang mampu mengatasi penuaan dini, maka target promosi yang harus Anda incar adalah wanita berumur yang telah berusia lebih dari 30 tahun. Tapi bila Anda menawarkannya pada wanita remaja, maka Anda keliru.

3. Psikologi

Selain kedua bidang diatas, Anda juga bisa melakukan segmentasi psikologi. Segmentasi ini mencakup beberapa hal, dari mulai perilaku pasar, selera pasar, niat pasar, sampai minat pasar dengang berdasarkan tingkat ekonomi dimana mereka berada.

Memang saat ini sebagian besar orang lebih cenderung memilih produk yang sesuai dengan kemampuan ekonominya. Untuk itu, tingkat ekonomi akan sangat berdampak pada psikologi seseorang, terlebih lagi tingkat perekonomian setiap orang tidak bisa disamaratakan.

Kondisi tersebut harus Anda perhatikan dengan baik agar kegiatan promosi bisa dilakukan secara tepat sasaran. Segmentasi yang satu ini mencakup tingkat pendidikan, pekerjaan, dan lain sebagainya.

4. Waktu Promosi yang Tepat

Langkah menentukan sasaran promosi yang selanjutnya adalah waktu. Dalam hal ini Anda harus memerhatikan ketepatan waktu.

Contohnya seperti mengambil kesempatan pada masa pandemi dengan memberikan promo alat kesehatan secara gratis. Namun dengan catatan bahwa produk minimal dengan jumlah yang telah Anda tentukan. Cara yang satu ini cukup efektif daripada memberikan produk gratis yang tidak terlalu diperlukan konsumen.

5. Insentif Promosi

Bila Anda sudah berhasil menentukan segmentasi pasar dan waktunya, maka Anda bisa menentukan besaran insentif promosi. Selain memberikan insentif secara jelas, maka tidak ada salahnya bila Anda menentukan syarat promosi.

Seperti diskon sebesar 30% untuk pelanggan yang telah memiliki kartu member. Tapi, untuk memperoleh promosi tersebut, member juga harus membeli barang minimal dua buah.

6. Media yang Tepat

Dalam menentukan sasaran promosi, Anda juga harus menentukan media yang tepat. Media juga akan menjadi variabel yang harus bisa Anda persiapkan. Hal ini harus bisa Anda teliti dalam menentukan langkah agar bisa tertuju pada target secara pas.

Anda bisa memilih media mana saja yang akan Anda gunakan untuk promosi. Contohnya seperti media spanduk, internet, televisi, atau media lainnya. Prosesnya di dalamnya pun harus dilakukan secara tepat dan detail. Bila Anda salah, maka Anda akan merugi.

Baca juga: Apa itu Sentimen Analisis? Ini Pengertian dan Jenis-jenisnya!

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang sasaran promosi. Jadi, sasaran promosi akan membuat kegiatan promosi Anda bisa lebih terarah.

Namun, di dalamnya tentu Anda harus menyiapkan anggaran tertentu dan hasil dari kegiatan promosi tersebut harus selalu Anda catat secara tepat di dalam laporan keuangan. Nah, kegiatan menyiapkan anggaran dan mencatat laporan keuangan tersebut bisa Anda lakukan secara lebih mudah menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online telah terbukti #lebihbaik, karena sudah berhasil membantu ratusan pebisnis dari berbagai industri dan skala bisnis di Indonesia untuk tumbuh dan berkembang.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencatat dan membuat lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat serta akurat.

Fitur yang ada di dalamnya pun telah saling terintegrasi dan akan memudahkan Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan di gudang, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh fitur dan kelebihan dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan hanya mengeluarkan biaya investasi sebesar 200 ribuan saja perbulannya.

Bahkan, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis dengan mendaftarkan bisnis Anda dalam tautan gambar di bawah ini.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.