Pengertian Loyalty Program dan Tips Sederhana untuk Menjalankannya

Bila Anda sudah mencoba berbagai cara agar bisa mempertahankan para pelanggan namun masih gagal, mungkin salah satu metode yang harus Anda perhatikan adalah loyalty program.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa tingkat kepuasan dan juga kesetiaan pelanggan adalah salah satu kunci sukses dalam mengembangkan suatu perusahaan.

Tanpa kehadiran pelanggan, secara otomatis perusahaan tidak mampu menerima pemasukan. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan perusahaan tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Untuk itu, loyalty program memiliki peranan yang sangat penting. Lantas, apa itu loyalty program? Bagaimana cara menerapkannya kepada para pelanggan? Dapatkan jawaban lengkapnya dengan membaca artikel tentang loyalty program di bawah ini.

Pengertian Loyalty Program

Berdasarkan laman blog Hubspot, loyalty program adalah suatu program penghargaan yang diberikan oleh perusahaan pada pelanggan dengan tujuan menjaga mereka untuk tetap setia dan mau menggunakan produk atau layanan perusahaan secara terus-menerus.

Itu artinya, loyalty program dibuat oleh pihak perusahaan agar bisa mempertahankan bisnisnya dalam kurun waktu yang lama. Sebagian besar dari kita pasti pernah menemukan berbagai contoh program penghargaan yang sudah diterapkan oleh suatu produk perusahaan ataupun layanan tertentu.

Contohnya adalah program membership, cashback, diskon, poin, sampai beli satu gratis dua. Umumnya, program seperti ini dilakukan agar bisa mempertahankan pelanggan lama untuk mau membeli produk dari perusahaan tersebut saja.

Namun, loyalty program bisa juga diterapkan untuk bisa menarik perhatian para konsumen baru. Program ini secara tidak langsung akan membantu Anda dalam meningkatkan metrik customer retention rate.

Semakin tinggi nilai persentase retention rate Anda, maka akan semakin juga bisnis Anda. Dalam pelaksanaannya,  loyalty program dibuat sesuai dengan tingkat kreativitas setiap perusahaan.

Baca juga: Customer Turnover: Pengertian, Penyebab, dan Cara Menghitungnya

Manfaat Loyalty Program

Bagi Anda para pebisnis, ada baiknya untuk mulai memperhatikan loyalty program secara serius bila belum mengaplikasikannya pada para konsumen. Kenapa? Karena hal tersebut mampu memberikan banyak sekali manfaat untuk Anda, terutama dalam menjaga nilai keuntungan bisnis.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat menerapkan loyalty program untuk perusahaan:

1. Membangun Hubungan dengan Customer

Berdasarkan laman Zendesk, manfaat yang paling besar dari diterapkannya loyalty program salah satunya adalah membangun hubungan yang erat dengan para pelanggan. Dengan menerapkan loyalty program, maka Anda bisa memberikan kepuasan yang lebih pada para pelanggan Anda.

Hal ini secara tidak langsung mampu memancing emosi positif para pelanggan atas produk ataupun layanan yang Anda berikan.

2. Berbeda dari Kompetitor

Di zaman sekarang, setiap perusahaan sepertinya harus lebih pandai dalam membuat bisnisnya terlihat berbeda dengan para pesaing.

Kenapa? karena persaingan bisnis akan semakin erat seiring dengan berjalannya waktu. Secara otomatis Anda tidak akan mampu memenangkannya bila tidak mampu membuat sebuah perbedaan yang menonjol.

Untuk itu, sangat penting sekali untuk membuat loyalty program pada para pelanggan Anda agar mereka bisa membedakan Anda dengan para pesaing bisnis Anda lainnya

Bila program yang Anda desain terlihat lebih menarik, maka para pelanggan Anda kemungkinan besar akan cenderung ingin membeli produk Anda lagi daripada produk lainnya.

3. Menciptakan Customer Advocacy

Bila Anda mampu menawarkan loyalty program yang menarik, maka kemungkinan besar para pelanggan Anda akan senang hati merekomendasikan brand bisnis Anda kepada orang disekitarnya, seperti keluarga, teman, kerabat, hingga rekan bisnisnya.

Secara otomatis hal ini juga akan membangun apa yang kita sebut dengan customer advocacy. Aktivitas ini umumnya dikenal dengan strategi advocacy marketing.

Para pelanggan Anda akan dengan senang hati memperkenalkan brand perusahaan Anda. Tentunya hal ini akan memberikan keuntungan yang banyak untuk Anda. Kenapa? Karena Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membangun brand awareness.

3 Alasan Kenapa Loyalty Program Harus Anda Terapkan Dalam Bisnis

1. Reward Brand

Pelanggan lama yang sudah setia menggunakan brand Anda tentunya menginginkan suatu penghargaan ataupun reward dari Anda. Untuk itu, diperlukan brand positioning yang tepat dan dikombinasikan dengan reward yang ingin Anda berikan di dalam loyalty program.

Walgreenes adalah salah satu contoh perusahaan yang berhasil menggunakan rewards yang berkaitan dengan brand positioning.

Mereka mampu menawarkan loyalty program dalam bentuk poin tambahan untuk para pelanggan yang mampu menjalani hidup sehat dengan melakukan olahraga secara teratur, memeriksa tekanan darah, sampai menghindari kebiasan minum minuman beralkohol. Karena, brand positioning yang mereka ciptakan adalah “at the corner of happy and healthy”.

2. Gunakan Data Untuk kepentingan Pelanggan

Anda harus bisa menggunakan loyalty program agar bisa menjaga tingkat perkembangan perusahaan dengan mengendalikan kesetiaan para pelanggan Anda.

Karena pada dasarnya, loyalty program adalah suatu program yang mampu membantu perusahaan Anda mengenal para pelanggan dengan lebih baik.

Lantas, bagaimana caranya agar para pelanggan tahu bahwa Anda sudah mengenal mereka dengan baik? Caranya adalah dengan memberikan penghargaan yang lebih fokus pada kepentingan para pelanggan.

3. Jangan Fokus Deals atau Diskon Reward

Saat ini, sebagian besar perusahaan banyak yang hanya menawarkan deals ataupun diskon penghargaan saja dalam loyalty program-nya. Deals atau diskon penghargaan memang terlihat menarik.

Namun, Anda harus selalu ingat bahwasanya pelanggan Anda juga sudah menerima banyak diskon yang tidak kalah menariknya dari para retailer lain di luar sana. Untuk itu, Anda harus membuat loyalty program lain yang mampu menarik minat pelanggan. Jadi, tidak hanya sekedar memberikan deals atau diskon penghargaan saja

Contoh Loyalty Program yang Bisa Anda Gunakan

1. Membership

Dalam kegiatan membership ini, perusahaan bisa menawarkan kepada pelanggan untuk mau bergabung sebagai seorang anggota dari komunitas yang sebelumnya sudah dibuat oleh perusahaan.

Bila pelanggan tertarik dan sudah terdaftar di dalam program ini, maka mereka bisa bergabung dan siap menjadi anggota dari club membership yang sudah dibuat.

Nantinya, mereka akan merasa senang karena mempunyai banyak sekali keuntungan setelah menjadi anggota. Keuntungan yang bisa Anda berikan pada mereka adalah potongan harga, promo spesial untuk para anggota, ataupun pelayanan khusus yang hanya diberikan pada anggota saja.

2. Event Terbatas

Contoh loyalty program lainnya yang bisa Anda terapkan adalah event terbatas. Program event terbatas ini nantinya hanya diberikan oleh pihak perusahaan secara individu ataupun secara umum.

Namun, untuk kategori umum, program event terbatas ini nantinya bisa diberikan pada berbagai event tertentu ataupun pada event akhir tahun.

Dalam acara tersebut, perusahaan bisa memberikan keuntungan yang besar pada para konsumen setianya, seperti dengan memberikan promo besar, mendapatkan pelayanan tambahan secara gratis, beli satu gratis dua, ataupun acara lainnya yang mampu meningkatkan minat pelanggan agar lebih setia dalam menggunakan produk Anda.

3. Kemitraan

Cara selanjutnya yang bisa Anda terapkan dalam melakukan loyalty program adalah dengan membuat kemitraan.

Dalam program ini, setiap pelanggan akan mendapatkan keuntungan berbentuk kesempatan dalam menjadi partner ataupun mitra kerja di dalam perusahaan tersebut. Selain itu, pelanggan juga akan memperoleh keuntungan dengan adanya penawaran harga spesial.

Program kemitraan yang ditawarkan pada para pelanggan yang sering dilakukan oleh beberapa brand adalah dalam bentuk endorsement. Konsumen yang mempunyai pengaruh penting dan terkenal di dalam dunia maya bisa ikut serta untuk mempromosikan produk perusahaan.

Karena pelanggan sudah membantu brand dalam mempromosikan produk, maka pelanggan tersebut juga nantinya memiliki hak untuk mendapatkan produk secara gratis dan beberapa hadiah yang diberikan sesuai perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya.

Baca juga: Trade Marketing: Strategi Jitu dalam Mempromosikan Produk Bisnis Anda

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang loyalty program, cara menerapkannya dan beberapa contoh loyalty program yang bisa Anda terapkan.

Pada dasarnya, loyalty program adalah suatu cara yang tepat yang bisa Anda pilih untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.

Namun dalam mempertahankan loyalty program, Anda harus bisa menyiapkan sistem keuangan yang rapi. Nah, untuk membantu Anda dalam melakukan hal tersebut, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Sehingga, Anda hanya harus fokus dalam mengembangkan perusahaan Anda melalui berbagai strategi yang jitu saja.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang mampu membantu bisnis Anda berjalan lebih efisien.

Tertarik? Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!accurate1