Memahami Fungsi dan Manfaat CSR Bagi Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan lingkungan tempat perusahaan itu berdiri. Dimana tanggung jawab tersebut dikenal dengan istilah CSR atau Corporate Social Responsibility. Adapun manfaat CSR sendiri tidak hanya dapat dirasakan oleh masyarakat dan lingkungan, melainkan pemerintah dan perusahaan itu sendiri.

Namun, apa sebenarnya pengertian dari CSR? Apakah hal ini wajib dilakukan oleh sebuah perusahaan? Artikel kali ini akan menjawab pertanyaan seputar pengertian, jenis-jenis program, fungsi penerapan, hingga manfaat CSR bagi perusahaan dan pihak-pihak lain.

Apa Itu CSR?

CSR atau Corporate Social Responsibility merupakan bentuk pertanggungjawaban sosial yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk semua stakeholder dan pihak yang mempunyai kepentingan. Dimana berbagai pihak di sini meliputi karyawan, pemegang saham, konsumen, pemerintah, dan masyarakat sekitar.

CSR sendiri sebenarnya bukanlah hal baru dalam dunia bisnis. Perusahaan-perusahaan besar dunia telah menjalankan program CSR sejak lama dan mulai banyak dilakukan pada tahun 90-an. Sementara di Indonesia, CSR mulai banyak diimplementasikan perusahaan besar dalam negeri sejak tahun 2001.

Adapun sifat dan tanggung jawab program CSR adalah wajib bagi perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil. Sebagaimana kewajiban ini pun tertera dalam Pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT). Adapun jika tidak dilakukan, bisnis akan terancam mendapatkan sanksi.

Baca juga: AD ART Adalah: Ini Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya

Jenis-Jenis Program CSR

Terdapat enam jenis aktivitas CSR yang dikemukakan oleh pakar bisnis, yakni Kortler dan Lee, yang meliputi:

  1. Cause Promotions

Jenis program CSR ini dapat diartikan sebagai salah satu upaya perusahaan untuk meningkatkan kesadaran terhadap suatu permasalahan. Dalam melaksanakannya, perusahaan akan memberikan dana serta sumber daya yang dimiliki sebagai upaya mendukung kegiatan tertentu di masyarakat.

  1. Cause-Related Marketing

Perusahaan yang menggunakan program CSR ini biasanya selalu berkomitmen untuk memberikan sejumlah keuntungan dari hasil penjualan produk tertentu miliknya. Mereka akan memberikan dana dan menyumbangkannya kepada pihak terkait dalam rangka mendukung kegiatan sosial yang ada di masyarakat.

  1. Corporate Social Marketing

Cosporate Social Marketing biasanya dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk kampanye terkait isu kesehatan hingga pelestarian lingkungan. Adapun tujuan dari program CSR ini adalah untuk membuat masyarakat lebih peka terhadap kesehatan dan keselamatan mereka.

  1. Corporate Philanthrophy

Jenis CSR ini dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk kontribusi yang dilaksanakan secara langsung dengan cara mencairkan dana. Dimana beberapa contohnya berupa program sumbangan, charity, hingga pemberian bantuan kepada masyarakat dalam berbagai bentuk.

  1. Community Volunteering

Program Community Volunteering dilakukan dalam bentuk layanan atau jasa yang disediakan secara gratis oleh perusahaan untuk masyarakat. Biasanya, perusahaan akan mengirim beberapa karyawannya secara sukarela untuk ikut terlibat dalam berbagai kegiatan guna mendukung keberlangsungan lingkungan di sekitar perusahaan.

  1. Social Responsible Business Practices

Jenis CSR ini berbentuk investasi yang mendukung kegiatan sosial, baik dalam bentuk meningkatkan kesejahteraan komunitas atau memelihara lingkungan hidup. Program CSR ini tergolong sangat royal, bahkan melebihi kewajiban perusahaan terhadap CSR.

Baca juga: NDA: Ini Pengertian dan Peran Pentingnya Dalam Bisnis

Fungsi Penerapan CSR

CSR tentu memegang peranan fungsi bagi perusahaan. Dimana fungsi tersebut dijelaskan secara rinci sebagaimana berikut ini.

  1. Social License to Operate

Masyarakat merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap perkembangan perusahaan. Dalam hal ini, CSR yang dilakukan oleh perusahaan akan memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar sekaligus menjadikan mereka loyal terhadap perusahaan itu sendiri.

Pada akhirnya, perusahaan akan mendapatkan kemudahan dalam menjalankan kegiatan atau program usahanya di daerah yang bersangkutan.

  1. Melebarkan Akses Sumber Daya

Fungsi penerapan CSR juga bisa dirasakan melalui peningkatan daya saing perusahan dan kemudahaan perusahaan dalam mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan.

  1. Melebarkan Akses Menuju Pasar

Sejatinya, seluruh investasi serta biaya yang dikeluarka perusahaan untuk program CSR akan melahirkan sebuah potensi untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas lagi. Langkah ini bahkan bisa membangun loyalitas konsumen dan menembus target pasar yang baru karena perusahaan menjadi lebih terkenal dan mendapat respect dari masyarakat luas.

  1. Mengurangi Resiko Bisnis Perusahaan

CSR akan membangun hubungan perusahaan yang lebih baik dengan berbagai pihak. Hasilnya, resiko bisnis dapat diminimalisir dan dapat diatasi dengan cara yang lebih mudah.

  1. Membangun Hubungan Baik dengan Regulator

Perusahaan dapat menjalin hubungan yang lebih baik lagi dengan pemerintah sebab CSR akan meringankan beban pemerintah sebagai regulator. Dimana sebenarnya, pemerintahlah yang bertanggung jawab terhadap kesejahteraan lingkungan dan masyarakat. Namun dengan CSR ini, peran tersebut sudah dilakukan oleh perusahaan.

  1. Meningkatkan Hubungan dengan Stakeholder

Pelaksanaan program CSR akan memberi kemudahan komunikasi dan menumbuhkan kepercayaan antara perusahaan dengan stakeholder atau pemegang saham perusahaan.

  1. Meningkatkan Semangat dan Produktivitas Karyawan

CSR juga akan menambah rasa bangga dalam diri karyawan sebab mereka bisa bekerja di perusahaan yang memberikan dampak baik bagi banyak pihak. Yang pada akhirnya, akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan.

Baca juga: Lead Nurturing: Pengertian, Manfaat, dan Tahapannya untuk Bisnis

Manfaat CSR

Tibalah saatnya untuk membahas manfaat apa yang bisa diberikan dari pelaksanaan program CSR. Dimana manfaat ini dapat dirasakan oleh perusahaan, masyarakat, lingkungan hidup, hingga pemerintah.

  1. Manfaat CSR Bagi Perusahaan

CSR dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, seperti membantu meningkatkan citra yang baik di mata masyarakat, memperkuat nilai brand, memberikan nilai berbeda dengan kompetitor, hingga mengembangkan potensi kerja sama dengan perusahaan lain.

  1. Manfaat CSR Bagi Masyarakat

Adapun manfaat CSR bagi masyarakat memberikan peningkatan di banyak hal, mulai dari kapasitas sumber daya manusia masyarakat hingga kesejahteraan masyarakat.

  1. Manfaat CSR Bagi Lingkungan Hidup

CSR bermanfaat dalam upaya menjaga lingkungan hidup. Perusahaan diminta tidak hanya mengejar keuntungan, namun juga aktif berkontribusi terhadap lingkungan sekitar. Dimana perusahaan diharap bisa menjaga kelestarian lingkungan hidup ataupun fisik, sosial, serta budaya yang ada.

  1. Manfaat CSR Bagi Pemerintah

CSR secara jelas membantu pemerintah dalam mewujudkan kemajuan bangsa dan negara. Dimana CSR perusahaan hadir dalam menangani berbagai masalah sosial, mulai dari kemiskinan, pengangguran, pencemaran lingkungan, minimnya fasilitas kesehatan, hingga pendidikan.

Baca juga: Serba-Serbi Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia

Penutup

Demikianlah informasi mengenai CSR yang perlu untuk diketahui. Perusahaan diharapkan memahami tanggung jawab sosial yang perlu dijalankannya untuk memberikan kebermanfaatan bagi banyak pihak.

Adapun terkait dana yang perlu dikeluarkan perusahaan dalam menjalankan program CSR tentu harus dicatat secara detail. Dalam hal ini, perusahaan Anda dapat menggunakan software akuntansi dan bisnis untuk pencatatan dan pembuatan laporan yang lebih efektif serta efisien guna meminimalisir kesalahan. Dimana Accurate Online merupakan salah satu pilihan terbaik untuk dipertimbangkan.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan tersemat di dalamnya untuk memudahkan Anda membuat laporan keuangan secara lebih cepat, otomatis, namun tetap akurat.

Tunggu apa lagi? Segera nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.