Marginal Utility: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Kerjanya

Perusahaan mencari tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk mereka. Beberapa audiens target dapat dipecah menjadi berbagai segmen, tetapi marginal utility utilitas marjinal mengukur kepuasan pelanggan saat mereka membeli lebih banyak unit produk tertentu. Anda harus mempertimbangkan keadaan merek Anda saat ini untuk mengetahui di mana Anda dapat meningkatkan skala bisnis Anda dan mendorong pelanggan baru dan penjualan produk Anda.

Pada artikel ini, kami menjelaskan apa itu marginal utility, jenis marginal utility, cara kerjanya, dan juga contohnya dalam strategi pemasaran.

Apa itu Marginal Utility?

Marginal utility atau utilitas marjinal adalah istilah ekonomi yang mengukur manfaat pelanggan dalam membeli layanan dari suatu organisasi. Hukum utilitas marjinal yang semakin berkurang menggambarkan bagaimana manfaat atau utilitas produk memiliki efek yang berlawanan pada jumlah unit kontemporer yang sudah mereka miliki.

Utilitas marjinal suatu produk dapat didasarkan pada persepsi pelanggan terhadap suatu merek yang mempengaruhi keputusan mereka untuk tetap setia padanya atau melihat produk serupa yang dibuat oleh perusahaan yang berbeda karena tingkat kepuasan mereka.

Selanjutnya, pemasar perlu bekerja mengembangkan strategi yang menjaga permintaan tetap tinggi untuk produk dan layanan meskipun utilitas marjinalnya menurun.

Baca juga: Brand Extension Adalah Strategi Pemasaran Ampuh yang Banyak Diterapkan Brand Besar

Jenis Marginal Utility

Ada berbagai jenis utilitas marjinal yang digunakan ketika menilai kepuasan pelanggan, termasuk:

Marginal utility nol

Jika pelanggan memutuskan untuk membeli lebih banyak barang, kepuasan mereka tetap konstan. Membeli banyak koran atau majalah  adalah contoh karena Anda dapat menyimpannya untuk referensi, tetapi memiliki nilai yang sama dengan salinan pertama karena identik.

Anda perlu berkomitmen untuk melayani kebutuhan pelanggan untuk menciptakan pengalaman positif bagi mereka, sehingga Anda dapat meningkatkan kepuasan mereka tidak peduli berapa banyak produk yang mereka beli. Media sosial dan pemasaran email membuat pelanggan Anda tetap terlibat dengan produk Anda dan dapat memengaruhi utilitas marjinal tergantung pada umpan balik yang Anda terima.

Marginal utility positif

Marginal utility positif adalah ketika pelanggan puas dan membeli beberapa unit produk Anda. Mereka dapat memberikan referensi kelebihan produk Anda kepada teman, keluarga, atau rekan kerja tergantung seberapa besar mereka menyukai produk tersebut dan upaya yang mereka lakukan dalam menampilkan loyalitas merek kepada publik.

Influencer dapat memainkan peran penting jika mereka membeli produk Anda secara massal dan memamerkannya di saluran media sosial dan situs web mereka.

Marginal utility negatif

Marginal utility negatif adalah ketika pelanggan membeli terlalu banyak produk, dan sampai pada titik di mana mereka hanya dapat menggunakan beberapa unit dalam periode tertentu. Hal ini dapat terjadi jika pelanggan membeli makanan yang mudah rusak dalam jumlah besar, tetapi mereka hanya dapat mengkonsumsi sebagian pada saat tanggal kedaluwarsa tiba.

Anda harus memastikan bahwa pelanggan dapat memanfaatkan produk Anda sebaik mungkin untuk meningkatkan peluang mereka membeli dari Anda di masa mendatang.

Baca juga: Apa itu AB Testing dan Bagaimana Penggunaannya dalam Marketing?

Contoh Marginal Utility

Mari kita tinjau contoh utilitas marjinal untuk membantu Anda memahami konsep ini:

Budi saat ini memiliki lima botol soda, dan dia memutuskan untuk membeli botol keenam ketika dia pergi berbelanja. Di sisi lain, Josh memiliki 60 botol soda dan memutuskan untuk membeli sebotol soda lagi karena dia menyimpan sisanya di lemari es di rumah.

Untuk menemukan utilitas marjinal bagi Chris dan Josh, Anda perlu membagi jumlah pembelian yang mereka lakukan untuk suatu produk dengan jumlah produk yang mereka miliki saat ini.

Untuk Chris, kamu harus membagi satu dengan enam, jadi dia meningkatkan persediaan sodanya sebesar 16,6666667% hanya dengan satu pembelian.

Untuk Josh, bagi satu dengan 61, karena faktor perhitungan dalam botol ekstra yang dia beli, dan Anda akan mendapatkan 0,016393344. Dengan kata lain, utilitas marjinal Josh adalah 1,6 atau 2% jika dibulatkan, jadi Chris memiliki peluang lebih besar untuk puas dengan pembelian satu soda meskipun faktanya dia hanya memiliki enam soda.

Baca juga: Total Productive Maintenance (TPM), Sistem Pemelihataan Produksi yang Mampu Meningkatkan Produktivitas

Tips Menggunakan Strategi Marketing untuk Meningkatkan Marginal Utility

Utilitas marjinal tidak hanya menunjukkan keuntungan yang Anda hasilkan, tetapi kepuasan pelanggan dengan mempertimbangkan jumlah unit yang mereka beli. Inilah cara Anda dapat menggunakan perhitungan utilitas marjinal untuk meningkatkan hubungan yang Anda miliki dengan pelanggan Anda:

Terlibat dengan pelanggan Anda di media sosial

Pelanggan dapat mengirim pesan langsung kepada Anda jika mereka ingin mengungkapkan pendapat mereka tentang produk Anda, tetapi Anda harus terlibat dengan mereka untuk melihat apakah mereka masih berencana membeli lebih banyak unit dari Anda setelah pembelian yang mereka lakukan saat ini.

Semakin baik hubungan yang Anda bangun dengan pelanggan, semakin besar peluang Anda untuk meningkatkan utilitas marjinal. Sesuaikan percakapan Anda dengan pesan orang tersebut, tetapi Anda ingin memperhatikan bahwa demografi yang ditargetkan menggunakan platform yang berbeda.

Baca juga: Brand Building, Metode Yang Tepat Agar Bisnis Dikenal Banyak Orang

Kumpulkan data dari survei

Survei dapat ditampilkan dalam pesan email jika pelanggan berlangganan daftar email Anda. Disarankan agar Anda berusaha keras untuk membuat pengguna mengisi formulir kontak di situs web Anda.

Setelah Anda mendapatkan semua informasi kontak mereka, Anda dapat mengirimkan survei melalui email untuk mengetahui umpan balik yang mereka miliki dan Anda akan mengetahui persis produk yang mereka beli dari bisnis Anda. Anda juga dapat mengukur minat mereka untuk membeli produk yang sama lagi atau jika mereka ingin membeli produk yang berbeda dari Anda.

Pertimbangkan untuk menjalankan kampanye iklan

Kampanye bayar per klik (PPC) menarik eksposur tambahan ke situs web Anda jika Anda membeli kata kunci yang tepat yang tersedia melalui mesin pencari. Mereka dapat membuka situs web Anda, mengklik hyperlink-nya dan menavigasi ke halaman formulir kontak Anda untuk memberikan pendapat mereka, sehingga Anda dapat mengukur kepuasan pelanggan mereka.

Cara lain yang efektif adalah dengan mendesain situs web Anda memiliki ikon yang menanyakan pelanggan apakah mereka membeli produk Anda sebelumnya. Jika demikian, mereka dapat mengeklik ikon tersebut dan itu akan menampilkan survei sebagai item tindakan yang harus mereka isi.

Baca juga: Customer Retention Rate: Pengertian, Strategi dan Tips Meningkatkannya

Kesimpulan

Itulah pembahasan marginal utility yang mungin berguna daalam mengukur keberhasilan Anda dalam memasarkan produk atau layanan yang Anda berikan. Jika bisnis Anda sudah memiliki nilai penjualan yang baik, jangan lupa untuk menggunakan software akuntansi yang memudahkan Anda dalam pencatatan seluruh transaksi yang terjadi dalam bisnis, sehingga Anda bisa mendapatkan keputusan bisnis yang optimal.

Sebagai pilihan, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Accurate Online yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate-200 ribu per bulan