Mengetahui Consumer Insight untuk Bisnis yang Lebih Baik

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang dijalankan dengan memprioritaskan kebutuhan pelanggan atau yang disebut consumer insight. Tujuan dari konsep ini adalah untuk menciptakan iklim kondusif dan menguntungkan antara penjual dan pembeli. Dengan menerapkan konsep tersebut, pelaku bisnis dapat membangun interaksi yang konsisten dengan customer.

Mengenal Konsepnya dalam Bisnis

Dalam dunia bisni penting diterapkan konsep insightful yang memberikan informasi mengenai permasalahan kompleks dialami suatu objek secara mendalam. Menurut pengertian secara umum, insight adalah pengetahuan brilian yang muncul secara tiba-tiba.

Jika dihubungkan dengan dunia bisnis, insight dikaitkan dengan pelanggan atau customer yang menjadi objek dalam bisnis. Consumer insight adalah proses mencari tahu mengenai bagaimana pemikiran, perbuatan, dan perilaku pelanggan secara lebih intens.

Perilaku konsumen dikaitkan dengan produk dan komunikasi iklan yang menjadi dasar dari konsep ini. Dengan konsep insight ini, perusahaan dapat melakukan pengujian terhadap hasil kreativitas layanan dan pengembangan produk. Semua hal itu dilakukan untuk mendekati kebutuhan dan keinginan konsumen akan produk yang ditawarkan.

Dalam bisnis, consumer insight hanya sebagai konsep dan pedoman dalam menyusun strategi pemasaran dan periklanan terhadap layanan atau produk yang dikembangkan sebelumnya. Konsep ini juga dapat digunakan sebagai jalan untuk memperoleh data existing consumer.

Baca juga : Analisis Jabatan : Definisi, Tujuan, Manfaat, dan Pentingnya bagi Bisnis

Komponen Dasar Consumer Insight

Secara umum, ada 5 komponen dasar dalam konsep consumer insight yang harus diketahui. Komponen ini membantu perusahaan dalam menentukan berbagai tindakan yang dilakukan kepada konsumen. Mulai dari menentukan konsumen yang akan dihubungi hingga cara-cara berkomunikasi efektif dengan para pelanggan untuk memperoleh respon positif.

1. Pengumpulan Data

Pengumpulan data adalah komponen yang paling penting dalam proses ini. Data yang dimaksudkan adalah data yang berisi keinginan costumer dari produk atau layanan yang dipasarkan. Setiap pelaku bisnis yang ingin komunikasi dengan konsumennya baik harus melakukan pendataan terhadap keinginan konsumen untuk melihat wawasannya.

2. Analisis Data

Komponen kedua yang tidak kalah pentingnya dalam consumer insight adalah analisis data. Data yang dianalisa adalah data keinginan konsumen yang telah dikumpulkan dari proses sebelumnya yang dianalisis sedemikian rupa. Analisa data keinginan konsumen bertujuan untuk melihat apa yang paling dibutuhkan konsumen sehingga perusahaan mudah mengambil tindakan yang tepat.

3. Optimalisasi

Melangkah ke proses selanjutnya yaitu optimalisasi terhadap data yang telah dianalisis sebelumnya. Optimalisasi bertujuan memberikan gambaran kepada perusahaan tindakan apa yang akan diambil untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Proses ini dapat dikatakan sebagai langkah awal yang dilakukan perusahaan untuk mewujudkan consumer insight

Baca juga : Inovasi Produk : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya

4. Manajemen Kampanye

Komponen keempat dalam wawasan konsumen adalah manajemen kampanye yang berkaitan dengan proses periklanan atau promosi. Proses ini dapat dikatakan sebagai media promosi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kampanye atau promosi ini berisi hal – hal yang berkaitan dengan insight konsumen terhadap layanan atau produk yang ditawarkan.

5. Personalisasi

Komponen terakhir dari consumer insight adalah personalisasi. Setelah melakukan rangkaian proses sebelumnya, perusahaan bisa melangkah ke tahap selanjutnya yang disebut tahap personalisasi.

Personalisasi adalah proses memodifikasi atau membuat sesuatu yang menjadi ciri dari sebuah perusahaan. ini berarti perusahaan boleh membuat produk berdasarkan keinginan konsumen namun tidak sampai meninggalkan identitas perusahaan.

Baca juga : Analisis Gap : Apa itu dan Mengapa itu Penting dalam Manajemen Proyek?

Membentuk Consumer Insight

Dalam dunia bisnis, masukan dan wawasan konsumen merupakan link emosi yang terjalin antara produk dengan konsumen. Perusahaan tidak hanya perlu menentukan target dan segmentasi namun karakter melalui desain brand dan kemasan produk penting untuk memahami emosi konsumen.

Brand dari sebuah produk menjadi gambaran baik atau buruknya produk atau layanan yang dipasarkan. Salah satu produk harus dibuat untuk merasakan emosi konsumen saat melihat produk atau layanan tersebut.

Untuk itu setiap komponen pembuatan brand dan kemasan dari produk harus benar-benar diperhatikan untuk menjalin emosi konsumen dengan sebuah produk.  Perusahaan harus menambahkan emosi sesuai konsumen yang dibidik atau ditargetkan.

Baca juga : Memahami Permintaan Konsumen dan 10 Strategi untuk Meningkatkannya

Hal Penting dalam Consumer Insight

Pembahasan selanjutnya adalah hal penting yang harus diperhatikan dalam consumer insight saat berbisnis. Melalui pembahasan sebelumnya dapat dilihat seberapa pentingnya komponen insight konsumen untuk memberikan informasi mengenai kebutuhan konsumen kepada perusahaan. Dari proses itu perusahaan bisa mengambil langkah tepat dalam mengatasi kebutuhan konsumen akan produk yang dipasarkan.

1. Data dan Masukan 

Dalam menjalankan bisnis, data konsumen adalah hal penting dan utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Penting bagi perusahaan untuk menciptakan rencana terbaik untuk konsumen mereka agar produk yang ditawarkan dapat memenuhi keinginan konsumen,

Bukan hanya brand manajer selaku penanggung jawab dalam pembuatan brand, namun semua orang dalam perusahaan harus bergabung untuk membentuk insight. Bagaimanapun membentuk insight adalah tanggung jawab bersama bagi seluruh civitas yang ada dalam sebuah perusahaan.

2.Insight Sangat Penting Dibudidayakan Dalam Sebuah Perusahaan

Penerapan konsep ini dalam suatu perusahaan adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Bagaimanapun data wawasan konsumen sangat diperlukan perusahaan untuk membentuk hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggannya melalui pemahaman akan keinginan konsumen.

Untuk itu, setiap perusahaan harusnya memiliki divisi khusus yang menangani pengelolaan data konsumen dengan baik. Meskipun dikatakan consumer insight adalah tanggung jawab bersama namun divisi khusus tetap saja sangat diperlukan.

Kehadiran manajer bisa menjadi jalan bagi perusahaan untuk menghimpun berbagai informasi terkait insight konsumen yang relevan. Hal ini membantu perusahaan dalam mengambil tindakan yang sesuai.

Baca juga : Mengenal Strategi Operasi yang Efektif Dalam Pengembangan Bisnis

3. Insight Tidak Akan Berguna Tanpa Tindakan Pasti

Tantangan terbesar yang akan dihadapi perusahaan dalam mengelola consumer insight adalah bagaimana mereka mengambil tindakan selanjutnya. Meskipun informasi mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen telah dikumpulkan, langkah untuk membuat informasi tersebut menjadi jelas dan mudah dipahami sulit dilakukan.

Informasi ini akan diolah oleh tim pemasaran namun jika informasi tersebut tidak jelas apalagi di Analisa maka akan sulit mengambil tindakan. Tim pemasaran tidak akan bisa melakukan perencanaan dan menerapkan strategi pemasaran jika informasi tersebut tidak dapat dimengerti. Selain itu perusahaan akan sulit membuat rencana yang nyata untuk menarik konsumen.

4. Metode Ethnography Adalah Yang Paling Tepat

Dunia bisnis merupakan arena bertarung yang ketat dengan banyaknya pesaing dalam bidang yang sama. Untuk itu penerapan insight konsumen sangat dibutuhkan untuk menarik konsumen dengan memahami kebutuhan mereka.

Metode yang tepat dalam hal ini adalah metode Ethnography untuk mengetahui kebutuhan konsumen melalui penelusuran secara mendalam. Ethnography membantu perusahaan mencari dan menemukan insight konsumen, apa yang dibutuhkan konsumen, hingga apa yang mereka lakukan melalui observasi langsung.

Melalui metode Ethnography, perusahaan akan memperoleh informasi insight lebih banyak yang dilihat dari sudut pandang konsumen.Sulit bagi sebuah perusahaan memenangkan pertarungan tanpa insight konsumen untuk mengetahui kebutuhan konsumen.

Baca juga : Apa itu Branding dan Mengapa itu Penting Untuk Bisnis Anda?

Kesimpulan

Kehadiran consumer insight dalam suatu bisnis merupakan hal yang sangat penting apalagi di masa sekarang ini. Link antara konsumen dan perusahaan sangat penting untuk dibangun agar perusahaan mampu memenuhi kebutuhan konsumennya. Melalui konsep ini juga perusahaan akan mudah mendapatkan ide dan mengambil tindakan tepat untuk kepuasan konsumen.

Bagi Anda pelaku bisnis yang sedang membutuhkan proses pembukuan yang lebih baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi berbasis online yang bisa memudahkan pemantauan keadaan finansial bisnis kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa menjadi solusi kemudahan pembukuan usaha Anda. Telah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan meraih Top Brand sejak tahun 206 saat ini menjadikan Accurate Online sebagai software pembukuan yang terbukti dan teruji.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate fokus pengembangan