Mengetahui Pentingnya Konsep Pemasaran dan Tujuannya dalam Bisnis

Apa itu Konsep Pemasaran?

Kepuasan dari pelanggan atau konsumen tentunya merupakan salah satu tujuan utama sebuah perusahaan mewujudkan produk atau jasa dengan sebaik mungkin. Jika konsumen bisa memenuhi beberapa kebutuhannya melalui produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan maka itu artinya sebuah perusahaan berhasil menerapkan konsep pemasaran dengan baik.

Konsep pemasaran sendiri merupakan sebuah falsafah yang harus ada dalam sebuah perusahaan atau apapun jenis bisnis yang dijalankan. Konsep ini hadir dengan lima konsep yang masing-masing memiliki tujuan. Jika semua konsep ini bisa mewujudkan tujuannya, maka bisa dipastikan sebuah perusahaan bisa tetap berlangsung serta tetap mendapatkan pemasukan atau laba.

Baca juga :  Mengenal Lebih Jauh Tentang Etika Profesi Akuntansi 

Macam-macam Konsep Pemasaran dan Tujuannya

Berikut ini adalah lima poin penting dalam konsep pemasaran serta tujuannya masing-masing. Lima konsep berikut ini memiliki tujuan utama yang tak lain adalah mewujudkan perusahaan yang terus lancar keberlangsungannya dan tidak merugi.

1. Konsep Pemasaran dari Segi Produksi

Konsep pertama yang akan dibahas dalam poin-poin konsep ini adalah produksi. Selain masuk dalam konsep pemasaran, produksi juga merupakan aktivitas pertama yang akan dilakukan oleh perusahaan dari keberlangsungan perusahaan atau bisnis. Terutama jika perusahaan menjual produk, bukan jasa, pasti proses produksi akan mutlak dilakukan.

Dalam konsep produksi, telah dinilai bahwa semakin mudah suatu produk ditemukan karena bisa ditemukan dimana-mana maka akan semakin banyak dibeli orang. Benar saja, jika orang bisa mencari produk dengan mudah, tidak ada alasan untuk memilih produk yang sulit dicari.

Karena hal ini, sebuah perusahaan akan berusaha memproduksi produknya sebanyak mungkin supaya bisa disebar di seluruh daerah dan akhirnya mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

2. Konsep Pemasaran dari Segi Produk

Selain produksi yang sebanyak mungkin supaya bisa mudah dicari, produk yang diproduksi ini juga bisa menjamin daya tariknya. Akan semakin banyak dibeli orang jika suatu produk memiliki tampilan yang bagus dan menarik. Tampilan yang meyakinkan juga akan membuat suatu produk lebih dipilih.

Selain dari segi visual, kualitas dari produk itu sendiri juga harus bagus supaya tetap dipilih oleh pembeli yang mana akhirnya menjadi seorang pelanggan. Mutu dari produk, kualitas, karakter, serta performa yang baik tentu akan lebih menarik daya beli.

3. Konsep Pemasaran dari Segi Penjualan

Konsep pemasaran ketiga yang tak kalah pentingnya dan menjadi penentu besar kecilnya laba perusahaan adalah konsep penjualan ini. Semakin besar penjualan maka akan semakin besar pula laba yang diraih perusahaan.

Produk yang akan dijual tak hanya didiamkan begitu saja di toko, namun harus ada tim marketing atau tim promosi yang siap mengenalkan produk perusahaan kepada masyarakat atau mungkin membujuk orang untuk membeli. Strategi promosi yang menarik juga bisa mempengaruhi daya beli dari suatu produk.

Baca juga : Tertarik Bangun Bisnis Properti? Terapkan Beberapa Tips Sederhana ini

4. Segi Pemasaran Sosial

Tim pemasaran dari sebuah perusahaan harus bisa memastikan bagaimana suatu produk dari perusahaan teesebut berbeda dan juga unik. Produk yang bisa mengkombinasikan tampilan yang menarik serta meyakinkan bahwa barang tersebut dibutuhkan menjadi sebuah tujuan akhir bagi setiap tim pemasaran perusahaan.

5. Segi Pemasaran Global

Melalui manajemen yang strategis, tim eksekutif dari sebuah perusahaan harus bisa mengerti apa saja faktor yang mempengaruhi pemasaran suatu produk.  Konsep terakhir ini bertujuan supaya perusahaan bisa tetap bermanfaat untuk segala pihak yang turut serta dalam perusahaan dan bisa memberikan produk yang menarik dan bermanfaat sekaligus kepada konsumen.

Pentingnya Memahami Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran ini sangat penting diketahui dan dipahami oleh sebuah perusahaan. Karena pada intinya,perusahaan setelah melakukan produksi barang, tentu mereka memerlukan pemasaran yang baik agar barang yang telah mereka buat bisa laku terjual.Walapun terkadang pada tahap produksi ada beberapa perusahaan yang sudah mendesain konsep pemasarannya

Apapun usaha yang dilakukan perusahaan, perusahaan harus bisa mewujudkan sebuah produk yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat. Tak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat saja, akan lebih baik jika produk yang diberikan ini tetap menarik sifatnya supaya bisa bersaing dengan produk dari perusahaan lain.

Baca juga : Anda Pebisnis? Pelajari Cara Menghitung HPP dengan Benar

Produksi, produk, penjualan, pemasaran sosial, dan pemasaran global, adalah poin-poin yang ada dalam konsep pemasaran. Masing-masing jika diwujudkan dengan benar pasti tujuannya akan tercapai. Sedangkan untuk tujuan utama dari konsep ini tentunya berupa peningkatan pemasukan perusahaan yang mana berasal dari banyaknya konsumen yang memilih produk tersebut.

Selain itu, Anda juga harus melakukan pembukuan yang benar agar Anda bisa memantau setiap transaksi guna pengembangan bisnis Anda. Pembukuan adalah bahasa bisnis, setiap jenis bisnis dituntut untuk memiliki pembukuan yang benar agar memudahkan Anda mengelola dan memantau arus keuangan bisnis.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengelola pembukuan secara manual, Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi bisnis Anda untuk optimalisasi catatan keuangan dan pembukuan bisnis Anda.

Accurate Online sendiri adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah dikembangkan lebih dari 20 tahun yang lalu. Telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia dan memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang sebagai software akuntansi terbaik di Indonesia.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini