Merchandise Adalah: Pengertian, Jenis Fungsinya untuk Perusahaan

Merchandise adalah salah satu pernak-pernik yang sering kali kita temui dan sudah banyak digunakan oleh berbagai pihak di dalam setiap acara atau event tertentu.

Merchandise juga seringkali digunakan untuk mengingat brand perusahaan agar setiap pelanggan tetap mau menempatkan brand atau merek perusahaan tersebut sebagai pilihan utamanya.

Jadi, selain mampu menampilkan logo dari sebuah perusahaan, merchandise juga bisa dijadikan sebagai salah satu jenis media periklanan untuk mengingatkan para audiens tentang brand perusahaan.

Untuk penerima merchandise, manfaatnya bisa digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari, seperti mug, baju, atau tas.

Fungsi Merchandise Adalah

Dalam dunia pemasaran, merchandise memiliki peranan yang sangat penting untuk mengenalkan merek dan membentuk brand image suatu perusahaan pada banyak orang. Hal tersebut tentu saja sebagai bentuk komunikasi yang juga merupakan salah satu strategi pemasaran yang penerapannya bisa diaplikasikan pada banyak media.

Nah, karena merchandise memiliki fungsi yang sangat penting di dalam dunia periklanan, maka banyak pebisnis yang mulai memerhatikan aspek promosi, sehingga dijadikan sebagai ajang promosi terkait produk yang dijual ataupun jasa yang ditawarkannya.

Selain itu, merchandise juga memiliki fungsi lain untuk perusahaan atau untuk strategi pemasaran, diantaranya adalah:

  • Menarik minat pembeli untuk mengunjungi stand pada suatu event
  • Sebagai media branding perusahaan
  • Dijadikan sebagai alat promosi dari satu konsumen ke konsumen lainnya.
  • Menjadi suatu tanda terimakasih
  • Sebagai bentuk pembeda dari perusahaan satu ke perusahaan lainnya.

Baca juga: Repeat Order: Pengertian dan Tips Ampuh Untuk Meningkatkannya

Macam-Macam Merchandise

Beberapa jenis merchandise yang seringkali kita temui di beberapa event diantaranya adalah sebagai berikut:

1. T – Shirts / Kaos

T-shirt atau kaos adalah suatu jenis pakaian yang sangat terkenal di seluruh lapisan masyarakat dan juga bisa dinikmati oleh setiap kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Selain untuk menutup tubuh dan menghangatkan tubuh, kaos juga memiliki fungsi untuk merefleksikan gaya hidup atau lifestyle.

Kaos juga bisa digunakan untuk kegiatan promosi perusahaan, caranya adalah dengan menempatkan logo perusahaan yang ditambah dengan gambar atau teks pendukung menarik untuk dijadikan souvenir yang terkadang dibagikan secara gratis pada suatu acara tertentu.

Jenis kaos yang sering digunakan untuk merchandise adalah kaos oblong dan kaos polo. Dengan kaos oblong, perusahaan bisa menampilkan logonya dengan cara disablon ataupun dibordir dengan menggunakan bahan yang nyaman digunakan.

2. Tas / Tote Bag / Paper Bag / Goodie Bag

Tote bag adalah salah satu jenis merchandise yang sudah banyak digunakan oleh setiap perusahaan. Jenis tas ini juga akhir-akhir ini sedang terkenal di kalangan anak muda. Selain untuk menyimpan berbagai barang, tas ini juga bisa dijadikan sebagai media promosi.

Tas ini bisa menggunakan berbagai jenis bahan, diantaranya adalah bahan spunbond, kain blacu, flexi, kanvas, furing, dll.

Tapi yang pasti, bahan baku tas ini memiliki harga yang cukup terjangkau, sehingga apabila dibuat secara massal juga tidak akan mengeluarkan biaya yang tidak begitu mahal.

Selain goodie bag dan tote bag, jenis tas lainnya yang bisa digunakan adalah paper bag. Namun, bahan utama paper bag adalah art carton, samson, atau kraft paper.

3. Jam (Meja / Tangan / Dinding)

Jam tangan juga adalah salah satu barang yang kerap kali digunakan untuk media merchandise, khususnya pada instansi atau organisasi.

Seperti yang sudah kita ketahui, jam memiliki fungsi untuk menampilkan waktu dan bisa di pasang di dinding untuk jam dinding, di tangan untuk jam tangan, dan ditempatkan di meja.

Karena bisa ditempatkan di dinding atau di meja, maka jam dijadikan sebagai merchandise yang bagus. Bentuk jam juga bisa dihias sebagus mungkin dan disesuaikan dengan budget pemasarannya.

4. Stiker

Jika dilihat secara sekilas, benda yang satu ini mungkin akan terlihat sepele. Padahal, stiker juga bisa dijadikan sebagai ajang branding yang baik, contohnya saat pembeli berbelanja baju distro, sepatu, dll.

Beberapa diantara kita pasti ada yang suka mengoleksi dan ditempelkan di berbagai bidang tertentu. Nah, secara tidak langsung Anda akan melihat logo brand pada stiker tersebut dan secara tidak langsung akan membuat ANda untuk teringat akan keberadaan brand tersebut.

5. Mug Kramik / Stainless

Seringkali mug juga diberikan sebagai media merchandise pada suatu acara atau event tertentu. Baik itu mug dalam bentuk keramik ataupun stainless steel yang pada umumnya juga berisi hal yang berhubungan dengan logo perusahaan untuk mensponsori suatu kegiatan.

6. Flashdisk/ USB

Alat yang satu ini juga seringkali dijadikan sebagai salah satu merchandise adalah dalam berbagai acara seminar atau acara lainnya. Saat ini, flashdisk hampir dijadikan salah satu alat yang penting karena bisa menyimpan berbagai file dan bisa dibawa kemana saja.

Namun, walaupun kecil, alat ini juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, terutama dalam dunia perkantoran atau dunia pendidikan.

Flashdisk atau USB seringkali digunakan untuk beberapa kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan pengiriman atau penyimpanan data. Dengan bentuknya yang kecil, alat ini bisa dibawa kemana saja tanpa membutuhkan banyak tempat.

Mereka yang sering menggunakan flashdisk adalah orang-orang yang sering menggunakan laptop atau komputer dan menyimpan atau mengirim data yang tidak terlalu banyak di dalamnya.

7. Jaket dan Helm

Jaket juga bisa dijadikan merchandise yang umumnya diberikan pada suatu event organisasi, event pemerintahan, atau kita bisa mendapatkan merchandise yang menarik ini ketika membeli motor, baik itu secara kredit ataupun secara tunai.

8. Payung

Payung juga adalah merchandise yang bisa kita peroleh di berbagai event yang pada umumnya diadakan oleh pihak bank atau instansi perusahaan besar.

9. Power Bank

Benda yang satu ini pasti sangat disukai oleh kebanyakan orang karena akan sangat membantu sekali saat baterai handphone mulai habis. Bila ANda menggunakan power bank sebagai merchandise perusahaan, pasti setiap audiens akan merasa puas dan senang.

Tidak perlu powerbank yang mahal, Anda bisa memilih powerbank dengan harga yang terjangkau dan berkapasitas kecil serta ukuran yang mini untuk dijadikan merchandise.

10. Ballpoint / Pensil

Pulpen dan pensil  juga seringkali digunakan sebagai merchandise wajib yang diberikan pada berbagai acara seminar ataupun workshop.

Umumnya, pemberian pulen sudah termasuk dengan notebook, pensil dan map umumnya terbuat dari plastik ataupun kertas.

11. Gantungan Kunci

Gantungan kunci juga adalah salah satu jenis merchandise yang umumnya diberikan secara gratis pada setiap kesempatan event atau acara tertentu.

Bahan yang terbuat dari gantungan kunci juga sangatlah banyak, mulai dari besi, alumunium, karet, akrilik, dll.

Umumnya, pemesanan gantungan kunci langsung banyak atau dipesan secara partai, karena harganya lebih murah jika dibeli secara banyak.

12. Pin

Pin juga bisa dijadikan sebagai salah satu aksesoris dengan bentuk yang bulat dan sudah banyak digunakan untuk merchandise pada berbagai macam acara atau event tertentu.

Pin bisa ditempatkan di kaos, tas yang juga sebagai penanda bahwa peserta sudah mengikuti event atau kegiatan tertentu.

Bentuk pin yang bisa dibuat juga sangat banyak sekali, mulai dari berbentuk peniti pada bagian belakangnya, hingga yang hanya bisa digunakan untuk gantungan kunci.

13. Kipas Lipat dan Kipas Tangan

Biasanya, kipas tangan bisa kita dapatkan dengan mudah pada acara pernikahan. Tapi, kipas tangan juga saat ini bisa kita gunakan untuk acara lainnya. Kipas lipat atau kipas lipat ini juga bisa kita gunakan di berbagai acara lainnya.

Selain itu, dengan ukurannya yang kecil, kipas ini bisa dibawa kemana-mana dengan mudah. Kipas lipas juga tersedia dalam berbagai bentuk dan model yang unik, seperti kipas tangan plastik, kipas lipat berbahan lentur, atau kipas lipat dari sebilah kayu.

14. Botol Minuman

Botol minum juga sudah banyak digunakan sebagai merchandise, seperti minuman energi yang hampir dipastikan botol minuman yang pada umumnya akan mereka gunakan pada suatu event olahraga.

Baca juga: Katalog Adalah: Manfaat dan Perbedaannya dengan E-Katalog

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang merchandise dan beberapa contoh barang yang bisa dijadikan merchandise. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa merchandise adalah pernak-pernik yang sudah banyak kita temui dan digunakan juga oleh banyak orang di berbagai event tertentu.

Beberapa jenis merchandise diatas bisa Anda gabungkan untuk bisa memaksimalkan strategi pemasaran Anda.

Namun, satu hal yang perlu dan penting untuk Anda perhatikan dalam membuat merchandise adalah adanya ketersediaan anggaran perusahaan khusus untuk membuat merchandise, sehingga tidak akan mengganggu anggaran lainnya.

Nah, untuk membantu Anda dalam mengatur anggaran perusahaan, Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi dari Accurate Online.

Selain mampu membantu Anda mengatur anggaran atau memberikan laporan keuangan perusahaan, Accurate online juga menyediakan berbagai fitur lainnya, seperti mulut mata uang, piutang pelanggan, keamanan data, stok opname dll.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.