Metodologi untuk Pengambilan Keputusan, Pengertian, dan Contohnya

Pengambilan keputusan adalah keterampilan penting yang dibutuhkan semua pemilik bisnis. Teknik pengambilan keputusan yang tepat menjamin bahwa Anda menangani masalah dengan cara terbaik dan menerapkan solusi dengan risiko kecil. Mengambil keputusan membutuhkan proses yang tepat dan ada berbagai kemungkinan metode.

Dalam artikel ini, kita membahas apa itu pengambilan keputusan, menguraikan empat metode utama untuk melakukannya dan buat daftar langkah-langkah yang tepat tentang cara menemukan solusi.

Apa itu Pengambilan Keuputusan?

Pengambilan keputusan adalah soft skill yang melibatkan memilih antara solusi yang mungkin untuk suatu masalah. Ini adalah keterampilan yang sangat berharga yang dicari oleh banyak perekrut dan manajer perekrutan ketika mencari bakat baru. Keputusan sering dibuat melalui proses intuitif atau beralasan:

Proses intuitif

Intuisi adalah kemampuan untuk memahami sesuatu dengan segera tanpa perlu penalaran. Meskipun kedengarannya seperti konsep yang tidak jelas, sebenarnya ini adalah kombinasi dari pengalaman masa lalu dan nilai-nilai pribadi Anda.

Dalam banyak kasus, intuisi layak dipertimbangkan karena mencerminkan pengalaman Anda secara keseluruhan dalam kehidupan profesional Anda. Misalnya, jika Anda mengalami masalah yang sangat mirip dengan masalah Anda saat ini, gunakan apa yang Anda pelajari untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam situasi saat ini.

Proses yang beralasan

Penalaran adalah kemampuan untuk menggunakan fakta yang disajikan untuk membuat keputusan. Menggunakan penalaran meniadakan intuisi Anda dan mengurangi penekanan pada hubungan Anda dengan keputusan atau situasi serupa.

Penalaran seringkali merupakan metode yang disukai karena lebih terfokus pada fakta daripada perasaan. Beberapa situasi membutuhkan keseimbangan antara keduanya untuk mendapatkan solusi.

Baca juga: 7 Contoh Keterampilan Teamwork yang Penting dalam Bisnis

Apa itu Analisis Masalah?

Analisis masalah adalah penyelidikan menyeluruh tentang penyebab insiden tertentu. Analisis ini mengidentifikasi di mana perbaikan dapat dilakukan dalam sistem, proses, prosedur, dan lainnya untuk mencegah insiden serupa terjadi di masa mendatang. Pertimbangkan dua jenis analisis masalah:

Analisis sebab dan akibat

Analisis sebab akibat atau diagram tulang ikan berbentuk kerangka ikan dengan perincian terkait yang bercabang dari masalah utama. Ini melibatkan dua langkah utama: melihat ke depan dan melihat ke belakang. Saat melihat ke belakang, fokusnya terletak pada mengidentifikasi di mana potensi kesalahan dibuat atau uang hilang.

Diagram menganalisis masalah masa lalu dan mencegahnya terjadi di masa depan. Melihat ke depan melibatkan menemukan solusi yang dapat ditindaklanjuti sebelum masalah terjadi. Analisis situasi saat ini, temukan area masalah potensial dan atasi jika perlu.

Analisis akar penyebab

Analisis ini menggambarkan berbagai pendekatan dan alat untuk pemecahan masalah. Analisis ini lebih berfokus pada menemukan akar penyebab masalah dan mengatasinya secara langsung. Pendekatan untuk analisis akar penyebab termasuk peristiwa dan analisis faktor kasual, analisis perubahan, analisis penghalang, pengawasan manajemen dan analisis pohon risiko dan model Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Kepner-Tregoe.

Analisis Masalah dan Pengambilan Keputusan

Analisis masalah dan pengambilan keputusan adalah dua konsep yang terpisah, tetapi keduanya bekerja bersama. Secara tradisional, analisis masalah terjadi terlebih dahulu. Ini melibatkan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang situasi dan mengumpulkan informasi yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan akhir.

Beberapa ciri analisis masalah antara lain:

  • Masalah adalah penyimpangan kecil dari standar yang diharapkan.
  • Masalah harus secara eksplisit dirinci dan dijelaskan.
  • Deduksi penyebab masalah dari perubahan yang relevan.

Ciri-ciri pengambilan keputusan antara lain:

  • Tujuan harus ditetapkan terlebih dahulu.
  • Tujuan harus ditempatkan dalam urutan prioritas.
  • Alternatif harus dikembangkan.
  • Alternatif harus mencapai semua tujuan.

Baca juga: Tips Untuk Sukses Melakukan Direct Sales atau Penjualan Langsung

Metode Pengambilan Keputusan

Saat membuat keputusan, penting untuk memahami bagaimana keputusan dibuat dan faktor-faktor yang terlibat dalam menentukan metode terbaik. Ada empat metode utama untuk dipilih:

Memerintah

Metode perintah melibatkan pengambilan keputusan tanpa bantuan atau penyertaan orang lain. Ini adalah komponen utama dari kepemimpinan otoritatif karena sering memberikan solusi tercepat dengan sedikit atau tanpa masukan.

Situasi darurat yang membutuhkan tindakan cepat adalah di mana metode perintah bekerja paling baik. Mereka yang membuat keputusan ini sering berada dalam peran manajerial atau kepemimpinan lainnya. Keputusan ini datang dengan tingkat risiko yang tinggi dibandingkan dengan alternatif lain.

Berkonsultasi

Metode konsultasi melibatkan memperoleh wawasan dari orang lain tetapi hanya memungkinkan satu individu untuk membuat keputusan akhir. Opsi ini seringkali membutuhkan waktu lebih lama daripada metode perintah karena melibatkan masukan dari orang lain.

Metode konsultasi tidak ideal untuk situasi darurat tetapi memberikan kesempatan bagi lebih banyak orang untuk memberikan pendapat mereka. Ini juga menawarkan solusi yang datang dengan sedikit atau tanpa risiko. Selain itu, metode ini memastikan bahwa orang lain merasa dilibatkan dan menjamin bahwa mereka didengar dalam proses pengambilan keputusan.

Voting

Metode pemungutan suara atau voting terjadi ketika semua opsi didiskusikan secara terbuka dalam pengaturan kelompok, sehingga pembicara meminta pemungutan suara. Semua itu melibatkan baik memilih atau menentang keputusan dalam proses yang demokratis dan adil.

Pemungutan suara adalah yang terbaik dalam pengaturan kelompok di mana semua pendapat harus didengar atau ketika setiap anggota mewakili tubuh karyawan yang lebih besar. Voting juga merupakan solusi yang terbatas, menciptakan proses pengambilan keputusan yang cepat dan efektif.

Konsensus

Metode konsensus adalah diskusi kelompok di mana semua pihak mempresentasikan semua alternatif dan sudut pandang sampai mencapai kesepakatan. Ini adalah metode yang memakan waktu karena membutuhkan banyak orang dengan ide dan motivasi yang berbeda untuk mencapai kesepakatan. Ini sering menghasilkan periode waktu diskusi yang panjang yang membentang di beberapa pertemuan.

Selain itu, begitu mereka mencapai keputusan, peluang risiko secara signifikan lebih rendah daripada semua metode lainnya. Buat pernyataan menyeluruh yang menjamin semua orang mengerti bahwa keputusan itu final.

Baca juga: Human Capital Management: Pengertian, Tanggung Jawab, dan Manfaatnya

Bagaimana Membuat Keputusan?

Langkah-langkah berikut menguraikan proses pengambilan keputusan:

1. Identifikasi keputusan

Setelah Anda menyadari bahwa keputusan harus dibuat, tentukan sifat dan kondisinya. Temukan juga variabel yang berhubungan dengan masalah untuk dipertimbangkan. Sangat penting untuk memahami apakah suatu keputusan layak dibuat.

Tidak semua situasi memerlukan keputusan yang sulit, terutama ketika daerah lain memiliki kebutuhan yang lebih besar untuk sumber daya yang sama.

2. Kumpulkan informasi

Kumpulkan semua informasi yang Anda bisa mengenai situasi dan keputusannya. Tentukan informasi apa yang dibutuhkan dan sumber terbaik untuk itu. Selain itu, pertimbangkan untuk mencari informasi baik secara internal maupun eksternal untuk setiap situasi.

Misalnya, Anda mungkin mengumpulkan beberapa informasi secara internal melalui proses penilaian diri hanya dengan melihat apa yang ada di depan Anda. Temukan informasi lain secara online, dalam buku atau dari sumber lain.

3. Identifikasi alternatif potensial

Sepanjang proses pengumpulan informasi Anda, alternatif lain mungkin muncul. Identifikasi jalur terpisah ini dan tentukan apakah ada yang datang dengan manfaat tambahan. Ini juga layak untuk datang dengan alternatif Anda sendiri berdasarkan informasi yang diberikan. Kumpulkan semua alternatif potensial dalam daftar untuk pertimbangan lebih lanjut.

4. Analisis semua bukti

Dengan menggunakan semua informasi Anda dan kombinasi intuisi dan penalaran Anda, tentukan kemungkinan hasil dari setiap alternatif. Lihat kembali kebutuhan yang disajikan pada langkah pertama dan evaluasi alternatif mana yang Anda pilih yang memberikan solusi terbaik.

Persempit daftar Anda dan atur dalam urutan prioritas, dimulai dengan yang paling efektif dan diakhiri dengan yang paling tidak efektif.

5. Pilih opsi

Dengan semua bukti dikumpulkan dan semua alternatif diukur, pilih opsi terbaik. Pertimbangkan bahwa beberapa alternatif yang digunakan bersama-sama dapat memberikan solusi terbaik. Apakah Anda memilih satu alternatif atau campuran dari dua atau lebih tergantung pada situasi dan kebutuhan unik Anda. Identifikasi setiap kemungkinan hasil dan hasil yang ditimbulkannya, positif atau negatif.

6. Ambil tindakan

Dengan pilihan terbaik Anda, ambil tindakan yang tepat. Mulailah menerapkan keputusan Anda dan terapkan semua sumber daya yang diperlukan seperti karyawan, teknologi, atau uang. Perhatikan bagaimana kinerja solusi baru Anda dan buat penyesuaian kapan dan di mana diperlukan.

Baca juga: Manajemen Penjualan: Pengertian, Proses, Tujuan, Fungsi, Siklus dan Manfaatnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap dalam metodologi pengambilan keputusan. Jika Anda adalah pemilik, pengambilan keputusan penting harus berdasarkan data yang faktual dan teruji, misalnya data keuangan.

Data keuangan adalah hal penting dalam bisnis apapun. Oleh sebab itu, Anda harus bisa melakukan pencatatan data keuangan bisnis yang minim kesalahan agar setiap keputusan yang Anda ambil bisa bermanfaat dalam pengembangan bisnis Anda. Untuk mempermudah Anda dalam mengelola dan membuat data keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah terpercayalebih dari 20 tahun dan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis di Indonesia. Tidak percaya? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 3o hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Accurate-

 

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.