Mind Mapping Adalah: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Pengertian umum dari mind mapping adalah suatu metode yang biasa digunakan pada pembelajaran materi di dalam lingkungan sekolah maupun kampus. Tapi sebenarnya, selain bisa diaplikasikan pada dua institusi tersebut, mind mapping juga masih bisa diterapkan langsung di dalam dunia kerja.

Dilansir dari laman resmi Project Management Institute, mind mapping bisa diterapkan langsung untuk menjalankan interview, brainstorming, project management, meeting, pengambilan keputusan dan juga presentasi.

Lantas apa pengertian sebenarnya dari mind mapping itu sendiri, apa saja manfaat dan bagaimana cara efektif untuk membuatnya? Berikut ini kami berikan ulasan tentang mind mapping tersebut untuk Anda.

Mind Mapping Adalah

Dikutip langsung dari laman resmi business.com, mind mapping adalah suatu cara yang menginkorporasikan seluruh bagian otak, baik itu otak kanan maupun otak kiri, agar bisa menerima berbagai jenis ide baru yang lebih luas.

Segala bentuk visual yang disusun dalam mind map mampu membantu siapa saja dalam mengatur berbagai informasi baru yang diterima dan ditetapkan ke dalam tema besar yang ada di dalam pembahasan tersebut.

Setelah suatu tema besar sudah ditentukan, maka mind mapping mampu membantu penggunanya dalam memecahkan berbagai rincian dari tema dan memahami konsep di dalamnya secara menyeluruh.

Pada umumnya, konsep penyusunan mind mapping ini dilakukan oleh para siswa saat sedang belajar untuk menghadapi suatu ujian. Pihak guru juga akan menggunakan teknik ini dengan tujuan agar para muridnya mampu menerima materi yang dijelaskan secara lebih komprehensif.

Untuk itu, tujuan paling utama dari diterapkannya mind mapping adalah adalah agar siapapun individu yang menggunakan teknik ini mampu mendapatkan materi secara lengkap dan menyeluruh, tidak hanya berdasarkan hafalan saja.

Baca juga: Mengetahui Tipe Kepemimpinan dan Cara Mengembangkannya

Menurut Para Ahli, Mind Mapping Adalah

Beberapa ahli memiliki pandangannya tersendiri terkait mind mapping. Berikut ini adalah penjelasan mereka tentang mind mapping:

  • Tony Buzan

Tony Buzan menjelaskan bahwa mind mapping adalah suatu teknik yang digunakan dengan tujuan mengembangkan aktivitas berpikir pada tiap individu yang pada awalnya hanya mengarah pada satu arah, lalu dikembangkan menjadi berbagai arah, seta untuk menerima berbagai macam ide ke dalam beragam sudut pandang.

Mind mapping itu sendiri akan mengembangkan konsep berpikir yang bercabang dan lebih kreatif. Metode ini juga memiliki istilah peta map, yang didalamnya berisi seperangkat alat berpikir yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Khususnya dalam memahami sesuai, baik itu pelajaran ataupun pekerjaan.

  • Caroline Edward

Edward menerangkan bahwa mind mapping adalah suatu cara yang dinilai paling efisien dan juga efektif dalam hal memasukkan ataupun mengeluarkan berbagai macam informasi dari otak. Sistem ini merupakan suatu sistem alami yang dilakukan oleh sistem kerja manusia, sehingga kapasitas dan juga potensi dari otak bisa dimaksimalkan.

  • Melvin L. Silberman

Silberman berpendapat bahwa mind mapping adalah suatu cara berpikir para murid yang sangat kreatif dalam menghasilkan berbagai ide dalam suatu pelajaran yang saat itu sedang dipelajari, seperti mencatat pelajaran atau cara yang kreatif dalam merencanakan suatu penelitian terbaru.

Manfaat Mind Mapping

Walaupun secara sepintas terlihat seperti coret-coretan biasa, namun manfaat yang terdapat pada mind mapping sangatlah luar biasa. Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat dari mind mapping:

  • Membantu Proses Pembelajaran

Seperti yang sudah kita singgung sedikit sebelumnya, mind mapping mampu membantu setiap penggunanya dalam memahami suatu konsep maupun materi baru secara lebih menyeluruh.

Kenapa? Karena saat seseorang sedang membuat konsep mind mapping, maka orang tersebut seakan-akan dipaksa untuk mampu mengkoneksikan konsep baru dengan konsep yang sebelumnya sudah ada.

Setelah mind mapping itu selesai dibuat, maka akan lebih mudah lagi bagi seseorang untuk memahami dan juga menghubungkan antara suatu konsep dengan konsep lainnya.

Hal tersebut nantinya akan membantu proses pembelajaran secara lebih baik, tidak berat, dan juga tidak terasa membosankan.

  • Lebih Produktif

Dikutip langsung dari laman resmi Business Insider, salah satu manfaat paling utama dari penerapan mind mapping adalah penggunanya akan mampu menggambarkan berbagai metode yang tepat dan diperlukan dalam suatu proyek.

Ketika gambaran tersebut bisa divisualisasikan menjadi berbagai metode yang tepat, penggunanya akan mampu memperbaiki, apa saja yang harus ditempuh, dll.

Selain itu, mind mapping juga akan membantu penggunanya untuk menentukan berbagai tugas yang menjadi prioritas. Setelah tujuan dan tugas yang harus segera dikerjakan sudah diketahui, maka penggunanya bisa mengatur waktu sebaik mungkin dan menjadi lebih produktif.

  • Meningkatkan Kreativitas

Saat menyusun mind mapping, setiap penggunanya akan membuat peta bercabang dengan berdasarkan kategori yang tersedia.

Agar lebih terlihat lebih menarik, umumnya mind mapping akan dihiasi dengan gambar atau warna yang menarik. Proses tersebut akan merangsang cara kerja otak kanan manusia.

Oleh karena itu, fungsi lain dari mind mapping adalah meningkatnya daya kreativitas setiap penggunanya.

  • Meningkatkan Pemahaman

Saat berada pada suatu rapat atau brainstorming terkait suatu proyek, tidak jarang kita menemui berbagai permasalahan yang sangat kompleks.

Dikutip dari laman FOCUS, mind mapping adalah suatu cara yang mampu membantu setiap penggunanya dalam memahami konsep maupun permasalahan yang sangat kompleks.

Selain itu, cara ini juga mampu membantu penggunanya dalam memecahkan masalah yang kompleks tersebut. Sehingga, cara ini akan sangat bermanfaat ketika diterapkan ke dalam proses manajemen proyek, rapat, dll.

Jenis-jenis Mind Mapping

Mind mapping terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah:

  • Mind Map Silabus

Mind mapping silabus atau yang biasa disebut dengan mind mapping makro, adalah suatu jenis mind mapping yang mampu membantu dalam memvisualisasikan apa saja yang harus dipelajari. Umumnya, mind mapping ini disusun dengan ukuran yang besar dan ditempel di dinding.

  • Mind Map Bab

Mind mapping bab adalah suatu jenis mind mapping yang dibuat dengan berdasarkan berbagai rangkaian bab yang sudah dipelajari. Tapi, mind mapping ini harus meringkas berbagai poin penting atau intinya saja agar lebih mudah untuk diingat.

  • Mind Map Paragraf

Mind mapping paragraf adalah jenis mind mapping yang mampu memberikan informasi lengkap, kenapa? Karena selain mampu melihat berbagai ringkasan dari setiap bab yang ada, jenis mind mapping ini juga bisa memberikan informasi secara detail. Kelebihan utama dari menggunakan jenis mind mapping ini adalah bisa disusun dalam suatu buku teks kecil.

Cara Membuatnya Mind Mapping Adalah

Membuat mind mapping pada dasarnya sangat lah mudah, Anda bisa membuatnya secara manual dengan menggunakan lembaran kertas ataupun papan tulis, atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi yang saat ini sudah banyak disediakan.

Untuk Anda yang ingin membuat mind mapping secara manual, berikut kami berikan langkah-langkahnya untuk Anda.

  • Siapkan Media yang Ingin Digunakan

Untuk membuat mind map, Anda harus menyiapkan media seperti secarik kertas besar, papan tulis, dll. Lebih disarankan untuk menggunakan media yang memiliki bentuk landscape. Kenapa? Karena media landscape akan lebih memudahkan Anda dalam membuat mind map, khususnya jika mind map tersebut ingin dikembangkan lebih baik.

Bila Anda lebih memilih kertas untuk dijelaskan ke klien atau atasan Anda, buatlah drafnya terlebih dahulu pada media kertas lain.

  • Tentukan Tema Mind Map

Selanjutnya, Anda harus menentukan konsep ataupun tema besar yang akan menjadi inti utama dari mind map Anda. Pastikanlah untuk menempatkan tema besar ini ditengah-tengah kertas atau papan tulis Anda, tujuannya adalah untuk memudahkan penulisan cabang lain.

Bila media yang Anda gunakan berbentuk vertikal, Anda bisa menempatkan tema utama pada bagian atas, sehingga mind map nantinya akan menurun ke bawah.

  • Tentukanlah Sub-tema nya

Setelah Anda selesai menentukan tema utama, maka Anda juga harus menentukan tema turunan yang akan dihubungkan dengan suatu garis cabang.

Saat membuat caban tema ini, usahakan untuk tidak membuat garis yang lurus. Tujuannya adalah agar mind map Anda tidak terlalu kaku dan lebih memudahkan Anda dalam memahami konteks isinya.

Selain itu, tips lainnya adalah dengan menurunkan tema turunan dengan kata kunci yang saling berkaitan dengan tema. Selain akan lebih mudah untuk dipahami, nantinya mind map Anda akan menjadi lebih terstruktur dan juga lebih teratur.

  • Gunakanlah Warna yang Menarik

Penggunaan warna yang menarik adalah salah satu tips agar mind map Anda bisa digunakan semaksimal mungkin.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat mind map dengan tema utama marketing. Nah, sub-tema yang bisa Anda gunakan adalah digital marketing, content marketing, dll dengan menggunakan warna hijau dan merah.

Selanjutnya, sub tema lain dari masing-masing tema tersebut akan bisa disesuaikan dengan topik utamanya.

Saat Anda menggunakan warna pada sub-tema atau pada berbagai topik tertentu, maka nantinya otak Anda akan lebih mudah dalam mengasosiasikannya dengan topik tersebut.

Bila Anda tidak mempunyai pensil ataupun spidol warna, Anda masih bisa menggunakan stiker atau post-it untuk menandakan masing-masing temanya.

  • Tambahkanlah Gambar

Selain warna, gambar juga mampu membantu otak Anda dalam mengasosiasikan berbagai tema yang sudah Anda buat dengan mudah. Gambar simbol juga bisa Anda gunakan untuk memperoleh efek tersebut.

Selain itu, gambar juga bisa digunakan untuk mengganti kata-kata. Sehingga, mind map Anda akan terlihat lebih menarik.

Baca juga: Pengertian Struktur Organisasi, Fungsi, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhinya

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang mind mapping. Berdasarkan penjelasan di atas, maka bisa kita simpulkan bahwa mind mapping adalah suatu cara yang menginkorporasikan seluruh bagian otak, baik itu otak kanan maupun otak kiri, agar bisa menerima berbagai jenis ide baru yang lebih luas.

Penerapan mind mapping dalam dunia kerja akan mampu membantu setiap pegawai atau karyawan dalam menyelesaikan tugasnya lebih mudah dan lebih kreatif. Sehingga pihak manajemen perusahaan akan lebih mampu memaksimalkan sumber daya manusia yang ada.

Pada akhirnya, kegiatan tersebut akan menuntun perusahaan ke tujuan yang sudah ditentukan, serta mendatangkan profit yang lebih besar. Tapi, pihak manajemen perusahaan harus mampu menghitung laba dan rugi secara tepat untuk memastikan keuntungan perusahaan.

Untuk lebih memudahkan manajemen perusahaan dalam membuat laporan keuangan tersebut, maka perusahaan bisa menggunakan software akuntansi yang disediakan oleh Accurate Online.

Accurate online adalah aplikasi akuntansi yang memiliki tampilan sederhana sehingga akan memudahkan Anda dalam membuat berbagai laporan keuangan perusahaan, bahkan oleh Anda yang tidak memiliki latar belakang akuntansi sekalipun.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2 banner bawah