Lakukan Pengembangan Rencana Promosi yang Optimal dengan 7 Langkah ini
Pengembangan rencana promosi sangat dibutuhkan dalam bisnis. Hal ini terjadi jika Anda telah promosi namun selalu tidak optimal, untuk mendapatkan hasil penjualan yang optimal maka promosi harus direncanakan dengan maksimal.
Perencanaan Promosi adalah proses mengoptimalkan pemanfaatan alat pemasaran, strategi, sumber daya untuk mempromosikan produk dengan maksud untuk menghasilkan permintaan dan memenuhi tujuan yang ditetapkan.
Berdasarkan Investopedia, Rencana promosi pemasaran adalah strategi periklanan yang akan diterapkan bisnis untuk menjual produk atau layanannya.
Rencana pemasaran akan membantu menentukan siapa target pasarnya, cara terbaik untuk menjangkau mereka, pada titik harga berapa produk atau jasa harus dijual, dan bagaimana perusahaan akan mengukur upayanya.
Perencanaan promosi yang optimal memiliki beberapa langkah. Langkah-langkah perencanaan promosi agar menghasilkan keuntungan dari penjualan yang maksimal akan kami sajikan dalam artikel ini.
Daftar Isi
Langkah-langkah Membuat Rencana Promosi yang Optimal
1. Identifikasi Kebutuhan
Pertama-tama, manajemen pemasaran harus mengidentifikasi kebutuhan untuk promosi dan harus mempertimbangkan hal-hal berikut:
- Produk / Layanan apa yang akan dipromosikan?
- Siapa audiens target promosi?
- Berapa anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan promosi?
- Pesan apa yang ingin disampaikan kepada calon pembeli?
- Strategi pemasaran apa yang harus diadopsi?
- Alat analitis apa saja yang akan digunakan?
Identifikasi kebutuhan ini sangat penting karena Anda akan membuat rencana promosi produk dan layanan pada calon pelanggan yang tepat.
Ketika Anda telah mendapatkan pelanggan yang tepat maka rencana promosi produk Anda akan optimal, baik segi biaya, waktu dan tenaga.
Baca juga : Bagaimana Cara Membuat Marketing Plan? Berikut Contohnya
2. Tentukan Tujuan Promosi yang Terperinci
Tujuan promosi yang lebih rinci akan mudah untuk dilakukan. Tujuan akhir dari rencana promosi ini adalah yang menjadi tujuan dari semua upaya promosi yang dilakukan dan menentukan berhasil atau tidaknya proses promosi Anda.
Setelah target audiens diidentifikasi, manajemen marketing harus menetapkan dari tujuan rencana promosi.
Tujuannya dapat mendorong non-pengguna untuk menggunakan produk, meningkatkan penggunaan pelanggan yang sudah ada, atau masuk ke segmen pasar baru dengan lini produk yang dimodifikasi.
Selanjutnya dapat meningkatkan penjualan di secara masif atau mengurangi efek skema promosi pesaing.
3. Desain untuk Berbagai Promosi
Setelah sasaran calon pelanggan ditetapkan. Selanjutnya dari calon pelanggan tersebut Anda dapat menentukan atau memilih alat promosi yang sesuai (iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dll.).
Manajemen marketing harus hati-hati dalam menganalisis semua biaya dan efek yang terkait dari setiap elemen pemasaran sebelum membuat pilihan akhir.
Tujuan dan target pasar harus diingat saat merancang berbagai promosi. Misalnya, alat promosi untuk pembeli yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi,
Berada di perkotaan dan perkantoran akan berbeda dibandingkan dengan para audiens yang berada di daerah pedesaan dengan konsumen rumah tangga.
Baca juga : Mempelajari Konsep Promosi secara Mendalam untuk Pengembangan Bisnis
4. Buat Program Promosi Penjualan
Ini adalah langkah paling penting dari perencanaan promosi yang mengharuskan manajemen untuk memutuskan durasi waktu promosi, yaitu untuk berapa lama alat promosi akan digunakan.
Sementara memutuskan rencana promosi penjualan, buatlah anggaran pemasaran keseluruhan bersama dengan aturan kelayakan dan ukuran insentif harus dipertimbangkan.
Untuk memudahkan Anda dalam melakukan penganggaran dan memantau seluruh arus anggaran Anda secara optimal, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis Accurate Online yang memiliki fitur lengkap.
Jika Anda tertarik menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari dengan klik banner dibawah artikel ini.
5. Pre-Testing (Pra-Pengujian)
Setelah rencana promosi penjualan disiapkan. Langkah selanjutnya uji coba promosi di beberapa segmen pasar yang terpilih untuk mengidentifikasi potensi atau masalah serius sebelum diluncurkan secara penuh.
Di sini manajemen pemasaran meneliti efektivitas biaya rencana promosi, masalah yang terjadi saat uji coba, tingkat respons pelanggan, dll.
Baca juga : Tips dan Keuntungan Pemasaran Online untuk Bisnis yang lebih Optimal
6. Implementasi
Setelah rencana promosi diuji di beberapa area terpilih. Promosi siap diluncurkan di pasar yang sebenarnya. Di sini manajemen pemasaran harus mengurus dua faktor waktu penting, yaitu Lead Time dan Sell-in Time.
Waktu tunggu (Lead Time) dalah tenggang waktu yang diperlukan antara saat pemesanan bahan baku dan datangnya bahan baku itu sendiri, Waktu tunggu ini dapat konstan dan dapat juga bersifat probabilistic.
Sedangkan waktu jual (Sell-in Time) adalah waktu mulai dari tanggal rilis sampai waktu 90-95% dari insentif diterima oleh pelanggan potensial.
7. Pemantauan dan Evaluasi
Setelah implementasi, kinerja rencana promosi diperiksa terhadap standar dan tujuan yang ditetapkan serta sesuai dengan tindakan korektif yang diambil. Gunakan metode kuantitatif agar hasil pengukurannya menjadi aktual.
Selama evaluasi, manajemen pemasaran harus menjaga semua faktor yang berada di luar kendali seperti resesi ekonomi, permintaan musiman, bencana alam, dan lainnya yang mungkin mempengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan pembelian.
Baca juga : Pengertian Marketing, Jenis, Proses, Tujuan dan Contohnya
Kesimpulan
Dengan mengikuti langkah-langkah perencanaan yang tepat, Anda dapat mengarahkan upaya promosi Anda dengan lebih baik, meningkatkan kesadaran merek, dan mencapai target pasar yang diinginkan.
Selalu ingat untuk memahami audiens Anda, merancang pesan yang relevan, memilih saluran promosi yang sesuai, mengukur hasil, dan fleksibel dalam menyesuaikan strategi Anda.
Dengan pendekatan yang matang dan berkelanjutan, Anda dapat memaksimalkan efektivitas kampanye promosi Anda dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.
Semoga langkah-langkah perencanaan promosi yang telah dibahas dalam artikel ini memberikan panduan yang berguna dalam menjalankan promosi bisnis Anda.
Terus berinovasi dan selalu mencari cara untuk meningkatkan strategi promosi Anda sesuai dengan perkembangan pasar dan tren yang ada. Kesuksesan bisnis Anda selalu menjadi prioritas.
Perhatikan juga keuangan pada usaha Anda dengan melakukan pencatatan pembukuan yang baik. Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk kemudahan proses pembukuan dan meminimalisir kesalahan pencatatan.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari ratusan ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis.
Tertarik menggunakannya? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :