Mempelajari Konsep Promosi secara Mendalam untuk Pengembangan Bisnis

Menjadi pebisnis adalah salah satu profesi yang mulai dilirik. Pasalnya, banyak orang yang tak ingin terpaku pada pemasukan gaji semata. Terlebih, persaingan dunia kerja semakin ketat. Namun, untuk memulai bisnis, salah satu poin yang paling penting adalah teknik marketing atau konsep promosi.

Bagaimana cara memasarkan produk merupakan hal yang mesti dipelajari secara mendalam. Dengan teknik pemasaran yang sesuai, maka sasaran pasar pun akan terjaring dengan lebih maksimal.

Konsep promosi secara detail

Pada hakikatnya konsep adalah sebuah gagasan atau ide yang dituangkan dalam bentuk kata atau simbol yang juga merupakan sebuah ilmu pengetahuan. Sedangkan promosi adalah sebuah usaha untuk menawarkan sebuah produk atau pun jasa dengan tujuan menarik pembeli atau konsumen untuk mengonsumsi barang atau jasa yang ditawarkan.

Jadi dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa konsep promosi adalah sebuah gagasan atau ide sebagai bentuk usaha untuk menawarkan produk atau jasa yang betujuan untuk menarik konsumen agar mau membeli atau mengonsumsi barang atau jasa yang ditawarkan. Konsep promosi dapat diartikan juga sebuah strategi promosi.

Baca juga : Manajemen Konflik, Tipe, Strategi, dan Fungsinya dalam Bisnis

Strategi Promosi Agar Tepat Sasaran

Dalam sebuah perang Anda harus menyusun strategi yang ampuh agar lawan kalah dan tidak dapat berkutik lagi. Begitu juga dalam dunia bisnis, strategi atau konsep promosi harus disusun sedemikian rupa. Strategi yang digunakan haruslah sehat dan bersih serta tidak merugikan lawan bisnis Anda. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar strategi promosi Anda dapat tepat sasaran.

Inovasikan Produk Anda

Agar produk bisnis Anda dapat menarik perhatian konsumen, hal yang mesti dilakukan adalah mengembangkan bisnis dengan lebih baik dan yang perlu Anda tahu, bukanlah masalah besar saat produk yang Anda jual sama dengan pebisnis lain. Yang menjadi masalah adalah bagaimana cara Anda supaya produk memiliki ciri khas dan perbedaan dengan produk lawan bisnis.

Sebuah inovasi tidak harus sebuah penemuan baru melainkan dapat juga berupa kombinasi baru untuk menciptakan produk yang unik dan beda.

Gunakan Semua Platform

Anda juga dapat menggunakan semua platform media sosial sebagai ajang promosi produk. Promosi yang dilakukan harus dilakukan secara konsisten agar konsumen ingat terus dan tidak lupa dengan produk Anda. Dengan muncul terus di media sosial, besar kemungkinan produk Anda akan menjadi pembicaraan banyak orang.

Di media sosial pun, promosi harus dilakukan dengan tepat sasaran. Anda harus menargetkan pasar atau tujuan produk kita itu untuk siapa. Misalnya, Anda akan berjualan produk kosmetik, maka promosi ditujukan kepada seorang wanita berbagai usia. Bisa dari kalangan remaja atau pun wanita dewasa.

Selain itu, di media sosial Anda harus membuat promosi dengan semenarik mungkin agar produk yang dijual terlihat cantik. Sehingga, orang akan merasa tertarik untuk membeli. Misal, dari segi penataan foto atau gambar.

Penataan foto produk harus dibuat serapi mungkin dan tentunya juga dengan hasil foto yang tidak asal-asalan. Anda harus membuat orang lebih fokus pada produk saja.

Baca juga : Accurate Online untuk Kemudahan Pembukuan Bisnis Properti Anda

Pelajari Copywriting

Bahasa yang digunakan untuk mempromosikan produk. Sebaiknya Anda menggunakan kalimat se-simpel mungkin agar orang yang membaca tidak mengartikan ambigu. Dengan begitu, konsumen lebih mengerti kegunaan produk yang dijual. Bahasa yang digunakan harus sesuai dengan target promosi. Jangan sampai bahasa yang disampaikan salah sasaran.

Anda juga bisa menggunakan teknik contemt marketing, untuk lebih lengkapnya Anda bisa membacanya melalui link ini.

Lakukan Promo

Jika bisnis sudah berjalan dan mempunyai beberapa pelanggan tetap, Anda bisa melakukan promo produk. Misalkan, jika membeli 2 produk akan mendapatkan 1 hadiah menarik. Anda juga bisa menerapkan potongan harga setiap pembelian sekian Anda sebagai pebisnis juga harus loyal terhadap konsumen. Jangan sampai konsumen tidak loyal karena Anda dinilai sebagai produsen yang tidak memahaminya.

Anda sesekali juga bisa mengadakan give away. Saat ini, give away menjadi tren di media sosial. Anda bisa mengadakan kuis atau lomba yang berhubungan dengan produk yang dijual. Pemenang nantinya akan mendapatkan produk secara gratis atau bisa juga hadiahnya sebuah uang tunai.

Jangan Lupakan Endorsement

Jika bisnis Anda sudah besar dan mempunyai modal banyak, silakan mulai melakukan endorse. Sistem marketing ini sudah mewabah dimana-mana. Endorse merupakan sebuah tindakan promosi produk dengan sistem memberikan produk pada orang yang berpengaruh. Selain itu, Anda juga bisa memberikan produk pada public figure yang banyak dikenal orang. Nantinya, mereka akan menggunakan dan mempromosikan produk tersebut.

Dengan begitu, follower orang tersebut cenderung akan mengikuti produk yang digunakan oleh role model-nya. Tetapi, hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana  memilih orang yang tepat. Sehingga, biaya yang Anda keluarkan tidak sia-sia. Sebaiknya, pilih artis atau influencer yang disukai banyak kalangan.

Untuk mengetahui pentingnya endorsement dalam bisnis yang Anda bangun bisa membacanya melalui artikel ini.

Strategi Agar Konsumen Menjadi Pembeli Setia

Nah, selain itu, konsep promosi dapat dilakukan dengan cara memerhatikan konsumen agar tetap menjaga loyalitasnya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan jika ingin konsumen tetap setia. Beberapa diantaranya:

Ramah terhadap pelanggan

Ada istilah pembeli adalah raja, mungkin itu adalah sebuah ungkapan yang benar. Anda harus memberikan pelayanan yang terbaik dan memikirkan kepuasan konsumen. Menghadapi konsumen yang cerewet sekalipun, Anda harus tetap mengedepankan kesabaran.

Usahakan mimik wajah kita dibuat seramah mungkin sehingga bisa menyenangkan konsumen. Tanpa konsumen, produk yang dijual tidak akan memiliki nilai guna. Anda juga harus mempertimbangkan minat dan keinginan konsumen.

Baca juga : Pembukuan Bisnis Konveksi Lebih Mudah dengan Accurate Online

Lakukan pendekatan dengan konsumen

Anda bisa menyimpan kontak atau nomor pelanggan. Dengan demikian, pelanggan atau konsumen akan merasa dekat dengan Anda. Konsumen pun tidak akan sungkan untuk melakukan komunikasi.

Sehingga, ia akan selalu ingat dengan produk yang Anda jual. Hasil akhirnya, konsumen akan terus berlangganan.

Menawarkan sebuah program

Anda bisa menawarkan program menarik supaya pelanggan tetap setia dengan produk yang dijual. Misal, dengan membuatkan kartu member bagi konsumen yang sering membeli produk. Kartu member nantinya akan berguna untuk mendapatkan potongan harga atau mendapatkan hadiah menarik pada akhir tahun.

Minta konsumen melakukan testimoni

Testimoni merupakan sebuah pernyataan dari orang yang pernah memakai produk yang dijual. Tujuannya agar orang lain percaya akan barang yang Anda jual. Selain itu, dengan adanya testimoni konsumen akan merasa bangga karena mereka merasa diperhatika

Harga yang bersaing

Setiap konsumen pasti akan membeli produk dengan harga yang miring. Sebagai produsen, jangan mengambil untung terlalu besar. Meskipun keuntungan yang Anda dapatkan sedikit. Yang paling penting konsumen tetap setia dan terus membeli produk Anda.

Kesimpulan

Sudah terpikirkan bagaimana Anda akan melakukan konsep promosi? Konsep tidak melulu harus dengan kata-kata tapi lebih ke tindakan yang tepat. Ingat apa yang harus dilakukan ketika promosi serta hal apa saja yang harus dilakukan agar konsumen tetap setia.

Bagi Anda seorang pebisnis, hal yang tak kalah penting yang harus dilakukan selain proses penjualan adalah pembukuan. Pembukuan yang baik akan menghasilkan bisnis yang memiliki arus keuangan yang terpantau secara detail dan akan membuat perencanaan bisnis menjadi lebih terarah.

Baca juga : Langkah Awal Menggunakan Accurate Online untuk Pembukuan Bisnis

Jika Anda kesulitan dengan proses pembukuan manual yang memakan waktu, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap atau paling tidak sesaui dengan bisnis Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Memiliki fitur terlengkap, harga terjangkau, dan sesuai standar akuntansi yang berlaku Indonesia. Jika Anda tertarik menggunakan Accurate Online, Anda dapat mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui link ini.