Apa itu Sales Training? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

oleh | Jan 27, 2023

source envato.

Apa itu Sales Training? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Dewasa ini, persaingan dalam dunia bisnis sudah semakin ketat. Untuk itu, setiap perusahaan harus mempertahankan kualitas dan standarisasi yang tinggi, salah satunya adalah melalui program sales training.

Berdasarkan laman Super Scaling, setiap perusahaan sudah pasti mempunyai harapan pada sales dan bisnis yang berlangsung agar bisa memperoleh kesuksesan. Untuk itu, sebagai bagian penting di dalam bisnis perusahaan, seorang sales harus menjalankan program pelatihan agar bisa meningkatkan kemampuannya.

Lantas, apa itu sales training? Apa saja manfaatnya? Simak penjelasan tentang sales training di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Sales Training?

Pada dasarnya, sales training adalah suatu program, apapun bentuknya, yang didesain untuk meningkatkan kemampuan seorang sales dalam menghasilkan pendapatan atau revenue, seperti yang telah dijelaskan dalam laman Better Up.

Umumnya suatu program pelatihan sales mempunyai fokus utama dalam pengembangan keterampilan yang lebih bersifat khusus atau spesifik.

Tapi seiring berkembangnya tren serta strategi marketing, banyak sekali program sales training yang lebih fokus pada peningkatan produksi dan mempertahankan revenue perusahaan.

Sederhananya, sales training adalah suatu program yang dibuat untuk meningkatkan skill penjualan dasar dan skill profesional lainnya yang dibutuhkan agar bisa memaksimalkan keberhasilan penjualan perusahaan. Program ini juga dibuat agar bisa selalu mengingat ketersediaan pekerjaan dalam bidang sales dan juga marketing.

Halaman resmi Better Up  juga turut menjelaskan bahwa apapun jenis industrinya, skill dan keterampilan dalam penjualan merupakan salah satu skill yang sangat berharga dalam dunia kerja.

Baca juga: Sales Adalah: Istilah, Pekerjaan, dan Fungsi Sales dalam Perusahaan

Manfaat Program Sales Training

Tujuan utama dalam membuat program sales training adalah untuk meningkatkan penjualan secara efektif. Selain itu, program ini juga memiliki manfaat lain, yaitu:

1. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Setiap sales akan sangat memerlukan skill komunikasi yang efektif. Nah, program sales training ini akan memberikan pelatihan tentang bagaimana meningkatkan kemampuan komunikasi Anda sebagai seorang sales.

Komunikasi menjadi kemampuan utama dalam memahami apa yang diinginkan pelanggan. Selain itu, melakukan obrolan secara tepat pun menjadi sangat penting bagi seorang sales.

Lebih dari itu, dengan adanya program ini, setiap sales bisa belajar menciptakan komunikasi secara efektif walaupun calon pelanggan mempunyai latar belakang dan personalitas yang berbeda-beda.

2. Metodologi Penjualan

Mempelajari metode penjualan yang telah sukses diterapkan adalah hal yang sangat krusial bagi sales. Memahami metode tentang penjualan secara baik akan mempermudah setiap sales dalam membuat kerangka dan juga melakukan presentasi pada pelanggan.

3. Menghadapi Objektivitas

Objektivitas merupakan hal yang normal dalam bidang sales dan marketing, namun seorang sales harus mengetahui tentang bagaimana cara dalam menghadapinya.

Dengan adanya program sales training, maka setiap sales akan diberikan pemahaman tentang cara menghadapi objektivitas dan teknik, serta metode yang tepat dalam mengatasinya.

4. Meningkatkan Kemampuan Administratif

Program ini juga akan mampu meningkatkan kemampuan administratif dari seorang sales. Karena urusan terkait administratif sangat penting, maka akan menjadi sangat menguntungkan bila seorang sales memahaminya dengan baik.

Baca juga: Perbedaan Sales dan Marketing dan Hubungannya dalam Pengembangan Bisnis

Komponen Program Pelatihan Sales yang Tepat

Bila Anda sebagai pebisnis ingin menerapkan program sales training yang tepat, maka ada beberapa komponen yang harus Anda perhatikan, yaitu:

1. Kemampuan Esensial 

Kemampuan dasar dalam melakukan penjualan atau selling harus terus diperbarui oleh setiap sales, tidak peduli berapa lama sales tersebut telah bekerja dalam bidang sales dan marketing.

Program sales training yang baik akan membuat setiap sales mampu meningkatkan essential skill mereka. Nah, beberapa skill yang harus terus diperbarui melalui program ini adalah sebagai berikut:

  • Menemukan prospek pelanggan yang tepat
  • Mencatat cold email dan membuat cold call
  • Menyediakan demonstrasi penjualan
  • Membuat proposal dan deal
  • Serta melakukan Onboarding Klien.

2. Customer Experience 

Program pelatihan ini juga harus selalu menyertakan modul yang mampu membantu setiap sales dalam memahami betapa pentingnya customer experience. Jadi, seorang sales harus bisa memperoleh empati dan juga loyalitas pelanggan.

Kegiatan penjualan yang berhasil adalah ketika pelanggan memperoleh pelayanan yang terbaik dari setiap tahapan sales cycle. Selain itu, customer journey pun menjadi hal lain yang harus bisa diperhatikan.

3. Memahami Produk dan Pasar

Suatu program pelatihan untuk sales yang baik harus selalu menyertakan informasi tentang suatu produk. Dengan memahami apa yang membuat suatu produk unik, maka seorang sales bisa terbantu dalam membuat strategi penjualan yang efektif.

Saat mereka memahami apa yang sangat istimewa dan berbeda dari produknya, maka mereka akan lebih mudah menjelaskannya pada pelanggan baru.

4. Proses Penjualan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak selamanya penjualan hanya fokus pada produk yang habis dan mampu mencapai target. Penjualan juga harus memastikan setiap proses di dalamnya bisa berjalan dengan lancar.

Nah, program sales training yang baik harus selalu menyertakan pengetahuan ini agar setiap peserta bisa belajar tentang proses penjualan secara lebih individual.

5. Team Building

Salah satu hal penting dari setiap pelatihan, apapun bentuknya, adalah team building. Hal seperti ini umumnya dipenuhi dengan melakukan suatu games, group exercise, ataupun outing yang mana kegiatan tersebut mampu membangun kerjasama serta kekompakan tim.

6. Assessment atau Penilaian

Program sales training yang baik juga harus mempunyai assessment atau evaluasi program. Hal tersebut harus dilakukan secara bertahap agar bisa melihat keberhasilan dari program pelatihan.

Baca juga: Sales Management: Pengertian dan Aspek Penting di Dalamnya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang program pelatihan untuk para sales. Pelatihan seperti ini memiliki peran yang sangat penting, khususnya untuk mereka yang baru memasuki bidang sales.

Namun untuk menjalankan program tersebut, tentu Anda harus menyiapkan anggaran dan mencatatnya secara  tepat di dalam laporan keuangan. Nah, untuk membantu Anda dalam mempersiapkan hal tersebut, akan #lebihbaik jika Anda menggunakan software POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Karena selain mampu membantu Anda dalam mempercepat proses transaksi di konter kasir, aplikasi ini juga mampu mencatat setiap kegiatan finansial bisnis secara tepat dan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara instan.

Lebih dari itu, aplikasi ini juga mampu membantu Anda dalam mengelola persediaan barang di gudang, mengelola karyawan dan pelanggan Anda, dan masih banyak lagi.

Ayo coba dan buktikan sendiri kelebihan dari Accurate POS dengan mencobanya selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

aplikasikasirbanner
sidebarPromo
Ibnu
Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia

Artikel Terkait