Brand Identity: Pengertian, Manfaat Dan Tips Dalam Membangunnya

oleh | Des 1, 2020

source envato.

Brand Identity: Pengertian, Manfaat Dan Tips Dalam Membangunnya

Semua komponen yang terkait dengan produk, layanan, perusahaan, atau orang adalah “brand identity” atau “identitas merek”. Beberapa item ini adalah nama, logo, nada, tagline, jenis huruf, dan bentuk yang membuat daya tarik. Identitas merek adalah kategori yang terpisah dari citra merek.

Identitas merek harus menjadi pesan yang konsisten diterima oleh audiensnya. Jika sebagian dari identitas merupakan warna tertentu, konsistensi warna sangat penting dalam menjaga identitas produk. Identitas harus sesuai dengan gambar yang diproyeksikan ke publik.

Ingin mengetahui brand identity secara mendalam? Baca terus artikel ini untuk menciptakan identitas merek yang optimal untuk pengembanga bisnis Anda.

Pengertian Brand Identity

Apakah itu logo Anda? Palet warna Anda? Gaya infografis Anda? Itu semua — dan banyak lagi.

Branding pro Marty Neumeier mendefinisikan identitas merek sebagai “ekspresi luar merek, termasuk merek dagang, nama, komunikasi, dan tampilan visualnya”. Bagi kami, identitas merek adalah jumlah total dari bagaimana merek Anda terlihat, terasa, dan berbicara kepada orang-orang. (Kadang-kadang bahkan termasuk bagaimana bunyinya, rasa, rasa, dan bahkan baunya.)

Pada akhirnya, identitas merek adalah cara untuk berkomunikasi dengan dunia, membedakan diri Anda dari pesaing, dan menciptakan pengalaman merek yang mendorong orang untuk terlibat dengan Anda.

Beberapa merek mengangkat identitas merek menjadi seni (seperti Apple, LEGO, atau Levi”s). Beberapa merek berhasil masuk ke arena bermain (pikirkan Warby Parker atau Casper). Sayangnya, beberapa merek kesulitan karena mereka tidak tahu siapa mereka atau tidak tahu cara mengomunikasikannya secara efektif.

Terlepas dari di mana Anda berada pada spektrum itu, satu hal yang pasti. Jika Anda ingin menjadi perusahaan yang kompetitif dan sukses, membuat identitas merek yang kuat adalah wajib. Ketika Anda berhasil mengomunikasikan siapa Anda, Anda dapat berkomunikasi dengan lebih baik dengan orang-orang dan membentuk hubungan kuat yang Anda butuhkan untuk kesuksesan jangka panjang.

Baca juga: Segala Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Manajemen Usaha

Apa yang Termasuk Brand Identity?

Logo dan palet warna saja tidak membuat identitas merek. Saat mendesain identitas Anda, Anda perlu membuat bahasa visual yang komprehensif yang dapat diterapkan ke segala hal mulai dari situs web hingga kemasan Anda. Bergantung pada merek Anda (dan jenis konten yang ingin Anda buat), kebutuhan Anda mungkin lebih luas, tetapi identitas merek dasar meliputi:

  • Logo
  • Warna
  • Tipografi
  • Sistem Desain
  • Fotografi
  • Ilustrasi
  • Ikonografi
  • Visualisasi data
  • Elemen interaktif
  • Video dan gerak
  • Desain web

Ingat: Identitas merek Anda harus diterjemahkan ke berbagai media, jadi sertakan semua yang Anda butuhkan untuk memastikannya

Kunci Brand Identity yang Kuat

Meskipun demikian, hanya karena Anda mendesain elemen tersebut, bukan berarti elemen tersebut efektif. Identitas merek yang kuat perlu bekerja untuk semua orang, baik tim internal Anda (misalnya, duta merek, pembuat konten) dan orang-orang yang akan berinteraksi dengannya (misalnya, pelanggan). Saat Anda memulai proses desain, pastikan identitas merek Anda adalah:

  • Berbeda: Ini menonjol di antara pesaing dan menarik perhatian orang.
  • Mudah diingat: Ini membuat dampak visual. (Pertimbangkan Apple: Logonya sangat mudah diingat sehingga hanya menyertakan logo — bukan nama mereka — pada produk mereka.)
  • Skalabel dan fleksibel: Dapat tumbuh dan berkembang bersama merek.
  • Kohesif: Setiap bagian melengkapi identitas merek.
  • Mudah diterapkan: Sangat intuitif dan jelas untuk digunakan oleh desainer.

Jika salah satu elemen ini hilang, tim merek Anda akan kesulitan untuk melakukan pekerjaannya dengan baik.

Baca juga: Blue Ocean Strategy: Pengertian, Cara Mengembangkan, Contoh, Kelebihan dan Kekurangannya

Mengapa Brand Identity itu Sangat Penting?

1. Kepribadian

Identitas merek adalah representasi visual dari nilai-nilai dan “kepribadian” merek Anda. Desain identitas pada dasarnya menentukan nada merek Anda, dan dapat digunakan untuk membangkitkan perasaan tertentu pada audiens Anda. Identitas merek Anda harus dirancang untuk mengomunikasikan pesan perusahaan Anda secara keseluruhan dan mempromosikan tujuan bisnis Anda.

2. Konsistensi

Mengembangkan identitas merek memungkinkan Anda membuat pesan yang konsisten di semua materi pemasaran. Setiap bagian harus memiliki gaya dasar dan elemen desain yang sama, menciptakan paket merek yang kohesif.

3. Diferensiasi

Identitas merek membantu Anda membedakan bisnis Anda dari pesaing dan memposisikan merek Anda dengan tepat. Mengembangkan desain identitas kreatif dan profesional dapat membantu Anda menonjol di hadapan pelanggan potensial di pasar Anda.

4. Kesadaran

Membuat identitas merek memastikan bahwa merek Anda berada di garis depan semua materi pemasaran Anda, yang membantu meningkatkan kesadaran merek. Semakin banyak tempat merek Anda ditampilkan, semakin banyak kontak yang akan dibuatnya dengan konsumen, dan akan semakin berkesan.

5. Loyalitas

Identitas merek yang efektif dapat membantu membangun loyalitas pelanggan dan kepercayaan pada merek, karena memungkinkan pelanggan untuk membuat hubungan antara produk dan perusahaan.

Baca juga: Apa Itu Ceruk Pasar? Berikut Adalah Pengertian dan Tips Mengoptimalkannya

brand identity 2

Tips Mengembangkan Brand Identity yang Efektif untuk Bisnis

1. Anda menjual merek Anda, bukan produk

Pemasaran yang berpusat pada produk mungkin merupakan kebiasaan di zaman sebelumnya, tetapi sekarang, di era digital yang sangat cepat ini, Anda punya waktu sekitar 20 detik untuk membuat kesan terbaik pada Anda. Dan itu bukan waktu lama agar keunggulan produk Anda bersinar.

Apa yang akan membuat prospek Anda bersama Anda cukup lama untuk dikonversi menjadi penjualan adalah kesan, atau persepsi, yang Anda kembangkan, yang pada dasarnya berarti merek dalam bisnis. Tidak masalah seberapa bagus produk Anda jika merek Anda tidak membuat orang bersemangat: Mereka akan pergi begitu saja, dan dengan cepat.

2. Merek Anda harus mencerminkan siapa Anda sebenarnya

Tentu, Anda harus berpikir panjang dan keras tentang apa yang ingin dilihat dan dialami pelanggan. Itu kuncinya. Namun, penting juga untuk memikirkan tentang siapa Anda sebagai bisnis, dan membiarkan hal itu menentukan pencitraan merek dan pemasaran Anda.

Misalnya, jika Anda seorang desainer halaman web yang berspesialisasi dalam desain sederhana dan modern, mengapa semua salinan Anda dalam font serif yang terlihat kuna? Bukankah lebih masuk akal jika barang-barang Anda berada di sesuatu yang lebih ramping dan modern seperti Helvetica?

Ini tampak seperti keputusan kecil, tetapi masing-masing memberi tahu konsumen tentang siapa Anda dan apa yang Anda berikan. Ini menciptakan hubungan yang menguntungkan dan otentik antara bisnis Anda dan pelanggan Anda, dan memberi Anda waktu yang tak ternilai agar hubungan itu terbentuk sebelum klien Anda beralih ke pesaing.

Baca juga: Apa itu Tagline? Ini Pengertian, Jenis, dan Tips Membuat Tagline yang Efektif

3. Anda hanya sebaik seni dan salinan Anda

Penting untuk menekankan peran besar seni dan salinan Anda dalam membentuk brand identity Anda. Misalkan orang-orang membuka halaman landing Anda dan menemukan peninggalan desain dari era Geocities, bersama dengan salinan yang mempromosikan bisnis Anda sebagai “mengkhususkan diri dalam aplikasi solusi digital lintas platform”. Mereka tidak hanya tidak tahu apa yang Anda lakukan, mereka juga tidak akan peduli.

Halaman landas Anda harus memiliki salinan deskriptif yang dapat dihubungkan dengan calon klien Anda, dengan desain yang mencerminkan praktik terbaik UX modern. Ini berlaku tidak peduli apa bisnis Anda dan seberapa besar Anda.

4. Tidak masalah untuk mengubah merek atau rebranding

Anda mungkin telah membaca sejauh ini dan melihat beberapa kesalahan yang Anda buat dalam pencitraan merek Anda sendiri. Jangan khawatir. Tidak masalah untuk mengubah merek, terutama jika Anda merasa perlu mengubah persepsi perusahaan Anda di mata calon klien.

Misalnya, Ford yang terkenal saat ini sedang menjalani proyek rebranding besar untuk bersaing dengan perusahaan layanan mobil modern seperti Uber dan Lyft.

Jika Anda mengubah merek dengan bijaksana, Anda tidak akan membuat konsumen meninggalkan Anda: sebaliknya, bisnis Anda akan tumbuh.

Dan ini juga berlaku untuk perusahaan kecil: pada 2013, perusahaan keamanan menengah bernama SafeMart mengevaluasi strategi mereknya dan muncul kembali sebagai LiveWatch. Sejak saat itu, mereka memenangkan banyak penghargaan industri dan pemerintah.

5. Jangan menipu konsumen

Satu tip terakhir, yang merupakan peringatan ringan: jangan menggantikan kerja keras dan refleksi dengan tipu daya. Jika identitas merek Anda tidak berada di tempat yang seharusnya, tidak ada ebooks, webinar, atau strategi SEO jelek yang dapat menyelamatkannyan.

Tentu saja, semua hal di atas bisa menjadi strategi yang berguna, tetapi ini masalah mengutamakan hal yang pertama. Cari tahu siapa Anda, apa yang Anda tawarkan, dan apa yang dibutuhkan orang. Anda berhutang bukan hanya kepada klien Anda, tetapi juga kepada diri Anda sendiri.

Baca juga: 9 Strategi Promosi yang Efektif Berdasarkan Praktik Bisnis yang Berhasil

Kesimpulan

Merancang brand identity yang sukses membutuhkan banyak kerja keras dan kolaborasi. Untuk menjaga bisnis Anda tetap pada rencana yang sama dan memberdayakan tim Anda untuk melakukan pekerjaan terbaik, pastikan mereka terdidik, terinspirasi dan memiliki alat yang mereka dibutuhkan.

Dan jika Anda merasa kewalahan atau tidak memiliki sumber daya untuk mengerjakan sendiri proyek tersebut, pertimbangkan untuk membawa bantuan ahli.

Pastikan juga dalam memiliki bisnis Anda memiliki pengelolaan yang matang terutama dalam proses pembukuan dan pengelolaan keuangan usaha. Sebagai solusi terbaik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap seperti fitur pembukuan, pengelolaan pajak, manajemen aset dan inventori, payroll, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu

marketingmanajemenbanner
Promo AOL ResolusiJadiAksi
Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait