Pengertian Identitas Produk, Fungsi, dan Cara Membangunnya

oleh | Jun 26, 2020

source envato.

Pengertian Identitas Produk, Fungsi, dan Cara Membangunnya

Guna memproyeksikan sebuah produk maka seorang pengusaha akan berpikir bagaimana menciptakan identitas produk atau product identity. Lahirnya sebuah merek pun berawal dari seorang yang memiliki produk agar bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Oleh karena itu, sebuah identitas menjadi penting dan memberikan banyak manfaat. Sebagai pengusaha tidak hanya strategi yang harus dibangun, tetapi juga bisa menerapkan bagaimana cara membangun product identity agar dikenal khalayak luas.

Apa Itu Sebenarnya Identitas Produk?

Pernah dengar merek dan logo? Jika pernah, maka hal tersebut merupakan bagian dari sebuah proses dalam membangun product identity. Setiap barang atau produk tentu harus diberi identitas agar lebih jelas dan bisa dikenal oleh semua masyarakat.

Sebuah produk akan dilihat secara nyata oleh konsumen. Saat itulah peran sebuah identitas menjadi penting bagi barang atau layanan yang Anda buat, sehingga menghasilkan sesuatu dengan keistimewaan tersendiri kepada konsumen dalam mengenal suatu barang atau layanan.

Suatu merek bisa divisualisasikan dengan adanya product identity tersebut. Masyarakat saat ini merupakan penilai yang pasti.

Suatu perusahaan harus membangun konsep produk dan identitasnya sehingga masyarakat bisa menilai merek tersebut.

Ada kesan mendalam yang diberikan perusahaan terhadap suatu produk untuk para pelanggan. Seperti logo yang unik, paduan warna, nama produk dan sebagainya. Selanjutnya perusahaan juga akan membentuk tim dibalik layar guna menciptakan brand dari suatu produk.

Inilah tata nilai yang akan diciptakan, sebuah product identity yang akan membedakan dengan produk perusahaan lain. Sebuah produk dinilai sangat digemari jika identitas dari produk tersebut bisa memberikan pemahaman baru kepada masyarakat dan melahirkan branding yang kuat.

Itulah kenapa identitas suatu produk bisa menjadi sangat penting dan memiliki berbagai macam fungsi guna mempromosikan produk dengan berbagai merek.

Selain menjadi alat yang sangat penting dalam pengembangan usaha, melakukan hal ini juga untuk membuat produk Anda lebih dikenal masyarakat luas, mulai dari merek, kemasan hingga tagline dari produk.

Baca juga: Ketahui Strategi Pemasaran Online yang Efektif Saat New Normal

Fungsi Dari Identitas Suatu Produk

Saat memahami bagaimana suatu product identity bisa berpengaruh terhadap branding perusahaan. Maka identitas tersebut memang memiliki banyak fungsi yang menjadikan suatu produk dikenal dan sangat istimewa.

Konsumen akan melihat berbagai faktor pada saat membeli suatu produk. Maka dengan adanya identitas tersebut bisa memudahkan konsumen.

1. Branding

Setiap produk yang dikeluarkan oleh perusahaan harus dipikirkan dengan matang di meja tim perusahaan. Bagaimana suatu produk itu bisa menghasilkan branding yang kuat.

Maka untuk menciptakan hal tersebut digunakanlah product identity. Bisa dengan melihat merek, logo hingga tagline produk tersebut. Inilah yang dinamakan identitas suatu produk untuk branding.

2. Ciri Khas Suatu Produk

Dalam membuat identitas tidak hanya berhenti pada merek atau logo saja. Namun, juga konsep warna, desain hingga pemilihan bahan. Hal ini akan menjadikan sebuah produk memiliki ciri khas tertentu sehingga masyarakat akan lebih mengenal produk tersebut.

Baca juga: Buyer Persona: Pengertian, Fungsi, Dan Cara Menentukannya

3. Memberikan Nilai Yang Berbeda

Identitas dibuat agar sebuah produk yang diciptakan oleh suatu perusahaan memiliki nilai. Nilai ini bisa berupa estetika, ukuran dan harga. Maka hal tersebut yang akan menjadikan suatu produk bisa berbeda dengan produk dari perusahaan lainnya. Selain itu, penilaian ini juga didasarkan pada persepsi masyarakat.

4. Sebagai Wadah Suatu Produk

Identitas produk bisa berupa kemasan yang diciptakan guna melindungi sebuah produk dari bahaya luar. Misalnya saja menjual makanan, maka diperlukan tempat untuk membungkus. Terciptalah wadah yang didesain khusus guna menunjang produk tersebut ditawarkan ke konsumen.

5. Meningkatkan Efisiensi

Untuk meningkatkan sebuah efisiensi dalam memperkenalkan produk, maka identitas untuk produk memiliki peran yang penting. Cara yang efektif adalah dengan merencanakan setiap detail ciri khas dari produk tersebut. Selanjutnya gunakan penambahan ornamen seperti bentuk fisik, ejaan merek dan desain yang berbeda dari produk lainnya.

Fungsi dari identitas suatu produk memang sangat menguntungkan perusahaan. Selanjutnya perusahaan harus membangun cara sebuah identitas dari produk tersebut. Agar identitas dari produk bisa lebih dikenal khalayak luas.

Baca juga: Mengetahui Apa Itu Interpersonal Skill dan Cara Meningkatkannya

Cara Membangun Identitas Produk

Perusahaan memerlukan tim untuk memaksimalkan pemasarang dan membuat sebuah produk dikenal banyak orang, salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan dan membangun identitas produk yang unik.

Inilah beberapa cara guna membangun sebuah identitas sebuah merek dalam bisnis Anda secara detail:

1. Gunakan Strategi dan Konsep Yang Matang

Setelah produk siap dengan detail identitas yang lengkap. Maka selanjutnya untuk membangun dengan baik dibutuhkan strategi serta konsep yang matang. Dengan melakukan pembentukan tim dalam menciptakan cara untuk promosi produk tersebut.

2. Gunakan Berbagai Macam Referensi

Untuk membangun produk tentu dibutuhkan berbagai macam referensi dari berbagai sumber. Agar bisa memadukan berbagai ide dan konsep sehingga menghasilkan sebuah identitas produk yang dirancang dengan baik.

Biasanya referensi diambil dari produk-produk yang sudah beredar di pasaran atau ide yang muncul sehingga menciptakan nilai baru.

3. Logo dan Identitas Lainnya Sebagai Pengenalan

Produk diperbandingkan dan dibangun dari logo yang dibuat, merek yang tertulis dengan jelas hingga desain warna yang ada untuk memperkenalkan kepada konsumen yang akan membeli produk tersebut.

Konsumen akan melihat detail produk dari kemasan yang terlihat secara visual, jika kemasan tersebut terlihat menarik dan unik biasanya konsumen akan terpikat.

Baca juga: Pengertian Konsolidasi pada Bisnis, Ciri Ciri, dan Contohnya

4. Tunjukkan Keistimewaan

Tunjukkan keistimewaan dari identitas merek yang dipromosikan dengan cara menampilkan keunggulan merek mulai dari proses membuat hingga pengemasan.

Banyak konsumen yang memahami akan pentingnya kualitas sebuah produk, apalagi saat ini penilaian visual menjadi alat utama identitas suatu merek bisa mendapatkan perhatian.

5. Jelaskan Nilai Merek Produk

Nilai merek produk ini menjadi lebih berkesan jika konsumen yang memberikan review. Bisa dengan memberikan sampel atau promosi dari produk yang akan dipasarkan, atau juga dengan memberikan kalimat sederhana sebagai tagline produk agar mudah diingat, serta pemberian merek unik untuk suatu produk.

Baca juga: 10 Rahasia Membuka Toko Kelontong Yang Sukses

Kesimpulan

Identitas suatu produk memang sangat penting dibangun guna mengenakan keunggulan dan value produk pada konsumen. Perusahaan akan memakai beberapa strategi dalam membangun cara memperkenalkan identitas tersebut.

Sebagai contoh, produk minuman dibuat dengan visualisasi efektif pada kemasan produk. Kepentingan sebuah perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas tidak bisa lepas dari identitas merek itu sendiri.

Berbagai fungsi dari membangun product identity juga menghasilkan berbagai keuntungan untuk perusahaan yang memproduksi sebuah produk. Keberhasilan produk bisa menjadi istimewa dimata konsumen adalah karena branding yang kuat.

Setiap perusahaan juga harus bisa menggunakan peluang yang ada dalam menciptakan sebuah identitas dari suatu produk tersebut.

Baca juga: Mengetahui Lebih Dalam Masalah Pokok Ekonomi Modern

Dalam melakukan promosi produk juga harus dengan menciptakan berbagai elemen kuat seperti memperhatikan merek hingga pengemasan. Sehingga produk bisa menghasilkan kesan yang baik bagi konsumen dan keuntungan besar bagi perusahaan.

Dengan adanya product identity yang dirancang secara detail, tentu ini akan memberikan kesan bagi konsumen yang melihatnya karena memberikan ciri dari sebuah produk agar berbeda.

Selain itu, identitas ini dinilai efektif dan efisien dalam mempromosikan sebuah produk dan pengenalan merek di pasaran.

Hal yang tak kalah penting dalam membangun sebuah usaha adalah dengan melakukan pembukuan untuk mengetahui data finansial bisnis secara menyeluruh.

Dengan sistem pembukuan yang benar, Anda bisa dengan mudah memonitoring dan memantau kesehatan keuangan yang akan berdampak pada perencanaan usaha yang lebih baik.

Gunakanlah sistem pembukuan terbaik seperti Accurate Online untuk memudahkan Anda dalam mengelola pembukuan bisnis Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang telah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dan dikembangkan sejak 20 tahun lalu. Accurate Online juga telah berhasil meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini sebagai software akuntansi buatan Indonesia.

Tertarik menggunakannya? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar dibawah ini:

accurate 200 ribu perbulan

marketingmanajemenbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Anggi
Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.

Artikel Terkait