Brand Ambassador: Pengertian, Fungsi dan Tips Efektif Memilihnya

Sebagai pemilik atau manajer bisnis, kesadaran merek sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda dalam mendorong penjualan. Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah mencari bakat yang tepat untuk menjadi brand ambassador.

Namun, Anda tidak perlu memiliki anggaran yang banyak atau pengalaman puluhan tahun untuk membangun merek yang kuat jika Anda memilih brand ambassador yang tepat.

Apa itu Brand Ambassador?

Perusahaan sering menggunakan upaya pemasaran dan inisiatif periklanan untuk meningkatkan kesadaran merek mereka. Upaya ini dapat membawa merek perusahaan Anda ke tingkat berikutnya, membantu perusahaan untuk menarik bakat tingkat atas, dan mengamankan pelanggan setia.

Namun, salah satu aset terbesar Anda dalam membangun kesadaran merek adalah dengan menggunakan seorang brand ambassador atau duta merek, baik secara resmi maupun tidak resmi.

Duta merek adalah individu yang dapat disewa atau diandalkan oleh perusahaan untuk menyoroti perusahaan secara positif. Mereka mempromosikan layanan perusahaan, produk, atau bahkan merek perusahaan bagi calon potensial untuk bekerja di sana.

Sementara duta merek dapat berupa pekerja paruh waktu yang membagikan sampel produk di area ramai, mereka juga dapat menjadi karyawan yang mempromosikan perusahaan sendiri. Tentunya dengan budaya kerja dan produk atau layanan yang berkualitas, karyawan dan konsumen akan menyebarkannya. Tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk mempromosikan hal yang baik secara organik!

Baca juga: Customer Experience Adalah: Pengertian, Faktor, dan Cara Membangun Customer Experience 

Mengapa Anda harus Mempekerjakan Brand Ambassador?

Di era digital dan semakin majunya media sosial ini, hampir setiap karyawan memiliki jaringan profesional yang cukup besar. Selain itu, banyak juga yang sudah sharing tentang perusahaan Anda, disadari eksekutif atau tidak.

98% karyawan menggunakan setidaknya satu situs media sosial untuk penggunaan pribadi, di mana 50% di antaranya sudah memposting tentang perusahaan mereka.

Antara media sosial, email, dan layanan lainnya, karyawan B2B memiliki banyak orang yang dapat mereka ajak bicara, dan dengan siapa mereka memiliki hubungan dan kepercayaan.

Hubungan, kepercayaan, pengaruh – apa pun itu adalah kuncinya.

Inilah mata uang bisnis: semakin banyak kepercayaan dan pengaruh yang Anda miliki dengan seseorang, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan bisnis mereka. Inilah nilai dan fungsi brand ambassador.

Hubungan yang dimiliki karyawan Anda dengan jaringan mereka – yang kemungkinan mencakup calon pelanggan, prospek, dan perekrutan – lebih kuat daripada hubungan apa pun yang dimiliki orang-orang di jaringan mereka dengan merek Anda.

Menerapkan program brand ambassador memungkinkan Anda memanfaatkan hubungan ini untuk kepentingan duta besar dan organisasi.

Baca juga: Cara dan Tips Membuat Proposal Bisnis yang Menarik dan Efektif

Siapa yang Bisa Menjadi Brand Ambassador?

Ini tergantung pada tujuan bisnis Anda (dan program duta merek Anda), namun –dan menurut pengalaman kami – setiap karyawan berpotensi menjadi duta merek.

Karyawan di bagian penjualan, HR, marketing, komunikasi, produk, teknik, dan manajemen masing-masing dapat berfungsi sebagai duta yang efektif.

Berikut beberapa contoh hasil yang dapat didorong oleh karyawan dalam tim ini:

  • Tenaga penjual: kurangi siklus penjualan, penciptaan peluang baru, tingkatkan pendapatan, dan saluran prospek
  • HR: tingkatkan perekrutan dan retensi, peningkatan kumpulan bakat, bangun merek perusahaan Anda
  • Marketing: perolehan prospek, kesadaran merek, pembagian sosial, lalu lintas web
  • Produk & Rekayasa: Kepemimpinan pemikiran, kesadaran produk

Umumnya, karyawan yang secara teratur berkomunikasi dengan orang-orang di luar organisasi adalah orang-orang yang akan mendorong hasil terbaik.

Rata-rata dan mengingat sifat peran mereka (misalnya, persyaratan untuk berjejaring dengan orang-orang di luar organisasi mereka), penjualan, pemasaran, dan manajemen akan memiliki jaringan profesional terbesar dan dapat mendorong hasil yang paling menguntungkan.

Baca juga: Cara dan Tips Membuat Proposal Bisnis yang Menarik dan Efektif

brand ambassador 2

Hal Penting yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Memilih Brand Ambassador

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, Anda bisa menggunakan karyawan atau pihak internal perusahaan Anda untuk menjadi brand ambassador. Namun jika ingin menggunakan brand ambassador eksternal untuk meningkatkan brand awareness pada bisnis Anda, seperti artis, influencer atau sejenisnya, ingatlah bahwa harus memperhatikan beberapa hal hal yang krusial.

Ada beberapa orang tidak akan cocok untuk perusahaan Anda, dan memilih orang yang salah untuk mewakili merek Anda adalah kesalahan yang dapat menghancurkan bisnis Anda dengan cepat.

Jadi apa ciri utama yang harus Anda cari dalam duta merek? Jika Anda sedang mencari orang yang tepat untuk kampanye pemasaran brand ambassador Anda, berikut adalah lima sifat terpenting yang harus dicari.

1. Passion

Beberapa orang memiliki kemampuan alami untuk menarik orang lain kepada mereka. Brand ambassador yang tepat harus bersemangat dan memancarkan energi positif yang akan menarik orang yang berpikiran sama kepada mereka.

Duta merek Anda membantu, membina dan membuat hubungan yang kuat antara pelanggan dan merek Anda. Oleh karena itu, mereka harus bersemangat tentang produk atau layanan Anda dan membangun hubungan dengan orang lain.

2. Profesionalisme

Duta merek eksternal mungkin tidak secara teknis dipekerjakan secara langsung oleh perusahaan Anda. Namun, mereka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi perusahaan Anda.

Anda pasti menginginkan seseorang yang dapat diandalkan, terbuka terhadap umpan balik dan memiliki standar perilaku yang tinggi untuk diri mereka sendiri dan jauh dari skandal yang akan merugikan bisnis. Ini termasuk secara langsung serta persona online mereka.

Baca juga: Contingency Plan Adalah: Pengertian, dan Cara Membuat Contingency Plan yang Baik

3. Fleksibilitas

Pemasaran brand ambassador membutuhkan keserbagunaan agar berhasil. Anda akan memandu arah pesan seseorang melalui pesan merek dan poin pembicaraan.

Namun, suara dan pembawaan unik mereka untuk berbicara dengan kebutuhan setiap orang yang mereka temui yang membuat pesan berhasil diterima target pasar Anda.

Bergantung pada jenis aktivitas yang dilakukan duta merek Anda (acara langsung, tim jalanan, pemasaran gerilya, dll.), Mereka harus kreatif untuk menghadapi tantangan yang muncul di sepanjang jalan. Duta merek Anda harus terbuka terhadap masukan yang membangun, mencoba strategi baru, dan mengevaluasi ulang apa yang berhasil dan yang tidak.

4. Keterlibatan

Jika Anda mencari duta merek untuk membantu Anda mendorong pesan Anda sebelum dan sesudah kampanye yang Anda buat, Anda akan membutuhkan seseorang dengan pengikut media sosial yang mapan. Tetapi tidak selalu orang dengan jumlah pengikut terbesar yang harus Anda cari. Ini adalah orang yang memiliki keterlibatan tinggi dengan audiens mereka.

Meskipun wajar untuk tertarik pada selebritas media sosial yang memiliki banyak pengikut, kenyataannya lebih besar tidak selalu lebih baik. Jumlah pengikut bukanlah yang penting, yang terpenting adalah tingkat pengaruh yang dapat dimanfaatkan orang tersebut.

5. Originalitas

Studi tahun 2016 ini mensurvei 2.000 konsumen dengan rentang usia 20 hingga 39 tahun. Temuan yang luar biasa adalah bahwa konsumen lelah menjadi sasaran iklan oleh perusahaan di media sosial.

56 persen orang mengaku mengurangi atau berhenti sama sekali dari media sosial hanya untuk menghindari paparan iklan berbayar dalam jumlah besar.

Menggunakan brand ambassador bukanlah teknik penjualan tradisional. Mereka harus memiliki apresiasi yang tulus untuk produk atau layanan Anda. Sentimen ini akan muncul secara alami ketika mereka membagikannya dengan orang lain.

Jika orang yang  Anda pilih tidak jujur ​​atau merekomendasikan sesuatu yang tidak mereka yakini, itu akan menjadi masalah untuk bisnis Anda. Ini terutama berlaku dengan duta merek media sosial yang berkomunikasi dengan jaringan mereka.

Baca juga: Tips Untuk Menjadi Pengambil Keputusan atau Decision Maker yang Baik dalam Bisnis

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai brand ambassador. Memilih brand ambassador yang benar akan memudahkan Anda untuk menjangkau audiens target Anda. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin menginginkan duta merek yang juga merupakan orang berpengaruh di bidang tersebut.

Beberapa duta merek yang paham media sosial ini telah membangun komunitas pengikut online tertentu dan dapat membantu mempromosikan merek Anda.

Meskipun beberapa merek membutuhkan orang dengan jangkauan ekstra seperti itu, penting untuk diketahui bahwa banyak pengikut bukan berarti menentukan kesuksesaan kampanye pemasaran dalam bisnis Anda. Semangat dan kepercayaan dari duta mereklah yang membuat pengaruh mereka berharga.

Bagi Anda pemilik bisnis, penting juga bagi Anda untuk mengelola proses pembukuan usaha Anda dengan benar untuk menghindari kerugian dan meminimalisir terjadinya fraud.

Solusi terbaik saat ini adalah menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja yang memudahkan Anda dalam memantau keuangan perusahaan secara menyeluruh.

Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi cloud Accurate Online yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia, mudah digunakan dan memiliki harga yang sangat terjangkau.

Hanya 200 ribu perbulan, Anda bisa dengan mudah mengelola proses pembukuan, melakukan manajemen aset dan inventori, payroll, pencocokan transaksi secara otomatis, multi gudang, multi cabang, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Jadi apa lagi yang Anda tunggu? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan