Pengertian Loyalitas Pelanggan dan 10 Tips Efektif untuk Meningkatkannya
Ketatnya persaingan bisnis membuat pelaku bisnis belomba-lomba untuk membuat produknya tetap laku di pasaran.
Hal ini mendorong para pebisnis ini menggalakkan berbagai cara cerdas untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dalam bisnis yang mereka jalankan.
Pada pembahasan kali ini akan diulas lebih lengkap penjabaran tentang loyalitas pelanggan dan bagaimana cara meningkatkannya.
Daftar Isi
Apa yang Dimaksud Dengan Loyalitas Pelanggan?
Loyalitas pelanggan merupakan kondisi dimana pelanggan atau konsumen secara teratur atau tetap melakukan pembelian pada suatu bisnis.
Dikutip dari Qualtric XM, Loyalitas pelanggan adalah hubungan positif yang berkelanjutan antara pelanggan dan bisnis.
Hal inilah yang mendorong pembelian berulang dan mendorong pelanggan lama untuk memilih perusahaan Anda dibandingkan pesaing yang menawarkan manfaat serupa.
Pemanfaatan loyalitas konsumen dapat memberikan informasi dan tolak ukur bagi seorang pebisnis dalam memprediksi penjualan dan pembelian yang tetap.
Oleh karena itu, tidak heran jika para pebisnis melakukan berbagai cara untuk menarik pelanggan tetap.
Memiliki pelanggan yang tetap atau loyal terhadap bisnis yang dijalankan akan membuat bisnis tetap kokoh dalam berbagai situasi.
Para pelanggan ini akan menjadi penyokong bisnis saat bisnis sedang mengalami gejolak ekonomi.
Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Menjaga loyalitas konsumen merupakan hal yang cukup sulit dan memberikan tanggung jawab yang besar. Pebisnis harus secara konsisten meningkatkan kualitas bisnisnya agar pelanggan tetap loyal.
Banyaknya pelaku bisnis dalam bidang yang sama membuat orang harus berkompetisi untuk mendapatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkannya melalui cara-cara berikut.
1. Membuat Program Loyalitas Pelanggan
Program loyalitas adalah sebuah program yang diadakan oleh perusahaan dengan memberikan benefit khusus bagi para pelanggan dengan kriteria tertentu yang dapat menguntungkan bisnis.
Dengan membuat program loyalitas, bisnis dapat meningkatkan pendapatan dengan mempertahankan pelanggan dan meningkatkan loyalitasnya. Hal ini dilakukan dengan banyak hal salah satunya dengan memberikan promosi secara khusus untuk pelanggan tertentu.
Membuat program loyalitas bukanlah hal yang mudah, tapi tenang Anda tidak perlu bingung-bingung membuat program sendiri, Anda dapat menggunakan Aplikasi Bliss Loyalty Program yang berbentuk aplikasi smartphone sehingga mudah digunakan dan disimpan pelanggan.
Baca juga: Fitur Unggulan Aplikasi Loyalty Program untuk Mempertahankan Pelanggan
2. Menghubungi Konsumen secara Berkala
Jika ingin bisnis yang dijalankan berjalan dengan baik maka komunikasi harus diperbaiki.
Meskipun barang yang ditawarkan memiliki kualitas yang tinggi namun tidak adanya inisiatif berkomunikasi dengan baik, maka pelanggan akan berasa terabaikan.
Komunikasi yang tidak berjalan dengan baik hanya akan membuat pelanggan berpaling ke pelaku bisnis lain.
Untuk itu perlu adanya komunikasi yang baik antara pelaku bisnis dengan pelanggannya. Tidak mesti dilakukan setiap hari, komunikasi ini bisa dilakukan secara berkala.
Baca juga : Segmentasi Pelanggan: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya
3. Membuat Konten yang Berkualitas
Konten yang dimaksud adalah isi dan review produk yang ditawarkan kepada pelanggan.
Meskipun produk yang ditawarkan sudah baik tapi tidak diimbangi dengan review sebagai pertimbangan pelanggan, maka akan sia-sia saja.
Walaupun produk yang ditawarkan nantinya tidak dibeli konsumen pun setidaknya mereka akan mengunjungi situs bisnis tersebut.
Konsumen akan cenderung mencari informasi mengenai suatu produk melalui situs online.
Setidaknya dengan kehadiran konten yang berkualitas di situs bisnis dapat mendatangkan pengunjung situs yang memberikan keuntungan lain.
4. Menjadi Otoritas Dalam Bisnis yang Dijalankan
Suatu bisnis memerlukan kepercayaan diri dalam menjalankannya. Kepercayaan diri yang tinggi akan membuat seseorang lebih unggul dan berbeda dengan para pesaingnya.
Melalui kepercayaan diri pelanggan melirik bisnis tersebut karena kualitas yang ditawarkan.
Loyalitas pelanggan akan terbentuk saat mereka percaya akan produk yang ditawarkan. Untuk itu untuk mewujudkan bisnis yang sukses dengan pelanggan yang loyal maka perlu ada perubahan terhadap beberapa komponen bisnis.
Baca juga : Pentingnya Psikologi Warna pada Marketing dan Pengembangan Bisnis
5. Membalas Pesan Secepat Mungkin
Hal yang banyak disepelekan oleh pelaku bisnis adalah membalas pesan atau email dari pelanggan.
Padahal jika bercermin dari diri sendiri, saat mengirim pesan maka pasti seseorang akan mengharapkan balasan secepat mungkin.
Hal ini juga dirasakan oleh para konsumen dimana mereka mengirimkan pesan untuk mengkonfirmasi suatu hal.
Untuk itu, bagi yang memiliki bisnis yang cukup besar perlu ada karyawan yang ditugaskan untuk menangani masalah tersebut.
Jika tidak, minimal ada sistem notifikasi khusus yang diberlakukan. Hal ini akan sangat membantu komunikasi antar penjual dan pembeli untuk mendapatkan loyalitas pelanggan.
6. Membuat Keputusan
Dalam menjalankan sebuah bisnis maka seseorang akan dihadapkan dengan situasi yang mengharuskannya mengambil sebuah keputusan.
Keputusan yang dimaksud adalah keputusan yang diberlakukan kepada pelanggan atau konsumen yang ingin membeli atau menyewa produk.
Jika dirasa keputusan yang diambil tidak berat sebelah maka perlu diadakan perundingan dengan orang terdekat atau karyawan.
Hal ini untuk mencegah timbulnya pemikiran tentang tidak becus dalam mengambil keputusan. Semakin cepat keputusan tersebut diberikan maka kepercayaan konsumen akan meningkat.
Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Mudah
7. Menghargai Sudut Pandang Pelanggan
Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan maka perlu adanya sikap menghargai. Hal ini karena konsumen yang tidak selalu memahami kondisi yang dialami pelaku bisnis mengenai penggunaan produk.
Beberapa konsumen melontarkan isi pikirannya langsung kepada pebisnis.
Meskipun hal ini cukup mengganggu, namun tetap harus ada sikap menghargai dari pelaku bisnis.
Pebisnis yang baik tentu tidak akan segan dalam menerima tanggapan dari konsumennya. Karena pebisnis harus tetap menghargai sudut pandang yang diutarakan oleh konsumen.
8. Berikan Sentuhan Personal
Sudah merupakan hal yang wajar saat seseorang ingin diperhatikan termasuk saat dirinya diposisikan sebagai pelanggan.
Sentuhan personal yang biasa dianggap sepele ternyata bisa memberikan pengaruh yang baik untuk keberlangsungan bisnis.
Sentuhan personal akan membuat daya tarik konsumen dan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.
9. Realistis Namun Tidak Terlalu Ribet
Banyak pelaku bisnis yang mengumbar janji pada konsumen yang cenderung berlebihan. Hal yang bagus jika janji itu benar-benar direalisasikan, namun ada juga pebisnis yang hanya mengumbar janji semata.
Sebenarnya tidak perlu mengumbar janji, meningkatkan kualitas bisnis akan membuat bisnis sukses dengan pelanggan yang loyal.
Baca juga : 10 Tips Dalam Merespon Keluhan Pelanggan
10. Mengidentifikasi Peluang secara Proaktif
Selalu ingatkan diri sendiri bahwa dirinya adalah orang yang menjalankan sebuah usaha. Oleh karena itu ada beberapa hal yang sangat penting untuk dilakukan sebagai pebisnis.
Prinsip menjemput bola sangat baik diterapkan dalam berbisnis untuk menarik pelanggan datang ke bisnis yang dijalankan.
11. Jelas dan Transparan
Sudah sepantasnya pelanggan atau konsumen menginginkan kejelasan mengenai ketentuan yang diberlakukan oleh pelaku bisnis.
Untuk itu sangat penting untuk memberikan kejelasan mengenai informasi atau ketentuan yang diberlakukan kepada konsumen.
Selain itu, transparansi mengenai kesediaan produk juga harus dilakukan agar konsumen memberikan kepercayaan pada bisnis tersebut.
Baca juga: 10 Strategi Pemasaran, Pengertian, Fungsi, Contoh dan Elemen dalam Pemasaran
Penutup
Nah itulah informasi mengenai pengertian serta tips atau cara meningkatkan loyalitas pelanggan dalam berbisnis.
Semoga pembahasan pada kesempatan kali ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi mengenai peningkatan loyalitas konsumen.
Jika Anda memerlukan software akuntansi untuk kegiatan pembukuan bisnis, Anda bisa menggunakan Accurate Online.
Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan, dan harga yang terjangkau.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap seperti pencatatan penjualan dan pembelian, penggajian, multi mata uang, multi cabang, otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur yang akan membuat pembukuan bisnis Anda jauh lebih baik.
Tidak percaya? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :