Mengenal RACI Matrix dan 3 Manfaatnya untuk Pembagian Tugas yang Lebih Efektif

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa pembagian tugas yang dilakukan secara tepat mampu memberikan performa yang baik untuk setiap anggota tim. Nah, RACI matrix menjadi salah satu cara yang bisa Anda pilih.

Sebenarnya, matriks yang satu ini sudah banyak digunakan oleh lembaga dan perusahaan. RACI sendiri adalah salah satu alat yang bisa membantu melakukan identifikasi pada suatu peran secara tepat untuk setiap anggota tim.

Dengan begitu, maka setiap anggota tim bisa menyelesaikan pekerjaan secara lebih baik dan lebih paham atas tanggung jawabnya masing-masing.

Nah, bila Anda ingin mencoba matriks ini, Anda harus membaca artikel tentang RACI matriks di bawah ini hingga selesai.

Apa itu RACI Matrix?

Pada dasarnya, RACI merupakan suatu metrik yang efektif untuk bisa membagikan tugas dan tanggung jawab pada setiap anggota tim. Berdasarkan laman RACI Solutions, RACI matrix adalah salah satu alat yang efektif agar bisa menjelaskan peran individu pada suatu kelompok.

Selain itu, metode ini juga bisa membantu setiap individu agar bisa memahami tanggung jawab terkait pekerjaannya. RACI matrix atau yang banyak dikenal dengan RACI model ini pertama kali diperkenalkan pada publik di tahun 1950-an.

Pada waktu itu, metode ini dikenal dengan Decision Right Matrix. Tapi saat ini metriks ini menjadi suatu istilah yang banyak digunakan oleh kebanyakan orang.

Sejak kehadirannya puluhan tahun yang lalu, RACI matrix sudah sangat terkenal dan sudah digunakan oleh berbagai perusahaan besar di dunia.

Nah, berikut ini adalah singkatan utama dari RACI:

  • Responsible

Huruf R yang terdapat di dalam RACI adalah responsible atau tanggung jawab. Ketika membagikan tugas dengan memanfaatkan metode ini, responsible adalah orang yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan tugas yang telah diberikan padanya sampai selesai.

  • Accountable

Selanjutnya, huruf A mencerminkan accountable, yakni mereka yang bertanggung jawab dengan semua tugas yang telah dilimpahkan pada anggota timnya.

Selain itu, mereka pun mempunyai otoritas untuk bisa mengambil keputusan tentang penugasan. Peran ini sangatlah penting, karena mereka harus bisa melakukan tanggung jawab pada setiap keputusan yang telah diambil.

  • Consulted

Mereka yang telah menjadi bagian dari consulted adalah mereka yang sudah ahli dalam bidangnya. Karena, mereka akan bertugas untuk bisa memberikan informasi tentang proyek yang saat itu sedang dikerjakan.

Umumnya, akan ada beberapa orang yang memiliki peran sebagai consulted karena sarannya akan sangat dibutuhkan agar proyek bisa berjalan tanpa hambatan.

  • Informed

Huruf terakhir dari RACI ini merujuk pada informed, yakni anggota yang selalu memperoleh informasi terkait kemajuan proyek yang sedang dilakukan. Seluruh keputusan dan juga perubahan yang dilakukan oleh tim harus selalu dikonfirmasikan pada seseorang yang telah masuk ke dalam golongan ini.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Team Leader yang Baik untuk Meraih Kesuksesan dalam Bisnis?

Manfaat Menggunakan RACI Matrix

Dirangkum dari laman The Digital Project Manager, beberapa manfaat dalam menggunakan RACI matrix adalah sebagai berikut:

1. Mempermudah Komunikasi

Manfaat yang pertama dari menggunakan metriks ini adalah agar bisa mempermudah komunikasi antar anggota tim. Ketika alat ini digunakan, tugas dari setiap anggota sudah dipastikan, dari mulai siapa yang melakukan, membagikan informasi, sampai yang bertanggung jawab secara penuh.

Jadi, komunikasi yang terjadi pada setiap anggota akan lebih mudah untuk dilakukan karena mereka telah mengetahui perannya masing-masing. Mereka tidak lagi harus mempertanyakan tugasnya atau bahkan miskomunikasi di dalam tim. Tentunya hal tersebut akan mempermudah dan mempercepat proses pengerjaan suatu proyek.

2. Mencegah Terlalu Banyak Orang dalam Suatu Tugas yang Sama

Akan menjadi kurang baik dan kurang efektif bila terlalu banyak orang dalam satu peran. Itulah kenapa metriks iniĀ mampu menentukan siapa saja yang pas dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Penempatan tugas juga nantinya tidak dilakukan secara asal, karena akan tergantung dari kemampuan yang dimiliki sampai jabatannya di perusahaan.

Memanfaatkan metrik RACI ini akan mempermudah pembagian peran secara lebih efektif, sehingga tidak akan ada kelebihan orang dalam posisi tertentu.

3. Mencegah Kelebihan Beban Kerja

Manfaat yang terakhir dari RACI adalah agar bisa mengatur setiap karyawan untuk tidak memperoleh beban kerja yang terlalu besar. Ketika seseorang melakukan pekerjaan yang terlalu banyak, bisa dipastikan hasil kerjanya tidak maksimal.

Bahkan, setiap karyawan pun bisa terancam mengalami stres di tempat kerja karena merasa tertekan dengan beban pekerjaannya.

Nah, ketika menggunakan metriks ini, maka setiap orang akan memperoleh porsi kerja yang sesuai dengan kemampuannya sendiri.

Baca juga: Rekomendasi 12 Aplikasi Mind mapping Keren Untuk Proses Brainstorming

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang RACI matrix, dari mulai pengertian hingga manfaatnya. Lebih menariknya lagi, RACI adalah metode pembagian tugas yang bisa dilakukan untuk berbagai skala proyek, baik itu skala kecil ataupun besar. Jadi, Anda bisa memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan.

Jika pembagian tugas telah dilakukan secara tepat, maka tentunya akan berujung pada produktivitas dan performa yang tinggi. Alhasil, hal tersebut akan memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan.

Namun untuk memastikan keuntungan tersebut, tentunya perusahaan harus mencatat setiap transaksi yang terjadi secara akurat di dalam laporan keuangan. Nah, untuk memudahkan Anda dalam mencatat dan membuat laporan keuangan, akan #lebihbaik jika Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan mencatat setiap kegiatan transaksi secara otomatis dan akan menyajikan laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan neraca dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara instan.

Selain itu, terdapat juga fitur bisnis luar biasa lainnya yang akan memudahkan Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Jadi, ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

5 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.