Reward Adalah Apresiasi Berharga Untuk Karyawan, Ini Cara Memberikannya!

Pada dasarnya, reward adalah suatu bentuk apresiasi ataupun penghargaan yang diberikan pada individu ataupun seseorang atas hal positif yang sudah dirinya lakukan. Dalam dunia kerja, umumnya reward diberikan dalam bentuk bonus sebagai imbalan untuk performa ataupun pemenuhan target yang diraih oleh perusahaan.

Beberapa perusahaan biasanya memberikan reward agar bisa mempertahankan Sumber Daya Manusia unggulan dan demi memicu performa kerja karyawan tersebut.

Dengan adanya benefit ataupun kompensasi tersebut, diharapkan mampu mengurangi tingkat turnover yang terjadi di dalam perusahaan. Itu artinya, reward adalah balasan atas loyalitas yang diberikan oleh seorang karyawan.

Lantas, apa saja bentuk-bentuk reward yang diberikan di dalam dunia kerja? Apa saja syarat dan bentuknya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang reward di bawah ini.

Pengertian Reward Adalah

Sastrohadiwiryo (2009) menjelaskan bahwa reward adalah suatu bentuk imbalan atas jasa yang diberikan oleh pihak perusahaan pada para pegawai atau tenaga kerjanya.

Hal ini dilakukan karena pegawai tersebut sudah memberikan sumbangan berupa tenaga dan juga pikiran demi kemajuan perusahaan dalam mencapai berbagai tujuan yang sudah ditetapkan oleh pihak perusahaan.

Leman (2000) menambahkan bahwa reward adalah suatu bentuk penghargaan yang diberikan pada individu ataupun kelompok bila mereka memang sudah berhasil melakukan suatu keunggulan pada bidang tertentu yang dikuasainya.

Berdasarkan penjelasan dari kedua pakar di atas, bisa kita simpulkan bahwa reward adalah suatu bentuk imbalan atas performa karyawan yang sudah membantu perusahaan dalam menjalankan operasional bisnisnya. Perusahaan biasanya akan memberikan imbalan atau reward tersebut dalam bentuk uang.

Namun, beberapa perusahaan lain juga ada yang memberikan penghargaan dalam bentuk barang atau sejenisnya. Tapi pada intinya, reward yang diberikan oleh pihak perusahaan bisa berbentuk material ataupun nonmaterial.

Baca juga: Performance Appraisal: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya untuk Perusahaan dan Karyawan

Manfaat Reward 

Dengan memberikan reward, diharapkan motivasi dan juga performa karyawan bisa meningkat. Selain itu, manfaat diberikannya reward adalah demi menjalin relasi yang lebih baik antara pihak atasan dan juga bawahan. Dengan begitu, lingkungan yang positif bisa terjalin di lingkungan kerja dan membuat karyawan lebih loyal pada perusahaan.

Bila saat ini Anda rasa pencapaian yang sudah Anda lakukan sudah maksimal namun tidak ada reaksi apapun dari atasan pada pencapaian tersebut, dan Anda berpikir untuk mencari tempat kerja baru atau resign, maka kemungkinan besar perusahaan tempat Anda bekerja belum menyadari manfaat reward untuk setiap karyawan.

Padahal, memberikan imbalan jasa atau reward sangat penting untuk setiap karyawan. Nah, beberapa manfaat dari memberikan reward adalah sebagai berikut:

1. Membuat Karyawan Jadi Lebih Produktif 

Harus selalu Anda garis bawahi bahwa bentuk penghargaan atau reward tidak melulu harus berbentuk material. Penghargaan dalam bentuk non material, seperti pujian ataupun apresiasi pun bisa membuat setiap karyawan merasa senang dan juga bahagia.

Hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan tidak hanya mengambil keuntungan dari karyawannya saja, namun juga terdapat feedback ataupun umpan balik berbentuk perhatian yang layak.

Faktanya, apresiasi yang diberikan dalam bentuk pujian ini akan membuat setiap karyawan senang karena performanya bisa dihargai. Selain itu, karyawan tersebut pun nantinya akan lebih loyal dan juga jauh lebih produktif.

Hal tersebut dikarenakan seluruh pekerjaan yang dia lakukan dikerjakan dengan hati yang senang dan juga bahagia.

2. Atasan Akan Lebih Dekat dengan Bawahan

Atasan yang sering memberikan imbalan atau reward kepada para bawahannya terbukti mampu mempunyai relasi yang bagus. Tanpa disadari, apresiasi ataupun pujian kecil yang sering diberikan ini bahkan bisa meningkatkan rasa percaya diri bawahannya.

Sehingga, lingkungan kerja pun akan menjadi lebih kondusif dan produktivitas karyawan akan meningkat secara otomatis.

3. Meningkatkan Loyalitas Karyawan 

Minimnya perhatian yang diberikan oleh perusahaan bisa menimbulkan angka turnover yang tinggi. Sehingga, karyawan pun kemungkinan besar akan lepas dari genggaman perusahaan.

Terlebih lagi, untuk memperoleh karyawan baru memerlukan biaya yang sangat mahal. Sehingga, akan lebih banyak kerugian yang diperoleh perusahaan bila tidak menerapkan kebijakan reward. Minimnya perhatian perusahaan terhadap kinerja karyawan dapat menyebabkan turnover yang tinggi.

4. Membangun Image Perusahaan yang Baik

Karyawan yang sudah kecewa tentu akan memilih resign dari kantor dan akan membawa citra yang kurang baik untuk perusahaan secara tidak langsung. Terlebih lagi bila karyawan yang keluar tersebut membicarakan hal negatif terkait perusahaan setelah keluar.

Hal ini tentunya akan memberikan citra yang buruk di kalangan para profesional. Untuk perusahaan besar yang mempunyai target jangka panjang, hal tersebut akan sangat mengancam tujuan perusahaan.

5. Target Perusahaan Bisa Tercapai Dengan Baik

Berbagai apresiasi yang diberikan oleh perusahaan tentu akan membuat karyawan menjadi lebih bahagia, loyal dan juga lebih produktif. Sehingga, karyawan akan menjadi lebih semangat dan menjadi lebih kompetitif dalam mencapai target yang sudah diberikan oleh perusahaan.

Hal ini tentunya akan memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan karena tujuannya bisa tercapai dengan baik.

Jenis-Jenis Reward 

Jika kita perhatikan dari manfaatnya, reward sangat efektif untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Setiap karyawan yang produktif tentunya mampu mempengaruhi performa kerja perusahaan. kinerja yang baik tersebut tentunya akan menghasilkan keuntungan yang sangat banyak.

Setidaknya ada dua jenis reward yang bisa Anda berikan pada karyawan Anda, yaitu:

A. Extrinsic Reward

Extrinsic reward adalah adalah suatu penghargaan yang berasal dari luar atau dalam hal ini pihak perusahaan akan memberikan apresiasi atas pencapaian yang sudah diraih oleh karyawan. Reward ekstrinsik ini pun terbagi lagi menjadi dua, yakni finansial dan non finansial.

1. Extrinsic Reward Financial

Beberapa bentuk penghargaan pada jenis reward ini adalah sebagai berikut:

  • Gaji dan upah: Kedua bentuk penghargaan ini adalah suatu bentuk kewajiban dari perusahaan atas tanda balas jasa tetap untuk karyawan yang sudah rela memberikan pikiran dan tenaganya untuk pihak perusahaan. Umumnya, penghargaan ini diberikan berdasarkan jam kerja ataupun jumlah produk yang sudah dihasilkan oleh karyawan.
  • Tunjangan: Tunjangan yang umumnya diberikan oleh perusahaan pada karyawan adalah dana pensiun, asuransi kesehatan ataupun liburan. Nilai tunjangan ini dinilai berdasarkan masa kerja karyawan tersebut.
  • Bonus atau insentif: Bentuk penghargaan ini diberikan sebagai imbalan yang berasal dari luar gaji yang biasa diberikan oleh perusahaan. Umumnya, mereka yang mendapatkan jenis reward ini adalah tim sales dan tim marketing karena sudah berhasil mencapai target yang diberikan perusahaan.

2. Extrinsic Reward Non-Financial

Bentuk reward non finansial umumnya terdiri dari:

  • Penghargaan yang bersifat interpersonal, contohnya adalah berbagai fasilitas yang diberikan oleh perusahaan.
  • Penghargaan dalam bentuk promosi jabatan yang dinilai berdasarkan pencapaian target yang berhasil dicapai secara signifikan dan berturut-turut.

B.  Intrinsic Reward

Intrinsic reward adalah sebuah bentuk penghargaan yang diberikan untuk diri sendiri atau atas target yang dibuat oleh karyawan dan diterapkan atas pencapaiannya. Beberapa bentuk intrinsic reward adalah sebagai berikut:

  • Penyelesaian 

Kemampuan karyawan dalam memulai dan juga menyelesaikan suatu pekerjaan akan dianggap sangat penting untuk perusahaan. Dalam hal ini, perusahaanlah yang nantinya akan menilai penyelesaian akhir pekerjaan tersebut.

  • Pencapaian 

Penghargaan pada diri sendiri ini bisa dirasakan dalam wujud kepuasan ataupun rasa bangga karena telah berhasil menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

  • Otonomi 

Penghargaan otonomi umumnya akan hadir bila karyawan sudah melakukan berbagai pencapaian dalam menyelesaikan pekerjaannya. Contohnya, sistem kerja yang lebih fleksibel atau bekerja tanpa diawasi secara langsung.

Syarat Pemberian Reward Bagi Karyawan 

Motivasi dan reward merupakan dua hal yang saling berhubungan. Keduanya merupakan komponen penting dalam mencapai tujuan perusahaan.

Tapi, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan dalam memberikan reward, yaitu:

  • Seluruh karyawan harus diperlakukan sama rata, artinya tidak ada pandang bulu dalam hal memberikan reward.
  • Dilakukan secara transparan, sehingga setiap tim yang ada dalam perusahaan bisa mengetahui proses dan juga sistem pemberian reward.
  • Pemberian reward harus dilakukan secara konsisten dan juga penuh konsekuen. Contohnya, satu tahun sekali setiap menjelang akhir tahun perusahaan akan memili kharyawan yang berprestasi dengan memberikan bonus yang nilainya tergantung dari performa karyawan dalam kurun waktu satu tahun.

Baca juga: Bagaimana Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan?

Penutup

Sekecil apapun kontribusi yang dilakukan oleh para karyawan akan memberikan peningkatan keuntungan untuk perusahaan. Oleh karena itu, perlu diberlakukan reward secara konsisten dari perusahaan sebagai wujud investasi jangka panjang.

Namun, jika Anda ingin memberikan reward dalam bentuk finansial, maka Anda harus terlebih dahulu memperhatikan laporan keuangan Anda. Oleh karena itu, laporan keuangan mempunyai peran yang sangat penting di setiap lini perusahaan.

Tapi, membuat laporan keuangan secara manual tentunya memerlukan waktu yang lama dan juga sangat rentan terjadi banyak kesalahan. Untuk itu, cobalah gunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga Anda bisa memberikan reward finansial yang terbaik untuk karyawan Anda.

Selain itu, Accurate Online juga akan membantu bisnis Anda berjalan lebih optimal. Kenapa? Karena di dalamnya sudah dibekali dengan fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, manufaktur dan berbagai fitur lainnya.

Anda bisa mencoba seluruh keunggulan dan fitur menarik dari Accurate Online ini secara gratis selama 30 hari dengan hanya klik tautan gambar di bawah ini.accurate1

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.