Apa itu Risk Manager? Kenapa Sangat Penting Untuk Perusahaan?

oleh | Feb 2, 2023

source envato.

Apa itu Risk Manager? Kenapa Sangat Penting Untuk Perusahaan?

Saat ini, salah satu profesi yang banyak dibutuhkan oleh beberapa perusahaan besar adalah risk manager. Perkembangan informasi dan ekonomi sudah mendorong beberapa perusahaan untuk mempunyai seorang yang ahli dalam manajemen risiko.

Lebih dari itu, kebutuhan untuk seorang pakar risiko ini sangat tinggi.

Lalu, apa itu risk manager? Kenapa perannya sangat penting untuk perusahaan? Tenang, karena kami sudah merangkum jawabannya secara lengkap untuk Anda di bawah ini.

Apa itu Risk Manager?

Berdasarkan laman IRMI, manajer risiko atau risk manager adalah mereka yang mengemban tanggung jawab dalam memprediksi dan mengelola semua risiko perusahaan. Selain itu, mereka juga bertugas dalam meminimalisir dampak kerugian dari setiap risiko yang mampu mengancam perkembangan perusahaan.

Biasanya, manajer risiko ini akan hanya fokus dalam strategi bisnis dan juga finansial perusahaan. Namun, seiring dengan kemajuan zaman, beberapa perusahaan besar juga sudah memperluas peran dari seorang risk manager.

Mereka akan diberikan tugas untuk melakukan analisis di bidang risiko lainnya yang bisa mengancam perusahaan, seperti risiko operasional. Manajer risiko sering ditugaskan untuk melakukan identifikasi pada tingkat risiko, melakukan evaluasi pada jenis risiko, dan membuat strategi terbaik untuk menghindarinya.

Selain itu, mereka juga harus menerapkan teknik manajemen risiko secara teratur agar bisa melakukan evaluasi pada semua program dan strategi bisnis perusahaan.

Risk manager juga akan sering dilibatkan dalam proses perencanaan manajerial dan memimpin kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan bidang risiko.

Umumnya, manajer risiko ini akan berada di bawah kepemimpinan departemen keuangan, yang mana mereka harus melaporkan performanya secara langsung pada CFO dan stakeholders perusahaan.

Walaupun begitu, saat ini sudah banyak beberapa perusahaan yang membuat divisi sendiri tentang manajemen risiko.

Baca juga: Apa itu Chief Strategy Officer atau CSO? Ini Pengertian dan 10+ Tanggung Jawabnya!

Tugas dan Tanggung Jawab Risk Manager

Perlu Anda ketahui bahwa di dalam manajemen risiko terdapat beberapa bidang spesifik yang bisa menjadi fokus kerja dari seorang risk manager. Seiring dengan kemajuan zaman, telah muncul beragam kategori risiko yang bisa menjadi masalah atau mengancam perusahaan.

Nah, berbagai bidang risiko tersebut adalah keberlangsungan perusahaan, risiko komoditas perusahaan, risiko pengelolaan perusahaan, risiko keuangan, risiko lingkungan, risiko pasar dan kredit, risiko tentang keamanan dan informasi data, serta risiko teknologi.

Dengan adanya berbagai bidang risiko tersebut, maka tanggung jawab dan tugas dari seorang risk manager akan disesuaikan kembali dengan kebutuhan perusahaan.

Namun menurut Robert Half, masih ada beberapa pekerjaan umum yang masih menjadi tanggung jawab semua manajer risiko, yaitu:

  • Menerapkan proses manajemen risiko pada perusahaan
  • Melakukan penilaian yang di dalamnya melibatkan identifikasi risiko yang mampu memberikan dampak pada perusahaan
  • Melakukan evaluasi tingkat risiko dan strategi bisnis perusahaan
  • Menetapkan dan melakukan pengukuran tingkat toleransi risiko bisnis
  • Membuat laporan dengan cara yang sesuai pada setiap audiens yang berbeda, seperti pada dewan direksi, yang mana mereka harus bisa memahami risiko yang paling besar.

Baca juga: Cost Leadership Adalah Strategi Kepemimpinan Biaya untuk Raih Laba Maksimal, Benarkah?

Kualifikasi dan Skill Risk Manager

Berdasarkan bidang fokus dan juga tanggung jawab dari risk manager di atas, bisa kita ketahui bahwa profesi ini sangatlah penting untuk perusahaan. Profesi ini akan sulit untuk dilakukan bila manajer risiko yang bersangkutan tidak mempunyai skill dan kualifikasi yang telah ditetapkan.

Nah, bila Anda tertarik untuk merekrut risk manager, Anda bisa menetapkan keahlian dan kualifikasi di bawah ini, seperti yang telah dirangkum dari laman Prospects UK.

1. Hard Skill

Sama seperti jenis pekerjaan lainnya, profesi ini juga akan menuntut mereka untuk mempunyai keahlian dalam beberapa hard skill tertentu. Biasanya, Anda hanya harus memiliki kemampuan numerik dan juga ekonomi yang tinggi.

Selain itu, karena nantinya akan bekerja sama dengan banyak stakeholders, maka manajer risiko juga harus bisa menguasai minimal dua bahasa asing. Anda juga harus mempunyai kemampuan manajerial dan juga perencanaan strategi bisnis yang mendasar.

2. Soft Skill

Jika Anda ingin merekrut seorang manajer dalam bidang risiko, Anda harus memastikan kandidat tersebut mempunyai kemampuan soft skill yang baik. Selain itu, mereka juga harus mempunyai keahlian dalam hal analisa yang tajam agar bisa memprediksi tingkat risiko yang akan dihadapi perusahaan.

Selanjutnya, mereka juga harus lihai dalam hal presentasi. Karena, setiap performa nantinya akan dilaporkan pada jajaran direksi dan pemilik kepentingan paling tinggi.

3. Sejarah Studi dan Karier

Karena nantinya seorang risk manager akan menghadapi banyak permasalahan tentang numerik, maka Anda harus memilih kandidat yang mempunyai latar belakang tentang ekonomi, matematika, atau perbankan.

Selain itu, kandidat juga harus mempunyai pengalaman terlebih dahulu sebagai seorang risk analyst, atau minimal telah bekerja selama beberapa tahun dalam bidang yang sama.

Baca juga: C-Level adalah Pemegang Posisi Tertinggi Perusahaan, Ini Jenisnya!

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang risk manager yang sudah kami ringkas khusus untuk Anda. Pada intinya, pekerjaan yang satu ini sangat penting untuk perkembangan perusahaan agar berbagai masalah yang nantinya bisa mengancam bisa ditanggulangi dengan baik.

Namun, untuk merekrut seorang risk manager, tentunya Anda harus menyiapkan anggaran yang tepat. Nah, saat ini Anda bisa membuat anggaran keuangan secara #lebihbaik dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis Accurate Online.

Pasalnya, aplikasi yang telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan kuangan yang akan membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat terkait membuat anggaran keuangan perusahaan.

Selain itu, di dalamnya juga telah tersedia berbagai fitur bisnis luar biasa lainnya yang saling terintegrasi, sehingga akan mempermudah Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Jadi, ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Anggi

Artikel Terkait