Mengenal Teknik dan Tools yang Digunakan dalam Sales Coaching

Tugas seorang manajer tidak sekedar memimpin tim, melainkan juga meningkatkan kemampuan dan kecapakan timnya. Terutama bagi mereka yang berada di divisi penjualan atau sales, di mana target penjualan selalu naik setiap tahun. Karena itu, para manajer di tim penjualan sering mengirim timnya untuk mengikuti berbagai pelatihan, salah satunya sales coaching.

Sales coaching adalah pelatihan yang dilakukan oleh sales manajer. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan performa kerja timnya dan mampu mencapai target yang ditetapkan perusahaan.

Tentunya, pelatihan ini membutuhkan teknik dan tools tertentu agar bisa berhasil. Apa sajakah teknik dan tools tersebut? Artikel berikut ini akan menjawabnya sekaligus menerangkan kembali pengertian dari sales coaching.

Apa Itu Sales Coaching?

Sales coaching adalah pelatihan yang diadakan dan dilakukan oleh sales manager kepada sales representative. Pelatihan ini dinilai baik dan efektif dibanding hanya memberitahu bawahan tentang apa saja yang perlu dilakukan guna mencapai target perusahaan.

Manajer yang mengadakan pelatihan ini tidak hanya berfokus pada angka, melainkan juga pada aspek manusianya. Di mana kemampuan untuk memetakan kekuatan dan level kompetensi dari setiap anggota tim sales menjadi penting agar rencana pengembangan tim bisa dijalankan sebagaimana mestinya.

Pelatihan ini juga memiliki fundamental yang sama seperti prinsip pelatihan pada umumnya, yakni meyakini bahwa setiap orang mempunyai potensi untuk berkembang. Karena itu, pelatihan ini harus dilakukan secara berulang agar individu lebih mudah mengingat pembelajaran dan dapat memperbaiki perilaku atau usaha yang selama ini kurang efektif.

Sales coaching yang baik mempertimbangkan banyak hal dalam pelaksanaannya, termasuk tujuan jangka panjang penjualan, potensi pasar, perubahan perilaku konsumen, proses-proses yang perlu berjalan, serta kolaborasi antar individu di dalam timnya.

Pada intinya, sales coaching harus mampu meningkatkan kemampuan tim sales dan tidak hanya berorientasi pada angka target yang harus dicapai.

Baca juga: Sales Adalah: Istilah, Pekerjaan, dan Fungsi Sales dalam Perusahaan

Teknik Sales Coaching

Ada beberapa teknik coaching yang bisa diterapkan dalam pelatihan tim sales, yakni meliputi:

1. Menggunakan Data

Pemanfaatan teknologi dan data harus dilakukan semaksimal mungkin guna mengetahui aspek apa saja yang bisa dikembangkan oleh tim sales. Software penjualan juga bisa digunakan untuk mengetahui metrik konversi setiap bulannya, serta mengidentifikasi peningkatan dan penurunan yang terjadi termasuk alasan dibalik perubahan tersebut.

2. Mengkombinasikan Gaya Coaching

Karena dilakukan secara terus menerus, sales coaching bisa mencoba beberapa gaya coaching agar lebih bervariasi, seperti:

  • Strategic coaching, dilakukan untuk mengajarkan penjualan ke pasar yang spesifik serta bagaimana pelaksanaan proses pembelian yang kompleks.
  • Tactical coaching, bimbingan mengenai bagaimana memulai hubungan dengan konsumen dan lain-lain.
  • Spesific skill coaching, tipe coaching yang bisa digunakan untuk meningkatkan komunikasi dan strategi penjualan lainnya.

3. Ajak Tim Berpartisipasi

Sales coach dapat mengajak anggota untuk turut berpartisipasi dan mendukung program pelatihan yang tengah dilakukan. Tanyakan pada mereka mengenai apa yang bisa dikembangkan, bagaiamana performanya selama ini, dan metrik-metrik apa saja yang bisa mengukur perkembangan mereka dengan tepat.

Adapun salah satu cara yang bisa dilakukan untuk ini adalah dengan mengadakan meeting one-on-one antara sales coach dan sales representative.

4. Sharing Antar Anggota Tim

Jika terdapat anggota dengan performa menonjol, tawarkan mereka untuk berbagi kiat dengan sales lainnya. Dengan begitu, hubungan antar rekan satu tim dapat meningkat dan kinerja pun menjadi lebih baik.

Baca juga: Perbedaan Sales dan Marketing dan Hubungannya dalam Pengembangan Bisnis

Tools yang Digunakan dalam Sales Coaching

Terdapat banyak tool dan sarana yang bisa digunakan untuk meningkatkan dan menyederhanakan teknik sales coaching agar lebih efektif. Berikut ini beberapa tool yang bisa digunakan oleh sales coach, baik satu per satu ataupun secara sekaligus.

1. Chorus.ai

Chorus.ai adalah software yang menawarkan fitur artificial intelligence (AI) untuk menyederhanakan proses penyusunan taktik dan rencana coaching berdasarkan data dari lead dan pelanggan.

2. Gong

Gong adalah software yang mampu meninjau interaksi sales dengan pelanggan melalui conversation intelligence capabilities. Dengan fitur ini, sales manager bisa mengidentifikasi tindakan yang baik dan yang kurang dalam upaya sales.

3. Showpad Coach

Showpad coach adalah tool yang dibuat khusus untuk kegiatan coaching dan training. Software ini dapat mengatur proses coaching setiap anggota dan mampu mengulas data analitik yang berguna bagi pelatihan.

4. ExecVision

ExecVision adalah conversation intelligence program yang sangat berguna untuk coaching tim dalam jumlah besar. Software Ini mampu mempermudah analisis dan manajemen proses coaching secara keseluruhan.

Baca juga: Sales Executive Adalah Posisi Penting dalam Perusahaan, Ini Penjelasannya!

Penutup

Sales coaching dapat membantu perusahaan atau bisnis dalam memahami faktor internal dan eksternal yang menentukan keberhasilan penjualan, termasuk sisi-sisi yang selama ini mungkin luput dari pengamatan. Pelatihan ini juga menunjukkan bahwa sales manajer tidak hanya berfokus pada angka, melainkan juga perkembangan setiap individu yang berada di timnya.

Untuk mendukung pelatihan ini, sales coach bisa menggunakan software sales untuk melihat metrik penjualan, salah satunya seperti aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online. Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan akuntansi dan bisnis yang akan mempermudah dan mengotomatisasi proses pengelolaan serta pembuatan laporan keuangan.

Fitur dan keunggulan di dalamnya tersedia secara lengkap, mudah untuk digunakan, dan dapat diakses kapan saja serta di mana saja. Tertarik untuk menggunakannya?

Jika iya, silahkan klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.