Apa itu Service Marketing? Apa Manfaatnya untuk Bisnis?

Untuk perusahaan yang bergerak dalam penyediaan jasa, maka mereka harus membuat strategi pemasaran yang unik di dalam kampanyenya. Nah, service marketing adalah salah satunya.

Hal tersebut dikarenakan jasa atau layanan adalah suatu hal yang tidak memiliki bentuk fisik yang pasti. Sehingga, strategi pemasaran yang digunakan akan berbeda daripada yang biasanya.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan berbagai tentang service marketing sebagai berikut.

Apa Itu Service Marketing?

Berdasarkan laman Analytic Steps, layanan pemasaran atau service marketing adalah suatu bentuk kegiatan pemasaran yang dilakukan pada suatu bisnis penyedia jasa ataupun layanan demi meningkatkan brand awareness serta penjualan.

Berbeda dengan product marketing, service marketing lebih berfokus pada kegiatan promosi yang bersifat non- fisik dan disediakan oleh perusahaan sambil memberikan nilai untuk para penggunanya.

Dengan adanya layanan pemasaran, maka Anda bisa membangun kepercayaan konsumen dan menunjukkan bahwa layanan atau jasa Anda bisa memberikan keuntungan pada mereka. Anda bisa memanfaatkan strategi ini dengan cara menawarkan ide, keuntungan, serta janji yang bisa diberikan layanan atau jasa pada pengguna.

Baca juga: Service Blueprint: Definisi, Komponen, dan Manfaatnya dalam Pengembangan Bisnis

Siapa Saja yang Bisa Menggunakan Service Marketing?

Untuk Anda yang menyajikan layanan atau jasa pada pelanggan, maka menggunakan service marketing bisa membantu Anda untuk menjangkau prospek pengguna yang lebih luas.

Lantas, apa saja kira-kira bisnis yang bisa menggunakan strategi service marketing? Berdasarkan laman Indeed, beberapa perusahaan yang bisa menggunakan service marketing adalah perusahaan kesehatan, telekomunikasi, hiburan dan turisme, keuangan, perhotelan, transportasi, konsultasi, sales, marketing, desain, pendidikan, manajemen, industri perdagangan, hingga restoran.

Strategi pemasaran ini bisa dilakukan terlepas apakah bisnis Anda bergerak dalam bidang B2C ataupun B2B, tergantung dari layanan atau jasa yang Anda tawarkan.

Perusahaan yang lebih fokus pada bidang produk pun bisa menggunakan strategi marketing ini, khususnya dalam memberikan layanan after sales.

Baca juga: Apa Itu Self-Service dan Apa Saja Kelebihannya?

Manfaat Service Marketing

Berdasarkan laman Marketing91, manfaat dari service marketing adalah sebagai berikut:

  • Membantu perusahaan untuk melakukan customer retention
  • Mempermudah perusahaan dalam mencapai target konsumen atau audiens.
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan pada brand perusahaan
  • Membantu perusahaan untuk memperoleh keunggulan kompetitif
  • Memastikan layanan atau jasa yang diberikan sudah sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Baca juga: On Demand Service: Model Bisnis yang Akhir-akhir Ini Makin Populer

Karakteristik Service Marketing

Masih berdasarkan laman Analytic Steps, service marketing adalah suatu konsep atau strategi baru di dalam dunia marketing. Nah, untuk mengetahui praktiknya, Anda harus terlebih dahulu memahami karakteristik unik yang Anda miliki. 

Berdasarkan laman MBA Skool, beberapa karakteristik dari service marketing adalah sebagai berikut:

1. Tidak Memiliki Bentuk Fisik atau Intangible

Suatu layanan atau jasa tidak mempunyai bentuk fisik dan tidak bisa dipegang maupun dilihat. Hal ini tentunya berbeda dengan produk yang memiliki bentuk fisik.

Sehingga, hal tersebut akan membuat perusahaan penyedia layanan atau jasa harus melakukan pendekatan pemasaran yang juga berbeda.

2. Tidak Ada Kepemilikan

Suatu layanan atau jasa tidak akan bisa menjadi milik pelanggan walaupun mereka sudah membayar ataupun membelinya. Hal tersebut dikarenakan pelanggan hanya akan memperoleh pengalaman saat memanfaatkan jasa atau layanan tersebut. Untuk itu, layanan pemasaran akan sangat berhubungan dengan pengalaman pelanggan.

3. Tidak Dapat Dipisahkan

Artinya, di dalam layanan pemasaran, suatu jasa atau layanan yang dibeli oleh pelanggan akan dibuat dan juga digunakan saat itu juga, serta tidak akan bisa dipisahkan dari perusahaan penyedia jasa atau layanannya.

Sehingga, perusahaan harus bisa menunjukkan bahwa layanan atau jasa yang ditawarkan dalam kegiatan marketingnya sangat menarik dan menguntungkan untuk bisa digunakan.

4. Tidak Bisa Disimpan

Karena suatu jasa atau layanan bisa saat itu juga digunakan, maka hal tersebut tidak bisa disimpan oleh pelanggan. Hal ini pun membuat pelanggan jadi tidak lagi mudah yakin atau percaya pada layanan atau jasa yang ditawarkan.

Untuk itu, service marketing dibutuhkan untuk meyakinkan pelanggan bahwa jasa atau layanan yang Anda tawarkan adalah hal yang sangat penting.

5. Biaya yang Dikeluarkan

Berbeda dengan produk fisik yang memiliki dasar harga yang pasti, jasa ataupun layanan tidak mempunyai standarisasi biaya yang harus dikeluarkan oleh pelanggan untuk membelinya. Contohnya suatu hotel bintang satu yang menawarkan layanan harga murah namun memiliki kualitas rendah.

Hal ini tentunya berbeda dengan hotel bintang lima yang memberikan harga tinggi namun dengan kualitas, pengalaman, dan layanan yang jauh lebih baik.

Untuk itu, ketika melakukan layanan pemasaran, biaya ataupun harga yang dikenakan akan lebih ditampilkan agar bisa menarik perhatian calon pelanggan.

6. Variabilitas

Pengalaman yang dirasakan oleh setiap pelanggan pastinya berbeda-beda walaupun mereka memperoleh jasa ataupun layanan yang sama.

Pasalnya, dasar pengalaman adalah suatu hal yang sangat subjektif. Untuk itu, service marketing dimanfaatkan untuk bisa meyakinkan pelanggan bahwa mereka akan tetap memperoleh pengalaman yang positif dari jasa ataupun layanan.

7. Keterlibatan Manusia

Service marketing adalah suatu kegiatan pemasaran yang memberikan solusi atau memenuhi kebutuhan pelanggan. Sehingga, keterlibatan manusia mempunyai peran yang penting di dalam strategi ini, terlepas dari adanya perkembangan teknologi.

Layanan pemasaran akan lebih melibatkan Price, Place, Promotion, Product, People, Process dan Physical evidence (7P) dalam perencanaan dan juga kegiatan pemasarannya.

Baca juga: Cloud Service: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Penutup

Demikianlah beberapa penjelasan dari kami terkait service marketing yang harus Anda ketahui. Pada intinya, bila perusahaan Anda menjual layanan atau jasa pada pelanggan, maka strategi service marketing akan sangat sesuai untuk bisa segera diterapkan.

Tapi, melakukan service marketing saja tidak akan cukup. Terdapat berbagai hal lain yang harus Anda lakukan agar bisnis Anda bisa berjalan dengan baik. Salah satunya adalah memanfaatkan aplikasi kasir atau sistem POS dari Accurate POS.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa tetap terhubung dengan pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik. Anda bisa mengatur pemberian potongan harga atau diskon pada pelanggan yang telah terdaftar sebagai anggota. Sehingga, Anda bisa menciptakan hubungan yang saling menguntungkan.

Lebih dari itu, aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengelola pelanggan dan karyawan, serta melakukan penjualan.

Bahkan, karena sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Penasaran dengan Accurate POS? Anda bisa mencobanya selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.