Format Slip Gaji Sederhana yang Mudah Dibuat

Slip gaji merupakan dokumen penting yang berisi rincian upah karyawan. Slip gaji dikeluarkan setiap bulannya oleh perusahaan, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik. Format yang ditampilkan oleh setiap perusahaan pun berbeda-beda. Beberapa menerapkan format slip gaji sederhana yang hanya memuat komponen-komponen penting sesuai standar yang ada.

Di saat yang sama, masih ada perusahaan yang tidak menunaikan kewajibannya terkait pemberian slip gaji kepada karyawan. Padahal, ada regulasi yang mengatur bahwa setiap perusahaan wajib mengeluarkan slip gaji untuk karyawan. Beberapa di antaranya, kebanyakan perusahaan kecil, mengaku belum mengetahui cara membuat slip gaji untuk karyawan.

Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas cara membuat slip gaji sederhana, lengkap dengan format dan komponen penting yang harus ada di dalamnya. Namun sebelum itu, mari bahas terlebih dahulu regulasi dan fungsi terkait slip gaji.

Regulasi Mengenai Slip Gaji

Aturan mengenai slip gaji terdapat dalam Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2015 terkait Pengupahan.

“Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh pekerja/buruh pada saat upah dibayarkan.”

Adapun komponen yang harus ada dalam slip gaji karyawan, harus memenuhi ketentuan yang berdasarkan pada UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003, yang mencatat bahwa:

“Hak pekerja atau buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja atau buruh/buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atu jasa yang telah atau akan dilakukan.”

Baca juga: Slip Gaji Karyawan: Ini Pengertian, Format, dan Contohnya

Fungsi dan Manfaat Slip Gaji

Keberadaan slip gaji sebenarnya penting bagi perusahaan maupun karyawan. Bagi perusahan, slip gaji berperan sebagai bentuk pemenuhan hak karyawan dan dokumentasi atas nominal gaji yang dibayarkan. Sementara bagi karyawan, slip gaji memberikan beberapa manfaat penting yang meliputi:

  1. Sebagai sumber informasi yang jelas dan transparan terkait penghasilan yang diperoleh. Hal ini mencakup detail informasi potongan pajak serta penyetoran pajak penghasilan.
  2. Memudahkan proses pengajuan kredit. Adanya slip gaji menunjukkan bahwa orang yang mengajukan kredit memiliki penghasilan tetap untuk membayar cicilan kreditnya.
  3. Dokumen untuk negosiasi gaji. Ketika karyawan melamar pekerjaan baru, slip gaji bisa digunakan untuk membantu proses negosiasi gaji di tempat kerja yang baru.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Gaji Karyawan? Ini Caranya!

Format Slip Gaji

Format slip gaji karyawan di setiap perusahaan bisa berbeda-beda tergantung komponen yang ingin dimasukkan. Namun, dalam format slip gaji sederhana yang menjadi standar, berikut beberapa bagian yang harus ada di dalamnya.

1. Identitas Perusahaan

Pembuatan slip gaji haruslah menyantumkan identitas perusahaan, yang  umumnya mencakup nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, dan logo perusahaan.

2. Pernyataan Kerahasiaan Dokumen

Format slip gaji yang baik menyantumkan tanggal dikeluarkannya pembayaran dan penjelasan tentang kerahasiaan slip gaji. Kerahasiaan tersebut bisa berupa kalimat “Private and Confidential” yang berarti slip gaji tersebut hanya boleh diketahui oleh karyawan dengan nama tertera.

3. Data Karyawan

Selanjutnya, perlu diinformasikan data karyawan yang menerima gaji. Data tersebut meliputi nama karyawan, nomor pegawai, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

4. Rincian Upah dan Potongan

Informasi terkait besaran upah dan potongan yang dikenakan oleh karyawan perlu dijelaskan secara rinci. Dimana rincian terkait upah bisa meliputi gaji pokok, tunjangan, serta insentif lain. Begitu pun keterangan seputar potongan seperti premi kesehatan BPJS, saving plan karyawan, ataupun utang karyawan.

5. Keterangan Lengkap Pembayaran

Bagian terakhir yaitu keterangan lengkap mengenai pembayaran gaji. Dimana hal ini berisi penghasilan tahu berjalan sebelum dikurangi pajak, penghasilan tahun berjalan sesudah dikurangi pajak, pajak bulan berjalan, total uang yang diperoleh karyawan, dan nama bank institusi pembayar.

Baca juga: Apa Itu UMK, UMP, UMR, dan UMS? Berikut Pengertian dan Perbedaannya

Komponen Penting Slip Gaji Karyawan

Dalam hal ini, yang dimaksud dengan komponen slip gaji ialah yang merujuk pada keterangan lengkap pendapatan, yang meliputi:

  1. Gaji Pokok
  2. Tunjangan, seperti transportasi dan makan siang
  3. Fasilitas, seperti asuransi atau BPJS
  4. Bonus atau Tunjangan Hari Raya (THR)
  5. Pajak penghasilan yang dibayarkan perusahaan
  6. Upah lembur

Baca juga: Apa itu Payroll ? Ini Penjelasan dan Manfaat Payroll yang Harus Anda Tahu

Contoh Slip Gaji Sederhana

Menyalin dari laman linovhr,com, berikut dua contoh dari slip gaji sederhana yang bisa Anda contoh untuk diberikan kepada karyawan setiap bulannya.

1. Contoh Slip Gaji 1

Format Slip Gaji Sederhana yang Mudah Dibuat1

2. Contoh Slip Gaji 2

Format Slip Gaji Sederhana yang Mudah Dibuat2

Baca juga: Take Home Pay Adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya

Penutup

Demikianlah penjelasan seputar slip gaji yang dimulai dari uraian regulasi yang mengaturnya, fungsi dan manfaatnya, format dan komponen di dalamnya, serta beberapa contoh slip gaji sederhana.

Melalui artikel ini, diharapkan Anda dapat memahami pentingnya pemberian slip gaji kepada karyawan setiap bulannya. Diharapkan pula bagi Anda yang belum mengetahui cara membuat slip gaji, Anda bisa coba mencontoh pembuatan slip gaji sederhana seperti yang ditunjukkan di atas.

DI samping itu, Anda perlu memastikan pembayaran upah atau gaji karyawan dicatat dengan jelas dalam catatan keuangan dan bisnis perusahaan Anda.

Alih-alih menggunakan metode konvensional, Anda bisa mulai beralih pada penggunaan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online. Accurate Online merupakan software akuntansi dan bisnis yang menyediakan pencatatan dan pelaporan keuangan yang lebih cepat, akurat, dan otomatis.

Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang terbukti membantu pebisnis mencapai kesuksesan finansial. Berbagai fitur dan keunggulan juga tersedia di dalamnya yang bisa digunakan kapan saja dan di mana saja.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari, silahkan klik banner di bawah ini.accurate1

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.