12 Strategi Promosional Untuk Memasarkan Bisnis Anda Secara Efektif

Promosi adalah komponen penting dari setiap bisnis yang sukses. Jika Anda ingin berkembang, konsumen perlu tahu siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan. Menggabungkan promosi berkualitas tinggi dengan layanan berkualitas adalah cara terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda. Pada artikel ini, kami membahas strategi promosional paling efektif untuk memasarkan produk dan layanan perusahaan Anda agar sukses.

Apa itu strategi promosional

Strategi promosional berusaha untuk meningkatkan kesadaran dan meningkatkan penjualan untuk bisnis Anda. Ada banyak jenis strategi promosi yang berbeda, tetapi elemen kunci dari rencana yang sukses tetap konsisten:

Target audiens

Sebelum Anda merencanakan strategi promosi Anda, pertimbangkan jenis konsumen yang paling mungkin menginginkan produk atau layanan Anda. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan termasuk usia, tingkat pendidikan, dan lokasi.

Anggaran

Salah satu pertimbangan terpenting dalam strategi promosi apa pun adalah berapa banyak yang dapat Anda belanjakan. Anda juga harus menghitung pengembalian yang diharapkan untuk memastikan bahwa strategi promosi Anda sepadan dengan biayanya.

Sasaran

Meskipun meningkatkan penjualan mungkin menjadi tujuan utama Anda, strategi promosi yang sukses dapat mencakup banyak tujuan. Misalnya, Anda mungkin juga ingin meningkatkan branding atau reputasi atau meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan.

Rencana yang dapat ditindaklanjuti

Dengan target audiens, anggaran, dan tujuan, Anda dapat mulai membuat rencana yang dapat ditindaklanjuti untuk mencapai tujuan Anda. Strategi promosi yang terperinci membuat peta untuk diikuti dan sangat penting ketika banyak anggota staf harus bekerja sama untuk melaksanakan rencana promosi. Garis besar ini membantu menjaga semua karyawan pada halaman yang sama.

12 strategi promosional untuk bisnis Anda

Semakin banyak strategi promosi yang Anda ketahui, semakin banyak pilihan yang Anda miliki saat merencanakan rencana pemasaran bisnis Anda. Tidak ada dua perusahaan atau pasar yang identik, jadi cara terbaik untuk merencanakan strategi promosi Anda adalah dengan memeriksa semua opsi terbaik untuk membantu Anda memutuskan mana yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Berikut adalah 12 strategi promosi teratas yang perlu dipertimbangkan:

1. Konten SEO

Lalu lintas web adalah salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan lebih banyak perhatian untuk bisnis Anda, dan pengoptimalan mesin telusur (SEO) adalah bagian penting untuk menarik orang ke situs web Anda. SEO menggunakan kata kunci spesifik yang kemungkinan besar akan digunakan oleh calon pelanggan dalam pencarian mereka.

Meskipun aturan untuk SEO berkembang mengikuti tren, cara paling efektif untuk membuat konten dengan nilai SEO yang tahan lama adalah dengan membuat postingan berkualitas tinggi yang akan bermanfaat bagi pengunjung.

Baca juga: SEO dan SEM: Pengertian, Perbedaan, dan Mana yang Harus Anda Pilih?

2. Media sosial

Media sosial telah menjadi komponen penting dari kehadiran web yang efektif. Mempertahankan akun yang menyediakan konten dan interaksi menarik dengan pengikut adalah cara sederhana dan hemat biaya untuk mempromosikan perusahaan Anda.

Menjalankan profil Anda sendiri bukanlah satu-satunya cara untuk menggunakan media sosial dalam strategi promosi Anda. Banyak platform media sosial populer memungkinkan iklan yang sangat bertarget. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk menempatkan perusahaan Anda di depan konsumen yang sesuai dengan target demografis Anda.

Baca juga: Pembahasan Lengkap Instagram Marketing Untuk Para Pemilik Bisnis

3. Influencer

Influencer niche dapat menarik demografi target Anda dengan menunjukkan produk Anda atau meninjau layanan Anda secara online. Dengan memilih influencer dengan basis penggemar setia, Anda akan mendapatkan jaminan eksposur ke pelanggan potensial.

4. Kemitraan merek

Cara lain untuk mempromosikan perusahaan Anda adalah dengan menjalin kemitraan dengan bisnis lain. Tujuannya adalah agar kedua merek mendapatkan keuntungan dari sumber daya gabungan sehingga setiap perusahaan mendapat nilai lebih daripada yang mereka dapatkan dari mempromosikan secara individual.

Beberapa kemitraan datang dalam bentuk dua produk atau bisnis yang secara alami saling melengkapi. Misalnya, maskapai penerbangan dan agen persewaan mobil dapat merekomendasikan layanan satu sama lain kepada pelanggan mereka.

Dua perusahaan juga dapat mengiklankan atau menjual produk satu sama lain, seperti perusahaan makanan cepat saji yang bekerja dengan rilis film baru untuk menyediakan serangkaian mainan makanan anak-anak.

5. Kampanye email

Milis yang kuat adalah cara hemat biaya untuk menampilkan konten promosi Anda kepada audiens yang besar. Cara paling umum untuk membangun milis adalah melalui program penghargaan pelanggan dan program pilihan. Meskipun tidak semua orang akan membuka email mereka, biaya rendah dan jumlah pekerjaan yang diperlukan untuk mengirim promosi email masih dapat memberikan hasil yang kuat dan hemat biaya.

Baca juga: Mengenal Email Marketing dan 8 Tips Terbaik untuk Mendongkrak Penjualan

6. Kontes

Setiap kali Anda menawarkan kesempatan untuk memenangkan hadiah, kemungkinan besar akan menarik lebih banyak perhatian untuk bisnis Anda. Undian gratis dan pengundian hadiah, di mana setiap orang yang melakukan pembelian dalam jangka waktu tertentu dimasukkan, adalah cara terbaik untuk mendatangkan pelanggan.

Anda juga dapat menggunakan kontes dalam hubungannya dengan strategi promosi lainnya, seperti kampanye email. Anda dapat menggunakan entri dalam gambar sebagai cara untuk meningkatkan jangkauan kampanye Anda berikutnya.

7. Program referral

Memanfaatkan pelanggan yang ada untuk mengembangkan bisnis Anda adalah pilihan promosi yang sangat baik. Dengan program rujukan, Anda memberi insentif kepada klien Anda untuk memberi tahu teman dan keluarga mereka tentang Anda dengan menawarkan hadiah seperti diskon, layanan gratis, atau hadiah untuk setiap klien yang mendatangkan pelanggan baru. Ini membantu Anda mengembangkan basis klien sekaligus mempertahankan pelanggan Anda saat ini.

8. Loyalty plans

Biaya untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mahal daripada mempertahankan pelanggan yang Anda miliki. Oleh karena itu, retensi klien merupakan bagian penting dari setiap strategi promosi karena mengurangi jumlah klien baru yang dibutuhkan untuk mencapai target Anda. Rencana loyalitas yang menghargai pelanggan karena melakukan pembelian adalah cara terbaik untuk mendorong penjualan.

9. Gerakan amal

Beberapa rencana promosi, seperti memulai gerakan amal atau yayasan, memberikan kesempatan untuk membantu lebih dari sekadar perusahaan Anda sendiri menghasilkan keuntungan.

Menjalankan organisasi amal melalui bisnis Anda adalah peluang yang saling menguntungkan. Perusahaan Anda akan dapat membantu masyarakat sekaligus meningkatkan kesadaran merek dan mendapatkan perhatian positif.

Baca juga: 20 Taktik Penjualan yang Efektif dan Adaptif

10. Acara dan konferensi

Konferensi industri menghadirkan peluang bagus untuk menyebarkan nama perusahaan Anda ke target demografisnya. Perayaan dan pameran lokal juga bermanfaat bagi usaha kecil. Untuk industri yang mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut, pertemuan lokal besar ini memberikan peluang bagus untuk bertemu orang lain dan mengiklankan produk atau layanan Anda.

11. Sampel, hadiah, dan kupon

Salah satu metode untuk mendatangkan pelanggan baru adalah dengan menawarkan sampel, hadiah, atau kupon gratis. Ini dapat dilakukan dengan beberapa cara berbeda, seperti membagikan sampel di pameran dan konferensi.

Hadiah murah, seperti pena atau gantungan kunci dengan nama produk atau perusahaan Anda, adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan merek Anda kepada calon pelanggan. Anda juga dapat mendistribusikan kupon melalui surat, email, atau online. Sampel gratis adalah cara terbaik tanpa risiko bagi pelanggan baru untuk mencoba produk Anda dan kupon membantu mereka tetap bergabung.

12. Jaminan uang kembali

Menawarkan jaminan uang kembali adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko bagi pelanggan baru yang mungkin ragu untuk mencoba produk atau layanan baru. Jenis promosi ini juga memperkuat gagasan bahwa Anda peduli untuk menyediakan produk atau layanan berkualitas kepada pelanggan Anda yang sangat bagus untuk membangun merek Anda.

Baca juga: Tujuan Pemasaran: Pengertian, Contoh, dan Cara Membuatnya Dalam Bisnis

Kesimpulan

Itulah 10 strategi promosional yang harus Anda ketahui jika ingin membangun bisnis. Promosi adalah hal penting dalam berbisnis. Jika Anda ingin mempunyai bisnis yang maju dan sukses Anda perlu mengetahui terlebih dahulu strategi dalam berbisnis.

Disisi lain, Anda juga perlu melakukan pembukuan yang benar dan optimal dengan menggunakan software akuntansi yang dapat mengatur keuangan Anda dengan baik tanpa harus takut adanya fraud keuangan.

Accurate Online adalah software akuntansi yang terpercaya di indonesia, yang sudah berdiri sejak 20 tahun lalu yang memiliki fitur yang lengkap dengan harga yang terjangkau.

Yuk, coba trial selama 30 hari secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2 banner bawah