7 Ide Promosi Pemasaran di Bulan Puasa untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

oleh | Mar 21, 2024

source envato.

7 Ide Promosi Pemasaran di Bulan Puasa untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Kegiatan pemasaran di bulan puasa tentunya tidak bisa disamakan dengan yang biasa Anda lakukan pada bulan sebelumnya.

Kenapa? karena selama berpuasa, kebanyakan masyarakat muslim akan cenderung memilih berada di dalam ruangan daripada melakukan kegiatan aktivitas di luar ruangan.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan strategi pemasaran yang tepat agar Anda tetap mampu memenuhi keperluan pelanggan dan meningkatkan pemasukan usaha secara maksimal.

Nah, agar Anda tidak salah langkah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips pemasaran yang baik untuk bisa memenangkan persaingan yang semakin ketat selama bulan puasa.

7 Tips Marketing Ampuh Untuk Meningkatkan Penjualan di Bulan Puasa

7 Tips Marketing Ampuh Untuk Meningkatkan Penjualan di Bulan Puasa

ilustrasi cara promosi di bulan ramadan. source envato

1. Buat Produk Spesial Bulan Ramadhan

Strategi pemasaran pertama yang bisa Anda lakukan di bulan puasa adalah dengan membuat suatu produk spesial di bulan puasa.

Apapun produk yang Anda jual, baik itu pakaian, alat rumah tangga, atau makanan siap saji sekalipun, ada baiknya jika Anda memanfaatkan momentum bulan puasa ini untuk meluncurkan produk spesial yang memang hanya tersedia dalam stok terbatas.

Contoh sederhananya adalah pakaian muslim, set peralatan masak, atau menu makanan spesial di bulan puasa.

Jika Anda bergerak dalam bisnis kuliner, maka jangan ragu untuk meluncurkan menu spesial khusus yang bisa dipesan oleh pelanggan selama bulan puasa berlangsung, seperti kolak, bubur, atau hidangan manis lainnya untuk berbuka puasa.

Baca juga: 10 Bisnis Ramadhan yang Cocok Anda Lakukan pada saat Bulan Puasa

2. Siapkan Paket Bundling Khusus Ramadan

Arti dari paket bundling disini adalah menyajikan dua produk yang berbeda dalam satu kemasan jual yang menarik dengan harga yang terjangkau. Informasikanlah pada pelanggan Anda bahwa produk ini hanya bisa didapatkan di bulan puasa saja.

Sehingga, mereka akan lebih semangat dalam melakukan pembelian, karena stoknya yang sangat terbatas. Selain itu, pastikan juga kemasan paket bundling tersebut tertata dengan rapi agar mampu menarik banyak konsumen.

3. Sediakan Layanan Pesan-Antar

Bila selama ini pelanggan lebih banyak membeli produk Anda dengan cara langsung mendatangi toko, maka saat bulan puasa kali ini mereka akan cenderung lebih malas untuk keluar, terlebih lagi bila cuaca memang sedang terik.

Untuk itu, tidak ada salahnya untuk menyediakan layanan pesan–antar terbaru pada bisnis Anda agar bisa meningkatkan omset penjualan. \

Anda juga masih bisa menggunakan layanan kirim barang yang disediakan oleh pesan antar online atau ojek online bila belum mempunyai kurir pribadi.

Namun, layanan pesan-antar ini tidak gratis. Anda bisa memberikan tarif sesuai dengan jarak konsumen tersebut. Tapi, bila ada konsumen yang melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak, Anda bisa memberikan gratis ongkos kirim atau gratis layanan antar.

4. Berikan Diskon dan Promo Khusus Bulan Ramadhan

ramadanjadihebat-img

Setiap pelanggan pasti akan senang dengan tawaran diskon ataupun potongan harga dalam kegiatan pembeliannya. Pemasaran Anda hampir bisa dipastikan lancar dengan tawaran diskon yang menarik selama bulan puasa.

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan waktu pembelian tertentu untuk pelanggan yang ingin menikmati diskon tersebut.

Potongan harga berupa diskon ini bisa bervariasi tergantung dari harga produk Anda. Semakin besar diskon, biasanya akan semakin besar pula pemasukan yang akan Anda peroleh.

Cara pemasaran lain yang masih bisa Anda lakukan untuk meningkatkan pemasukan di bulan puasa adalah dengan menerapkan promo.

Sebagai contoh, terapkanlah promo khusus yang hanya berlaku selama bulan puasa saja. Anda bisa menggunakan strategi pemasaran ini dengan berbagai promo yang berbeda dalam tiap minggunya.

Contohnya pada bulan puasa tahun 2024, Accurate Indonesia memberikan promo khusus yaitu Lebaran Jadi Hebat dengan potongan harga dan cashback menarik.

Cara seperti ini diklaim sangat efektif untuk meningkatkan pemasukan karena setiap pelanggan pastinya tidak ingin ketinggalan promo yang sedang berjalan.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Laporan dengan Accurate Online

5. Desain Ulang Dengan Nuansa Ramadhan

Bila Anda memiliki toko offline, disarankan untuk mendasain ulang bagian dalam dan luar toko dengan berbagai ornamen bernuansa Ramadhan. Sehingga, saat pelanggan melewati toko Anda, mereka akan lebih tertarik untuk mampir dan melakukan pembelian.

Selain itu, cobalah untuk meminta pada setiap karyawan Anda untuk menggunakan busana muslim agar suasana Ramadhan bisa semakin kental. Putarkan juga berbagai musik bernuansa religi agar suasana Ramadhan di toko Anda semakin terasa.

6. Membuat Konten yang Menarik di Media Sosial

Media sosial mempunyai peranan yang sangat besar dalam mendukung kegiatan pemasaran Anda, termasuk selama bulan puasa. Anda bisa menggunakan media sosial secara baik agar bisa tetap terhubung dengan pelanggan Anda dimanapun mereka berada.

Anda bisa menginformasikan seluruh promo dan penawaran menarik yang sedang berlangsung pada bisnis Anda agar bisa lebih mudah dicapai para pelanggan setia Anda.

Pelajari cara selengkapnya di bawah!

7. Lakukan Kerja Sama Dengan Bisnis Lain

Dalam hal ini, bukan berarti Anda mendukung bisnis kompetitor dan mengabaikan bisnis Anda sendiri.

Sebaliknya, cara ini malah akan membantu meningkatkan penjualan Anda di bulan puasa selama bentuk kerjasama itu dilakukan secara tepat. Selain itu, nilai produk Anda pun akan turut meningkat.

Contoh sederhananya, bila Anda adalah salah satu pebisnis jilbab yang mengirimkan pesanan dengan menggunakan layanan ekspedisi. Nah, pada bulan puasa seperti saat ini, Anda bisa menambahkan pilihan pengiriman jilbab melalui kerjasama dengan pihak ojek online.

Bentuk layanan pengiriman ini tentunya hanya bisa Anda lakukan untuk pelanggan yang memang masih satu kota dengan Anda. Sehingga, pelanggan pun bisa lebih cepat menerima pesanannya dan merasa puas berbelanja di toko Anda.

Sebagai pilihan lain, Anda juga bisa melakukan kerjasama dengan brand busana wanita lain dalam memberikan promo tertentu. Sebagai contoh, Anda dan brand partner Anda membuat paket gamis dan jilbab dengan harga spesial menjelang hari raya lebaran.

Cara tersebut sangat efektif untuk menarik pelanggan baru, yaitu mereka yang menjadi pengikut atau pelanggan setia dari brand partner Anda. Sehingga, Anda pun mempunyai peluang yang lebih banyak untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga: 10 Ide Terbaik Hampers Lebaran, Unik dan Bermanfaat!

Bagaimana Cara Membuat Konten Ramadan yang Menarik?

Bagaimana Cara Membuat Konten Ramadan yang Menarik

ilustrasi cara promosi di bulan ramadan. source envato

Membuat konten yang menarik selama bulan Ramadan di media sosial membutuhkan pemahaman tentang nilai-nilai dan kebiasaan yang umumnya terkait dengan bulan suci ini.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat konten Ramadan yang menarik di media sosial:

1. Ketahui Audiens Anda

Pahami siapa target audiens Anda dan apa yang mereka cari selama bulan Ramadan.

Apakah mereka mencari motivasi, resep masakan, tips beribadah, atau promosi produk spesial Ramadan?

Dengan memahami audiens Anda, Anda dapat membuat konten yang lebih relevan dan menarik bagi mereka.

2. Berikan Nilai dan Inspirasi

Ramadan adalah waktu yang penuh dengan nilai-nilai seperti kebaikan, kemurahan hati, dan belas kasihan.

Buatlah konten yang memberikan inspirasi, motivasi, dan cerita-cerita positif yang terkait dengan tema ini.

Misalnya, ceritakan kisah-kisah kebaikan atau berbagi tips untuk meningkatkan ibadah selama bulan Ramadan.

3. Gunakan Gambar dan Grafis Menarik

Gunakan gambar dan grafis yang menarik untuk mendukung konten Anda.

Anda dapat menggunakan desain yang sesuai dengan tema Ramadan, seperti gambar bulan sabit, masjid, atau kaligrafi Arab.

Pastikan juga konten visual Anda mencerminkan suasana Ramadan yang penuh kehangatan dan kebersamaan.

4. Berbagi Resep dan Tips Ramadan

Resep masakan khas Ramadan atau tips seputar puasa dan beribadah selama bulan ini sangat diminati oleh banyak orang.

Berikan konten yang berisi resep masakan tradisional, menu sahur dan berbuka puasa yang sehat, serta tips-tips praktis untuk menjalani puasa dengan lancar.

5. Ajak Interaksi dan Partisipasi

Buatlah konten yang mengajak interaksi dan partisipasi dari para pengikut Anda.

Misalnya, Anda dapat mengadakan kuis atau tantangan yang terkait dengan Ramadan, meminta pengikut untuk berbagi pengalaman mereka selama bulan suci ini, atau mengajak mereka untuk berkontribusi dalam kegiatan amal.

6. Promosikan Produk atau Layanan Spesial Ramadan

Jika Anda memiliki bisnis, manfaatkan momen Ramadan untuk mempromosikan produk atau layanan spesial Ramadan Anda.

Buatlah konten yang menarik dan kreatif untuk memperkenalkan produk Anda dan memberikan penawaran spesial atau diskon selama bulan ini.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas dan tetap konsisten dalam menyajikan konten yang berkualitas, Anda dapat membuat konten Ramadan yang menarik dan membangun koneksi yang lebih dalam dengan audiens Anda di media sosial.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Parcel Lebaran yang Unik di Bulan Puasa

Cara Membuat Iklan untuk Promosi Ramadhan

Untuk membuat iklan yang menarik untuk promosi di bulan Ramadan, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Tentukan Tujuan Kampanye

Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, atau mempromosikan produk khusus Ramadan? Tentukan tujuan Anda dengan jelas sebelum membuat iklan.

2. Pahami Target Audiens

Kenali siapa target audiens Anda dan apa yang mereka cari selama bulan Ramadan. Apakah mereka mencari produk khusus Ramadan, penawaran diskon, atau inspirasi untuk merayakan bulan suci ini?

3. Buat Pesan yang Relevan

Buatlah pesan yang relevan dengan tema Ramadan. Gunakan kata-kata dan gambar yang mencerminkan nilai-nilai Ramadan seperti kebaikan, kemurahan hati, dan kebersamaan.

4. Gunakan Visual yang Menarik

Gunakan gambar atau video yang menarik dan berkualitas tinggi. Pastikan visual tersebut sesuai dengan tema Ramadan dan mampu menarik perhatian audiens.

5. Tetap Sederhana dan Jelas

Sampaikan pesan Anda dengan cara yang sederhana dan jelas. Hindari informasi yang berlebihan dan fokuslah pada pesan inti yang ingin Anda sampaikan.

6. Tetap Konsisten dengan Branding

Pastikan iklan Anda konsisten dengan identitas merek Anda. Gunakan logo, warna, dan gaya visual yang konsisten dengan merek Anda untuk memperkuat kesan kepada audiens.

7. Pilih Platform yang Tepat

Pilih platform media sosial atau saluran pemasaran lainnya yang tepat untuk target audiens Anda. Sesuaikan konten iklan dengan format dan karakteristik platform yang Anda pilih.

8. Uji dan Analisis

Setelah iklan Anda diluncurkan, lakukan uji coba dan analisis untuk melihat seberapa efektif iklan Anda dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Gunakan data tersebut untuk memperbaiki strategi iklan Anda di masa mendatang.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan memperhatikan konteks dan sensitivitas budaya Ramadan, Anda dapat membuat iklan yang menarik dan efektif untuk promosi di bulan Ramadan.

Baca juga: 4 Kegiatan Positif di Bulan Puasa yang Bisa Dilakukan Perusahaan

Penutup

Bagaimana dengan strategi pemasaran yang sudah Anda lakukan selama bulan puasa ini? apakah memang sudah berhasil meningkatkan penjualan? Bila memang belum, tidak ada salahnya untuk mencoba ke tujuh tips diatas.

Jangan lupa juga untuk selalu mempercayakan pengelolaan keuangan perusahaan Anda dengan menggunakan aplikasi akuntansi Accurate Online.

Aplikasi akuntansi ini akan memudahkan Anda dalam menjalankan berbagai kegiatan akuntansi yang rumit menjadi lebih mudah.

Selain itu, manfaatkanlah bulan yang penuh berkah ini dengan selalu berbagi dan bersedekah agar penjualan Anda bisa semakin meningkat!

marketingmanajemenbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait