Berjualan Di Marketplace? Berikut 11 Tips Terbaik Berjualan Di Marketplace

Perkembangan teknologi khususnya di dunia digital hingga saat ini semakin memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya dalam hal berbisnis. Banyak orang yang dulunya berbisnis melalui media sosial kini mulai beralih berjualan di marketplace. Berjualan di marketplace ini dianggap lebih aman dan nyaman.

Apalagi barang yang tersedia di marketplace sangat beragam. Sehingga konsumen lebih nyaman untuk membeli produk yang diinginkan lewat marketplace.

Bagi yang sedang menjalankan bisnis online, lalu tertarik untuk melakukan ekspansi usaha cobalah dengan berjualan di marketplace. Tenang saja supaya sukses berbisnis melalui marketplace berikut tips yang perlu dilakukan :

Baca juga : 10 Bisnis Waralaba Modal Kecil Dengan Untung Yang Besar

11 Tips Berjualan Di Marketplace

1. Pilih Marketplace Ternama dan Terpercaya

Tips utama jika ingin sukses berjualan di marketplace adalah sebaiknya pilih marketplace yang paling terpercaya. Upayakan memilih marketplace yang sudah dikenal banyak orang. Sering terlihat iklannya di media elektronik, maupun media online.

Jika sudah banyak dikenal orang, pembeli akan lebih mudah untuk memutuskan membeli di marketplace tersebut. Hal ini karena marketplace tersebut sudah memiliki banyak pelanggan sebelumnya.

Dengan begitu toko online yang dibuat akan semakin mudah ditemukan oleh pembeli. Dari sisi pembeli tentunya juga merasa lebih nyaman membeli di marketplace tersebut.

2. Buat Toko Online di Beberapa Marketplace

Marketplace terpercaya mungkin jumlahnya lebih dari satu. Justru ini bisa dipakai untuk senjata. Upayakan untuk membuat toko online pada setiap marketplace tersebut. Jadi tidak hanya berfokus dengan satu marketplace saja. Hal ini sebagai langkah untuk menjaring lebih banyak pembeli.

Misalnya saja satu marketplace diestimasikan mampu memberikan keuntungan 10%. Maka seumpama membuat toko online di 4 marketplace, artinya bisa untung hingga 40%. Jangan lupa, tetap pantau semua toko online yang dibuat di setiap marketplace tersebut. Tidak boleh hanya salah satu saja yang difokuskan.

3. Jual dengan Harga Promo

Selanjutnya usahakan untuk menjual produk dengan harga promo, bukan harga miring. Meskipun menjual dengan harga miring jauh lebih murah dari pesaing dan posisi barang asli belum menjamin konsumen banyak tertarik. Hal ini karena mereka bisa saja ragu tentang kualitas produk yang dijual.

Maka dari itu, kata “promo” adalah paling tepat untuk menarik pembeli, tanpa meninggalkan kesan keraguan. Namun ingat, banyak pesaing lain di marketplace yang tentu menjual produk sejenis. Jadi pintar-pintar saja membuat ragam promo untuk menarik banyak konsumen.

Baca juga : 10 Strategi Promosi Kekinian Yang Cocok Untuk Banyak Jenis Bisnis

4. Berikan Tanggapan yang Ramah Kepada Konsumen

Tidak hanya kualitas produk, berikan juga pelayanan paripurna. Berusahalah untuk selalu menanggapi dengan senang hati semua pertanyaan maupun keluhan konsumen. Tanggapan yang baik dan pelayanan yang ramah akan membuat konsumen merasa nyaman dan aman untuk berbelanja di toko online yang dibuat.

Selalu bersikap profesional, walaupun tidak jarang ada beberapa konsumen yang memberikan komentar buruk. Tanggapi saja dengan kepala dingin dan bersahaja.

5. Buat Deskripsi Produk dengan Jelas

Bukan tidak mungkin produk yang dijual di toko online melalui marketplace akan sama jenisnya dengan penjual lain. Untuk menyiasatinya, bisa dilakukan cara dengan membuat deskripsi produk yang unik. Usahakan untuk membuat deskripsi produk yang jelas, informatif, dan lengkap.

Deskripsi harus memberikan perincian tentang produk yang dijual. Ini berguna supaya pembeli bisa mengetahui setidaknya gambaran kasar tentang dari produk tersebut. Sebelum mereka memutuskan untuk membelinya.

Baca juga : 28 Ide, Strategi, dan Cara untuk Menambah Like di Instagram

6. Kenali Kebutuhan Konsumen

Tips jika ingin sukses berjualan di marketplace selanjutnya adalah usahakan untuk mengenali kebutuhan konsumen. Kebutuhan konsumen pasti berbeda satu sama lain. Misalnya untuk produk handphone.

Untuk anak muda mungkin lebih mencari smartphone dengan banyak fitur. Sedangkan untuk orang tua hanya mencari handphone sederhana yang bisa telepon dan kirim pesan saja.

Caranya supaya tahu kebutuhan konsumen tentunya harus tetapkan dulu target pasar. Dengan begitu akan lebih mudah menentukan spesifikasi produk yang akan dijual. Jika ini dilakukan, produk dipastikan akan cepat laris terjual

7. Jual Produk yang Berkualitas

Produk berkualitas memang seringkali berharga lebih mahal. Konsumen pasti akan pikir-pikir dulu untuk membeli produk yang mahal. Meskipun begitu, pikirkan juga jika produk berkualitas itu punya nilai ekonomis yang tinggi, sehingga cukup awet digunakan bertahun-tahun.

Jadi cukup yakinkan saja ke konsumen jika membeli produk berkualitas malah lebih menguntungkan.
Jika diberi pengertian, pasti mereka akan lebih memilih barang yang berkualitas. Daripada menjual barang dengan kualitas rendah, malah akan memperburuk citra toko online di mata konsumen.

8. Menambahkan Foto Produk yang Real

Berjualan di marketplace, artinya konsumen tidak akan bisa melihat barang secara langsung. Namun mereka masih tetap bisa membayangkan dengan melihat visualisasi produk melalui gambar atau foto. Maka dari itu jangan lupa untuk menambahkan foto selain deskripsi produk.

Foto yang ditambahkan juga harus yang real. Karena jika produk sampai ke tangan konsumen ternyata tidak sama dengan gambar mereka akan kecewa. Ini akan membuat tingkat kepercayaan konsumen pada toko online bisa menurun.

Baca juga : Mengenal Internet Marketing Serta Tips Efektif Mengembangkannya

9. Memberikan Fasilitas yang Memadai

Fasilitas yang dimaksud disini mencakup tentang kemudahan transaksi pembayaran, pengembalian, serta pengiriman produk. Jika ingin toko online di marketplace tetap diminati konsumen fasilitasi mereka dengan segala kemudahan. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah mendapatkan produk yang mereka inginkan.

Selain itu, upayakan untuk membangun komunikasi yang baik dengan para konsumen. Tidak hanya soal memberikan tanggapan dengan bahasa sopan. Namun juga kecepatan respon sehingga mereka merasa tidak diabaikan.

10. Perbanyak Produk yang Dijual

Terakhir adalah upayakan untuk memperbanyak produk yang dijual. Semakin banyak varian produk yang dijual tentunya tampilan toko online akan semakin menarik. Hal ini karena konsumen akan memiliki banyak pilihan produk yang mereka ingin cari.

Misalnya menjual produk fashion yaitu kaos. Sebaiknya cari yang model up to date, dan usahakan menyediakan banyak pilihan warna. Ini akan membuat konsumen merasa lebih puas.

11. Melakukan Pembukuan yang Benar

Pembukuan adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis Anda, termasuk bagi Anda yang menjual produk melalui marketplace. Untuk sebagian perusahaan pembukuan adalah hal yang penting dilakukan dalam masalah bisnis. Bukan hanya itu, pembukuan juga berperan untuk mencatat aktivitas bisnis yang berhubungan dengan keuangan, termasuk transaksi masuk, transaksi keluar dan laba rugi.

Dengan adanya software akuntansi pembukuan Anda akan lebih rapih dan Anda dengan mudah mendapatkan data real time serta minim kesalahan.

Accurate Online adalah software akuntansi yang sudah menggunakan layanan berbasis cloud server. Dengan ini Anda bisa mengakses data keuangan Anda dari manapun Anda berada. Memiliki fitur terlengkap bagi semua jenis bisnis, termasuk bagi Anda penjual di marketplace.

Accurate Online memiliki fitur smartlink ecommerce yang akan memudahkan Anda untuk memantau persediaan dan pemasukan yang Anda dapatkan dari berbagai channel penjualan di barbagai marketplace seperti Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak..

Itu tadi ada 11 tips terbaik berjualan di marketplace. Mulai saat ini cobalah untuk berbisnis online tidak hanya melalui media sosial saja. Berjualan melalui marketplace justru lebih mudah dan menguntungkan. Ikuti saja beberapa tips di atas supaya usaha lebih sukses dan makin berkembang.

Sekalian jangan lupa untuk mencoba trial accurate online dengan gratis selama 30 hari

accurate fokus pengembangan

 

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.