Mengenal Internet Marketing Serta Tips Efektif Mengembangkannya
Tidak bisa dipungkiri bahwa memasuki era industri 4.0 ini semuanya beralih menjadi serba digital dengan menggunakan fasilitas internet.
Begitu pun dengan kegiatan pemasaran yang dulunya lebih banyak dilakukan dengan cara konvensional kini sudah mulai beralih dengan menggunakan internet (internet marketing).
Sebuah kegiatan pemasaran yang dinilai lebih praktis dan lebih jitu.
Daftar Isi
Apa itu Internet Marketing?
![Apa itu Internet Marketing](https://accurate.id/wp-content/uploads/2020/04/accurate.id-Apa-itu-Internet-Marketing.webp)
ilustrasi internet marketing. source envato
Pertama adalah apa itu internet marketing? Secara sederhananya adalah kegiatan marketing atau kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan alat digital menggunakan media internet.
Mengutip dari Wikipedia, Internet marketing yang sekarang dikenal dengan digital marketing adalah komponen pemasaran yang menggunakan Internet dan teknologi digital berbasis online seperti komputer, gawai, dan media serta platform digital lainnya untuk mempromosikan produk dan layanan.
Secara lebih luas adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah barang atau jasa dengan menggunakan media digital dengan internet sebagai fasilitator yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.
Baca juga: Bagaimana Cara Belajar Internet Marketing? Ini Panduannya Untuk Anda!
Tips Efektif Mengembangkan
![Tips Efektif Mengembangkan](https://accurate.id/wp-content/uploads/2020/04/accurate.id-Tips-Efektif-Mengembangkan.webp)
ilustrasi internet marketing. source envato
Meskipun terlihat sederhana, dan mudah untuk dilakukan tapi ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar pemasaran dan menjadikan internet marketing Anda lebih maksimal.
Ada beberapa tips dibawah ini yang bisa dilakukan agar pengembangannya menjadi lebih terarah.
Berikut ini adalah beberapa tips jitu yang bisa dilakukan oleh pengusaha yang ingin menggunakannya :
1. Membangun Database Konsumen
Pertama adalah mulai dengan membangun database konsumen sebagai permulaan.
Kumpulkan dan kelola beberapa database konsumen yang nantinya berguna untuk memetakan dan mengelompokkan konsumen potensial.
Nantinya konsumen tersebut menjadi target penyebaran kegiatan marketing atau pemasaran internet marketing baik dalam hal penawaran maupun konten.
Selain itu pengelompokan ini juga bisa dilakukan berdasarkan kegemaran, tempat tinggal, usia, dll.
Fungsi dalam membuat database ini adalah mengetahui dengan pasti penyebaran konten yang ingin dilakukan.
Hal ini juga berarti bisa membangun koneksi kepada pelanggan karena internet marketing bukan hanya tentang bagaimana produk bisa dicapai oleh konsumen tapi bagaimana konsumen menyadari produk ataupun jasa yang ditawarkan.
Baca juga : 8 Tips Efektif Digital Marketing dan Pengertiannya
2. Memilih Media Pengembangannya
Selanjutnya adalah memilih media apa yang ingin digunakan, atau platform apa yang ingin digunakan sebagai media pemasaran.
Ada banyak sekali media yang bisa digunakan seperti media sosial (Facebook, instagram, twitter, dll) lalu bisa juga dengan menggunakan website maupun blog dan Sesuaikan semuanya dengan budget dan juga kebutuhan pemasaran.
Ada baiknya untuk awalan buatlah website yang baik, karena memang website merupakan tempat paling kuat untuk melaksanakan kegiatan pemasaran melalui internet.
Setelahnya barulah mulai merambah ke sosial media yang dikenal ramah dan juga murah untuk para pengusaha yang ingin melakukan kegiatan pemasaran di dalamnya. Karena sosial media dianggap jitu, dan mudah untuk digunakan.
3. Melakukan Riset
![Melakukan Riset](https://accurate.id/wp-content/uploads/2020/04/accurate.id-Melakukan-Riset.webp)
ilustrasi internet marketing. source envato
Dalam melakukan riset ini ada dua poin yang harus sangat diperhatikan yaitu riset produk dan juga riset persaingan.
Riset produk berarti mengetahui apa yang sedang digemari oleh pasar dan masyarakat sekitar.
Dengan memahami produk apa yang sedang populer, maka kegiatan pemasaran akan lebih mudah mendapatkan perhatian. Cara melakukan risetnya pun mudah, tinggal mencari di marketplace besar di Indonesia.
Lalu lakukan juga riset persaingan setelahnya, karena setelah menentukan produk tentu yang menjual tidak hanya satu pengusaha saja.
Dalam melakukan riset ini selain mengetahui siapa saja yang menjadi saingan bisnis, juga bisa mengetahui tentang harga dan keinginan konsumen.
Dengan begitu penyusunan strategi kegiatan pemasaran ini bisa dilakukan dengan baik dan juga terarah.
Baca juga : Internet marketer: Ini Pengertian dan Tips Sukses Menjalaninya
4. Menentukan Konten yang Menarik
Ketika hendak membuat konten yang menarik ini, harus selalu ingat dengan keinginan konsumen.
Faktanya di lapangan, lebih dari 92% konsumen menginginkan konten yang bagus, namun masih relevan ataupun sesuai dengan kehidupan.
Buatlah seperti cerita, namun tidak bersifat membosankan dan terlalu lama. Sesuaikan juga dengan tema produk yang diangkat.
Tidak hanya itu, konten yang menarik harus bisa sampai ke konsumen di waktu yang tepat. Hal ini tentu harus disesuaikan dengan jenis platform yang ingin digunakan dan konten yang ingin diiklankan.
Konten yang baik juga harus tetap konsisten dan memiliki konsep yang sederhana namun tetap enak untuk dilihat.
5. Menentukan Modal yang Dikeluarkan
Terakhir jangan lupakan tentang budget ataupun modal yang perlu dikeluarkan.
Karena dengan menentukan dana yang ingin digunakan sebelumnya bisa menghindarkan seseorang dari over budget ataupun kekurangan dana di tengah jalan.
Selain itu dengan menentukan anggaran sebelumnya bisa menjadi acuan. Menurut riset, biaya yang digunakan untuk promosi melalui internet adalah 45%.
Dengan menentukan modal, pengusaha juga bisa mengetahui platform apa yang diinginkan, konten apa yang ingin dibuat.
Semuanya bisa diatur dan disesuaikan dengan modal yang ada. Begitu juga dengan durasi lamanya pemasaran menggunakan internet marketing.
Baca juga : 8 Tips dan Keuntungan Pemasaran Online untuk Bisnis
Manfaat Internet Marketing
![Manfaat Internet Marketing](https://accurate.id/wp-content/uploads/2020/04/accurate.id-Manfaat-Internet-Marketing.webp)
ilustrasi internet marketing. source envato
Ada banyak hal mengapa masyarakat sekarang lebih menyukai internet marketing.
Pertama karena biayanya lebih murah jika dibandingkan dengan melakukan kegiatan pemasaran secara konvensional. Lalu dengan menggunakan internet, kegiatan pemasaran juga lebih mudah dan cepat.
Menggunakan internet juga bisa memberikan jangkauan lebih luas dan lebih terarah. Penghematan dana juga bisa dilakukan dengan signifikan menggunakan internet marketing.
Sifat internet yang real time juga bisa membuat pengusaha memantau iklan yang dipasangnya kapan saja dan di mana saja untuk menelusuri kinerjanya.
Apabila dirasa ada yang tidak beres, perubahan dan perbaikan dapat dilakukan dengan cepat untuk kembali memaksimalkan kegiatan iklan.
Itulah sebabnya mengapa kegiatan pemasaran menggunakan internet lebih memberikan banyak manfaat.
Internet marketing sebenarnya bukan hal yang baru, hanya saja masih banyak orang yang ragu untuk menggunakannya.
Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan masyarakat akan manfaat dari kegiatan pemasaran di internet, dan juga belum banyak yang mengetahui tipsnya.
Dengan membaca secara lengkap tips di atas beserta manfaatnya, diharapkan bisa menambah pengetahuan masyarakat.
Baca juga: 10 Strategi Pemasaran, Pengertian, Fungsi, Contoh dan Elemen dalam Pemasaran
Penutup
Demikian penjelasan internet marketing serta cara mengembangkannya, semoga bisa membantu Anda dalam usaha yang sedang Anda jalankan.
Seperti yang sudah Anda ketahui, internet marketing sangat penting untuk membantu media promosi usaha Anda.
Dengan adanya internet marketing Anda bisa mengembangkan usaha dengan mengajak orang-orang untuk mengetahui produk apa saja yang sudah Anda jual dengan pemasaran melalui sosial media/ situs web.
Anda juga pasti memerlukan software akuntansi yang dapat mempermudah usaha Anda untuk menghandle stok penjualan, pembuatan laporan keuangan, sampai melakukan analisa keuangan dengan cepat dan mudah.
Software Akuntansi dan Bisnis Accurate online salah satu software berbasis cloud terbaik yang dapat membantu usaha Anda. Karena memiliki fitur yang lengkap serta sudah terpercaya dan buatan Indonesia loh
Yuk langsung coba trial selama 30 hari tanpa bayar, hanya tinggal klik gambar di bawah ini :