10 Rahasia Membuka Toko Kelontong Yang Sukses

Toko kelontong dapat diartikan sebagai toko kecil yang mayoritas ada pada daerah pedesaan meskipun ada juga di daerah perkotaan. Akan tetapi toko ini masih jarang ditemui pada daerah perkotaan. Karena memang di daerah perkotaan tempat belanja mayoritas yang berbasis supermarket. Di mana supermarket ini tentunya memiliki harga yang lebih murah dibanding dengan toko kecil.

Bukan hanya di pedesaan pemilik toko ini banyak yang sukses, akan tetapi ada juga di daerah perkotaan. Meskipun kesuksesan toko kelontong di perkotaan masih minim dibanding dengan pedesaan. Karena orang orang kota lebih memilih ke supermarket untuk belanja. Berikut ini merupakan paparan mengenai 10 rahasia membuka toko kelontong yang sukses.

Baca juga : 15 Strategi Sukses Dalam Membangun Bisnis Ritel

1. Tempat Strategis

Hal pertama yang menjadi rahasia untuk membuka toko kelontong agar bisa sukses adalah memilih tempat yang strategis. Di mana letak tempat ini merupakan salah satu kunci jika ingin sukses dalam membuka toko tersebut. Adapun pemilihan tempat yang sangat strategis untuk usaha ini adalah tempat yang letaknya di pemukiman penduduk.

Akan tetapi lebih baik lagi jika memang pemilik toko ini memiliki rumah yang dekat dengan pemukiman penduduk. Sehingga pengusaha toko ini tidak perlu lagi melakukan penyewaan tempat karena bisa membuka toko tersebut di depan rumah. Karena melakukan sewa toko atau tempat untuk membuka toko membutuhkan modal yang banyak.

2. Melakukan Survey

Rahasia sukses selanjutnya adalah melakukan survey terlebih dahulu. Di mana survei yang dimaksud ini adalah melihat kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Karena hal tersebut memang bisa saja dibutuhkan jika waktu mendesak. Sehingga masyarakat sekitar akan membeli ke toko kelontong tersebut.

Dengan alasan bahwa toko tersebut adalah tempat terdekat untuk membeli kebutuhan tersebut. Sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan kebutuhan tersebut. Karena memang kebutuhan tersebut harus ada dalam waktu yang singkat untuk digunakan. Dalam artian untuk mendapatkan barang tersebut bisa menghemat waktu.

3. Sesuaikan Dengan Modal

Modal merupakan hal yang diperlukan dan harus dimiliki sebelum membuka toko tersebut. Karena pada dasarnya modal ini memang hal utama yang harus ada dan dipertimbangkan sebelum membuka usaha. Sehingga modal ini harus disesuaikan dengan jenis usaha yang akan dibuka karena dikhawatirkan modal tersebut tidak mencukupi.

Sehingga pemilik usaha ini akan melakukan pinjaman modal ke orang lain untuk menambahkan modal usaha yang dimiliki. Akan tetapi sangat disarankan jika usaha yang akan dibuka harus sesuai dengan modal yang dimiliki. Karena nantinya akan memiliki keuntungan yang banyak sehingga keuntungan tersebut akan digunakan untuk menambah usaha kelontong.

Baca juga : Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Contoh, dan Manfaatnya untuk Bisnis

4. Tentukan Jenis Produk

Dalam penentuan jenis produk ini sudah sangat jelas bahwa produk yang akan dijual adalah berisi sembako maupun barang lainnya. Karena memang pada dasarnya untuk membuka toko kelontong berisi sembako, minuman, maupun kebutuhan lainnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa toko ini adalah toko yang serba guna.

Serbaguna karena memiliki banyak jenis barang yang dibutuhkan sudah tersedia sesuai kebutuhan masyarakat. Bukan hanya itu, harga yang ditawarkan juga relatif murah dan memiliki jarak yang dekat. Selain itu, penentuan jenis produk untuk toko tersebut juga tidak dijadikan sebagai permasalahan yang sulit.

5. Siapkan Daftar Barang Yang Akan Dijual dan Sesuaikan Harga

Selanjutnya adalah menyiapkan daftar barang yang akan dijual di toko tersebut. Di mana pembuatan daftar ini bertujuan agar nantinya tidak ada barang yang terlupa untuk di jual. Karena memang isi dari daftar ini berisi nama-nama barang yang akan dijual nantinya mulai dari barang kecil maupun besar.

Bukan hanya itu, daftar ini juga sangat berguna dalam mempertimbangkan modal yang dimiliki. Karena dalam pembuatan daftar barang ini biasanya sudah dicantumkan pertimbangan harga dari barang tersebut. Selain itu, penentuan harga penjualan barang juga bisa disesuaikan sehingga bisa mendapatkan banyak keuntungan.

6. Cari Tempat Grosir

Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar maka sebaiknya mencari tempat suplier barang yang menawarkan harga yang murah. Sebelum membuka usaha ini adalah mencari toko kelontong yang sudah besar. Akan tetapi perlu diketahui bahwa jika toko tersebut dijadikan supplier barang bisa menggunakan sistem grosir.

Dengan tujuan agar menggunakan modal yang tidak banyak untuk memenuhi barang di toko tersebut. Namun akan mendapatkan keuntungan yang banyak atau besar jika sudah membuka toko yang dimiliki. Toko grosir tersebut dipilih sebagai suplayer barang yang memiliki jangka waktu yang panjang. Akan tetapi untuk kebutuhan seperti beras, sayuran, dan lain sebagainya bisa membeli langsung di petani.

Baca juga : Mau Penghasilan Tambahan? Berikut Adalah 10 Jenis Kerja Part Time

7. Dekorasi Toko

Rahasia sukses selanjutnya adalah dengan memberikan dekorasi toko yang menarik sehingga pembeli bisa tertarik datang ke toko yang dibuka. Di mana dekorasi toko sebaiknya adalah menyusun barang yang dijual berdasarkan dengan jenis barang. Dengan tujuan agar pembeli bisa merasa nyaman pada saat belanja di toko tersebut.

Sebaiknya pemilik toko membuat toko dengan dekorasi yang mirip dengan supermarket yang ada di daerah perkotaan pada umumnya. Di mana dekorasi toko ini bisa dilengkapi dengan fasilitas ac yang dijadikan sebagai pengganti kipas angin. Hal yang sangat penting dilakukan adalah dengan selalu melakukan pengecekan terhadap tanggal kadaluarsa barang.

8. Berikan Servis Terbaik Untuk Konsumen

Memberikan servis yang baik kepada konsumen adalah memberikan pelayan yang sangat bagus untuk konsumen. Di mana pemilik toko harus menjadikan konsumen yang datang ke toko sebagai raja yang membutuhkan pelayanan yang baik. Pelayanan ini bisa dijadikan sebagai salah satu nilai positif untuk toko tersebut.

Bukan hanya itu, pelanggan atau konsumen juga bisa loyal untuk belanja di toko dibuka tanpa berpindah ke toko lainnya. Di mana toko lain tersebut juga merupakan toko yang menjual barang yang sama dengan toko yang dimiliki. Akan tetapi jika pelayanan yang diberikan toko lain tersebut lebih baik maka pelanggan akan pindah ke toko tersebut.

Baca juga : 5 Mitos dalam Pengembangan Bisnis yang Harus Anda Ketahui

9. Sediakan Gudang

Gudang merupakan tempat yang biasanya dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan persediaan barang seperti gudang yang ada di toko. Di mana gudang ini memiliki fungsi untuk menyimpan stok barang yang dimiliki untuk toko kelontong tersebut. Sehingga jika toko tersebut sudah memiliki kekurangan barang bisa langsung mengambil barang di gudang.

Namun sebelumnya, setiap toko sebaiknya harus dilakukan pencatatan untuk stok barang masuk dan barang keluar. Biasanya penempatan ruang gudang ini berada pada bagian belakang untuk setiap toko. Namun untuk toko kecil biasanya jarang ditemui gudang untuk menyimpan barang tersebut sebagai persediaan.

Baca juga : Mengenal Strategi Brand Positioning dalam Pengembangan Bisnis

10. Lakukan Promosi dan Sering Berikan Diskon

Untuk pemilik toko yang masih pemula sebaiknya melakukan promosi terlebih dahulu sebelum membuka toko secara resmi. Di mana promosi ini sangat berguna untuk mendapatkan banyak keuntungan dan juga mendapatkan pelanggan. Promosi ini biasanya dilakukan melalui online maupun secara offline.

Selain itu, sering pula memberikan diskon kepada pelanggan dengan barang-barang tertentu. Dimana penentuan diskon atau potongan harga ini dilihat pula dari untung atau rugi barang tersebut diskon. Sehingga jika barang tersebut diskon, pemilik usaha tetap mendapatkan keuntungan meskipun tidak besar.

Itulah paparan mengenai 10 rahasia sukses yang harus dilakukan sebelum membuka usaha toko tersebut. Di mana usaha ini bisa sukses jika sudah mempersiapkan 10 hal tersebut untuk membuka usaha ini. Akan tetapi, hal ini sering dilupakan oleh calon pemilik toko pada saat ingin membuka toko baru.

Seperti yang Anda ketahui bahwa membuka toko kelontong akan menjual berbagai macam produk seperti sembako, minuman dan lain sebagainya. Oleh karena itu Anda perlu lebih teliti menghitung berbagai macam stok penjualan Anda agar tidak terjadi kesalahan.

Untuk menghindari kesalahan dalam perhitungan stok penjualan, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk membantu Anda dalam perhitungan stok dan pencatatan penjualan. Salah satu software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki harga yang murah adalah Accurate Online

Accurate Online merupakan software akuntansi yang sudah banyak digunakan lebih dari 300 ribu pengguna dan memiliki fitur terlengkap seperti pembuatan faktur otomatis, pencatatan pengeluaran dan pemasukan, penghitungan aset, otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Anda bisa langsung mencoba trial Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik gambar di bawah ini :

accurate 200 ribu perbulan