Mau Penghasilan Tambahan? Berikut 10 Jenis Kerja Part Time Yang Bisa Dicoba

Sekarang ini menghasilkan uang bukan hal yang sulit apalagi bagi mereka dengan skill dan kemauan yang tinggi. Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat orang tidak hanya bisa menghasilkan uang dari satu pekerjaan saja. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan bisa dilakukan dengan melakukan kerja paruh waktu atau kerja part time seperti berikut.

Baca juga : Mengenal Internet Marketing Serta Tips Efektif Mengembangkannya

1. Youtuber

YouTuber merupakan pekerjaan yang bisa disesuaikan dengan waktu senggang namun bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar memang sangat dicari.

Pekerjaan ini membutuhkan ide-ide cemerlang untuk membuat berbagai konten untuk channel. Selain itu pemikiran yang edukatif dan menghibur perlu dikembangkan disamping kemampuan mengedit yang baik.

Hingga kini kerja part time ini semakin banyak saja pelakunya karena keuntungannya yang tidak bisa dibilang sedikit. Dari kalangan orang awam, artis, bahkan politisi terjun ke pekerjaan ini sebagai pekerjaan sampingan.

YouTuber menang menjadi pekerjaan yang sangat menguntungkan dan mudah karena sambil bersantai pun seseorang bisa membuat video konten.

2. Penulis Online

Gadget merupakan benda yang sangat sulit lepas dari tangan karena banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di dalamnya yang bisa menjadi peluang kerja. Salah satu peluangnya adalah menjadi penulis online di situs website atau blog untuk menambah penghasilan.pekerjaan ini bisa menjadi kerja part time untuk mengisi waktu luang di luar pekerjaan utama.

Penulis online atau yang biasa disebut content writer adalah pekerjaan yang menuntut orang bisa menulis dengan baik. Jadi, bagi yang memiliki kemampuan yang baik dalam merangkai kata yang baik bisa mencoba pekerjaan yang satu ini. Selain untuk mengasah kemampuan menulis tulisan yang informatif, upah pun akan diperoleh.

3. Jasa Desain Grafis

Kerja part time yang akan sangat menguntungkan bila dilakukan adalah jasa desain yang tidak akan mati termakan waktu. Tingginya permintaan terhadap pembuatan iklan baik online maupun offline dan template sangat menguntungkan bagi mereka yang memiliki kemampuan mendesain. Dari kemampuan tersebut seseorang bisa memanfaatkan sebagai peluang untuk menjadi sumber penghasilan lain.

Mulai dari desain spanduk, pamflet, logo, dan sebagainya bisa dilakukan. Seseorang dengan kemampuan desain grafis yang baik bisa menekuni pekerjaan desain untuk memperoleh penghasilan lain di luar pekerjaan utama.

Selain itu, seseorang bisa mengembangkan potensi dan mengasah kemampuan mendesain melalui pekerjaan ini agar lebih mahir dalam melakukan pekerjaannya.

Baca juga : Pentingnya Psikologi Warna pada Marketing dan Pengembangan Bisnis

4. Online Shop

Kerja part time yang bisa dilakukan siapa saja yaitu online shop. Jenis barang yang bisa dipilih seperti baju, aksesoris, tas atau sepatu. Penting untuk menyesuaikan produk yang dijual dengan target pasar pasar yang harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan target pasar. Untuk menambah konsumen, menawarkan produk melalui media sosial juga.

Untuk melakukan pemasaran, lakukanlah melalui forum jual beli secara online dan media sosial. Di forum ini, pebisnis akan disuguhkan dengan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi secara online. Jika tidak memiliki modal banyak untuk membeli barang yang akan dipasarkan, cobalah untuk menjadi reseller atau dropshiper.

Baca juga : 7 Cara untuk Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan

5. Makelar Properti

Ingin menjalankan pekerjaan sampingan atau kerja part time yang memberikan keuntungan yang besar? Makelar mungkin bisa menjadi jawaban terbaik yang bisa dicoba. Mereka yang menggeluti bisnis dalam bidang pemasaran sangat membutuhkan makelar untuk menjual produk yang mereka tawarkan. Keuntungan yang bisa diperoleh dari pekerjaan ini sangat menggiurkan.

Jenis pekerjaan sebagai makelar yang bisa dicoba adalah makelar properti dengan bonus luar biasa di setiap penjualan. Sebagai informasi, menjadi seorang makelar properti bisa membuat seseorang memperoleh keuntungan fantastis. Tidak seperti pekerjaan lain, makelar properti tidak perlu modal besar untuk memulainya karena biasanya property sudah disediakan oleh supplier.

6. Membuat Kerajinan Tangan

Sedang mencari ide kerja part time yang bisa dilakukan di rumah saja? Mungkin membuat kerajinan tangan bisa dicoba. Kerajinan tangan ini berarti seseorang memang memiliki dasar atau daya kreatif yang tinggi untuk membuat produk. Namun jika masih pasif, belajar dari orang lain atau autodidak bisa juga dilakukan.

Jika pengetahuan tentang proses pembuatan kerajinan sudah dimiliki maka selanjutnya membuat produk sendiri untuk dipasarkan. Dari penjualan kerajinan ini seseorang akan meraup keuntungan yang cukup besar jumlahnya. Apalagi jika promosi produk gencar dilakukan dan sudah banyak yang mengenal produk tersebut, maka keuntungan akan makin besar.

Baca juga : Mengenal Hukum Permintaan dan Penawaran Secara Terperinci

7. Jasa Menjahit

Menemukan penjahit baju menjadi sulit saat ini dikarenakan produksi pakaian jadi melalui konveksi lebih besar. Pada saat tertentu, menjahit baju sesuai keinginan sangat diperlukan dan belajar menjahit adalah solusinya. Jika kemampuan menjahit sudah dikuasai, maka seseorang bisa memenuhi keinginannya dan bisa menjadi peluang bisnis juga.

Selain menyenangkan diri sendiri, menjahit juga bisa membawa keuntungan jika dijadikan sebagai pekerjaan sampingan di rumah. Modal utama dari pekerjaan ini tentu saja mesin jahit dan segala komponen lainnya. Menjahit bisa dilakukan di waktu senggang seperti akhir pekan. Pada saat-saat tertentu permintaan jasa menjahit sangat banyak dan itu merupakan keuntungan yang besar

Baca juga : 7 Hal yang Anda Perlukan Saat Anda Memilih Usaha Menjadi Penjahit

8. Katering

Bisnis catering juga merupakan kerja part time yang bisa dilakukan di rumah dan sangat menguntungkan. Sekarang ini banyak orang yang membutuhkan jasa catering untuk menyediakan makanan pada acara-acara tertentu. Mereka yang sibuk tentu saja akan langsung memesan tanpa pikir dua kali. Nah ini bisa menjadi peluang kerja bagi mereka yang hebat dalam memasak.

Sebagai awal, masakan yang dibuat bisa di promosikan kepada keluarga atau teman terdekat lebih dahulu sebagai promosi awal bisnis. Jika mereka menyukai makanan tersebut, berikan penawaran yang menarik untuk melakukan pemesanan makanan saat acara tertentu. Bisnis ini akan semakin menguntungkan jika orang tersebut memang terkenal pandai memasak.

Baca juga : 10 Komponen dalam Perencanaan Usaha

9. Guru Les Privat

Kemampuan dalam menguasai materi dalam aktivitas perkuliahan bisa menjadi modal untuk menjadi tutor atau guru les privat. Pekerjaan paruh waktu yang satu ini sangat populer di berbagai kalangan khususnya mahasiswa. Selain mendapatkan penghasilan, menjadi tutor atau guru les privat membuat seseorang dapat berbagi ilmu dan menambah pengalaman mengajar.

Sasaran dalam pekerjaan freelance ini adalah siswa di tingkat SD, SMP hingga SMA yang materinya tergolong mudah karena sudah pernah dilalui. Karena pengalaman tersebutlah akan lebih mudah untuk mengajarkan materi-materi tersebut. Penghasilan yang diperoleh dari pekerjaan ini juga lumayan besar.

Baca juga : 11 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online

10. Fotografer

Hampir semua kegiatan memerlukan jasa fotografer, mulai dari foto wisuda, foto produk, dan foto even-even dan sebagainya. Ini menjadi peluang yang besar bagi mereka yang ingin memperoleh penghasilan lain namun tetap menjalankan hobi. Bagi yang memiliki hobi mengabadikan gambar dan memiliki keahlian yang mumpuni bisa menjadikan hobi ini sebagai alternatif kerja part time.

Selain bisa bekerja sesuai hobi, keuntungan pun pasti didapatkan karena bekerja dengan hobi sangat menyenangkan. Seseorang bisa menawarkan jasa fotografer melalui online atau media sosial untuk memperluas target pasar, atau bisa melalui kerabat dekat.

Nah itulah beberapa ide kerja part time yang bisa dicoba yang menjadi rekomendasi paling utama. Bagi yang ingin menambah penghasilan di luar pekerjaan utama atau sekaligus melakukan hobi bisa menjalankan pekerjaan ini. Bahkan pada beberapa pekerjaan memiliki penghasilan yang bisa lebih tinggi dari gaji utama.

Saat menjalankan bisnis sampingan biasanya Anda mengalami kesulitan dalam pencatatan penjualan dan pengeluaran bisnis Anda, untuk memanimalisir kesalahan dalam pencatatan pemasukan dan pengeluaran dalam bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk memudahkan Anda dalam proses pembukuan seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah salah satu software akuntansi yang sudah memiliki 300 ribu pengguna dengan fitur terlengkap untuk semua jenis bisnis.  Anda bisa mulai mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

 

accurate 200 ribu perbulan