Tujuan Pelatihan Kerja dan Manfaatnya Bagi Karyawan Serta Perusahaan

Perusahaan mengadakan pelatihan kerja untuk meningkatkan keterampilan karyawannya sehingga mampu menghasilkan output yang baik. Hal ini sesuai dengan fungsi dan tujuan pelatihan kerja yang selalu berhubungan dengan perbaikan kinerja sumber daya manusia (SDM) suatu perusahaan secara keseluruhan.

Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003, pelatihan kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat terlihat sejumlah manfaat dari pelatihan kerja. Artikel berikut ini akan menguraikan manfaat tersebut sekaligus menjelaskan tujuan pelatihan kerja yang diadakan oleh perusahaan.

Tujuan Pelatihan Kerja

Pada dasarnya, tujuan pelatihan kerja adalah untuk mendukung kelancaran operasional dan produktivitas perusahaan. Namun, secara umum, pelatihan kerja memiliki tiga tujuan atau objektivitas yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut, yakni ilmu pengetahuan, kemampuan, dan penentuan sikap.

1. Ilmu Pengetahuan (Knowledge)

Para karyawan yang dilatih atau dibina oleh perusahaan diharapkan mendapat ilmu pengetahuan yang cukup agar dapat mengerjakan tugas yang diberikan.

2. Kemampuan (Skill)

Para karyawan yang baru dilatih diharapkan dapat dan mampu melakukan tugasnya begitu ditempatkan pada suatu proses yang telah ditentukan.

3. Penentuan Sikap (Attitude)

Setelah mendapatkan pelatihan kerja, karyawan diharapkan dapat memiliki minat dan kesadaran atas pekerjaan yang akan dilakukannya.

Adapun tujuan pelatihan kerja dituturkan oleh sejumlah ahli, salah satunya Simamora (1997). Di mana disebutkan tujuan pelatihan kerja meliputi hal-hal sebagai berikut.

4. Memperbaiki Kinerja

Kinerja karyawan yang tidak begitu baik dapat mempengaruhi siklus kerja bahkan laba perusahaan. Adanya pelatihan kemudian diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kinerja karyawan.

5. Pengenalan Teknologi Baru

Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat perusahaan-perusahaan harus beradaptasi dengan cepat pula. Dalam hal ini, pelatihan kerja bertujuan agar seluruh karyawan dapat memahami cara kerja teknologi terbaru, terutama yang berkaitan dengan bidang bisnis perusahaan.

6. Proses Meningkatkan Kompetensi Karyawan Baru

Dalam beberapa kasus, karyawan baru terkadang kurang memiliki keahlian dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas secara kompeten atau menghasilkan output dan standar mutu yang diharapkan.

Pelatihan kerja diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan peningkatan keterampilan sehingga karyawan bisa menjadi lebih baik serta dapat ditingkatkan posisinya menjadi karyawan tetap.

7. Membantu Memecahkan Masalah Operasional

Manajemen perusahaan terkadang memerlukan keterlibatan karyawan dalam pemecahan masalah. Namun, tak jarang pula karyawan tidak memberikan solusi apapun meski hadir dalam diskusi atau rapat. Di sinilah pelatihan diharapkan bisa menjadi cara untuk meningkatkan kompetensi karyawan, khususnya keterampilan dalam berpendapat dan pemecahan masalah.

8. Persiapan Karyawan untuk Promosi

Pelatihan bisa dilihat sebagai jalan untuk promosi karyawan ke posisi yang lebih baik. Sehingga, bisa dikatakan bahwa pelatihan adalah salah satu unsur utama dalam sistem pengembangan karir.

Baca juga: Aturan Mengenai Cuti Menikah dan Contoh Pengajuannya

Manfaat Pelatihan Kerja

Pelatihan kerja jelas membawa sejumlah manfaat, baik bagi karyawan, perusahaan, maupun hubungan antar individu di dalam perusahaan. Di bawah ini telah diuraikan beberapa manfaat tersebut yang terkait dengan pengadaan pelatihan kerja.

1. Manfaat Pelatihan Kerja Bagi Karyawan

Bagi karyawan, pelatihan kerja bermanfaat dalam hal-hal berikut ini.

  • Menambah pengetahuan dan keterampilan di bidangnya
  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Meningkatkan kepuasan kerja
  • Mengurangi waktu yang digunakan untuk belajar
  • Memahami pekerjaan dan budaya kerja perusahaan

2. Manfaat Pelatihan Kerja Bagi Perusahaan

Kemudian, bagi karyawan, pelatihan kerja memberikan sejumlah manfaat berupa hal-hal berikut.

  • Memiliki tenaga kerja yang ahli dan terampil
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja
  • Meningkatkan produktivitas kerja
  • Mengurangi biaya karena waktu yang terbuang akibat kesalahan-kesalahan
  • Meningkatkan mutu hasil kerja
  • Meningkatkan sales dan profit

3. Manfaat Pelatihan Kerja Bagi Hubungan Antar Individu

Pelatihan kerja juga memberi dampak baik bagi hubungan antar individu atau sumber daya manusia suatu perusahaan. Beberapa manfaat tersebut meliputi:

  • Meningkatkan komunikasi antar individual atau grup
  • Membantu orientasi karyawan baru, karyawan transfer, maupun karyawan promosi
  • Meningkatkan keterampilan inter-personal
  • Meningkatkan kualitas moral
  • Membangun kohesivitas dalam kelompok
  • Membangun suasana yang positif untuk bekerja, belajar, bertumbuh, dan berkoordinasi

Baca juga: PKWTT: Pengertian dan Bedanya dengan PKWT

Penutup

Pelatihan kerja adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh sumber daya manusia (SDM) dan perusahaan. Di mana fungsi dan tujuan pelatihan kerja adalah untuk meningkatkan keterampilan dan kinerja karyawan.

Pelatihan kerja juga memberi sejumlah manfaat bagi perusahaan berupa peningkatan kinerja serta produktivitas. Dengan begitu, perusahaan dapat menghasilkan output dan standar mutu yang sesuai dengan harapan.

Melalui kinerja yang baik, perusahaan pun dapat meningkatkan penghasilan, bahkan mencapai tujuan bisnisnya. Untuk menjaga keberlangsungan bisnis, perusahaan dapat memaksimalkan proses pengelolaan dan pembuatan laporan keuangan melalui penggunaan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan tersedia secara lengkap, mudah untuk digunakan, dan dapat diakses kapan saja serta di mana saja.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Accurate Online pun telah digunakan oleh ratusan ribu pebisnis dari berbagai sektor usaha di Indonesia. Jika tertarik untuk menggunakannya, silahkan klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.