Apa itu Coding? Kenapa Sangat Diperlukan dalam Dunia Teknologi?

Seiring dengan berkembang pesatnya dunia industri di Indonesia, coding adalah suatu keahlian yang sangat diperlukan oleh perusahaan. Untuk itu, jangan heran bila saat ini sudah banyak sekolah yang mengajarkan secara khusus tentang coding dan cara menggunakannya.

Mereka yang mempunyai kemampuan coding ini biasanya disebut dengan developer atau programmer. Mereka akan bekerja dengan cara membuat rentetan kode yang dikenal dengan istilah bahasa pemrograman. Berbagai susunan kode tersebut nantinya bisa digunakan untuk membuat software atau program apapun.

Apa itu Coding?

Sama seperti manusia, komputer juga mempunyai cara tersendiri untuk melakukan komunikasi. Nah, bahasa yang digunakan oleh komputer bukanlah bahasa manusia, tapi kode atau bahasa mesin.

Struktur dari bahasa mesin ini amat sederhana, karena didalamnya hanya terdiri dari dua angka saja, yaitu digit 0 dan 1. Hal tersebut dikenal dengan biner.

Walaupun Anda bisa memberikan instruksi pada komputer untuk menggunakan bahasa mesin, namun cara ini memerlukan waktu yang lama dan tidak praktis. Nah, solusinya adalah bahasa pemrograman yang mampu memberikan sarana dalam melakukan komunikasi dengan komputer agar menjadi lebih mudah.

Sederhananya, coding adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang programmer agar bisa melakukan komunikasi dengan komputer. Tanpa coding, maka komputer tidak mampu melakukan apa-apa, hanya sekumpulan besi biasa saja.

Baca juga: HTML Adalah: Ini Pengertian, Sejarah, dan Tips Belajar HTML

Mengenal Lebih Jauh tentang Bahasa Pemrograman

Anda bisa menemukan banyak sekali bahasa pemrograman yang tersedia dalam beragam jenis. Berdasarkan laman Code Conquest, beberapa bahasa pemrograman yang sangat terkenal adalah Python, C++, Ruby, Java, dan masih banyak lagi.

Setiap bahasa pemrograman tersebut mempunyai teknik penulisan dan aturannya tersendiri yang dikenal dengan istilah sintaks. Berikut ini adalah contohnya:

Print(“Selamat datang”)

Pada kode tersebut, programmer akan memerintahkan komputer untuk menulis kata “selamat datang” dengan bahasa pemrograman Python. Saat menulis kode tersebut, terdapat tiga langkah yang akan terjadi, yakni:

  • Programmer akan memberikan perintah untuk menulis kata “selamat datang” dengan menggunakan perintah print(“Selamat datang”).
  • Kemudian, kode tersebut akan di compile agar berubah menjadi kode mesin yang nantinya akan dipahami oleh komputer.
  • Terakhir, komputer akan mengeksekusi kode perintah tersebut dan menampilkan tulisan selamat datang pada layar komputer.

Hal penting yang perlu kamu perhatikan ketika menuliskan kode bahasa pemrograman adalah terkait sintaks. Setiap bahasa pemrograman mempunyai aturan yang sangat ketat dalam menuliskan kode. Saat terjadi sedikit kesalahan dalam menuliskannya, maka kode tersebut tidak akan bisa di-compile.

Apakah Coding itu Sangat Sulit?

Sebagian dari Anda pasti bertanya-tanya, apakah melakukan coding itu sangat sulit. Faktanya, coding adalah suatu kegiatan yang sangat mudah. Anda bisa mempelajarinya dengan mengikuti kursus ataupun belajar secara otodidak.

Selain itu, Anda juga bisa secara bebas melakukan coding di berbagai bahasa pemrograman yang Anda pilih. Kemudahan dalam mempelajari coding ini tentunya ditunjang dengan banyaknya sumber yang bisa Anda manfaatkan dengan bebas.

Anda bisa membeli buku yang berhubungan dengan coding dan bahasa pemrograman, atau menggunakan beberapa situs website yang menyediakan kursus dalam belajar coding, seperti Udemy, Coursera, Codecademy, dan masih banyak lagi.

Nah, agar proses belajar coding bisa Anda lakukan dengan lancar, maka Anda harus memilih jenis bahasa pemrograman yang baik. Terdapat setidaknya lima rekomendasi bahasa pemrograman simple yang bisa Anda gunakan, yakni:

1. Phyton

Python adalah bahasa pemrograman yang sudah sangat tua, karena Python dikembangkan dari mulai tahun 1980 an. Dengan menggunakan Python, maka Anda bisa melakukan coding dengan lebih dinamis, karena Pythone mampu mendukung object oriented, gaya pemrograman yang fungsional ataupun prosedural.

2. Ruby

Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman Ruby sebagai bahasa pemrograman pertama yang ingin Anda gunakan. Yukihiro Matsumoto, seorang kreator Ruby, menjelaskan bahwa bahasa pemrogramannya sangat mudah untuk dipahami, bahkan oleh para pemula hanya dalam kurun waktu 20 menit saja.

3. Java

Anda juga bisa mempelajari bahasa pemrograman Java yang bersifat object oriented dengan basis kelas. Java juga adalah bahasa pemrograman yang sangat terkenal dan bisa kita temui dengan mudah di berbagai platform, seperti komputer desktop, Android, sampai video game.

Manfaat Belajar Coding untuk Pemula

Setelah membaca penjelasan lengkap di atas dan memahami pengertian dari coding, sebagian dari Anda pasti penasaran tentang manfaat mempelajari coding untuk pemula. Nah, beberapa manfaat belajar coding adalah sebagai berikut:

1. Prospek Karir yang Cerah Sebagai Programmer

Saat ini, perkembangan teknologi menyebabkan banyak perusahaan yang memerlukan jasa programmer. Contohnya membuat berbagai aplikasi yang mampu mempermudah kehidupan manusia, seperti GoJek dan Accurate Online.

Jenis aplikasi tersebut memerlukan keahlian dari programmer untuk membuat tampilan dan juga fungsi aplikasi. Sehingga, peluang karir sebagai seorang programmer semakin menjanjikan.

Berdasarkan laman techrepublic, di tahun 2021, sebanyak 13,5% perusahaan di seluruh dunia memiliki minat yang kuat untuk merekrut 100 orang programmer. Angka ini akan terus meningkat seiring dengan perkembangan dan kebutuhan teknologi di masa depan.

Untuk Anda yang memiliki minat menjadi seorang programer, Anda harus lebih yakin dan giat lagi dalam mempelajarinya, karena akan tersedia banyak lowongan pekerjaan yang akan menanti Anda.

2. Peluang Penghasilan yang Tinggi

Bila Anda berniat untuk memulai karir sebagai seorang programmer, Anda tidak lagi harus memikirkan prospek penghasilan Anda. Karena besar kemungkinan penghasilan Anda akan terus meningkat.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Salary Explorer, penghasilan rata-rata dari para programmer di Indonesia adalah 9 sampai 15 juta rupiah per bulan. Nominal ini sudah termasuk biaya transport, makan, dan berbagai biaya lainnya.

Selain itu, semakin lama Anda bekerja, tentunya pengalaman dan keahlian Anda juga akan semakin meningkat. Tentunya hal tersebut akan sebanding dengan peningkatan penghasilan Anda.

Masih berdasarkan sumber yang sama, setiap programmer di Indonesia yang sudah bekerja lebih dari 2 tahun akan mengalami peningkatan penghasilan rata-rata sebanyak 32%. Sementara itu, mereka yang sudah bekerja lebih dari 5 tahun akan mengalami peningkatan penghasilan sebanyak 36%.

3. Bisa Bekerja dari Mana Saja sebagai Digital Nomad

Beberapa orang ada yang beranggapan bahwa walaupun kerja sebagai programmer memiliki penghasilan yang besar, namun tekanannya pun sangat besar. Tapi jangan khawatir, tekanan tersebut tidak akan terasa karena Anda bisa menjadi digital nomad.

Kenapa, kok bisa? Karena saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan pilihan kerja remote pada programmer. Hanya dengan modal laptop dan koneksi internet, maka Anda bisa bekerja dari rumah, sambil liburan, atau bekerja di café.

Berdasarkan riset yang dikeluarkan oleh Digital Ocean, sebanyak 86% programmer yang bekerja di perusahaan IT di seluruh dunia sudah diberikan izin untuk bekerja secara remote.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa Anda rasakan saat bisa bekerja di mana saja? Anda bisa memilih berbagai tempat yang nyaman dan jadwal kerja yang lebih fleksibel. Hal ini tentunya akan membantu Anda dalam meningkatkan produktivitas kerja.

Survey yang dilakukan oleh projectuntethered membuktikan bahwa mereka yang mampu memilih tempat kerja secara bebas menjadi 35% lebih produktif daripada mereka yang bekerja secara kantoran.

Baca juga: Bahasa Pemrograman: Pengertian, Jenis, dan Penggunaannya

Penutup

Jadi, coding adalah suatu kegiatan menulis serangkaian kode dari suatu bahasa pemrograman yang dipilih oleh programmer.

Dengan belajar coding, maka Anda akan merasakan banyak sekali manfaat, seperti prospek karir yang semakin cerah, penghasilan yang sangat menjanjikan, dan bisa bekerja di masa saja dan kapan saja demi meningkatkan produktivitas Anda.

Salah satu tujuan belajar coding adalah untuk menjemput karir Anda sebagai seorang programmer profesional. Tentunya nanti Anda akan mengerjakan berbagai proyek kerja, mulai dari yang paling mudah sampai yang paling rumit, baik itu membuat website, aplikasi, atau program.

Nah, salah satu aplikasi buatan anak bangsa yang sangat berguna bagi bisnis saat ini adalah aplikasi akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga, sebagai pebisnis, Anda bisa fokus dalam mengembangkan bisnis Anda.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, manufaktur, dan berbagai fitur lainya yang mampu memudahkan Anda dalam mengelola bisnis.

Penasaran? Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba seluruh keunggulan dan fitur Accurate Online selama 30 hari, Gratis.accurate1

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.