Apa itu cPanel? Kenapa Sangat Tepat untuk Mengelola Web Hosting?

Terkadang mengelola web hosting membuat kita kerepotan, bahkan web developer pun merasakan hal yang sama. Nah, cPanel adalah alat yang tepat untuk mengelolanya dengan baik.

Sebagian besar dari kita pasti sangat tertarik untuk mengelola hosting dan juga domain secara mandiri. Namun, terkadang kita masih bingung tentang cPanel dan cara menggunakannya, setelah membeli hosting sendiri.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap pengertian dari cPanel dan berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Apa itu cPanel?

Dilansir dari laman Wpbeginner, cPanel atau control panel adalah suatu alat panel kontrol yang mampu memudahkan para penggunanya saat mengelola situs website dan juga server mereka.

cPanel adalah alat yang mempermudah Anda dalam mempublikasikan situs website, mengelola hosting dan juga domain, mengatur file website, membuat akun email, dan lain-lain.

Sederhananya, cPanel adalah alat yang akan membantu Anda dalam mengelola web hosting melalui berbagai dasbor yang sederhana dan lebih mudah untuk dipahami.

Bisa dibilang platform ini sangat terkenal di seluruh kalangan, sehingga banyak sekali yang memanfaatkan control panel dalam mengelola websitenya sendiri.

Bahkan, sudah banyak perusahaan penyedia jasa hosting yang disertai dengan control panel sebagai salah satu bagian dari paket hosting untuk para calon pelanggannya.

Tingkat kepopulerannya ini tentunya akan membuat Anda terus belajar dan memilah pengertian dari control panel. Selain mampu menambahkan ilmu pengetahuan, mempelajari control panel juga akan membantu karir Anda, khususnya untuk Anda yang bergelut dengan bidang website development.

Nah, agar Anda bisa lebih mudah dalam memahami control panel, terdapat beberapa hal yang bisa dikelalui cPanel seperti yang dilansir dari laman Themeisle, yakni:

  • Melakukan backup file pada situs website.
  • Melakukan install software tertentu, seperti wordpress
  • Membuat dan juga mengelola email secara lebih mudah
  • Membuat dan juga mengelola domain serta subdomain Anda
  • Mencari database dengan mudah
  • Mengatur password dan keamanan website Anda.

Biasanya, control panel mempunyai dua interface atau tampilan muka, yakni user interface atau tampilan untuk para pengguna yang disebut dengan control panel, dan juga tampilan untuk manajemen server yang umumnya dikenal dengan WHM atau Web Host Manager.

Baca juga: HTML Adalah: Ini Pengertian, Sejarah, dan Tips Belajar HTML

Peran Penting cPanel

Sebelumnya, kita sudah mengetahui bersama bahwa cPanel adalah suatu alat yang mempermudah para penggunanya dalam mengelola suatu web hosting. Lantas, apakah kita harus menggunakan control panel untuk mengurus website dan keperluan lainnya?

Nah, dibawah ini kami akan memberikan alasan kuat kenapa Anda harus menggunakan cPanel.

1. Mudah dalam Mengelola Web Hosting

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, control panel mampu membantu Anda dalam mengelola web hosting dan juga server. Kenapa? Karena berdasarkan laman ThemeIsle, tanpa adanya bantuan control panel, maka yang dapat mengelola situs web dan juga server hanya mereka yang mempunyai pengetahuan teknis saja.

Platform cPanel adalah panel kontrol yang bisa digunakan oleh seluruh kalangan, bahkan untuk para pemula sekalipun.

2. Memudahkan dalam Mengelola File Website

Selain bisa memudahkan Anda dalam mengelola web hosting, control panel juga akan membantu Anda dalam mengelola file website. Kenapa? Karena Anda bisa mengubah, menghapus, ataupun menyalin seluruh file website yang terdapat di dalam hosting.

Sehingga, Anda bisa meminimalisir website yang lama ketika dibuka karena file-nya yang dianggap terlalu besar, terutama file gambar.

3. Bisa Ditambah Beberapa Aplikasi Penting

Platform cPanel juga akan memudahkan pengguna dalam menambahkan beberapa aplikasi. Tujuannya tentu agar bisa membuat performa website mereka bekerja dengan baik.

Apalagi, Anda juga bisa menginstalnya secara langsung melalui kontrol panel ini tanpa adanya perantara lain yang ribet.

4. Keamanan yang Terjamin

Selain ketiga poin diatas, cPanel juga akan membantu Anda aman dari serangan hacker. Kenapa? Karena control panel sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang kuat.

Kelebihan dan Kekurangan cPanel

Beberapa kelebihan yang ada pada control panel adalah mudah untuk dipelajari dan digunakan, hemat waktu, sudah melalui tahap uji coba, mempunyai software auto installer, dan juga terdapat panduan online untuk menggunakannya.

Namun, cPanel juga memiliki beberapa kekurangan, yakni pengaturannya yang bisa berubah secara otomatis dan tiba-tiba tanpa Anda ketahui, beberapa hosting juga menjalankan software yang tidak bisa diupgrade, serta biayanya yang mahal dan jarang dimasukkan dalam hosting gratisan.

Fitur-Fitur cPanel

Salah satu hal yang banyak orang belum ketahui tentang cPanel adalah banyaknya fitur yang ada di dalamnya. Harus kita akui bahwa fitur yang ada di dalam control panel memang sangat lengkap dan membantu para penggunanya.

Untuk Anda yang baru menggunakan dan mengenal control panel, berikut ini kami akan memberikan beberapa fitur dari cPanel.

1. File Manager

Berdasarkan laman cPanel itu sendiri, fitur file manager ini berguna untuk mengatur berbagai file yang Anda miliki. File manager akan membantu Anda dalam membuat, menghapus, meng-upload, dan mengubah file tanpa membutuhkan FTP ataupun aplikasi dari pihak ketiga lainnya.

2. Disk Usage

Fitur lainnya yang terdapat pada control panel adalah fitur disk usage. Dengan adanya fitur ini, maka Anda akan lebih mudah dalam memantau kapasitas yang masih tersedia dalam setiap folder.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui software apa saja yang ukurannya besar, sehingga bisa membuat ruang database Anda menjadi cepat habis.

3. Site Publisher

Fitur ini akan memudahkan Anda dalam membuat website secara tepat dengan berbagai template menarik yang sudah disediakan.

4. Bandwidth

Bandwidth adalah suatu fitur yang sangat luar biasa yang disediakan oleh control panel. Kenapa? Karena Anda bisa memantau penggunaan bandwith serta berbagai kegiatan, seperti POP, FTP, dan juga HTTP.

Sederhananya, fitur ini mampu membantu Anda lebih mudah dalam mengatur dan juga mengelola kebutuhan web hosting Anda saat ini.

Apakah cPanel Gratis?

Berdasarkan laman resmi Wpbeginner, cPanel tidak akan bisa Anda gunakan secara gratis, karena pada dasarnya cPanel adalah aplikasi yang berasal dari pihak ketiga.

Namun, umumnya setiap penyedia layanan hosting sudah menambahkan control panel di dalam paket hostingnya secara gratis. Tapi di tahun 2019 lalu, beredar kabar bahwa control panel mengalami penyesuaian harga.

Tentunya hal ini membuat setiap penyedia layanan hosting berpikir lebih dalam dan juga mencari pengganti aplikasi panel kontrol lainnya selain control panel.

Alternatif Lain dari cPanel

Sebenarnya, ada banyak sekali alternatif lain dari control panel. Beberapa alternatif lain dari control panel adalah sebagai berikut:

1. AlternC

AlternC adalah kontrol panel yang mudah digunakan untuk mengelola hosting server yang besar. Didalamnya juga terdapat banyak fitur menarik. Control panel ini sudah mengantongi lisensi GPL yang menyediakan instalasi secara otomatis dengan panel pengaturan yang berbasis web.

2. VestaCP

Alternatif kedua dari control panel adalah VestaCP. Control panel gratis ini bisa Anda gunakan untuk distribusi Ubuntu, Debian, RHEL dan juga CentOS Linux. VestaCP diklaim sangat ringan dan juga sangat cepat, seperti fokus pada minimalisme dan juga fungsinya.

3. Virtualmin

Virtualmin atau webmin adalah software suite yang gratis dan sudah mengantongi lisensi GPL. Walaupun tidak mempunyai tampilan visual yang bagus, tapi virtualmin mempunyai sistem pengkonfigurasian yang sangat kuat.

Baca juga: Apa itu SSL? Berikut Pengertian dan Cara Kerjanya

Penutup

Jadi, berdasarkan penjelasan lengkap diatas bisa kita simpulkan bahwa cPanel adalah salah satu control panel web hosting yang dikembangkan dengan basis linux. Fungsinya adalah untuk menampilkan key metric performa server.

Selain itu, fungsi lain dari cPanel adalah memudahkan Anda dalam mengakses berbagai modul yang ada di dalam website Anda, seperti File, Preferences, Database, Aplikasi Web, Domain, Metrics, Keamanan software tingkat lanjut, dan Email.

Umumnya, cPanel hosting adalah linux hosting yang menawarkan instalasi cPanel di dalamnya, sehingga membuatnya menjadi sangat terkenal di berbagai kalangan pengguna.

Selain itu, terdapat juga banyak pilihan control panel lain yang bisa Anda pilih, seperti AlternC, VestaCP, Virtualmin, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa beberapa diantaranya tidak gratis, bahkan cPanel pun sebenarnya tools yang harus Anda gunakan secara berbayar, hanya saja beberapa layanan hosting sudah memasukkannya sebagai salah satu keunggulan dari layanannya.

Oleh karena itu, Anda harus mengatur keuangan Anda dengan baik dan mencatat pengeluaran yang Anda lakukan untuk berlangganan cPanel di catatan laporan keuangan Anda.

Namun, membuat laporan keuangan secara manual tentu memerlukan banyak waktu. Belum lagi bila ada kesalahan dalam proses pencatatannya, tentu akan semakin memakan banyak waktu lagi.

Oleh karena itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Sehingga Anda hanya perlu fokus dalam mengembangkan website bisnis Anda saja.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dibekali dengan berbagai fitur yang mampu memudahkan Anda dalam mengelola bisnis, seperti fitur penjualan, persediaan, pembelian, manufaktur, perpajakan, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate1

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.