Digital Adalah: Ini Pengertian, Sejarah, dan Manfaatnya

Saat ini, kita sudah bersama-sama memasuki zaman yang serba digital. Pada dasarnya, digital adalah suatu teknologi yang mampu menyimpan, menghasilkan dan memproses berbagai data-data kita.

Lantas, apa pengertian digital? Bagaimana terbentuknya dunia digital? Apa saja manfaat yang ada di dalamnya? Dan apa bedanya digital dengan analog? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang digital di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Digital Adalah

Pengertian umum digital adalah suatu gambaran terkait keadaan bilangan yang di dalamnya terdiri dari angka 0 dan 1, atau off dan on yang merupakan bilangan biner atau yang dikenal dengan istilah binary digit.

Pendapat lain ada yang menjelaskan bahwa digital adalah suatu data ataupun sinyal yang dinyatakan dalam serangkaian digit angka 0 dan 1 dan biasanya akan diwakili oleh berbagai kuantitas fisik, seperti polaritas magnetik atau tegangan.

Pengertian lain dari digital adalah suatu teknologi elektronik yang mampu melakukan penyimpanan, menghasilkan, dan juga memproses berbagai data yang terdapat dalam dua kondisi, yakni positif dan negatif. Kondisi positif akan diwakili atau dinyatakan dengan angka 1 dan negatif akan diwakili dengan angka 0.

Dengan begitu, data yang akan disimpan atau dikirimkan dengan teknologi digital nantinya akan dinyatakan dengan string 0 dan 1. Setiap digit dari status ini akan disebut sebagai bit dan serangkaian bit tersebut nantinya akan ditangani oleh komputer secara mandiri sebagai grup, yakni byte.

Sebelum kehadiran teknologi digital, transmisi elektronik pada masa lalu hanya sebatas pada teknologi analog saja, yang mampu menyampaikan data dalam wujud sinyal elektronik dari berbagai frekuensi ataupun amplitudo yang ditambahkan pada gelombang yang membawa frekuensi khusus. Contohnya adalah siaran dan transmisi telepon konvensional.

Pengguna utama teknologi digital adalah media komunikasi terbaru, seperti transmisi serat optik atau fiber optik dan satelit. Contohnya, modem yang digunakan untuk mengubah informasi digital pada perangkat komputer menjadi sinyal analog untuk saluran telepon dan untuk mengubah sinyal telepon analog menjadi informasi digital dalam suatu perangkat komputer.

Baca juga: Microsoft Azure Adalah Aplikasi yang Fleksibel dan Menjadi Masa depan Cloud

Sejarah Singkat Digitasi

Istilah digital secara etimologis berasal dari bahasa Yunani “digitus” yang artinya adalah jari jemari tangan ataupun kaki manusia yang jumlahnya adalah 10. Dalam hal ini, maka nilai 10 tersebut terdiri dari 2 radix, yakni 1 dan 0. Demikianlah asal mula digunakannya istilah digital di dalam bilangan biner.

Digitalisasi atau digital adalah suatu bentuk perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke dalam teknologi digital. Bentuk digitalisasi ini sebenarnya sudah diterapkan dari tahun 1980 dan terus berlanjut hingga sekarang.

Era digital mulai hadir karena adanya revolusi yang awalnya dipicu oleh suatu generasi remaja yang lahir di tahun 80 an. Kehadiran digitalisasi ini menjadi awal mula era informasi digital atau perkembangan teknologi yang saat ini jauh lebih modern.

Digital adalah suatu bentuk modernisasi ataupun pembaharuan dari penggunaan teknologi yang mana sering dihubungkan dengan hadirnya internet dan teknologi komputer. Dimana seluruh halnya bisa dilakukan dengan suatu peralatan canggih agar mampu mempermudah urusan manusia.

Kehadiran era digitalisasi yang terjadi saat ini tidak serta-merta terjadi secara cepat dan instan.

Manfaat Era Digital

Era digital adalah suatu era dimana setiap orang bisa saling melakukan komunikasi dengan makin dekat walaupun terhalang jarak yang jauh secara geografis.

Berdasarkan laman Wikipedia, revolusi digital juga bisa kita katakan sebagai wujud globalisasi, yakni proses integrasi yang dilakukan secara internasional karena adanya pertukaran pandangan dunia, pemikiran, produk, dan berbagai aspek kebudayaan lain karena adanya peningkatan infrastruktur telekomunikasi internet dan moda transportasi.

Beberapa manfaat lain dari era digital adalah sebagai berikut:

  • Kemudahan Dalam Berkomunikasi

Kehadiran era digital yang terjadi seperti saat ini tentunya akan semakin memberikan rasa mudah dalam melakukan komunikasi. Dewasa ini, setiap manusia sudah dikelilingi dengan perangkat digital canggih seperti smartphone.

Dengan adanya perangkat ini, maka setiap manusia bisa saling terhubung dengan manusia lainnya menggunakan teknologi internet. Bisa kita katakan bahwa hal ini adalah salah satu wujud kemajuan digital yang paling bisa kita rasakan dengan mudah.

  • Mobile dan Fleksibel

Era digital adalah suatu era yang mana setiap halnya bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa ada batasan. Hal tersebut bisa kita buktikan dari adanya kemudahan untuk mengikuti berbagai jenis acara tanpa harus hadir di dalam acara tersebut. Saat ini, setiap masyarakat bisa mengerjakan hal apapun secara mobile.

Contoh sederhananya, penerimaan mahasiswa baru di dalam suatu perguruan tinggi yang bisa dilakukan dari mana saja tanpa harus lagi datang ke kampus tersebut.

  • Internet Lebih Dominan Daripada Penggunaan Pulsa

Di zaman digital seperti saat ini, internet memang jauh mendominasi untuk beragam keperluan masyarakat, khususnya kaum milenial. Karena internet memiliki peranan yang penting, maka masyarakat lebih memilih kehabisan pulsanya daripada kehabisan paket data internet.

Alasan utamanya adalah karena paket data tidak hanya bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya, tapi juga bisa dijadikan sebagai media komunikasi yang lebih murah daripada pulsa.

  • Mudah Berbelanja dan Memperoleh Berbagai Hal yang Diperlukan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa dewasa ini, karena kehadiran internet, maka muncullah beragam ecommerce dan toko online. Sehingga, hal tersebut mempermudah masyarakat untuk berbelanja ataupun memperoleh berbagai hal yang mereka inginkan tanpa harus datang ke lokasi.

Salah satu manfaat dari adanya toko online ini adalah membantu untuk menemukan penjual dan pembeli walaupun berada di tempat yang berjauhan.

Perbedaan Teknologi Digital dan Analog

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa teknologi digital adalah suatu sistem penghitungan yang amat cepat, yaitu dilakukan dengan cara memproses informasi berupa kode digital atau nilai numerik atau angka.

Sebelum diproses, maka dibutuhkan suatu sensor tertentu agar bisa mengkonversi informasi nyata menjadi serangkaian kode digital, contohnya adalah kamera digital. Kode digital yang dikirim sensor nantinya akan diolah oleh suatu perangkat komputer yang mana pada setiap alat digital tersebut sudah pasti ada. Setelah itu, hasil pengolahan data digital akan diproses dan informasinya akan ditampilkan di dalam layar.

Pada dasarnya, teknologi digital ini hanyalah suatu alat yang sangat sederhana, yaitu program yang memang telah diatur sedemikian rupa dengan pengaturan khusus, seperti halnya pada komputer analog.

Pada dasarnya, komputer analog adalah suatu alat ukur yang umumnya digunakan di berbagai mesin lalu kemudian akan memberikan suatu informasi dan kendali secara otomatis. Kelemahan dari adanya teknologi ini adalah sudah tidak lagi bisa mengukur secara teliti dan memerlukan waktu yang lama agar bisa memproses informasi.

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital

Setiap teknologi akan melahirkan kekurangan dan kelebihannya tersendiri, termasuk pada teknologi digital. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari teknologi digital.

1. Kelebihan Teknologi Digital

Berikut ini adalah beberapa kelebihan utama dari teknologi digital:

  • Data yang dikirim nantinya akan disimpan dari satu tempat ke tempat lainnya dan tidak akan terdampak pada cuaca buruk ataupun noise tertentu, karena suatu data akan ditransmisikan ke dalam bentuk sinyal digital.
  • Beragam jenis sistem komunikasi akan tersedia dan bisa atau tidaknya untuk digunakan
  • Biaya perawatannya lebih rendah, lebih praktis dan juga lebih stabil.

2. Kekurangan Teknologi Digital

Setiap teknologi tentunya memiliki efek samping yang bisa ditimbulkan. Beberapa kekurangan dari teknologi digital adalah sebagai berikut:

  • Terdapat potensi kesalahan saat mengubah sinyal analog ke sinyal digital.
  • Terdapat potensi peretasan data digital yang penting, seperti data pekerjaan, nomor rekening, dll. oleh hacker atau virus yang dibuat olehnya.
  • Memberikan efek candu berlebih pada para penggunanya, yang kemudian bisa menghambat rasa empati dan rasa sosial di dunia nyata.

Baca juga: Coding Adalah Keterampilan yang Diperlukan dalam Dunia Teknologi

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang Digital. Jadi, digital adalah suatu gambaran terkait keadaan bilangan yang di dalamnya terdiri dari angka 0 dan 1, atau off dan on yang merupakan bilangan biner atau yang dikenal dengan istilah binary digit.

Untuk Anda para pebisnis, era digital yang terjadi saat ini mau tidak mau harus mulai Anda masuki dan Anda harus bisa beradaptasi di dalamnya. Era digital saat ini memaksa Anda untuk bisa menerapkan digitalisasi di setiap lini bisnis Anda agar bisa bertahan dalam menjalankan bisnis.

Salah satu bentuk digitalisasi yang harus Anda terapkan adalah dalam hal mencatat dan membuat laporan keuangan. Kenapa? karena membuat dan mencatat laporan keuangan secara manual memerlukan waktu yang lama dan sangat sering terjadi human error.

Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Software ini akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan tepat. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan bisnis Anda.

Selain itu, Anda bisa menggunakan berbagai fitur dan modul yang ada di dalam Accurate Online agar Anda bisa mengelola bisnis secara lebih efisien.

Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba berbagai kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.