Mengenal Transaksi Digital, Jenis dan Manfaatnya untuk Bisnis

Saat ini, lini kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan dari penggunaan teknologi. Penggunaan teknologi di era yang modern seperti ini sudah merata, dari mulai penyidikan hingga kebudayaan. Perkembangan teknologi pun telus mengalami ini juga mengubah gaya hidup manusia menjadi serba digital, salah satunya adalah transaksi digital

Sebelumnya, orang yang ingin membeli pulsa harus terlebih dahulu mengunjungi gerai pulsa, tapi sekarang orang-orang bisa membelinya di marketplace atau e-wallet yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja melalui smartphone.

Lantas, apa itu transaksi digital? Apa saja manfaatnya untuk kegiatan bisnis? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang transaksi digital di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Transaksi Digital?

Sejak pandemi Covid-19, transaksi digital semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Mereka sudah terbiasa dalam menggunakan transaksi digital, khususnya pada bisnis online.

Perubahan kebiasaan yang terjadi pada masyarakat dalam melakukan pembayaran secara digital ini karena didasarkan pada inovasi, kemudahan, keamanan, layanan pelanggan, dan juga kenyamanan pengguna.

Dikutip dari laman Investopedia, transaksi digital atau digital transaction adalah suatu jenis pembayaran non tunai atau cashless yang dilakukan secara virtual melalui website atau aplikasi di smartphone atau perangkat lain.

Saat ini, jenia transaksi ini semakin disukai banyak orang karena keamanan yang diberikan dan sudah dilindungi oleh lembaga keuangan resmi di Indonesia. Sebagian besar masyarakat menggunakan dompet digital atau e-wallet ini untuk melakukan transaksi.

Beberapa e-wallet yang terkenal di Indonesia antara lain adalah Gopay, Shopeepay, Dana, OVO, Jenius, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Apa itu Electronic Payment? Ini Pengertian dan Kelebihan di Dalamnya

Jenis-Jenis Transaksi Digital

1. E-wallet

E-wallet layanan dompet digital elektronik yang berguna untuk menyimpan data dan instrumen dari pembayaran. Dengan menggunakan e-wallet, Anda bisa menyimpan uang untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, baik itu secara online ataupun offline.

Akhir-akhir ini, dompet digital atau e-wallet banyak digunakan oleh masyarakat untuk keperluan membayar pulsa, listrik, tagihan PDAM, hingga tiket perjalanan.

Selain itu, e-wallet juga digunakan oleh perusahaan e-commerce untuk menjalankan bisnisnya. Bentuk pembayaran non tunai ini bisa dilakukan tanpa harus melakukan kontak fisik.

2. E-money

Dilansir dari laman investopedia, e-money adalah uang yang tersimpan di dalam sistem perbankan dalam bentuk elektronik yang bisa digunakan untuk kegiatan transaksi elektronik. E-money dalam bentuk kartu akan diterbitkan oleh tempat nasabah menyimpan uangnya. Beberapa contoh e-money yang ada saat ini adalah BRI BRIZZI, BCA Flazz, BNI Tapcash, BTN Blink, Mandiri e-money, dan masih banyak lagi.

E-money bisa digunakan untuk membayar parkir kendaraan, jalan tol berbelanja, atau bisa juga digunakan untuk membayar transportasi komuter.

Dengan menggunakan e-money, maka kegiatan transaksi digital bisa dilakukan secara praktis karena tidak perlu membawa uang dengan jumlah yang banyak, tingkat keamanannya juga lebih tinggi.

Berdasarkan pernyataan Bank Indonesia yang dikutip dari laman Katadata, jumlah transaksi uang elektronik yang terjadi sepanjang tahun 2021 mencapai 786,35 triliun rupiah. Nilai tersebut mengalami peningkat 281,39 triliun rupiah atau sebesar 55,73% daripada tahun sebelumnya yang hanya 504,96 triliun rupiah.

3. Mobile Banking

MBanking atau mobile banking adalah layanan bank yang digunakan untuk nasabah agar bisa melakukan transaksi online melalui smartphone. Setiap pengguna sudah tidak lagi harus ke ATM untuk melakukan transaksi seperti transfer, memeriksa saldo, membayar tagihan, atau mengisi dompet digitalnya.

Beberapa contoh Mbanking yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini adalah BCA Mobile, Livin’ by Mandiri, BRImo, BNI Mobile Banking, dan lain sebagainya.

4. QRIS

Bank Indonesia menjelaskan bahwa QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah gabungan dari beragam jenis QR yang berasal dari berbagai PJSP atau Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran dengan memanfaatkan QR Code.

QRIS dibuat oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar kegiatan transaksi dengan R Code bisa dilakukan secara aman, cepat, dan juga mudah.

Baca juga: Apa itu Sistem Pembayaran Digital? Ini Pengertian dan Jenis-jenisnya!

Manfaat Transaksi Digital untuk Bisnis

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh bisnis saat menerapkan transaksi digital.

1. Praktis

Kegiatan transaksi bisa dilakukan dengan hanya membawa kartu atau smartphone, tidak perlu lagi membawa uang tunai. Terlebih lagi bila memang harus menggunakan nominal transaksi yang besar.

2. Aman

Karena sudah tidak lagi harus membawa uang tunai, maka keamanan dari risiko pencurian pun kecil. Transaksi yang dilakukan secara digital juga telah diawasi oleh lembaga keuangan negara.

3. Hemat Waktu

Transaksi yang dilakukan secara digital mampu menghemat waktu dalam menghitung jumlah uang yang harus dibayar. Penerima pembayaran atau bisnis juga tidak lagi harus dipusingkan dalam mencari uang receh kembalian.

4. Fleksibel

Dengan menggunakan transaksi digital, maka Anda bisa melakukan kegiatan transaksi dimana saja dan kapan saja Anda perlukan. Transaksi digital akan selalu sedia selama 24 jam tanpa hari libur.

5. Banyak Promo Menarik

Harus kita akui bahwa transaksi yang dilakukan secara digital memang sangat menggiurkan dan terdapat banyak sekali promo yang diberikan. Contohnya seperti bisa membeli makanan lewat pesan antar yang lebih murah bila menggunakan e-wallet. Ditambah lagi biasanya juga terdapat program cashback untuk para penggunanya.

Baca juga: Uang Elektronik di Indonesia dan Manfaatnya untuk Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang transaksi digital dan manfaatnya untuk bisnis. Untuk Anda yang tertarik menyediakan layanan transaksi digital dalam bisnis Anda, maka Anda harus selalu mencatat transaksi tersebut serta membuat laporan keuangan yang tepat.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu lagi melakukannya secara manual, karena Accurate Online akan melakukan kegiatan tersebut secara #lebihbaik untuk Anda.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka seluruh kegiatan transaksi pun akan tercatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Selain itu, Accurate Online software akuntansi dan bisnis ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis lainnya yang akan membantu Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis secara menyeluruh.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia